iklan iwb

460 x 110 rev

CBRBro dan sis sekalian…sebagai pembaca aktif didunia Blogsphere…bro X (identitas dihidden atas permintaan) merasa bingung dengan dua informasi dan bocoran yang bertolak belakang. Ketika diBlog santer membahas CBR versi lokal…namun dilapangan, kenalan doi yang bekerja di AHM bagi R & D (research & development) menyanggah kabar tersebut. Alasannya simpel…jika itu dilakukan akan mencederai? image atau prestigius sang kuda besi akibat kualitas yang menurun dibanding versi CBU. Berikut detil penuturannya….460x110-okuk460x110

Assalamualaikum Wr. Wb.

Gimana kabarnya lek?. Semoga sehat selalu. Sebelumnya saya ucapkan turut berduka cita atas meletusnya gunung Kelud di Jatim. Semoga keluarga & sanak saudara lek Iwan di sana baik-baik saja….

Kemaren pas waktu launching Ninja RR mono, saya nge-whatsapp salah seorang karyawan AHM yang bekerja di bagian R & D. Saya kirim gambar Ninja RR Mono terus saya bilang ini lho Ninja RR Mono 250 cc 4 tak 1 silinder, produk global buatan lokal harga 39,9 juta OTR Jakarta (seperti artikel lek Iwan). Terus saya singgung lagi dengan bilang kayaknya mau nggak mau AHM mesti melokalkan CBR-nya tuh…saya sengaja nge-whatsapp seperti itu dengan tujuan memancing responnya, apakah positif atau negatif. Secara, saya pikir orang yang kerja di R & D pasti agaknya tahu seluk beluk tentang new product. Hasilnya..?

Dia mengatakan bahwa AHM kemungkinan tidak akan melokalkan CBR-nya. Secara jelas, ini 2 point jawabannya :

1. Jika AHM menuruti konsumen untuk memproduksi CBR lokal dengan harga yang terjangkau, tentunya performa akan dibawah CBR asli. Maka langkah itu akan membunuh prestisius CBR yang selama ini sudah menjadi image dimasyarakat…dan itu adalah tindakan blunder.

2. Sekalipun untuk membuat CBR lokal dengan performa seperti CBR Thailand, maka komponen-komponen lokal-pun harus punya kualitas yang sama bagusnya seperti komponen di CBR Thailand, sehingga nantinya pun harga nggak akan beda jauh.

Kesimpulan menurutnya adalah….AHM kemungkinan tidak akan melokalkan CBR-nya dengan satu alasan jika dilokalkan, maka CBR lokal dengan part-part lokal performanya tidak akan sebagus CBR Thailand, sehingga jika dilokalkan akan menurunkan imej CBR itu sendiri.

Nah dari jawaban itulah saya jadi bingung lek, apakah jawabannya benar sesungguhnya atau diplomasi….atau gimana??. Secara saya sudah sering baca-baca artikel lek Iwan, juga wak haji tentang “proyek tanpa standar tengah AHM”. Mau percaya, ya karena dia orang dalam R & D AHM (sy nggak tahu sampai sejauh mana hak akses karyawan R & D AHM mengenai informasi the next new product). Nggak percaya karena sudah sering beredar artikel tentang “proyek tanpa standar tengah AHM”.

Sebenernya saya mau menyangkal jawabannya dengan menjawab “masak gara-gara komponen lokal saja bisa mempengaruhi penurunan kualitas performa…?. lha buktinya Yamaha (R15 & R25) & Kawasaki (RR Mono faring & naked) aja bisa bikin motor global produksi lokal Indonesia koq, masak AHM yang sumber dayanya guedeee banget nggak bisa sih..?. Tapi saya urungkan niat menyangkal jawabannya. Piye to lek sing bener ki sing endi..?. Barangkali lek Iwan punya analisa sendiri. Sekian dari saya lek Iwan, mohon maaf kalo terlalu panjang.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Wassalamualaikum Wr. Wb. Beighh….menarik nih bahasannya. Btw buat bro X….jika ditanya mana yang benar??. Hanya AHM dan Tuhan yang tahu :mrgreen: . Memang tidak ada yang salah disana. Sebenarnya semua penuturan sosok yang disebut R & D klop dengan ungkapan para petinggi AHM dimedia setengah tahun lalu (monggo buka-buka berita tahun lalu). Diungkapkan bahwa melokalkan CBR tidak menjamin banderol lebih murah. Dan itupun dikatakan Toyota saat melokalkan sedan Vios keCikarang tahun ini. Nah…pertanyaannya?. Apakah opini tersebut tetap berlaku jika tekanan kompetitor begitu kuat??….

iklan iwb

IWB sendiri tetap berpegang dan percaya pada kode yang masuk atas bantuan narasumber, kolega, serta pembaca setia IWB. Sebab hingga saat ini ada dua kode yang belum terpecahkan. Kode yang disinyalir ada relasi dengan gen CBR yakni K45A serta K31G. Jika K45A diikutin label FMC atau full model change CBR150…maka K31G adalah sosok kuda besi sport kubikasi 250c. Apakah memang project tersebut dicabut??. IMHO…terus berjalan. Kecuali memang pihak prinsipel mempunyai pertimbangan sendiri melakukan anulir terhadap master plant yang udah dibuat….

Last.…seperti yang pernah IWB bilang…strategi bersifat dinamis. Semua bisa berubah disesuikan kondisi. Jika mereka tetap kekeh…yo bah-bahlah nggak usah dipikir. Toh kita konsumen yang berkekuasaan menentukan pilihan. Siapa yang jeli dan mampu menawarkan kelebihan…disanalah kita berlabuh. Apalagi seperti yang kita tahu….persaingan makin sengit. Tiap pabrikan pasti ingin memberikan yang terbaik untuk merebut perhatian potensial buyer. Ya nggak. Atau punya pendapat atau opini lain brosis??….(iwb)

488 COMMENTS

  1. mungkin bukan cbr versi lokal kang cuma basis mesin, rangka dan design yg bakal nyomot cbr series seperti cbsf contohnya. AHaem tinggal buat cbsf versi firing, cb250sf naked dan Cb250 firing mungkin seperti itu. cuma tetep berjalan dialurnya masing2 cbr series dan klan cb akan tetap ada variasinya. CMIIW

  2. 2. Sekalipun untuk membuat CBR lokal dengan performa seperti CBR Thailand, maka komponen-komponen lokal pun harus punya kualitas yang sama bagusnya seperti komponen di CBR Thailand, sehingga nantinya pun harga nggak akan beda jauh.

    =====================
    dan doi pun bilang kalau lokal juga bisa bagus, tinggal W A N I P I R O ???

    *** berarti yg disasar ahm emg produk yang “terjangkau”, mrk sebenernya bisa banget membuat produk yg bagus & kuantitasnya banyak, tp kalau banyak pula yg ga laku (ga mampu kebeli) ya mending impor aja, dan ritme impornya ngikutin permintaan pasar aja, habis perkara..!

    • bener bro, org indo tu payah, gak ngerti..
      sama aja kyak beli ikan, mau lele ato salmon ad yg murah sm mahal..
      masa beli salmon harga lele, yaa mndg mati aja yg mau gitu

      • Ente orang mana ?
        Segitunya belain atpm…
        Kualitas liat aja di aisi yg banyak ekspor siapa… ntar terguncyang lg

      • kualitas ekspor sm dlam negri beda bro..
        standar indo sm thai aja beda ..
        klo ekspor psti kualitas disesuaikan sama standar negara yg akn diekspor

  3. berita kayak gini belum tentu benar 100,0000%.
    lha kalo berita ahm lagi ngitung recall. itoe betoel adanja.

  4. Sepertinya ahm angkat tangan ngejabanin kawasaki,, blm lg yimm… laa minta tutup tengki rata aja susah apalagi mo lokalin cbr…
    weslah,, dodolan metik karo bebek wae,,
    .
    nb: yg dah punya cbr rawat baik2,iku mongtor kualitas dewa,,,
    .
    .
    jarene,,,,

  5. kalo
    honda yang dulu memang kualitasnya bagus
    tapi honda yang sekarang kualitasnya…
    amit amit jabang bancet
    gampang bosok!
    dirumah yang sudah bosok legenda, kharisma, supra fit dan hsx 125
    dan yang hampir bosok nyubled sama wtf.

  6. Wkwkwkw Cebong CBSF kualitas down grade dari CBR pantes gigi ke 6 nya malah jadi gigi mundur..

    Salam Totaly Total Recall

    • blm tentu bro, ane pake si ijo, di rumah jg ada supra 125
      malah ane ga ada merk Y. kadang kenyataan mmg menyakitkan

  7. pendapat ane nie mas ..
    apa yang dikatakan teman yang kerja di RnD AHM hanya sebatas “KEMUNGKINAN/MUNGKIN” ..

    kata mungkin itu artinya bisa iya-bisa enggak = enggak pasti ..

    lalu klo melihat dari info mas iwan soal CBR lokal ..

    pertama, menurut ane kemungkinan kasus’a sama kaya CB ..

    mesin turunan tp dengan merek produk dagang yang berbeda (CBR150 = downgrade CB150) ..
    dengan tujuan menekan harga dan tidak melukai hati konsumen dan image dari CBR150 itu ,,

    dan mungkin untuk kelas 250’a sama sprti 150 ..

    yang kedua kalo full pake nama CBR dan agar tidak mencederai hati konsumen dan image dari CBR itu yah produksi lokal dgn kualitas bagus (ngejabanin sama produk thai) soal harga emg enggak bisa murah tp ada selisih harga lebih murah dibanding CBR thai ..

    solusi win to win ..

    CBR thai tetap di kasta tertinggi sebagai produk flagship/mercusuar ..
    Walau, para musuh FB2 pada bilang overprice (dan memang overprice) tp itu dimaksudkan bukan benar2 untuk barang dagan utama dari AHM (mereka hanya menjualkan + sekaligus sbg produk mercusuar) ..

    sedangkan produk sesungguh’a adalah nama produk dagang baru yang sesuai dng kondisi masyarat + untuk mencapai profit perusahaan ..

    dan dari seajarah AHM mereka jago dalam memberikan value/memotong cost lahat ajah produk metik’a (metik adalah segment terbesar dan menguntungkan, bisa dilihat dari MS nya) ..

    lalu kenapa mereka lebih mengutamain/seriuz di segment skutik??

    yah, karna menguntungkan, YIMM ajah mau coba masuk kan kesegment itu tp …

    dan sebalik’a AHM malah mau coba masuk ke segment sport ..

    tujuan mereka cuma satu gmna cara mencari profit tp menjaga image dari tiap2 produk mereka ..

    semua bisa salah dan benar, ini hanya berupa pendapat ..
    kesalahan hanya milik ane sbg manusia dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT ..

    salam dua roda, satu aspal, satu negeri ..

  8. lokalan jos
    aripitstop.wordpress.com/2014/02/18/kawasaki-sediakan-aksesoris-resmi-ninja-rr-mono-ajib-bro/

  9. saya tetap yakin ada cbr versi lokal,tp untuk nama sepertinya ahm ga akan pake nama besar cbr kang…

  10. DARI POLRI..!! Sampaikn pesan ini kpd
    keluarga dan kwn2 Anda! Pesan ini ditujukan
    kpd setiap Pria dan wanita yg bepergian
    sendirian ke kampus, tmpt krja atau kemana
    saja. Jika kalian menemukan anak menangis
    di jalan dgn menunjukkan sebuah alamat dan memintamu utk mengantarnya kealamat tsb.
    Bawalah anak itu ke Kantor POLISI dan mohon
    JANGAN BAWA ANAK ITU KEALAMAT tsb! Ini
    adalah modus baru PENJAHAT utk MERAMPOK,
    MEMPERKOSA, MENCULIK. Mohon informasikn
    ke semua kwn2. Jangan ragu utk membagikn pesan ini kpd yg lainnya. Pesan ini bisa
    mmbantu menyelamatkan wanita dan orang
    yg penting dlm hidup anda. INFO : HUMAS
    MABES POLRI, Karna sudah banyak korban.
    Jadi biar kan polri yang mengantar kan anak
    itu ke alamat tersebut. AYO..dicopy paste dan sebarkan ke group manapun yg anda
    punya,partisipa si anda akan menyelamatkan
    kehormatan keluarga,teman kita, maupun
    org lain. AYO peduli sesama!

  11. waduh..trnyata karyawan ahm mngakui klo produk ahm downgrade semua..ckckckckck…
    tp anehnya smp detik ini fbh sllu memuja2 produk ahm sbg yg terbaik teruji puluhan abad..tobato mar…wkwkwk..

    ngahahahahahahahaa..

      • Sudah ketetapan NYA
        Kalo konsep mongtor semprot ngahaem itu = downgrade + overpret = untung besar… Bkin mtor berkualitas itu = untung tipis, jd ya gk sesuai konsep ngahaem. Ngoahahaha

    • nama’a perusahaan yang ngincer profit bro ..

      klo produk downgrade ajah udh nguntungin ngapain coba pake embel2 motogp atau pasang kualitas WAH ..

      atau mungkin agar mampu nyaingin AHM diperlukan embel2 itu untuk meningkatkan image = penjualan??

      maka’a dalam pasar persaingan yang didominasi satu perush/monopoli itu enggak baik, akan cendrung stagnant/kga berkempang = konsumen enggak untung ..

      kalo tiap perush saling bersaing secara sehat = konsumen untung ..

      dan strategi tiap perusahaan itu enggak ada yang pasti, semua bisa berubah sesuai keadaan ..

      klo nekat enggak mau berubah ente liat NOKIA skrng gmna .. ^^

      • Mega pro Fi dan CBSF pake embel2 motogp bro
        Ga percaya? Liat aja iklannya

        Bukankah malah konsumen yang untung bila produk yang dibelinya mempunyai kualitas yang bagus?

        Lagipula bukankah statment mas bro kali ini bertentangan dengan statment mas bro yang dulu? Itu tuh yang gembar gembor kecewa dan mengecewakan

      • kalimat yang mana bro woh??

        wah, ane kga tau tu iklan megapro fi sma cbsf ..
        setau ane cbsf itu tantang nyalimu klo enggak salah ..

        emg konsumen yang untung klo produk yang dibeli’a punya kualitas bagus ..

        tp dsni ane maksd klo perush udh memonopoli sesuatu, produk yang dihasilkan cendrung stagnant/kga berkembang ..

        dan perush itu bebas melakukan apa ajh org dari segi saing dia yang paling kuat ..
        perush lain mau bersaing susah buat masuk ..
        contoh bajaj, tvs ..

        nah, klo perush mau saling bersaing secara sehat konsumen diuntungkan ..

        ingat kasus vixion??
        dan itu knp vixion sampe skrng masih kuat produk’a ..

        dan skrng coba liat para produsen roda dua mau bersaing, konsumen banyak pilihan kan??
        contoh ajah dari AHM, YIMM sama kawasaki ..

      • btw NOKIA yg asli emang dah bangkrut, tp yg skrg lebih keren lho, kan dah jd milik microsoft…itu kalo gak salah lho

  12. ooo,,,,

    selama ini dari taon empu gandrink masih suka makan permen sampe empu gandrink udah punya cucu,,,
    produknya ahmpret kelas odong – odong ya,,, 😆

    wah ,, wah,,,,

    ane yakin,, ahmpret memang lagi ngeracik produk tanpa setandar tengah aka piring spt yang kang iwan maksud,,, tapi ane yakin,, nanti namanya bukan cbr,,, tapi nama lain,,, 😆

    bisa aja martowo RR 150R
    atau caphunk RR 250RR
    kwalitas,, tetep odong – odong,,, 😆

    wkwkwk,,,

    makan tuh,, kwalitas busuk dari AHMpret,,,, wkwkwk,,,

    anehnya,,, kok pada bangga sih FBH nya,,, apa memang FBH nya memang kelas odong – odong,,,???

    buahahaha,,,,

  13. akan tuh produk kwalitas odong – odong dari ahmpret,,,, 😆

    mending produk chino,,, kwalitas memang anchur,,, tapi model dapet,,, dan joos pulak,,,, 😆

    timbang produkl odong – odong ahmpret,,,
    kwalitas dongret,,,, model kayak kampret,,,, 😆

    buahahaha,,,

    ngaohahaha,,,

    tapi jangan takut lah,, pront pembela ahmpret aka fbh masih ada kok,,,, 😆
    walo cuman lepel odong – odong,,, 😆

    ngiahaohoa,,,

    • produk chino masih baikan, mereka jujur mau jual produknya dgn harga murah, krn tau kualitasnya jg dibawah. drpd AHM, jual barang murahan dgn harga selangit?

  14. ane kagak salah dulu pernah komen,, kalo mesin si cebong cocoknya di jadiin mesin pompa air saja,,,,, 😆

    lumayan,, mesin pompa air yang udah de o ha ce,,,, 😆

    ngia hoa,, hoa,,,

  15. dah ah,, ane pulang dulu,,,

    ntar FBH kagak berani bacoot kalo peyek tetep eksis,,, 😆

    ngiahoa,, hoa,,,

    *cling,,, peyek ngilang,,, :mrgreen:

  16. nah lo. .mana fbh, yg katay cbr mau dilokalkan. Trnyata ga kan.
    Bkn y**aha yg mati kutu tp h**nda yg lg pusing 7 keliling.

  17. *cling,, muncul lagi,,, 😆

    kelupaan,,,,

    buat kang iwan,,, ati2 kang,,, nanti dapet tilpun, bbm, sms dari petinggi pabrikan “anu”,,, nyuruh nih artikel di BREDEL,,,, 😆

    ngoa ,, hoa,, hoa,,,

    salam RECAL dan ODONG – ODONG dari AHMpret,,, 😆

    *cling,,, peyek ngilang lagi,,, 😆

    • lho emg semua produk thai suzuki sm honda tu lbh bgus..
      gak bisa minum premium jhe bro..
      motor indo semua biasa aja selama bisa mnum premium, mau honda yamaha suzuki, sama smua

    • iyaa lahh, disana apa2 murah parts bhan dsar dan laen2, dsnin apa2 mahal dan kualitas gak sbagus thai..
      kalo produk global tu mesin gak bleh mnum premium juga, jadi kalo di indo gak mgkn..
      aq aja org indo gak mndukung kok kalo mtor global di produksi di indo..
      sepatu sm jersey adidas nike yg made in indo aja kalo di jual di showroom juga sama hargany kyak made in thai

  18. ternyata orang dalam honda AHM sendiri menyadari keburukan AHM.
    pertanyaannya..
    kalau kawasaki dan yamaha bisa, kenapa ahm gak bisa..?
    jawabannya adalah karena AHM itu memang gak bisa membuat motor yg bagus.. yezzz

  19. kalo kate aye sih bukan cbr kang, maybe cb250 or next tiger250

    yg mana sasarannya bukan kelas n250fi dan r25

    tapi kelas dibawahnya, dan bahkan mungkin masih dibawah n250rr mono

    kl rr mono katakan 40jt pas otr jakarta, mgkin new produk honda di kisaran 35jt,

    alasannya kl harga terlalu mepet rr mono, minimal tenaganya juga harus mepet2 28hp, artinya mengungguli yg cbr250 yg cuma 26hp… its impossible…
    masa sama2 honda dengan harga jauh lebih murah dapet power lebih gede???
    blunderrr…!!!

Comments are closed.