iklan iwb

gp-banner-460x110

Iklan inilah yang digunakan untuk memperdayai biker
Iklan inilah yang digunakan penjahat untuk memperdayai bro Dani

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….seiring kemajuan teknologi, penjahatpun kini makin pintar menjalankan aksinya. Berkedok iklan online penjualan motor bekas…..ternyata semua hanya modus untuk melakukan penipuan Seperti yang dialami bro Dani, pengunjung Blog yang mengirim surel ke IWB…..460x150(1)uk460x140(Gif)

Assalamualaikum,

Selamat siang mas Iwan, gimana kabarnya? Moga sehat selalu. Saya Dani mau sedikit berbagi curahan isi hati saya tentang dunia motor. Kali ini saya ingin sedikit share tentang pengalaman pahit saya yang akan membli motor bekas disebuah situs jual beli Online, T***bagus.com…

Saya memang sedang ngebet mencari motor matic second yang masih bagus untuk adik saya. Karena saya khawatir kalo beli di Mokas daleman sparpart-nya sudah dipretelin nggak ori. Tapi apesnya…saya tertipu uang Rp.500.000 dari orang yang pasang iklan disitus jual beli online tersebut. Kronologisnya seperti ini….

Pagi saya telepon siempu yang mau jual motor, terus diangkat dengan ramah dan berbicara bahwa motornya memang akan dijual. Dengan ciri-ciri seperti di iklan, dia berdalih sangat membutuhkan dana untuk bayar hutang. Nah dia bilang sudah ada yang menawar juga jadi ketika saya akan kerumahnya untuk cek barang tersebut dia mempermainkan psikologi saya yang pada saat itu memang tertarik dan butuh motor yang dijual….

Orang tersebut berkata juga ada 3 orang yang minat, jadi siapa cepat dia dapat. Katanya….kalo masnya mau harus kasih jaminan dulu. Nah saya disuruh transfer sejumlah uang ke satu rekening sebagai bentuk? keseriusan pembelian. Mengaku sebagai rekening istrinya…..akhirnya saya transfer uang tanda jadi. Anehnya setelah saya konfirmasi dia bilang bahwa rekening itu punya anaknya dan sudah diblokir. Dari sini saya sudah curiga. Dia berjanji akan mengembalikan uang tersebut kerekening saya. Tapi hingga detik ini uang itu tidak pernah kembali….

Seperti itulah mas Iwan curhatan saya. Semoga kejadian ini bisa dishare ketemen-teman yang lain agar hati-hati memanfaatkan media jual beli online, sekalipun dia sudah punya nama diTV….tidak menjamin orang-orang yang pasang iklan didalamnya orang baik. Saya sudah ikhlas moga jadi amal jariyah bagi saya dan menjadi petaka azab dunia akhirat yang menipu saya, amin. Gitu aja Mas Iwan. Good luck.

Wassalamualaikum….

Waallaikumsalam Wr. Wb. Turut prihatin atas kejadian yang menimpa bro Dani dan maturnuwun sudah sudi share diBlog IWB. Sebuah aksi yang cukup memprihatinkan dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Kenapa??. Sebab oknum tersebut telah mencederai dunia maya sebagai ajang transaksi penipuan. Karena orang-orang seperti dialah yang akan membuat enggan membeli barang via online. Dan sepatutnya bagi penyedia jasa pemasangan iklan online mampu melakukan filtering…verifikasi data dengan akurat agar tidak digandoli penjahat-penjahat tidak bertanggung jawab…

iklan iwb

IWB-pun pernah mengalami sendiri kejadian tak terlupakan…menghadapi para penipu yang memang canggih dan “lamis lambene”. Namun beda dengan bro Deni…IWB saat itu tertarik dengan iklan Avanza yang dipasang miring dari harga pasaran. Hebatnya saat IWB telp…suaranya pede dan terdengar begitu meyakinkan mengaku sebagai dokter. Doi mengaku? mobil punya istri dan ingin tukar baru. Setelah berbincang sebentar..sang dokter gadungan mengeluhkan banyaknya penelphone yang tidak serius dan sekedar bertanya. Jadi dia mempertanyakan keseriusan IWB sebab kalau tidak telp akan ditutup mengingat doi sangat sibuk….

Mendengar celotehan dokter gadungan..IWB meyakinkan bahwa telp ini tidak main-main (lawong yang dipasang bener-beber mulus tuh mobil). Dari sana doi mulai melancarkan jurusnya….mengaku ada dua orang yang akan datang melihat mobil tersebut. Jadi saran doi….monggo kirim uang panjer (waktu itu minta sejuta) agar ketika mereka datang mobil diblok untuk IWB. Anehnya saat IWB bertanya alamat lengkap dan ancer-ancer untuk melihat barang langsung….sioknum mengaku tiak bisa karena profesi dan berjanji akan mengantarkan simobil kerumah IWB langsung. Dari sini IWB sudah merasa aneh. Secara halus….kembali doi menyarankan supaya uang panjer dikirim…..

Karena janggal…IWB tetap kekeh ingin lihat barang. Jualan model apa koq uang dulu dikirim…batin IWB kala itu. Mempersilahkan diberikan keorang lain…..secara halus doi kembali mencoba merayu dengan mengatakan bahwa mobil kondisinya sangat bagus….sayang banget kalau nggak diambil. IWB menolak mentah-mentah dan menegaskan tidak akan kirim uang jika belum lihat barangnya langsung. Tidak berhasil….tiba-tiba telp disconnect……diputus dari sana. Setelah itu…..nomer tersebut susah dihubungi. Sadar sudah….bahwa iklan yang dipasang dipenyedia jasa iklan online terkenal tersebut hanya penipu belaka. Terus gimana agar terhindar dari para penjahat model begitu??….

Patut dicurigai jika motor diiklankan jauh dari harga pasaran. Trik ini lazim untuk menarik potensial buyer. Kemudian tanyakan alamat lengkapnya dan utarakan untuk melihat barang langsung. Jika mereka keberatan….coret aja, dijamin mereka fake atau palsu. Sebab penjual murni bakal dengan senang hati membuka pintu untuk para calon pembeli. Terus yang paling penting….jangan pernah mengirim uang panjer apapun alasannya. Iming-iming barang bagus selalu didengungkan agar kita merasa sayang untuk melepas. Inilah yang disebut bermain psikologis. So…hati-hati dan monggo share perkara ini pada teman-teman yang lain agar tidak ada lagi jatuh korban. Penipuan iklan online berkedok jual motor bekas??. Waspadalah sebab mereka mengintai sewaktu-waktu brosis…..(iwb)

186 COMMENTS

  1. Bikersboy pada Desember 28, 2013 pada 4:54
    PM
    Motor yamaha harga jual jatuh yo. Mio j pgm fi
    2010 temenku cuma ditawar 5 juta. Scorpio
    2012 cuma 7 juta. Nvl vixion 2011 lumayan bisa
    9 juta. Kapok temanku pakai yamaha. Kalau
    penasaran harga jual motor bekas yamaha
    monggo lht nang iklan baris Pos Kota lan
    Kompas.
    +++++++++++++++
    dan..sperti biasa..marwoto selslu bangga akan ketololanya..
    pake alesan salah ketik lagi
    dlu bilang punya supra 110cc..skrang bilang mio j pgmfi
    sesok ono opo maneh mar..????
    gk isin mar..d guyu womg sak indonesia..

  2. dger2 sih UU jual beli online (atau apalah namanya) sudah dresmikan, jadi bisa untuk dtuntut. ya kalau mau sedikit bersusah payah

  3. G juga pernh alamin, g ajak ketemu lsg di bengkel langgan ga mau, berarti dalaman y ada yg ga ori… itu sih tp g ude ke rumahnya, jd dia murni jujur cuma sedikit boong kondisi mesin oke, maklum pengalamam temen g pad beli lsg turun mesin 3 minggu kemudian

  4. Beli kendaraan bekas enaknya sama orang yang udah kenal. Kaya sodara ato temen. Lebih enak soalnya bisa test drive ato test ride sekalian.

  5. 74. Bikersboy – Desember 28, 2013
    Motor yamaha harga jual jatuh yo. Mio j pgm fi 2010 temenku cuma ditawar 5 juta. Scorpio 2012 cuma 7 juta. Nvl vixion 2011 lumayan bisa 9 juta. Kapok temanku pakai yamaha. Kalau penasaran harga jual motor bekas yamaha monggo lht nang iklan baris Pos Kota lan Kompas.

    ————————————————————————————-
    NVL 2011? Masa sih? NVL mah keluarnya 2012. Lagian Vixion 2011 dujual cuma laku 9 juta udah pasti diboongin. Lah pasaran Vixion pertengahan 2011 2nd area Bandung aja masih di 15-16.5 juta buat harga jual & 17 juta’an buat harga beli.

  6. Sama tu kyak hp yg dijual murah di tkobgus, kyak BB dacota masa 2 jta dpet dacota baru masih segel? Penjual gelo prnah aq sms ktany sruh transfr dlu trus tak giniin ja brang tak trima uang tak byar, ga ada uang ga da brang, eh dya ny ngomel tak tu2p tlfonya.

  7. Mar..mar…klo slah ketik itu sprti hurufny klebihan atw kurang tp itu krn ktololan qm…wakakakak..fbh paling bego y qm itu…bego jgn dplihara..jgn kbnykn mnm es teh..skali2 mnm tutu kambing dong biar tmbh begooo…wakakakak

  8. salam kenal mas iwan saya silent rider njenengan
    sekedar tips aman beli mobil/motor via.online :
    Jangan pernah memberikan dana dengan alasan apapun seblm saran berikut ini :
    1.Disarankan untuk MELIHAT LANGSUNG terlebih dahulu mobil/motor yang akan dibeli
    Selama proses ini silahkan diamati kondisi mesin dan bodi mobil/motor tsb.kalo anda punya rekan mekanik.sangat disarankan untuk mendampingi anda.-lebih baik kehilangan sekedar tips.buat rekan mekanik anda drpd anda kehilangan Jutaan rupiah.karena salah pilih unit.jika sudah melihat langsung dan.mantap maka
    2.Disarankan untuk MENCOCOKKAN DOKUMEN kelengkapan mobil/motor (STNK &BPKB)
    cocokkan semua nomer dr awal awal sampe akhir nomer rangka dan nomer mesin dan pastikan tidak. ada keanehan/bekas2 aneh di.nomer rangka dan nomer mesin(harus mulus dan jelas)
    periksa hologram pengaman bpkb juga.
    3.Disarankan mengcopi identitas penjual
    perlu diingat UNTUK SAAT INI PENJUALAN SECARA ONLINE HANYA DILAKUKAN KETIKA KESULITAN MENJUAL SECARA LANGSUNG DAN UNTUK.MENCARI HARGA YANG.LEBIH BAIK.DRPD DIJUAL.DILER MOTOR DAN MOBIL BEKAS JADI HATI2 JIKA ADA TAWARAN MENGGIURKAN.kalo.butuh uang dan mendesak bawa saja.ke shohrom mobil/motor.bekas ya to

  9. @Bikersboy(marwoto bego)
    Disinyalir marwoto ompong lg bingung2 tolol mw komen ap..wakakakak…ups…SALAH KETIK…hahahaha….dasar bego kismin…hihihi

  10. Para Dedengkot fby puasa komen, para fbh merajalela nyebar ratjoen..mulut bau emang milik org laen…bau sendiri kaga nyadar…wkwkwkwk

  11. marwoto..
    teruslah mmbuat orang lain tertawa akan ketololanmu
    wkwkwkwkkk…salah ketik kok melencengnya jauh amat
    ente pantes dpet gelar komentator terpekok sejagad
    kasian fbh yg lain kau buat malu akan kegoblokanmu..

    ngoooAAHHHaaaaeeeMMMMMMM……

  12. Bikersboy pada Desember 28, 2013 pada 4:59 PM
    Sorry All. Bukan Mio J fi
    tapi Mio j karbu 2010
    cuma 5 juta.

    emang ada mio j karbu?

  13. dan marwoto jd salah tingkah…mio j karbu ktanya..wkwkwkwkwkk..
    eeaa……eeaa…..eeaa…….
    pekoknya smakin mnjadi2…

  14. marwoto..
    teruslah mmbuat orang lain tertawa akan
    ketololanmu
    wkwkwkwkkk?salah ketik kok melencengnya
    jauh amat
    ente pantes dpet gelar komentator terpekok
    sejagad
    kasian fbh yg lain kau buat malu akan
    kegoblokanmu..
    ngoooAAHHHaaaaeeeMMMMMMM??..

  15. Saya jg hampir kena, dulu da info ninja250 d jual di bwah pasaran, q samperin ternyata da bbrpa orang yg bawa senjata untung bisa kabur ..

  16. destabilise01 pada Desember 28,
    2013 pada 2:23 PM

    tolol aja dani, mana ada beat F1
    pasaran 8jtaan
    itu kemurahan?
    beli matic yakampret baru dapet,
    dapet Geol sama rintihan tikus
    peyang maksudnya?
    ngoahahaahahhah
    —————————–
    parah ni org udah ky yg pinter aja, dari komenya aja udah ktauan org yg otaknya di dengkul alias dongo. trnyata biker honda yg satu ini emang ktrlaluan..

  17. triknya kalo mo jual or beli kendaraan bermotor ketemuan dilokasi netral kayak parkiran mal mal tapi jgn yg basement nah mobil or motor bisa ditest disana tanpa waswas karna tiket parkir kan kita yg megang jd gda kekhawatiran dibawa kabur,,n lebih aman dari tindakan kriminal misalnya yg jualnya mau nipu siapin senjata or kawan2nya,,,waspadalah!!!!

  18. Ampe malam ini pasien ane paling banyak dari kaum fby. Istirahat aja dulu malam ini dan jgn lupa minum obatnya. Semoga kelapanya cepat sembuh.

  19. initinya, jangan tergoda produk murah…
    jangan tergoda untung. bersikaplah wajar, kalo ada haga murah dilihat dulu, jgn tergoda takut kehilangan rezeki. lebih baik beli harga normal tetapi barang bagus..

  20. samidi pada Desember 28, 2013 pada 5:30 PM

    Komen ny bnykan sales honda, bhasnya ap komennya gjauh2 dr jualan #tepok jidat
    =======================================
    lagipula yg tertarik sm beat kan dah pasti fbh 😀

  21. Cuman 2 hal mendasar yg perlu diperhatiin sih:
    1. Hrg jualnya jauh dr pasaran dan minta buru2 dipanjerin (ini utk pembeli)
    2. Gak pake nawar pdhl blm lht brgnya langsung mau dipanjerin (ini utk penjual)

    Saya udah pernah ngalamin, tp syukur gak sampe kejeblos.

  22. Saya jg hampir tertipu mau beli mtr ninja karbu ya gitu mau minta di panjerin dulu kata’y dah bnyk yg minat ..pas saya tanya itu motor ninja dah ABS blm eh dia jwb dah ABS
    Serius ini lo #@#@$ #@

  23. mas iwan, nih spy shoot R25 semoga rasa penasaran jadi berkurang fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hpphotos-ak-prn2/1479382_188583158007600_1054365463_.jpg

  24. Gmn to bro dani, ktnya sdh ikhlas dan agar menjadi amal, tp kok beharap jd petaka dan azab buat penipu ? Itu artinya anda “Belum Ikhlas”

  25. toko bagus emang banyak penipu nya mas, sy pernah jual motor di kaskus dan saya iklan cuma di kaskus aja pas iseng iseng mau cek harga pasaran di toko bagus eh taunya ada foto motor saya dan spek lengkap nya kaya iklan saya di kaskus itu mas cuma no hp nya dia rubah terus saya coba tlp no hp nya modus nya sih mirip mirip cuma dia katanya butuh uang buat bayar rumah sakit gitu mas, semenjak itu tiap saya iklan motor nah fotonya suka saya kasih watermark biar gak di ambil sama penipu penipu lagi, buat buktinya cek ini iklan saya yg asli http://www.kaskus.co.id/thread/52afe2fc20cb1782098b45fe/wts-honda-vario-techno-125-2013-hitam-mulus-bandung nah ini iklan dia di toko bagus http://www.tokobagus.com/iklan/honda…4d2f1bc0e5d7dd tp kayanya udah di tutup soalnya saya lapor ke pihak toko bagus nya, hati hati sekarang penipu udah pada canggih

Comments are closed.