iklan iwb

gp-banner-460x110

Iwanbanaran.com -Bro dan sis sekalian…..ancaman serius disuarakan Polda Metro Jaya untuk membabat habis para biker yang masih bandel menggunakan knalpot racing. Hal ini diungkapkan Kasubdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Hindarsono bahwa motor yang pakai knalpot racing akan mereka tilang dan didenda maksimum hingga Rp 500 ribu. Operasi pelan-pelan dilakukan diseluruh wilayah Jabodetabek sebagai tindakan nyata komitmen kepolisian…uk460x140(Gif)460x150(1)

iklan iwb

Seperti dilansir Detik….Polda Metro Jaya juga sudah melakukan razia dan berhasil menjaring 119 motor. Jumlah itu terdiri dari beberapa lokasi, diantaranya, Jalan Pramuka, Ancol, Jalan Panjang, Mampang, Buncit Raya, dan TMII. Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring operasi yang terus berjalan. Seperti yang kita tahu…peraturan tentang suara berisik telah diatur dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang mengancam sanksi bagi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Regulasi disokong Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang diteken Menneg LH Rachmat Witoelar pada 6 April 2009. Artinya, lebih dulu dua bulan sebelum UU No 22/2009 tentang LLAJ yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 22 Juni 2009. Nah emang berapa sih ambang batas suara yang dilarang??…

Dalam peraturan pemerintah lingkungan hidup….disebutkan batas ambang kebisingan sepeda motor terdiri atas, untuk tipe 80 cc ke bawah maksimal 85 desibel (db) serta motor kubikasi 80-175cc maksimal 90 db dan 175cc ke atas maksimal 90 db. Disana gamblang disebutkan angka secara detil. Masalahnya adalah…selama ini petugas hanya menggunakan feeling untuk memutuskan bising atau tidak. Itulah yang kadang membuat biker masih kekeuh motor mereka masuk toleransi. Seyogyanya polantas dilapangan dibekali alat pengukur agar biker bisa menerima saat dilakukan tilang…

Last….akan lebih baik kita biarkan tunggangan dalam konsisi standart. Kecuali mau turun balap…monggo baru ganti free flow muffler. Keseriusan polisi kali ini tidak main-main. So…hati-hati bro!!. Standart aja wis knalpot :mrgreen: …… (iwb)

250 COMMENTS

  1. Hanya orang tak berpendidikan dan tak bermoral yg memakai motor dgn knalpot bising kebut2an di jalan umum, sama kaya koruptor merugikan orang banyak..
    Ane mau tanya mau balapan?
    Ya Di sirkuit, bukan di jalan raya, semua harus pd tempatnya…

    Ane ngemaklumin kalo itu osis, tapi kalo diatas usia 21 itu orang akal dan nuraninya g d pakai…

    Mohon maaf mas iwan komentar ane rada pedas, cz didepan rumah ane anak kecil tewas ketabrak sama orang g punya otak yg kebut2an d jalan nyalip namun g kesalip cz didepannya ada mobil, alhasil ngehindar shingga mnabrak anak kecil yg mau nyebrangbdipinggir jalan…

    Ane setuju sama pak polisinya….babad habis orang2 yg g punya otak kaya gitu

  2. Peraturan GeJe ne.. Operatornya juga geje terkesan sangat dipaksakan.. Juklak gak jelas n db meter jg gak punya kok asal nilang.. Pdahal hukum itu Ada kepastiannya,kok kuping dijadikan alat ukur tntu sngat subyektif kn hasilnya.. Itu desibel 90 pda rpm brp kn jg g jelas.. Knalpot standar klo di gas pda rpm tinggi jg berisik.. cb deh wktu servis motor itu.. Blm lg suara knalpot 2tak, gak cm disable tp emisinya jg parah itu.. Apa aturan ini g konyol… Apa lg kmarin sempet tu pak hindarso blg klo HD g ditilang gr2 knalpot uda dri pabrik gt.. Ini bnr2 g mutu jg omongannya.. Klo HD melanggar batas DB ya g usah ksh ijin impor n jalan lah.. Goblok kok dipelihara..

  3. Yg bikin dan ngejual itu kenalpot model racing akan di tindak ga yaaa?
    Mesakke klo cm pemakainya saja….
    “Secara pribadi aku lebih suka pake yg standart…aman pokoke…”

  4. @jamaah mlarat
    Well….gw ini konsumen biasa…sampeyan bisa baca gak ncknm gw?

    Drpd sampeyan koar2 sakithati sampeyan gak guna……mending diam aja…toh….ntar kan pake alat….habisla tuh semua knalpot berisik! Hwahahha…

  5. trus bagaimana nasib knalpot2 racing yg blm terjual di pedagang??
    trus bagaimana nasib stok knalpot racing di gudang pabrik??
    bagaimana jg karyawan2nya???
    mereka mndirikanp abrik jg punya Siup??

  6. Kasian fbh dong,tanpa knalpot racing motor honda kan luemot2……m..
    Hihihihihihihihihi……
    Kasian jg fbh kan miskin2.ntr kalo kena tilang gmn coba.
    Hihihihihihi

  7. harusnya langsung di tahan motorny! Suruh ambil knalpot yg standar, Pasang baru boleh bawa pulang!
    Klo ngulangi lagi, baru di kenakan sangsi! polisi jangan mempertakut masyarakat! katanya mengayomi!

  8. polantas itu memang lahan basah (tau dong artinya lahan basah)..
    gak jauh dari rumah ane ada pos polantas,, slah satu polisinya akrab ma ane,, dah kebongkar semua dah sistem kpolisian itu gimana..
    bahkan untuk msuk polantas itu gak murah bro… saling bersaing gede gedean duit ke atasan,, yg paling gede duitnya, ya itulah yg di pilih dan di pilihkan tempat pos pos yg paling gampang nyari basahan…
    makanya…
    kalo ada orang yang bilang di negara ini yang kaya akan smakin kaya, dan yg miskin akan smakin miskin..
    percayalah….
    di negara ini hal tsb memang akan terjadi..

    banyak peraturan yang sebenernya gak terlalu penting tapi di buat demi keuntungan pihak pihak tertentu.. dan banyak peraturan yang sebenernya jauh lebih penting untuk di buat, tapi tidak di buat, menilik minim nya peraturan tsb dalam menghasilkan keuntungan bagi pihak2 tertentu..

    percayalah… percayalah… cling (ngilang).

  9. s0erya pada Desember 15, 2013 pada 4:08 PM
    harusnya langsung di tahan motorny! Suruh ambil knalpot yg
    standar, Pasang baru boleh bawa pulang!
    Klo ngulangi lagi, baru di kenakan sangsi! polisi jangan
    mempertakut masyarakat! katanya mengayomi!
    ____________________

    Yups…. Setuju banget sama anda gan. Itu solusi yg tepat. Jadi jangan langsung ditilang. Karena ga semua orang tahu aturan seperti itu. Taunya cuma make helm dan nyalain lampu.

  10. Wkwkwkwkwk….

    Si bletak duorrr !!!

    Juga pasti kena tuh..

    # karena bletaknya udah diambang batas ..

    Saking kagetnya laron2 keluar dari tanah …

    Ngoahahahahaha…..

    😀

  11. Setuju .. Kalo begitu Polisi seharusnya sudah disiapkan alat2 pengukur tingkat kebisinganny, jangan cuma pakai telinga aja.. Itu sama aja mencari ladang baru, tolong pak polisi agar tegas dan jelas menerapkan aturannya.. Jangan seperti ini.., dan kalau memang dilarang.. Pabrik2 pembuat kenalpot racing bagamaina kabarnya? Apa mereka membuat kenalpot racing secara ilegal? Tidakkan.. Pasti ada izinnya.. Nahh izinny itu dipertanyakan, tolong pak polisi kalau buat peratuan itu jangan setengah setengah..

  12. 90 db itu pada rpm berapa…di luar negeri gak sesederhana itu. belum juga alat desibel meter…jgn sampe cuma ngandelin aplikasi android gratisan…btw harus aktif juga nutup pabrik knalpot racing yg gak punya standar…hayoo susah lho pak polisi. tp kalo modal “pokoke tilang” ya apa mau dikata

    dan memang yg amat berisik gak perlu alat sih…mosok kuping e gak keganggu

  13. aturannya masih abu abu. Emangnya kl pk knalpot standar trus dibedel gak ditilang? Ato tiap pk knalpot racing musti ditilang?
    Mustinya pd pelaksanaannya, polisi dibekali alat pengukur desibel. Bukan cm mengandalkan kuping.
    Dan kalo emang mau menegakkan aturan, jangan cuma usernya aja yg ditangkap, tp jg produsen dan pengedarnya.

  14. si modar mbahnya fby smart gak sekalipun k artikel sblh…krn tau anak cucunya keblinger kyk mbahnya…ngoahaha
    🙂

  15. ane setuju, cak iwb….peraturan kudu dtegakkan….intinya SEPEDA GAK STANDART TING TING KUDU DITILANG!!!
    *r25 yg dinanti pembeli dan angan angan lngsung gnti stlh datang drmh musnahlah sdh….ngoahaha

  16. apa sih enaknya knalpot bgt_an…ana uda pengalaman, dkembalikan standart dr racing…lepas gas meledak2, untung djual…westalah!!! pabrik itu sdh sedemikian rupa buat tu motor, masak msh kurang puas…tobat…tobat….lirik anak cucu mbah modar….ngoahaha
    🙂

  17. dilapangan nanti, aturannya pasti (bs memastikan) diskriminatif.
    Contoh nyata antara pengguna motor bebek ama motor harley.
    Motor harley dg alasan pk knalpot standar pasti gak ditilang meskipun berisik, but yg pk bebek pasti ditilang kl pk knalpot racing meskipun pk knalpot racing yg tingkat kebisingannya rendah.

  18. Keseriusan polisi kali ini tidak main-main.
    ================================
    dah dari dulu polisi gak main main, selalu serius hadapi pengendara (motor&mobil), lha wong gak melanggar aja dicari cari pelanggarannya.

  19. BAGUS ! basmi orang” sok pamer ! belagu !
    paling penting berantas semua tuh yg pake knalpot yg nembak Muka!
    kalo bisa dendanya 5 juta aja biar kapok !

  20. harusnya dibekalin dengan alat pengkukur kebisingan, tentukan ngukurnya di rpm brp dan produsen2 knalpotnya jg harus ditertibkan

  21. urusan knalpot nanti2 dulu
    urusin dulu plat nomer, stnk sama bpkp
    usahakan 3 menit jadi
    jangan sampai nunggu 6 dekade baru jadi.
    walaupun punya kekuasaan dan wewenang tapi yang rasional dalam membuat aturan, koreksi ke dalam dulu jangan melulu menyalahkan rakyat miskin, yang cuma mampu beli mongtor odong2 kaya saya.

  22. s0erya pada Desember 15, 2013 pada 4:08 PM
    harusnya langsung di tahan motorny! Suruh ambil knalpot yg
    standar, Pasang baru boleh bawa pulang!
    Klo ngulangi lagi, baru di kenakan sangsi! polisi jangan
    mempertakut masyarakat! katanya mengayomi!
    ____________________

    Yups?. Setuju banget sama anda gan. Itu solusi yg tepat. Jadi jangan langsung ditilang. Karena ga semua orang tahu aturan seperti itu. Taunya cuma make helm dan nyalain lampu.

    =========================
    klo begitu gmana nasib pengusaha knalpot lokal???
    gimana nasib karyawan mereka????
    gmana buat yang sudah membelinya????
    berarti tambah pengangguran donk di indonesia!!!!??
    pengangguran nambah berarti angka kemiskinan meningkat donk??
    orang kismin bertambah banyak berarti ekonominya mellemah donk???
    pada gak mikir kesitu ya ???? kasian deh otak lu2 pada cetek kebanyakan lulusan SD semua
    peraturan ini cuma nguntungin pihak polkis kok gak nguntungin ente

  23. Apakah tangki bocor juga ditilang ya,

    Apakah sasis pipa pager patah berkarat juga ditilang,

    Ban yg kekecilan dimotor laki apakah juga ditilang,

    Apakah telat 6 detik digaris finish juga ditilang,

    Apakah aki soak juga ditilang?

    Wkwkwkwkwkwkwk

    Bakalan banyak yg nyamber nich

    😆

  24. Wah kadung pesen akaprovic carbon je…rugi ki…ah bawa soundmeter aja trus tunjukin ke polisi kko masih dibawah 90db…broomm…brooomm…brooommmmmm…

  25. dasar govermentshit koar2 UKM malah bikin peraturan yang ngebunuh UKM itu sendiri atau jangan2 buat nguntungin pihak polishit biar ladangnya tambah SUBUR ya????

  26. gak heran beberapa waktu yang lalu deket rumah ada yang tewas digorok pake sabit gara2 nilang pencari rumput, aturan tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

  27. di amrik aja masih banyak mobill2 v8 yang pasti suaranya ngelebihin standar desibel2 yg ditentukan

    masa disini dilarang ????????

    urusin dulu tuh stnk & bpkb jgn nunggu motornya ampe rusak baru keluar

  28. Pokoe knalpot ku 90db. Yuk di tes.. Mana alatnya buat nge tes pak? Polisi: Gak ada dik.. Lha terus kowe dasare opo arep nilang? Pokoe knalpot ku 90db titik. Ra iso ditilang wis.. Hahahaha..

  29. Mau nilang orang bersalah, monggo2 wae, tapi mbok yao, kasih contoh dl yg benar ma masyarat, termasuk klo naik motor ga lewat tol, pas mengemudi ga pake hp, baik sms ato tilpun, yg utama ajarin masyarakat tertib berlalulintas, selama itu belum sampeyan lakukan pak polisi…ya mbel gedhes telek minthi…

  30. jiaaahhh knalpot R9 ga jadi dipasang 🙁 padahal tuh knalpot baru dibeli minggu kemaren, asseemmmm

    yah sudahlah, ane setuju dah sama aturan knalpot ini, kadang suka risih juga sama knalpot asal berisik ga jelas 😀

Comments are closed.