iklan iwb
iklan iwb

banner-460x110px

IMG_1388Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…tuntas sudah IWB godok artikel tentang test ride Revo FI. Maaf jika terlalu lama banyak yang nunggu.  Btw…sebagai motor generasi ke-4 gen Revo….versi injeksi lebih agresif serta sporty. Detil lekukan desain serba tajam ciri khas kendaraan modern. Nah…apakah kegantengan visual seirama dengan semua paket yang disodorkan??. Mari kita kupas satu persatu diartikel berikut ini…..460x150(1)uk460x120(Gif)

Secara teknis komparasi dibanding gen karbu…IWB sudah terangkan dengan gamblang disini. Oleh karena IWB akan konsen pada impressi test ride plus handling secara keseluruhan. Oke…langsung aja kangbro…

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Ergonomi Riding & Style

Seperti umumnya bebek Honda…Revo FI mengadopsi ciri khas ergonomi gen lainnya. Tidak bikin lelah dan tangan cukup rileks mencengkram stang. Seat height juga bersahabat bagi biker dengan tinggi dibawah rata-rata. Untuk IWB yang bertinggi 170cm….kaki menapak sempurna tanpa kendala. Posisi dek juga lapang….lutut jauh dari dinding tebeng. Dibanding gen lawas….untuk versi injeksi kita akan disodori konsol speedo yang lebih ciamik. Khususnya hadirnya engine checking signal saat kunci kontak dihidupkan….Revo FI

Perbedaan lain jika mzbro melirik kebagian kanan stang…kita tidak menjumpai lagi kabel gas. Komponen tersebut kini tersembunyi secara manis dibalik casing. Praktis terkesan lebih rapi dan ora “kleweran” (haiyahhh…boso ngendiiii kuwi :mrgreen: ). Mencoba merasakan kekerasan jok….busa jebule nggak keras-keras amat. Ketika ditekan…..empuk kangbro. Koq ada yang bilang Revo keras ya??. IMHO….saat IWB coba langsung tidak terbukti. Impressinya soft dan cukup nyaman….

Build quality/kualitas finishing

Secara build quality dan finishing…tidak diragukan pabrikan Jepang memang tak tertandingi. Pernish cat serta cetakannya halus. Mungkin agak susah mencari kelemahan disisi ini. Hanya sedikit catatan….ketebalan material memang perlu mendapatkan perhatian. Khususnya pada bagian tebeng, batok lampu serta casing body. Namun secara keseluruhan….kualitas finishing tetap jempolan!

Engine & Perfomance

Awal testing hanya melaju 40-60km/jam. Mendapatkan kesempatan jalan lurus dan sepi….sikuda besi IWB geber gas mentok. Dibantu turunan….speed terbaik yang sukses IWB raih adalah sekitar 95km/jam. Pada kecepatan ini nafas masih lega namun power rada lemah. Sayang terbatasnya trek membuat IWB gagal menggali top speed. Terus gimana impressi secara keseluruhan??…

Tidak butuh lama bagi IWB merasakan…bebek ini mempunyai mesin berkarakter linear. Tak mengagetkan namun berisi pada tiap gigi. Perpindahan gear rada keras tapi bertenaga. Jalur test pegunungan naik turun dilibas secara eces. Sayang susah bagi IWB memberi patokan berapa speed maksimum pergigi. lawong jalurnya serem kangbro. Udah ciut meliuk-liuk…banyak aspal rusak diberbagai tempat. Boro-boro ngintip speedo. Konsentrasi jadi banyak kedepan melihat jalanan :mrgreen: …..

Screenshot_23Yang patut menjadi catatan adalah climbing ability. Yup..kemampuan melahap tanjakan termasuk juozz untuk ukuran bebek sekelasnya. Digandoli bobot IWB yang mencapai 83kg….Revo FI tidak ditemui gejala kedodoran. Poin penting bagi motor komuter tentunya. yang menyenangkan…kendati digeber-geber, performa engine tetap stabil. Tidak ngedrop atau kehilangan tenaga…

Bisa jadi akibat sumbangsih dari dinding silinder spiny sleeves sehingga suhu dapur pacu tetap terjaga. Maklum bro….dinding silinder model jeruk purut ini cepat melepaskan panas dibanding tipe reguler. Model tersebut tidak ditemui pada gen karbu. Satu weakness yang perlu diperbaiki hanyavibrasi pada stang saat digeber pada RPM tinggi. Jika kadar getaran bisa dikurangi….kenyaman pasti akan meningkat…..

Ride and handling

Pertama melaju kencang menggunakan Revo memang rada ciut nyali. Karena sensasi enteng bener. Tapi ketakutan tersebut buyar jika sampeyan sudah mengerti karakternya. Kenapa??. Sebab motor ternyata cukup stabil. Karakter suspensi yang dicangkokkan masuk kategori rada stiff sehingga dipakai cornering lebih pede nggak mantul. Tentu saja kita tetap kudu fair membandingkan dengan motor sekelas. Sebagai motor komuter….impressi riding and handling Revo enteng dan lincah. Kayaknya cocok nih buat nyalip-nyalip dikemacetan….

Braking/pengereman

Pakem bro!. Tidak ada keluhan. Walau belakang masih tromol….secara garis besar perangkat yang dijejalkan sudah lebih dari cukup menjinakkan laju sang kuda besi….IMG_1464

Yup…itulah impressi test ride Revo FI. Jika ada yang bertanya….gimana performa dibanding versi karbu?. Rada susah menjawab sebab IWB belum pernah jajal langsung gen karbu. Hanya saja jika mengintip spek power serta torque…keduanya hampir sama tidak banyak perbedaan. Namun…dengan adanya revisi desain yang makin agresif dan modern plus pengabut bahan bakar injeksi dengan sistem short cut by pass pada filter fuel pump, O2 sensor & catalic converter, tanki bahan bakar lebih besar…..Revo FI jelas lebih value dibanding karbu. Btw…berikut video singkat testing Revo FI yang IWB abadikan menggunakan kamera GoPro. Semoga menjawab rasa penasaran sampeyan semua. Ada pertanyaan mzbro??…..(iwb)

Video test ride Honda Revo FI

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=Y_z99jaZuYU&feature=youtu.be]

Hp : Klik disini

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!