iklan iwb
iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

Yamaha coaching clinic fuel injectionBro dan si sekalian….pada tanggal 19 Februari 2014, kembali pabrikan garputala mengundang segenap media dan Blogger untuk hadir dalam seminar dan praktek langsung untuk lebih mengenal teknologi fuel injection. Sebagai pabrikan yang cukup getol mengkampanyekan keunggulan sistem FI, diakui atau tidak mereka cukup royal membagi ilmu kepada para khalayak umum. Beberapa anggapan yang salah coba diluruskan supaya pengendara merasa nyaman dan aman. Salah satunya adalah ketakutan rusaknya fuel pump atau tidak bisa distarter jika kita kehabisan bensin karena “masuk angin”….uk460x110460x110-ok

Disebut “masuk angin” karena angin masuk kepipa injektor sehingga membuat fuel pump tidak mampu memompa bensin secara normal. Efeknya….motor tetap ngambek walau kita sudah isi bensin. Apakah seperti itu??. Ternyata tidak brosis. Dikawal kepala mekanik Yamaha DDS Cempaka putih, mereka melakukan demonstrasi menguras bensin dengan alat sedot pada salah satu motor praktek. Setelah habis terkuras….dengan indikasi mesin nggak mau dihidupkan, mereka kembali mengisi bensin. Hanya butuh beberapa menit…kunci dinyalakan, engine checking…elektrik starter dipencet dan…hidup normal kangbro. Hhhmm….jebule nggak terbukti. Respon mirip karbu dimana hanya sepersekian detik. Pertanyaannya…apakah nggak merusak ECU??.Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection

iklan iwb

“Nggak….nggak masalah. System FI Yamaha sudah didesain untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Jadi tidak ada istilah masuk angin atau bikin rusak ECU. Anggapan tersebut tidak benar” ujar pak Abidin (YIMM) meluruskan salahnya opini disela praktek. Selain itu…mereka juga menunjukkan kelebihan fuel pump Yamaha yang dilengkapi filter terpisah. Dengan desain ini…maka konsumen tidak perlu mengganti satu unit fuel pump jika kotor. Tinggal copot filter dan part bisa dibeli seharga 65ribu. “Konstruksi ini hanya ada pada Yamaha. Lainnya menyatu atau fix terintegrasi dengan body sehingga kalau kotor ya harus beli satu set. Dan biayanya jauh lebih besar..” tukasnya lagi bangga…

Selain beberapa kelebihan diatas, pabrikan garputala juga mengklaim bahwa sistem FI mereka tahan banjir plus debu vulkanik. Beberapa hal umum teknis yang membuatnya mampu menghadapi ekstrimnya cuaca yakni…..

1. Air Intake System
Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang letaknya tinggi, berfungsi mengurangi resiko dari kotoran tanah dan cipratan air.

2.  Air Filter (Filter Udara)
Wet element penyaring udara tipe basah yang dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

3. Muffler Construction
Konstruksi lubang muffler (Knalpot) dengan posisi lebih tinggi mengurangi resiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

4. Couplers & Cap
Menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting.

5. Battery (Accu)
Battery letaknya tinggi dibawah jok (Double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (Korsleting).Yamaha coaching clinic fuel injection

Dari hasil seminar pula….beberapa keunggulan sistem FI yang mereka miliki adalah….

§  FI Part Yamaha bisa di maintenance secara terpisah (module by module) misalnya injector , Throttle Body, Filter Fuel Pump bisa dilepas, dll.

§  Self service FI Maintenance (tanpa harus ke bengkel) menggunakan “YAMALUBE Carbon Cleaner”. Konsumen dapat melakukannya sendiri ke dalam tanki bensin, formula khususnya bekerja membersihkan sistem FI secara otomatis. Cukup lakukan setiap 3.000 km, sangat cocok untuk kondisi di Rural Area (kualitas bensin rendah).

§  Service Cepat FI 10 Menit di Bengkel Resmi dengan 3M Injector Cleaning, Throtle Body & Ruang Bakar mesin (dengan cairan khusus) perawatan lebih cepat dan murah. (Jika sibuk ini solusinya).

§  Perawatan FI yang paling sempurna menggunakan FI Injector Tester & Cleaner (alat ini membersihkan secara sempurna komponen FI, sehingga kondisi seperti baru terus) sehingga tidak perlu sering ganti part.

§  General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
(alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim….seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

Last…terlepas dari upaya mengkomunikasikan kelebihan sistem FI mereka, kita sebagai Blogger dan media mendapatkan ilmu berguna dalam mengenal lebih dekat sistem FI. Teknologi yang terus berkembang dari waktu. Dan ketika mindset lawas ketakutan sistem FI rusak atau masuk angin nggak bisa dihidupkan kembali ketika kehabisan bensin…..praktek nyata dilapangan membuktikan…..anggapan tersebut hanya masa lalu. So…kehabisan bensin nunggang motor injeksi??. Yamaha menjamin produk mereka aman brosis. Ora usah kuatir :mrgreen: …….(iwb)  injeksi Yamaha injeksi Yamaha Yamaha coaching clinic fuel injectionYamaha coaching clinic fuel injection

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!