iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110
image

Iwanbanaran.com – Kehadiran YZF R15 tinggal menghitung bulan. Tak heran pemberitaan motor fairing pertama Yamaha setelah Touch 2 stroke cukup gencar. Begitu juga media online Otomotif yang melakukan komparasi perbedaan R15 versi INA vs India. Cekidot…..

uk460x120(Gif)460x110-ok

iklan iwb

Setelah Honda dah Kawasaki sukses meramaikan pasar lokal…akhirnya YIMM menyerah dan confirmed mendatangkan R15. Mengambil desain dari India….ada beberapa perbedaan agar versi lokal melawan India. Soal ini sebenarnya sudah IWB bahas diartikel sebelumnya (monggo intip arsip). Namun tidak ada salahnya IWB cantumkan pembahasan rekan Otomotif sebagai tambahan referensi. Apa aja???. Berikut detilnya…..

Lampu Sein
Lampu sein R15 versi Indonesia persis Yamaha New V-Ixion Lightning, bentuknya futuristik dan serasi dengan desain bodi R15.

Kunci Kontak Bermagnet
Kunci kontak R15 India tanpa pengaman magnet, sedang versi Indonesia sudah menggunakan pengaman bermagnet, bentuknya serupa dengan bawaan New V-Ixion Lightning.

Anak Kunci Laser Cut
Anak kunci kontak modelnya sama seperti New V-Ixion Lightning. Bentuknya jadi menarik karena proses pembuatannya dengan laser.

Automatic Head Lamp On
Sesuai regulasi di Indonesia yang mengharuskan lampu utama nyama siang-malam. Motor ini juga sudah mengadopsi fitur Automatic Head Lamp On.

Tanpa Sari Guard
Versi Indonesia tidak dilengkapi dengan sari guard. Di India, besi yang berada di sebelah kiri swing arm ini menjadi pelindung yang mencegah kain sari, pakaian khas wanita India tersangkut dan masuk ke rantai.

Sepatbor Kolong Lebih Pendek
Sepatbor kolong Versi India panjang sampai ke bawah, meski terlihat terpisah menjadi dua piece ternyata menyatu. Sedang untuk Indonesia lebih pendek hanya sebatas sepatbor kolong bagian dalam saja, bagian belakang ditiadakan.

Footstep Beda Desain
Footstep alumunium R15 versi Indonesia memiliki plat pengaman tumit dengan tiga lubang, sedang versi India yang lama ada 7.

Finishing Lebih Rapi
Finishing jauh lebih bagus. “Kalau enggak percaya lihat di area kemudi, versi Indonesia lebih halus,” beber sang narasumber dari PT YIMM.

Nah…klop kan. So…monggo gabungkan dengan artikel IWB sebelumnya supaya referensi makin komplit. Btw…yang menarik, media online tersebut juga menyebut bahwa swing menggunakan aluminium. Monggo intip penggalan kalimatnya….

Secara spesifikasi mirip versi India, dari desain bodi hingga rangka dan mesin masih mirip-mirip. Desain bodi dan fairingnya boleh dibilang sama persis, rangkanya juga tetap menggunakan deltabox dengan swing arm alumunium. Di area mesin, persis Yamaha New V-Ixion Lightning, satu silinder SOHC 4 klep berpendingin air dan tanpa kick starter. Di sisi transmisi, R15 sudah menggunakan gear box 6 speed…

Yo wis…monggo ditampung dan sampeyan sendiri yang menyimpulkan. IWB pengen dlujurne sikil sik….ngantuk rek :mrgreen: . Btw temanya cukup dulu perkara R15. Tiwas sampeyan semua nggak bisa merem ntar. Lawong masih Mei soale :mrgreen: . Sampurasunnn…gooddd niteee (iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!