iklan iwb

gp-banner-460x110

Iklan inilah yang digunakan untuk memperdayai biker
Iklan inilah yang digunakan penjahat untuk memperdayai bro Dani

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….seiring kemajuan teknologi, penjahatpun kini makin pintar menjalankan aksinya. Berkedok iklan online penjualan motor bekas…..ternyata semua hanya modus untuk melakukan penipuan Seperti yang dialami bro Dani, pengunjung Blog yang mengirim surel ke IWB…..460x150(1)uk460x140(Gif)

Assalamualaikum,

Selamat siang mas Iwan, gimana kabarnya? Moga sehat selalu. Saya Dani mau sedikit berbagi curahan isi hati saya tentang dunia motor. Kali ini saya ingin sedikit share tentang pengalaman pahit saya yang akan membli motor bekas disebuah situs jual beli Online, T***bagus.com…

Saya memang sedang ngebet mencari motor matic second yang masih bagus untuk adik saya. Karena saya khawatir kalo beli di Mokas daleman sparpart-nya sudah dipretelin nggak ori. Tapi apesnya…saya tertipu uang Rp.500.000 dari orang yang pasang iklan disitus jual beli online tersebut. Kronologisnya seperti ini….

Pagi saya telepon siempu yang mau jual motor, terus diangkat dengan ramah dan berbicara bahwa motornya memang akan dijual. Dengan ciri-ciri seperti di iklan, dia berdalih sangat membutuhkan dana untuk bayar hutang. Nah dia bilang sudah ada yang menawar juga jadi ketika saya akan kerumahnya untuk cek barang tersebut dia mempermainkan psikologi saya yang pada saat itu memang tertarik dan butuh motor yang dijual….

Orang tersebut berkata juga ada 3 orang yang minat, jadi siapa cepat dia dapat. Katanya….kalo masnya mau harus kasih jaminan dulu. Nah saya disuruh transfer sejumlah uang ke satu rekening sebagai bentuk? keseriusan pembelian. Mengaku sebagai rekening istrinya…..akhirnya saya transfer uang tanda jadi. Anehnya setelah saya konfirmasi dia bilang bahwa rekening itu punya anaknya dan sudah diblokir. Dari sini saya sudah curiga. Dia berjanji akan mengembalikan uang tersebut kerekening saya. Tapi hingga detik ini uang itu tidak pernah kembali….

Seperti itulah mas Iwan curhatan saya. Semoga kejadian ini bisa dishare ketemen-teman yang lain agar hati-hati memanfaatkan media jual beli online, sekalipun dia sudah punya nama diTV….tidak menjamin orang-orang yang pasang iklan didalamnya orang baik. Saya sudah ikhlas moga jadi amal jariyah bagi saya dan menjadi petaka azab dunia akhirat yang menipu saya, amin. Gitu aja Mas Iwan. Good luck.

Wassalamualaikum….

Waallaikumsalam Wr. Wb. Turut prihatin atas kejadian yang menimpa bro Dani dan maturnuwun sudah sudi share diBlog IWB. Sebuah aksi yang cukup memprihatinkan dan perlu mendapatkan perhatian lebih. Kenapa??. Sebab oknum tersebut telah mencederai dunia maya sebagai ajang transaksi penipuan. Karena orang-orang seperti dialah yang akan membuat enggan membeli barang via online. Dan sepatutnya bagi penyedia jasa pemasangan iklan online mampu melakukan filtering…verifikasi data dengan akurat agar tidak digandoli penjahat-penjahat tidak bertanggung jawab…

iklan iwb

IWB-pun pernah mengalami sendiri kejadian tak terlupakan…menghadapi para penipu yang memang canggih dan “lamis lambene”. Namun beda dengan bro Deni…IWB saat itu tertarik dengan iklan Avanza yang dipasang miring dari harga pasaran. Hebatnya saat IWB telp…suaranya pede dan terdengar begitu meyakinkan mengaku sebagai dokter. Doi mengaku? mobil punya istri dan ingin tukar baru. Setelah berbincang sebentar..sang dokter gadungan mengeluhkan banyaknya penelphone yang tidak serius dan sekedar bertanya. Jadi dia mempertanyakan keseriusan IWB sebab kalau tidak telp akan ditutup mengingat doi sangat sibuk….

Mendengar celotehan dokter gadungan..IWB meyakinkan bahwa telp ini tidak main-main (lawong yang dipasang bener-beber mulus tuh mobil). Dari sana doi mulai melancarkan jurusnya….mengaku ada dua orang yang akan datang melihat mobil tersebut. Jadi saran doi….monggo kirim uang panjer (waktu itu minta sejuta) agar ketika mereka datang mobil diblok untuk IWB. Anehnya saat IWB bertanya alamat lengkap dan ancer-ancer untuk melihat barang langsung….sioknum mengaku tiak bisa karena profesi dan berjanji akan mengantarkan simobil kerumah IWB langsung. Dari sini IWB sudah merasa aneh. Secara halus….kembali doi menyarankan supaya uang panjer dikirim…..

Karena janggal…IWB tetap kekeh ingin lihat barang. Jualan model apa koq uang dulu dikirim…batin IWB kala itu. Mempersilahkan diberikan keorang lain…..secara halus doi kembali mencoba merayu dengan mengatakan bahwa mobil kondisinya sangat bagus….sayang banget kalau nggak diambil. IWB menolak mentah-mentah dan menegaskan tidak akan kirim uang jika belum lihat barangnya langsung. Tidak berhasil….tiba-tiba telp disconnect……diputus dari sana. Setelah itu…..nomer tersebut susah dihubungi. Sadar sudah….bahwa iklan yang dipasang dipenyedia jasa iklan online terkenal tersebut hanya penipu belaka. Terus gimana agar terhindar dari para penjahat model begitu??….

Patut dicurigai jika motor diiklankan jauh dari harga pasaran. Trik ini lazim untuk menarik potensial buyer. Kemudian tanyakan alamat lengkapnya dan utarakan untuk melihat barang langsung. Jika mereka keberatan….coret aja, dijamin mereka fake atau palsu. Sebab penjual murni bakal dengan senang hati membuka pintu untuk para calon pembeli. Terus yang paling penting….jangan pernah mengirim uang panjer apapun alasannya. Iming-iming barang bagus selalu didengungkan agar kita merasa sayang untuk melepas. Inilah yang disebut bermain psikologis. So…hati-hati dan monggo share perkara ini pada teman-teman yang lain agar tidak ada lagi jatuh korban. Penipuan iklan online berkedok jual motor bekas??. Waspadalah sebab mereka mengintai sewaktu-waktu brosis…..(iwb)

186 COMMENTS

  1. minimal ini bs bantu buat seleksi barang di iklan online; jgn terlalu percaya dgn status member/verified member (gampang kok bikinnya) kalo minat sampean bs lgsg telpon tanya alamat & janjian/ COD ditempat, cek fisiknya, cek mesinnya paling gampang dengerin suaranya kl perlu tes ride lgsg (butuh kepekaan), cek riwayat servicenya ada di buku service, kelengkapan surat2 bpkb-stnk cocokkan dgn nomer rangka & nomer mesinnya kl ragu bawa ke ktr polisi/samsat checkingnya gratis, jgn ngasih DP dl / tanda jadi sblm beres-kl ternyata laku anggep blm jodoh 😀
    nek mantep tawar-bayar bawa pulang..

  2. para fyb udh mulai tebar paku d kolom komentar,, 😀 sbar bro emang gitu tabiat fby demi sesuap nasi mereka mghalalkan segala cara… 😀 😀
    ingat waspadalah2 sm fby…

  3. 46. 0yoo – Desember 28, 2013
    minimal ini bs bantu buat seleksi barang di iklan online; jgn terlalu percaya dgn status member/verified member (gampang kok bikinnya) kalo minat sampean bs lgsg telpon tanya alamat & janjian/ COD ditempat, cek fisiknya, cek mesinnya paling gampang dengerin suaranya kl perlu tes ride lgsg (butuh kepekaan), cek riwayat servicenya ada di buku service, kelengkapan surat2 bpkb-stnk cocokkan dgn nomer rangka & nomer mesinnya kl ragu bawa ke ktr polisi/samsat checkingnya gratis, jgn ngasih DP dl / tanda jadi sblm beres-kl ternyata laku anggep blm jodoh 😀
    nek mantep tawar-bayar bawa pulang..
    ===============================================
    jozz bro, anda pasti bukan FBY..hehehehe

  4. 24. KOMedi-pUTER cuma bengong di parkiran Sentul – Desember 28, 2013
    Kalo ada iklan Mio J/ Mio GT seken 2013 seharga 11 juta?

    jangan mau dibodohi/ ditipu.. lha pasarannya aja 6-7 juta 😆
    =====================================================
    segitu aja pembeli masih rugi, secara matic serasa v*ar
    ngoahahahahahahaahhahahaahah

  5. sebenernya yg via on line itu kan cuma iklannya… jual belinya ya tetep aja harus ketemuan 4 mata, di rumah si penjualnya… jadi face to face sambil ngopi.. muehehehehehe….

    yg jelas bukan situs jual beli on line nya yg salah,, semua pihak yg harus ekstra waspada…
    seperti di atas misalnya,,, jangan mau kirim uang via transfer antar rekening,, pemberian uang harus di rumah si penjual,,, jadi sbelum nya tanya alamatnya di mana, n anda ngomong,, oke saya akan berikan DP, tapi serah terima DP di alamat kediaman anda,, kalo dia gak mau ngasih tau alamatnya,, wahhh udah ada indikasi negatif tho,, tinggalkan aja,, dah beres…
    soalnya ane sendiri juga bukannya gak pernah ngalamin kejadian begitu,, tapi ane gak kena… dia bilang ”silakan kirim uang sejumlah sekian via bank ke rekening sekian sekian”, ane jawab aja.. ”lho la kalo gitu gimana mo serah terima barangnya, kalo serah terima uangnya gak di sertai dan di barengi dengan serah terima barang, jual beli itu ada uang ada barang dong”… doi keliatan mulai kesel, trus doi bilang,, ”iya tenang aja pak nanti kami kirim barangnya” (ane di panggil pak padahal masih abg), terus ane bilang ke dia, ”apa jaminannya kalo barangnya itu bakal nyampe ke tangan saya ?”… org itu kelimpungan kek gk bisa jawab, lalu dengan nada sedikit membentek dia bilang,, ”udahlah pak percayalah dengan kami, kami gak mungkin bohong”.. terus ane jawab deh..” lho kami..?? banyak amat kami ?? itu barang milik anda apa milik siapa”.. dia diem aja… terus ane lanjutin,, ”anda bilang anda gak mungkin bohong..?? apa jaminannya kalo anda gak mungkin bohong ??”.. ehhh terus dia sendiri deh yg nutup telfonnya..

    tapi mungkin om di atas kena hipnotis kali yak,, makanya nurutin aja… soalnya denger kabar ada juga yg lewat von n pake sjenis hipnotis..
    makanya om lain kali lebih berhati hati sama yg namaya fbh…

    memang kok
    fbh itu emang nakal…. suka tipu tipu org… muehehehehehe

  6. Honda BEAT tuh….
    FBH tersangkanya….
    ciakakakakakaaaaaaaaaaaaa….

    s21.postimg.org/ijlid27fr/CBR_150_vs_R15_best_lap.jpg

  7. Buahahahaaaaaa….
    Kerah sragam marketing AHM warnanya PUTIH tuh…
    Kalo maeketing YIMM warna BIRU kerahnya…

  8. Motor Honda sekond harga jual tinggi. Motor yamadut harga jual ancur. Punya motor Honda investasi tepat setelah tanah dan emas. Honda terbukti puluhan tahun.

  9. Wah…ini pasti ulah fbh bego permanen kismin menghalalkan berbagai cara utk dpt duit haram dn akhirny duit yg 500 rb bs bt dp motor getar merek hondongo…bertobatlah fbh bego..hihihi

  10. hadeuh capek liat komen2 sales disini.. motor kok disamain sama investasi.. ngerti ga beda investasi sama pengeluaran / expense ?

  11. Motor yamaha harga jual jatuh yo. Mio j pgm fi 2010 temenku cuma ditawar 5 juta. Scorpio 2012 cuma 7 juta. Nvl vixion 2011 lumayan bisa 9 juta. Kapok temanku pakai yamaha. Kalau penasaran harga jual motor bekas yamaha monggo lht nang iklan baris Pos Kota lan Kompas.

  12. @ayok. Okay Brother. Iso ae si Boss bilang tanggal tuwek. Pantes ae fby ra ucul comene. Like this Bro. Ngoahahahahaha.

  13. 50. destabilise01 – Desember 28, 2013

    bukan sob, sy FBI,,,Fans Boy Iwanbanaran 😀
    jo mesam-mesem lho bang Iwe

  14. @Bikersboy (marwoto bego)
    Mar…mar..mana ada Mio j pgm fi dan Nvl vixion 2011..qm itu komentator paling bego yg aku ketemui….hahahahaha..makany klo komen mikir dl jgn grasak grusuk..otak jgn d dengkul dong…dasar bego permanen ente..wakakakak…ngakuny pny club mtor tp begony kebangetan…wakakakak…

  15. buat yang terlanjur tertipu.. mohon segera buat laporan ke polisi.. trus laporke bank biar di blokir dan uangnya kembali.. kalo ga lapor korban selanjutnya pasti berjatuhan

  16. saya juga pernah ketipu secara online…untungnya saya sendiri jg punya blog …jadi langsung minta sama temen2 blog untuk share…dan link artikel tentang si penipu saya kirim ke penipu…dianya ketakutan…akhirnya uang saya dikembalikan dan artikel saya hapus….coba mas iwan tanya ke bro dhani…data selengkapnya termasuk nomor rekening dan atas nama siapa…supaya nanti tidak terjadi lagi….saya yakin byk yang share…
    masshar2000.wordpress.com/

  17. Mar…mar…alasan salah ketik..org bego emang bnyk alasan..ente klo komen jgn klihtn bgt begonya..jd silent rider aj….ngohahahahaha..

  18. Roy
    salam… handle kiri!
    dulu si roy epbeyek garis keras
    tapi sekarang sudah kembali ke jalan yang benar
    sekarang diw**ung sebelah reneng ngambung2 sayap emas.

Comments are closed.