iklan iwb
iklan iwb

gp-banner-460x110

IMG_1809Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…seperti lazimnya mindset mayoritas biker tentang sistem injeksi, pasti sampeyan berasumsi bahwa motor FI tidak akan bisa distarter ketika aki soak. So…dibekali kick starterpun percuma. Hal ini dikarena seluruh otak dikendalikan secara elektronis sehingga sistem bakal melakukan shutdown untuk mencegah kerusakan komponen lain. Cukup logis pemikiran tersebut timbul. Namun tidak pada CB150R!!….uk460x140(Gif)460x150(1)

Mendapatkan pertanyaan dari bro Ace via email tentang sistem FI CB150R…..doi bingung atas simpang siurnya informasi saat aki soak. Berikut email detilnya…

iklan iwb

Malem Kang IWB, sory ganggu, Saya Ace salah 1 silent reader setia IWB. Kang saya mau tanya, saya dulu sempet baca kalau motor FI itu ga bisa nyala kalo akinya tekor. jadi percuma saja katanya walau ada kickstater. Tapi kemaren saya baca lagi di salah satu Blog yang katanya sumbernya dari orang Honda kalo CB150 itu bisa nyala walau akinya tekor dengan menggunakan kickstaternya (kebetulan motor aku CB150R kang). Nah jadi bingung aku kang, mohon pencerahannya buat newbie ini. Maturnuwun kang. (surel Ace ke [email protected])

Sami-sami kang Ace. Nah…dari sana IWB langsung kontak begawan teknis AHM……pak Endro. Konfirmasi dari pak Endro (Technical Division AHM)….insinyur Honda memikirkan cara terbaik agar biker tidak direpotkan gara-gara aki tekor. Oleh karena itu…sistem pada CB150R dirombak sedemikian rupa dengan sistem back up yang akan aktif jika diperlukan. Ibarat genset….komponen tersebut akan merespon saat aki soak dan kick starter digunakan.  Gamblangnya begini bro….

Ketika aki CB150R soak, maka mesin masih bisa dihidupkan dengan kick starter dikarenakan power listrik menggunakan bantuan kapasitor. Sewaktu start awal memakai kick…sistem PGM FI yang berjalan dibantu komponen kapasitor yang dijejalkan pada sikuda besi. Flow sederhananya…kick starter mengirimkan sinyal kealternator…diteruskan keregulator baru bank kapasitor. Dari sana sistem back up berjalan hingga diperoleh arus listrik yang ideal…yang pada akhirnya mampu melecut fuel pump, ECM, injector dan koil. Artinya…engine bisa hidup normal kembali tanpa masalah. Kemampuan ini bahkan tidak dijumpai pada CBR series dikarenakan sistem yang berbeda. Namun ada tapinya mzbro…

Karena ini merupakan sistem back-up, tidak disarankan digunakan secara terus menerus dalam periode lama. So….kalau tahu aki sudah soak, monggo segera ganti dengan yang baru agar CB tunggangan sampeyan selalu fit. Aki tekor pada CB150R??. Nggak masalah koq, monggo gunakan kick starter. Beres dah nggak perlu dorong :mrgreen: . Juozzz….(iwb)

[email protected] on Twitter

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!