iklan iwb

460 x 110 rev

image

Bro dan sis sekalian….banyak informasi mengatakan bahwa bensin punya umur. Jika terlalu lama tersimpan dalam tanki oktan bisa turun atau bahasa gampangnya menjadi basi. Berbagai teori tersebut belum mendapatkan pencerahan hingga IWB bertemu dengan pak Yus….dosen ITB sekaligus insinyur mesin jebolan Jerman. Betulkah bensin menjadi basi dan jika iya….berapa jangka waktu batas bensin dikatakan sehat?. Berikut penuturannya…..

iklan iwb

uk460x120(Gif)460x110-ok

Didalam bahan bakar….ada yang namanya olefin. Apa itu olefin?. Kalau kita kedapur tengoklah pantat panci atau penggorengan yang dipakai elpiji yang mempunyai api biru. Tapi walau apinya biru dan bersih, kita akan tetap menemukan kerak dibawah panci. Orang menyebut itu sebagai gum atau getah para. Gum atau getah para muncul dari proses pembakaran dan olefin. Jadi antar olefin sendiri bisa bereaksi lalu akan membentuk gum. Gum sendiri ada dua jenis yakni….yang bisa larut atau wash gum dan yang tidak bisa larut biasa disebut unwash gum. Unwash inilah yang akan membuat bahan bakar seperti kotoran…..

Untuk membuktikan, cobalah simpan Premium didalam dua botol kaca dengan porsi setengah. Jemur diterik matahari…satunya ditempat teduh. Sebulan kemudian bandingkan warnanya. Yang kena matahari akan lebih coklat. Dengan cuaca frontal…proses penuaan menjadi lebih cepat. Yang mengubah kondisi tersebut adalah olefin didalamnya. Sehingga spek bensin juga ikut berubah alias off spec….nggak bisa dipakai lagi. Apa pengaruh untuk engine??…

Kalau terlalu banyak gum….kerak akan muncul. Jadi dikatup-katup, ruang pembakaran, injektor akan muncul banyak kerak. Nah…oleh karena itulah nongol istilah service carbon cleaner. Jadi kalau ada yang bilang karbon cleaner tidak diperlukan adalah anggapan yang salah. Sebab sifat bensin sendiri bisa menjadi biang munculnya kerak. Terus gimana pengaruhnya terhadap oktan?. Apakah nilai oktan akan turun saat terjadi proses diatas??. Pak Yus menegaskan…setiap unsur didunia ini ada proses aging atau menua dengan sendirinya. Begitu juga bahan bakar. Dengan kondisi lingkungan yang berubah-ubah…seluruh senyawa atau unsur dalam bensin tidak mampu menjalankan fungsinya dengan batas maksimum 6 bulan. Tuh…6 bulan kangbro….

Jadi mau tersimpan didalam tanki hingga sebulan….nilai oktan tidak berubah. Bensin bisa dikatakan basi ketika sudah melewati masa 6 bulan. Setelah periode tersebut terlewati….maka bensin sudah kehilangan fungsinya, seluruh senyawa tidak lagi on spec atau disebut off spec dan kudu dibuang. Praktis nilai oktanpun tidak tercapai. Masalahnya…kita tidak tahu umur sesungguhnya bensin yang kita terima. Mengingat proses dari kilang minyak….distribusi hingga tersimpan didalam bunker SPBU pasti menyita waktu yang tidak sedikit. Jadi IMHO akan tetap lebih aman recycle BBM kita patok tiap 2 minggu. Aman wis. Begitulah kira-kira. Nah….piye bro, wis mudeng apa nggak kira-kira?. Kedepan kita akan bahas pengaruh mengoplos bensin oktan 88, 92 dan 95. Diperbolehkan nggak sih?. Serta betulkah ngisi bensin lebih baik dimalam hari pada cuaca dingin??. Semoga bisa menambah ilmu kita semua. Ditunggu yak. Ocreee….(iwb)

189 COMMENTS

  1. berarti kl sampe lewat 6bln harus dibakar sekalian motornya ya kang 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄

  2. Thanks infonya mas iwan,sangat bermanfaat, tapi masih utang satu artikel lagi nih, benarkah mengisi bensin dimalam hari atau saat masih dingin itu lebih efektif dibandingkan siang hari yang panas terik

    • Ini yang kita bicarakan jika diendapkan kang. Tapi jika motor dipakai dan ada proses refill maka terjadi recycling yang artinya bensin sampeyan berarti fresh terus. Kuras tangki nggak diperlukan…

  3. *dosen sekaligus insinyur
    mesin jebolan Jerman. *

    =====-=—-======

    wkkwkwk kirain dosen motocakil , .

  4. FBH aka pengangguran pada belum bangun . . . .begadang mulu sih , tuh nganggurnya di patokin ay4m . .

  5. Mas, coba tanya tanya lagi sama pak Yus, ada loh caranya untuk menormalkan bensin basi. Secara simple ya, dengan ‘menyuntikkan’ gas lpg. Iseng iseng buat nambah pengetahuan aja.

      • Bukan hal baru, mas. Sudah sekitar 5 tahun silam. Mentor saya yang nyoba, dan berhasil. Cuma rada males mindahin dari tabung 12 atau 3 kg ke tabung gas portable yg kecil (dengan bantuan es batu). Soalnya 2 tahun silam, mainan saya buat ngutak ngatik bbm.

  6. Kalo di Taruh di tengki seport honda pasti seminggu juga udah basi , lha tengkinya tipis bror !!!!

  7. Waah..berarti bensin di tangki motor koleksi yg bisa berbulan-bulan gak dihidupin itu rawan basi juga yaa… Info yg bagus niih.

    lexyleksono.com/2014/02/12/photography-dragonfly-8-play-with-macro/

  8. Joshh kang limune,,eh,,ilmune… tapi apakah bisa berkurang jumlah takarannya bila disimpan terlalu lama,,??
    maturnuwun…

      • Volume berapapun, pasti basi. Dulu pernah kejadian, mobil disimpan lama, terjemur. Pas mau start ngga bisa nyala. Beberapa kasus di motor karbu yang disimpan terlalu lama juga begitu, tapi biasanya yang basi di mangkok karbu duluan, makanya trik lama buang dulu bensin di mangkok karbu dengan memutar baut kurasnya.

      • Bensin golongan hydrocarbon, beda dengan ethanol seperti alkohol dalam hal tingkat penguapan. Apalagi kalau disimpan dalam tangki, dalam jangka waktu lama, tidak sekonyong konyong jadi habis karena penguapan.

        • W cek lagi, om zola nanya :apakah bisa berkurang jumlah takarannya bila disimpan terlalu lama,,,?
          Jadi w jawab begitu. Soalnya setau w, tangki motor tidak kedap. Malah banyak kasus yang kemasukan air (w tidak mencoba memancing kerusuhan lho)
          Kalau soal habis atau tidaknya, w masih pikir2 untuk mencoba menguapkan uang 12ribu rupiah seliter… hehehe… Tp makasih infonya om dion, w tidak khawatir lagi mendiamkan motor berhari-hari.

  9. Nah yen ngisi bensin e pas tinggal separo terus piye yaaaa???? Berbulan2 separo trus isi full, tinggal separo isi full meneh, kadaluarsa gk yaaa sen separo???? Hehehhe

    • Bagaimanapun, sebaiknya kuras secara berkala. Masalahnya, berkala itu berapa bulan sekali? Tiap motor pasti berbeda-beda hitungannya.

  10. nice infonya….!,,

    bersihkan bensin di karburator ada tempat pembuangannya, bagaimana dengan mesin motor yg sudah menggunakan fuel injection.

Comments are closed.