iklan iwb
iklan iwb

gp-banner-460x110

20131012_170530-2Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…..jangan pernah berharap sampeyan dilayani petugas SPBU jika ngisi bensin diMalaysia. Mau nungguin sampe jenggoten dijamin mereka nggak bakalan nongol. Lawong sistem pengisian beda dengan mayoritas SPBU ditanah air. Kudu beli voucher…dan monggo operasikan dispenser mesin sendiri. Seperti apa sih emang??. Monggo intip jepretan gambar berikut ini….460x150(1)uk460x140(Gif)

Udah pernah denger istilah “self service” brosis??. Nah…..beda dengan tanah air….diMalaysia (termasuk juga Singapura), semua pom memberlakukan sistem “layani diri sendiri” atau kalau bahasa Malaysianya “layan diri”. Tidak ada ceritanya sosok manusia yang akan melayani pengisian. Semua harus dilakukan secara mandiri. Awalnya IWB juga rada heran….ini motor berhenti didepan dispenser bensin…lha koq ditinggal sama empunya. Jebule mereka melipir menuju kasir yang posisinya tidak jauh dari lokasi. Dari jauh IWB pantengin dari awal hingga usai. Ealah…jebule gitu toh. Mantep juga yak?. Ok….berikut gambaran detilnya biar sampeyan gamblang…..

iklan iwb
iklan iwb

1. Pengendara datang kepom bensin. Disini…..mesin tidak akan aktif dan baru bisa digunakan dengan voucher khusus…..

20131012_170631

2. Biker turun dari motor…..diparkir didepan lemari dispenser. Berjalan menuju kasir…

20131012_170641

3. Transaksi dilakukan dikasir. Membayar uang sesuai jumlah liter BBM yang diinginkan (lihat gambar)

20131012_170650

4. Dengan memasukkan kode voucher…dispenser aktif dan bensin kudu diisi sendiri (lihat biker terlampir). Secara auto mesin akan mematikan supply sesuai jumlah liter yang dibeli…

20131012_170800

5. Selesai…..pengendara berlalu meninggalkan tempat dengan terlebih dahulu merapikan corong bensin sesuai tempatnya. Simpel to…

20131012_170837

Nah…..pertanyaanya, bisa nggak kira-kira kalau diaplikasi ditanah air??. Bisa saja toh dibeberapa SPBU kawasan Jakarta sudah memberlakukan sistem ini. Namun….mayoritas mengeluhkan sebab mereka mengganggap nggak simpel. Selain itu antrian jadi puanjang amit-amit jabang bayi. Lawong sampeyan kudu parkir dulu untuk membeli voucher. Dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi plus disiplin dari seluruh pengendara. Kecuali??…

Sampeyan hidup dikota kecil yang populasinya sedikit. Baru deh cocok. Mau sampeyan jalan ngesot (dilambat-lambatin maksude :mrgreen: ) kekasir juga no problem. Lawong jedah kendaraan yang datang kepom juga jarang. Frekwensinya nggak sesering dikota besar. So….self service??. Tetap beruntung dah kita ada yang melayani :mrgreen: ….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

188 COMMENTS

  1. ya tingGal vouchernya bebas dijual dimana aja.jadi bisa beli voucher kpn sja & beli bensinyapun kapan sja.gak usah parkir,bli voucher&isi bnsin.
    sistemNya kaya voucher pulsa aja.

  2. Bahaya kang, tidak memberi solusi ke permasalahan bangsa yg kekurangan lapangan kerja
    nanti banyak pengangguran pegawai pom bensin 😀

  3. Kelebihannya kita gak diBODOHI petugas SPBU cz isi sendiri…(cara KOTOR petugas SPBU disini adalah dngan memaenkan nozzel shingga apa yg kluar dr dispenser tak sebanding dngan yg msuk tangki…apalagi bgtu angka meter menunjukkan nominal pas dngan sigap petugas SPBU menutup handle…pdhal msih ada sisa BBM didlam selang yg bgitu panjang…)
    Kekurangannya adalah RIBET…kelamaan mskipun gak antri…gak safety jg buat brang bawaan/motor,tau sndrilah disni bnyak pelaku kriminal…!!!

  4. Gimana dengan yang mau isi penuh ??

    Apa gak rugi tuh kalo lah misalnya dia beli 100.000 tapi ternyata diangka 80.000 uda penuh tangkinya
    Lenyap donk yang 20.000 ntu ???

  5. itu justru namanya masyarakat mandiri.. harga bisa murah karena gk perlu bayar gaji petugas spbu..

    tapi serba salah juga kalo di terapin di sini,, msalahnya tangan masyarakat kita nggeratil.. kebanyakan tangan2 perusak.. gak bisa memelihara dan menjaga,, yg ada merusak dan mengotori..

  6. Gak cocok,selain nambah macet bisa nambah pengangguran,terus jaminan kerusakan nosel pengisi gimana,banyak tangan resiko cepat rusaknya pasti tinggi,blm klo ada yg jahil,masalahnya banyak manusia,kita seh selalu berharap untuk smua disiplin.

  7. Gak cocok lek kalo di indonesia .soalnya antrian bakal panjang banget. Saya saja yang di desa masih suka antri apalagi di kota .

  8. Akhh…sorry sorry….telat 6 detik lg…nih cbsucks emang luemmot.

    Well…..itu merepotkan melihat jumlah r4 dan r2 yg gak keruan di sini. Terutama bebek metik hnd yg rakus2 bbm…apalagi cbsucks yg sudah ‘dikondisikan’ premium ready….apa gak tambah boros dan nambah2in antrian?

  9. pernah kena tipu nih. di pom bensin kaliasin singkawang. isi 20 ribu biasanya bisa bolak balik singkawang sungai kunyit +- 125 km kalimantan. tapi baru sampai sungai kunyit (1 kali jalan belum pulang ke singkawang) bensin sudah habis dan minta diputar ke posisi res)

  10. kalo di indonesia jumlah kendaraanya yg banyak tp SPBUnya yg kurang. D tempatku aja d pelosok kalimantan tiap” SPBU pasti antrenya minta ampun,, aku sndri mah paling ada setaon skali isi bbm ke spbu,, gak nahan.

  11. ah ngga simpel bang klo di terapin di mari,alny beda situasi liat aja gambar yg terlampir di atas ga ada antrian sama sekali, klo d indonesia behhhhh udah di lanyani petugas pengisian bbm aja udah ngantrinya ampun minta gkgkgkgkgkkk

  12. kalo di terrapin di mari.. fbh pasti rame pada hijrah ngisi beings in eceran di kaki Lima… 😆

    soalnya.. oth4knya fbh kagak sanggup untuk memahami sistem seperti itu… 😆

  13. bisa aja di terapkan sistem kyak itu… Ya itu msalahnya, jumlah motor di jkrta berjubel.bisa dibyangkan klo ngantriny kyak apa heee…
    Mnrut saya sh bnyak yg protes klo dgn cara begitu,sbab menghilangkan lpangan pekerjaan bagi karyawan spbu…

  14. Jelas gk bisa kalo disini, lah isi bensin antrine jabang bayi……motor ditinggal ke kasir malah digondol maling kang…..

  15. seharusnya ina bs dan SDM orang kita jgn mau kalah
    aripitstop.wordpress.com/2013/12/21/ini-lo-mio-fino-fiada-tambahan-fitur/

  16. lha wong di indonesia jumlah kendaraannya amit amit jabang bayi. kalau seperti di jepang, yang disiplinnya tinggi & ada regulasi umur & jumlah kendaraan ya nggakpapa, kalau di indonesia, paling masyarakat malah ngeluh kalau dikasih sistem yang seperti ini

  17. Kasian gerombo’olan fbh penunggang beat harus turun dl buka jok saat ngisi bensin.
    Bedha sama fby,tak perlu turun dr motor karna tangki ada di depan.
    Hihihihihihihihihihi

  18. self service, indonesia baru ada 1 keknya, kalau di luar negeri sudah umum
    pertamax7.com/2013/12/20/ini-dia-striping-baru-honda-cb150r-hitam-merah-ada-kelir-carbon-nya/

  19. Ora mathuk kang…
    Lha kita kan pembeli alias raja, ya minta di layani dong ? Mà⪪°˚˚ª°ªªSàâ°ªª…..suruh repot sendiri ?

  20. kalo mau di aplikasikan di indonesia lebih banyak minus nya dri pada positifnya

    salah 1 minus dan penting jadi mengurangi lapangan pekerjaan sehingga menambah angka pengangguran

  21. wah baru tau bang
    tapi kayaknya kalo di tanah air sistemnya kaya gitu
    baru sebentar ninggalin motor buat beli voucher pas balik udh gk ada tuh motor

  22. tak kira gak bakalan isa kang dit4 kita klo semua spbu kya gt lha wong sdm dimari aj mayoritas kualitas kelas jongos…., ( maaf bukan merendahkan sdm kita tapi memang fakta spt it )

  23. di serpong ada bbrp tuh…motor gak perlu ditinggal krn ada petugas di dekat dispenser. Bayar dapat voucher, tinggal maju ke dispenser yg kosong (ada 6 – 8 dispenser), scan vouchernya terus isi bensin. Kalau mau isi full tank, beli vouchernya dilebihin, selesai isi nanti keluar struk yg dapat buat ambil uang kembalian, So far ok saja koq…cuma kadang agak lambat kalau ada yg baru pertama kali isi bensin disitu

  24. 62. petirabang – Desember 21, 2013

    Ora mathuk kang…
    Lha kita kan pembeli alias raja, ya minta di layani dong ? Mà⪪°˚˚ª°ªªSàâ°ªª…..suruh repot sendiri ?
    ================
    ni salah satu dri sekian banyak….

  25. mungkin tidak perlu antri sampai amit2 panjang nya jika pompa pengisiannya diperbanyak, kemudian kasir untuk pembelian voucher juga diperbanyak.dan yg pasti adalah supply bbm ke SPBU jangan sampai tersendat.
    caradi malaysia tersebut termasuk cara yg praktis hanya perlu segera di sosialisasi secara nasional. toh pada akhir nya masyarakat akan segera belajar dan akan merasa praktis.

  26. fBH muka tembok pada Desember
    21, 2013 pada 9:18 AM
    Kasian gerombo’olan fbh
    penunggang beat harus turun dl
    buka jok saat ngisi bensin.
    Bedha sama fby,tak perlu turun dr
    motor karna tangki ada di depan.
    Hihihihihihihihihihi
    #######
    pemenang Orang Pekok Of the Year
    Hahahahha

  27. jangan berharap indonesia ‘layan diri’
    saking bingungnya ep be ye,
    dengan sistem ‘layan diri’ corong bensin dikasih korek.
    ep be ya kan
    smartnya sedikit
    gobl*knya banyak!

  28. fBH muka tembok pada Desember
    21, 2013 pada 9:18 AM
    Kasian gerombo’olan fbh
    penunggang beat harus turun dl
    buka jok saat ngisi bensin.
    Bedha sama fby,tak perlu turun dr
    motor karna tangki ada di depan.
    Hihihihihihihihihihi
    —————————————————————-
    maksud nya apa sih

    emangnya gak bisa dibalik :
    kasihan fby penunnggang mio harus turun dulu buka jok.
    Bedha sama fbh,tak perlu turun dr
    motor karna tangki ada di depan.
    Hihihihihihihihihihi

    bingung nih sama komen kaya gitu

  29. lha kalo mau ngisi bensin full tank bakal repot dong? mosok kita kudu lbh dulu mengira2 brp liter bensin yg diperlukan supaya full

  30. mau komen serius ah…

    ane yakin.. kalo di terapkan dimari.. past I bakalan banyak voucher ulang aspal.. kayak kartu kredit/ATM as pal yang bisa digunakan untuk ngisi beingsin…
    soalnya orang endonesa sangat2 kteatif untuk hal2 seperti itu… seperti kasus kartu telpon umum dulu.. banyak dijual yang aspal/daur ulang… dengan harga miring…

  31. 83. ayok – Desember 21, 2013

    dikampung
    malah lebih canggih
    ‘self service’ bayarnya kapan2,
    kalo lupa malah gak bayar.
    =================
    kyake udah pengalaman kie gak byarnya…….hahahahahaa…..

  32. fBH muka tembok pada Desember
    21, 2013 pada 9:18 AM
    Kasian gerombo’olan fbh
    penunggang beat harus turun dl
    buka jok saat ngisi bensin.
    Bedha sama fby,tak perlu turun dr
    motor karna tangki ada di depan.
    Hihihihihihihihihihi
    ….
    hasyeem og.., thx anda sudah beribadah membuat banyak orang menertawakan anda hahahaaa 😀 😀

  33. Asik! Selama ini ke SPBU gak pernah urus sendiri. Selalu ada yang urusin. Kalo yang urusin cantik tambah asikkkkk 😀

  34. ada yg bilang memainkan nozle bisa ngurangin julah bensin.
    masa iya sih.
    setau ane nozle juga dikalibrasi, mau tekan separo kek, penuh keke, tetep aja yg dikeluarin sesuai yg dibeli.

  35. Di jakarta dan tangerang dah ada tu, self service, didepannya ada petugas yg nerbitin vocher scaning, kendalanya ya kadang proses scanning vovher ga pas gitu jadi lama, blom lagi yg baru pertama pegang nozel,

    Tapi itu berhasil kok jalan, tinggal masalah kebiasaan saja

  36. fBH muka tembok pada
    Desember
    21, 2013 pada 9:18 AM
    Kasian gerombo’olan fbh
    penunggang beat harus turun dl
    buka jok saat ngisi bensin.
    Bedha sama fby,tak perlu turun
    dr
    motor karna tangki ada di
    depan.
    Hihihihihihihihihihi
    ….
    Ni contoh orang yg mengkerdilkan dirinya sendiri.
    dasar IDIOT 😀

  37. Mana nih si gemblung “fbh muka tembok” kok kaga nongol lg? ane sbagai silentreader sampe terketuk hati nuraninya melihat komenmu nak…buahahahaha
    Kasihan lu nak

  38. Bisa kok dgn syarat:
    1. Bbm non subsidi, harganya mahal jadi orang bisa berpikir efesien dalam anggaran belanja.
    2. Transportasi massal sempurna, peralihan dari kendaraan pribadi.
    3. Pelajaran PPKN / PMP diterapkan dan dilakukan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

  39. 87. ahli_jalanan – Desember 21, 2013

    klo bensin ga d subsidi !

    pom jg bakalan sepi kek d gambar

    lah d sini bensin murmer . yg ngantri ya panjang
    =====================
    akan sama sj mas broh wlaupun bbm gak disubsidi, sapa jg yg gak btuh BBM???mungkin klo pke kayu bakar pom bensin barulah sepi

  40. bisa dong Isi full tank..
    misal juta Beli poucer untuk 10 liter… ternyata setelah diisi ke tengki masih 8 liter udah full.. maka mesin dispensernya akan mengeluarkan uang kembalian.. tapi dalam bentuk permen… 😆

  41. melayu jaya kan indonesia juga.bahasanya nampak.
    oia ngomong2 divisi BC fby masih kerja juga ya. ini kan artikel netral kok masih BC juga terhadap honda.hehehe
    ksian hidup looo

  42. hah waww..mbelgedezzz… bomb aje tuh malingisia…macam2 kaw ama indonesia… btw om iwb klo pelayanannya kayak gitu ngerepotin aje. harus bli ini dulu ini itu lah.. ingat pembeli adalah raja mustine kudu dilayani tur oleh senyum hehehe. pesen: ojo ditiru model spbu koyo kui…

  43. @melayu janc*k

    Justru yg miris itu negara ente m4l4ysia,

    Negara kagak punya jati diri, negara jajahan permanen inggris apanya yg mau dibanggain,

    Rakyat pribuminya primitif2, pemimpimnya mesum,

    Makanya ngelirik g4dis indo manoh4r4 yg cantik,

    Soalnya gadis disana burik2 semua alias ugly face

    😆

    Betul..betul…betul…

    Dua tiga orang malays!a, cukup lawan 1 orang indo berjaya

    Salam janc*k, sepakbola juga terbelakang

    😆

  44. @ Lucunya bahasa melayu malingasia,.

    Alasan kuat kenapa bahasa Indo terpilih daripada bahasa Malingasia menjadi bahasa resmi AS3AN yang baru saja ditetapkan..:

    *ID* : Beli 2 gratis 1
    *MY* : Beli 2 percume 1 (=))masa dikasi gratis bilang percumaX_X )
    *ID* : K3menterian 4gama,
    *MY* : K3menterian Tak Berdosa (heloo =D/?!)
    *ID* : 4ngkatan Darat,
    *MY* : Laskar Hentak-Hentak Bumi (ga asik banget ya :s)
    *ID* : 4ngkatan Udara,
    *MY* : Laskar Angin-Angin (untung ga laskar pelangi atau laskar kentut=D)
    *ID* : Pasukaaan bubar jalan !!
    *MY* : Pasukaaan cerai berai !!
    (talak aja sekalian)
    *ID* : Merayap
    *MY* : Bersetubuh dengan bumi (apa rasanya bersetubuh dengan bumi :> )
    *ID* : Rumah sakit bersalin,
    *MY* : Hospital korban lelaki
    (asli NGAKAK tapi bener sih =)))
    *ID* : Belok kiri, belok kanan,
    *MY* : Pusing kiri, pusing kanan (minum bodrex makanya:|)
    *ID* : Departemen Pertanian
    *MY* : Departemen Cucuk Tanam (yuuk mariii ke mabes nyucuk tanam wkwk :p)
    *ID* : Gratis bicara 30 menit,
    *MY* : Percuma berbual 30 minit (suka2 gue dong :/)
    *ID* : Satpam/security,
    *MY* : Penunggu Maling
    (ngarep banget dimalingin ya ampe ditungguin =)))
    *ID* : Tank
    *MY* : Kereta Kebal
    (lo kira dari banteng kale ahh..=D/)
    *ID* : Kedatangan,
    *MY* : Ketibaan (aneh..:/)
    *ID* : Rumah sakit jiwa,
    *MY* : Gubuk gila
    (udah gubuk, gila lagi.. Kasian banget deh..X_X)
    *ID* : Dokter ahli jiwa,
    *MY* : Dokter gila
    (ada ya yang mau disebut dokter gila?Wkwk.. :O)
    *ID* : Hantu pocong,
    *MY* : Hantu Bungkus
    (pesen atu dong bang, dibungkus )
    *ID* : Toilet,
    *MY*: Bilik Merenung
    (ampun deh..sekalian ~o)aja gan..)
    *ID* : Traktor,
    *MY* : Setrika Bumi
    (segede apaan yak strikanya?*nerd*)
    *ID* : Joystick,
    *MY* : Batang senang
    (maksud lo? batang Happy?)
    *ID* : Tidur siang,
    *MY* : Petang telentang
    (berarti klo tidur malem “gelap tengkurep”)
    *ID* : push up
    *MY* : perkosa bumi(waah nafsu)
    Waakakak,,,,=)) =D =))
    Jangan ngaku ORANG INDO kalau belum kirim ke semua kontak mu ! > berani ? ╬╬ϱϱ˚°:D˚╬╬ϱϱ˚°=D˚╬╬ϱϱ

    Sbc kawand 

    😆

  45. 103. Melayu Jaya – Desember 21, 2013
    Malaysia berjaya, indon kelaut saja ! Selama otak masyakat indon seperti ini tida akan bisa semaju dan melebihi Malaysia! Malaysia Jaya! Matila indon berbudak di negeri melayu hahaha bela sajalah produk negeri orang wahai indon sampai mati satu sama lain satu negeri haha! Tenggelam sajo negeri kalian!==================================================================================================== bro comennya jangan bawa-bawa negara dong…sebenarny di jakarta udah ada sistem spbu yg kyk di malaysia cuma baru 1-2 ja alny belum populer,mungkin ke depanny bisa di bnyakin lagi kalo emang cara sepeti itu bisa lebih efisien. piss ya bro

  46. @ All
    Udah dihapus bro. Jangan terprovokasi dengan nick name Melayu Jaya. Cuekin aja. Belum tentu doi dari Malaysia beneran….

  47. Gak cocok disini karena: operator SPBUnya jadi sedikit kasian yg masih nganggur, antrian motornya udah mengular duluan salahnya pabrikan bikin tangki kecil2 pantesnya motor di Indonesia itu tangkinya 12 liter ke atas biar gak sering ngisi.

  48. siiip bang yg comen mengandung unsur sara di hapus ja,klo ntr comen lagi di banded ja sekalian ipny.,kalo comen bc bc*an otomotif mah its oke lah gpp.emang ini kan blognya otomotif.

  49. bener2 ngjak ribut aja kerjaannya org malingshia…
    lagian org malingshial nimbrung di mari apa ngerti ya ama bhasa kita..

    ini pesta kita,, org malayshial silakan mhinggat o kono… muehehehehe

  50. kalau ane amati secara detail perkataan si melayu jaya secara keseluruhan.. dari kosa kata dan literatur bhasanya sepertinya dia bukan orang melayu malaysia.. org melayu malaysia itu walaupun dia menggunakan bahasa indo,, susunannya tetep berbeda.. pokoknya keliatan lah bedanya..

    mungkin dia org kita sndiri, yg memang sengaja dan memang suka mlihat kompor mleduk..

  51. loh bukannya disini udah banyak ya yg self service kang iwb?
    saya juga kalo ngisi cuma scan struk abis itu angkat nozzle, isi deh -_-

  52. Sepertinya di Indonesia masih sulit dibuat seperti itu mas IWB,jumlah kendaraan sdh banyak,kl dibuat sprti itu,antrian akan sangat panjang dan makan waktu yg lama

  53. Kalo ane lebih condong ke self service kang iwan,krna suka emosi liat petugas kerja smbil ngobrol n maen hape,kdang ska dtinggalin dlu bwt ngambil struk,jd lama,klo self service wlw ngantri tapi wajar,kn bkan krna kemalasan petugas,tapi karena kita repot sendiri,jd memaklumi

  54. brrti kudu bisa kira2, butuhny brp liter kl mo ngisi fuelny, kl beli kbnykan, kpnuhan.., beda kl ad yg operatorny, tinggal omong, full., nominal mnyesuaikan..,

  55. Ahaha diri ini mengakui indon negeri besar dan banyak yang cerdik belajar di sekolah tinggi malaysia dan sebaliknya saling tukar pelajar, Habibie ya kagum sangat dengannya membuat desain pesawat dengan techno Fly by wire N250 dengan kelebihan banyak pertama didunia dikelas sederajatnya menggema hingga dimalay dan dunia kagum sangat! bahkan Industri Prancis baru pakai itu tahun ini di pesawat sekelasnya tapi bukan rakyat yang cak mana memalukan perkataannya di situs ini miris sekali lihat negeri indon, tak seperti malaya buat mobil motor sendiri meski bukan 100% yang kami buat dimesin tapi kerjasama dan rakyatnya sangat antusias dan penuh mendukungnya, berawal dari rakyat bila tak ada rasa semangat ta akan ada dukungan dari pemimpin kalian yang mana terkenal ambil uang rakyat menggema hingga saat ini, sadarlah indon cak bagaimana otomotif indon bisa maju bila rakyatnya sibuk berbicara yang tak inovatif dan inspriratif seperti ini, tak tega melihatnya!, damai itu indah, semoga bisa hebat negeri kalian indon, Malaysia jaya!

  56. Memang terlihat mandiri, tapi kalo lihat dari sisi “ekonomi kerakyatan” mending di SPBU kita. Buka lowongan kerja lebih banyak, dibanding yg layanin voucher thok. 🙂

  57. Ralat sedikit mas Iwan, cara mengisi BBM di Malaysia begini:
    1. berhenti dekat dispenser
    2, turun, ke kasir membayar (misalnya 5 RM) dan menyebutkan nomor dispenser. (di foto mas Iwan terlihat nomor 6, ada di atas tuh)
    3. Balik ke dispenser dan langsung mengisi, boleh RON95 atau RON97 gak ada masalah. Jumlah yang keluar dr dispenser akan sesuai dgn jumlah uang yang dibayar tadi. Dispenser terkoneksi dgn kasir.

    Begitu saja, tanpa voucher. TQ.
    salam damai dari Malaysia.

  58. @melayu p3kok
    yang jadi bos bos dimalaysia orang cina dan india
    kalo orang melayu cuma jadi pemandu lori.
    seperti di s’pore
    orang melayu di m’sia kaum minoritas.

  59. Neng citra raya tangerang yo enek, masih semi self service, dan benar . . . antrine reeeeekk..!!
    Kl di mari kayanya emg krn volume kendaraan yg terlalu kemruyuk pak bro..

  60. gak akan berlaku di indonesia…dikota kebanyakan kendaraan pasti ngantri…didesa rata2 tingkat pendidikan jg rendah…apalagi disuruh ngrapiin corong lagi…optimis gak jalan…eh pesimis jadinya…heehe
    masshar2000.wordpress.com

  61. Wah bnyak yg komen bilang ga mungkin, susah atau bahkan ga ada di indonesia … padahal kalo agan2 jalan ke daerah serpong tangerang ,khususnya gading serpong ada 2 spbu yg self service .. ga perlu parkir dulu kayak yg dibilang kita tinggal ngantri sambil minta kasirnya memberikan struk pengisian , kalau dulu pake sistem kode tp karna dinilai ribet skrg sudah dganti pake sistem scan .. kita tnggal scan tuh struk n isi bensin sendiri … n waktunya jga cepet n ga ribet …

    So, kalo pgen ngerasain self service spbu ga perlu mikir jauh2 ampe malaysia di gading serpong aja udah ada dari dulu …

  62. ..pernah ngalamin, spbu alam sutra serpong sdh lama nerapkan sistem gini utk pemotor, tp pemobil msh dilayanin *sobek tenan :mrgreen: agak ribet memang..

  63. om iwb suke menyebarkan informasi sesat dan ngawur

    ngak semua pom di malaysia ma singapore self service
    masih ada yg full service

    kalao di Indonesia pake model begitu
    kasian dong pengangguran makin banyak

  64. di indonesia self service?

    tangan kanan megang kran bensin, tangan kiri sedikit mendekati mulut karna sambil udut.

    orang indo masih banyak yg pendidikannya di bawah rata rata.

  65. kang iwan tu yang ngaku msia saya yakin bukan kyaknya org sendiri tp bangga ma negeri jiran bahsanya lho kang yg cm sok melayu doang kbetulan sy agak lama jg d sana smpe pny SIM sana jg so phm banget cara ngomongnya

  66. wah bahaya tuh kayaknya ………… motor di parkir buat bayar voucer bbm lah pas balik mau ngisi motornya gak ada iku piye kang …….wkwkwkwkwkwkwwk

  67. Hmmm…. Kerenan SPBU di Palmerah Utara dong kalo gitu ga perlu turun dari motor datengin kasir seperti di malaysia.

    kalau di SPBU Palmerah Utara, bayar di kasir (kasir standby sebelum mesin dispensernya), scan barcode, angkat nozle, colok & pijit dah tuh nozle bensin keluar sejumlah nominal yg di beli.

    lumayan ngerepotin kalo rada gaptek, kaga ngocor2 dah tuh bensin 😛

  68. di jln,krt Radjiman dan kuningan juga mulai diterapkan,,yua perlu penyesuain sebentar lama2 juga biasa dan cepat.yg pasti ada nilai positif & negatifnya bahkan pakai operator juga bnyk positif & negatifnya,,yua intinya system tidak ada yg sempurna yg penting kendaraan kita bisa gaspool,,

  69. Ga pake voucher kok.cuma bayar dikasir trs pihak kasir mengaktifkan no.pump terserah mau isi ron95 subsidi atau ron 97.di layar akan tertera jumlah nominal yg kita bayar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here