iklan iwb

gp-banner-460x110

img_6471Iwanbanaran.com – Siapa sih yang nggak kenal Minerva. Menggandeng Sach Jerman…pabrikan lokal ini sempat mencuri perhatian khalayak karena sukses meng-kloning CBR150 versi karbu. Pelan dan pasti mereka berbenah hingga mampu meluncurkan produk hasil karya sendiri seperti GTR series, Naked 250,? Megelli 250 dan yang terakhir R150VX plus X-Road 150. Sayang lama tidak ada suara…IWB mendengar kabar kurang bagus khususnya tentang penjualan produk-produknya….uk460x140(Gif)460x150(1)

Kalau sampeyan melihat artikel diberbagai Blog…nyaris nama Minerva jarang disebut. Hal ini dikarenakan minimnya aktifitas serta geliat pabrikan yang bisa diangkat. Link kesanapun seperti stuck…..disconnect tidak bergerak. Namun bukannya tanpa manuver…kalau kita sudi mengintip web resminya…sesekali kita masih lihat aktifitas auto contest. Dan dari sana pula mereka menawarkan discount produk khususnya Megelli 250 Sport, Naked dan MadAss 125…..

iklan iwb

Diskon DP bervariasi antara 4 juta hingga 1,7juta. Sementara khusus X-Road diskon mencapai 2 juta. Promo ini hanya berlaku sampai Desember 2013. Nah pertanyaannya….kenapa kabar Minerva seperti tenggelam tanpa suara?. Apakah mereka sedang rehat sebentar akibat beratnya persaingan roda dua melawan produk Jepang?. Mungkin nggak sefrontal itu brosis….

Namun dari sumber kolega IWB…pabrikan yang pernah membuat heboh roda dua tanah air tersebut saat ini memang mengalami kesulitan serius khususnya sisi penjualan. Rumornya….sales jauh dari target yang dipatok oleh pabrikan. Sayang…data angka detil tidak diungkapkan. Hanya informasi penjualan tahun lalu dimana mereka hanya mampu menjual 100 unit saja yang didominasi Minerva X-Road 150 sebanyak 50 unit. Sedangkan sisanya dari Megelli 250 SE dan Madass 125….

Last.…korban dominasi Jepang banyak dinegeri ini. Berbagai merek megap-megap susah bersaing. Yang terakhir adalah Bajaj…..merk India yang nyerah hengkang dari tanah air. Sedang merk Cina….mungkin Minerva yang masih kuat gaungnya. Persaingan bisnis memang kejam. Apalagi jika yang dilawan adalah pabrikan yang telah menancapkan kukunya selama 32 tahun lebih seperti Jepang. Kita tunggu gebrakan Minerva. Semoga mereka mampu bangkit kembali tahun depan…….(iwb)

167 COMMENTS

  1. alhamdulilah so far sales sales masih dikit dimari juga team BC,,enak baca kolom komentar,,diskusi sehat,,jgn hina2 merk gak guna,,,pliss

  2. ane belum pernah pertamax disini. gmn nih kang iwan, apalagi nanti awal tahun bakal semakin sengit persaingan perebutan pertamax

  3. desain ciamik harga murah tpi kwalitas mesin dan materialnya meragukan…

    Saya lebih suka sportnya TVS apache dripada Minerva xixixixi…..

  4. Itu x-road mnta tlog d jualin sma kawasaki aja, biar 200ns ad tmenya. Kl g smua mocin dan molok (motor lokal) bersatu aja bkin 1 merek biar bisa brsaing sama pabrikan jepun. Mampukah?

  5. Dalam dunia bisnis, investasi yang paling mahal harganya adalah kepercayaan pelanggan. uang memang bisa membeli segalanya, mulai upside down, lampu LED, mesin jerman dan yang lainnya. tapi tanpa respect masyarakat terhadap sebuah merk, semuanya jadi sampah. di indonesia, gak ada FB yang dibayar. tapi semua rela perang lidah hingga banyak blog jadi berantakan. di sisi lain mereka loyal, super subyektif dan sedikit irrasional. namun disitulah kekuatan sebuah respect. sesuatu yang gak bisa di”kulak” di supplier manapun. semakin banyak FB dari sebuah merk, semakin besarlah market share yang bisa didapat. ini hanya sebuah opini, namun tidak bisa disangkal, secara obyektif ada motor yang punya sejuta kelebihan, tapi yang laku keras, bukanlah motor terbaik. tapi motor ter-fansboy. pasar diindonesia ndak bisa dibohongi, bagaimanapun sikap fansboisme terbentuk dari kualitas produk dari sebuah merk. para fansboy tidak mendewakan motor remeg bro. para fansboy tetep rasional, tetep obyektif, terkadang jadi double agent yang tiba2 membela merk rivalnya karena merk idolanya nyacat.

    so, minerva bakal perlu waktu yang panjang sejak mereka telah menghancurkan respect para calon pelanggannya, dari awal debutnya di pasar tanah air. dan itu bukanlah hal yang mudah.

  6. Nama italia bro Megelli.
    Pas tetangga ada yg punya lsg pinjem, dari taman puring ke ciledug jam 5.30 sore hari kerja.
    Tenaga lumayan drpd megapro.
    Sampe tujuan sukses saya ga bs turun dr motor. Bener2 megeli…

  7. bisnis itu kejam.kaya politik.klo urusan perut ga ada lg rasa toleransi…yg kuat dialah yg berkuasa,ga beda sm hidup dirimba…
    #kl ane mending hidup di syurga

  8. secara desain minerva ntu baik..tp terkadang menyepelekan hal kecil yg kasat mata dr luar..masyarakat indonesia kini tambah cerdas dalam memilih dan luas wawasan..mereka lebih memilih jaminan produk yg mereka beli..sedikit masukan aja buat minerva,coba berinovasi dengan mesin..jgn cuma tampilan yg wah,coba mesin yg inovatif,paling sederhana pasang 150 dohc watercooling,kualitas mesin setara cbr..tp harga seminim mungkin,jgn untung dulu yg dipikirin,cari nama dulu dan rubah image masyarakat,ikut perhelatan balap tanah air yg disponsori pabrikan,klw perlu datengin pelakon balap liar,kasih pinjem maskot produk yg dimodifikasi abis-abisan..karena mayoritas masyarakat kita,berkiblat pada balap..satria menang liaran dan drag resmi,langsung pada rame beli satria..(cuma contoh)tahun 1990 an suzuki ,menerapkan metode seperti itu..masukan terakhir,pendekatan terhadap variasi pihak ketiga..kan di msyarakat kita ada celotehan,”mending beli mio aja drpd spin…lebih gampang variasi buat show ma balap”saya pemakai minerva r150 2010 dan megelli 250r 2009,sekarang tidak!kenapa??sama mio gress aja malu maluin larinya…ini semata mata kritik dan saran aja agar minerva tetap eksis di tanah air…salam.

  9. Produsen Minerva jenuh dengan persaingan yg berat di Indonesia, Produsen Suzuki motor juga adem ayem tanpa perlawanan, sedangkan Honda melenggang tanpa halangan. Yamaha hanya mengimbangi dominasi honda, sungguh runyam. Hampir tidak ada yg fanatik dgn Minerva hanya Honda dan Yamaha saja yg mempunyai fb fanatik.

  10. Ahm=minerva

    Sama2 jomblo silinder

    Sama2 rangka pipa ledeng

    Hihihihihihihihi

    Pantes aja sport ahm buabuakbelur sama sport yamaha

    Hihihi

  11. Kalau lihat di websites um motorcycles, motornya sama plek, mereka malah lagi nyari distributor world wide.

  12. Salut wat Minerva ttp survive dlm industri roda dua..

    Sbnr’y klo mrk mau mungkin mrk bisa sdkit maju dgn menyewa jasa sales murahan aka tukang BC sprt warung sblh yg mempunyai team BC yg bertebaran di dunia maya.. :mrgreen:

  13. pertanyaan sekaligus masukan buat minerva nih..maaf klw ada salah salah kata,,yamaha bikin jupiter,suzuki bikin shogun,honda bikin blade,kawasaki bikin edge yang notabene mereka luncurkan bisa dan kuat dipake balap mana produk saingan minerva……
    Honda bikin cb150,yamaha pede dgn vixion,bajajkawasaki dgn 200ns,suzuki katakan varian fxr..mana produk tandinganmu…..sekali lagi maaf,ini kritik membangun ya…
    Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik Jgn lupa dgn produk lawas…yamaha dgn king,rxz,f1zr…mereka msh ikut balap dan otomatis mendongkrak popularitas pabrik secara keseluruhan,kata masyrakat awam”yamaha ga ada matinye…”contohnya aja knapa generasi gtr ga dibuat versi drag yg digandrungi masa kini?yg otomatis mendongkrak popularitas pbrik sndri??

  14. kurang kuatkan ala germanynya? atau gimana ya
    pertamax7.com/2013/12/29/lap-time-yamaha-r15-lebih-cepat-daripada-honda-di-omr-fmsci-national-motorcycle-racing-championship-2012/

  15. Aduh….nasib si mimin sekali colek lsg terbang…bisnis di marih emang kudu lewat fase prihatin… Mental kuat ama telaten…jgn ngarep tahun2 awal untung…nombok wae utk menanamkan kepercayaan konsmen…lawannya udah ngangkangi selama 30an tahun…

  16. Satu hal yg pasti bikin penjualan minerva anjlok…
    Krn Konsumen roda dua di indonesia paling males coba2 merk yg kualitasX msih gx jelas, mending pilih yg pasti2 az akan lebih bijaksana dr pd harus berjudi investasi dgn masa depan produk yg gx jelas…

    Pasti Kualitasnya
    Pasti Sparepartnya
    Pasti Aftersalesnya
    Pasti Nama Besarnya
    Yg pasti2 seperti Itulh yg bakalan lebih dipilih sm Mayoritas Konsumen biker di indonesia…

  17. design saya akui bagus.
    seandainya mau kerja sama (skrg kan banyak yg saling gandeng), bajaj aja. waduh, yg ngelirik pasti buanyak.

    jadi design body minerva, sektor mesin bajaj. yah, sekedar membayangkan. 🙂

Comments are closed.