iklan iwb

gp-banner-460x110

R6Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian….setelah main tarik ulur, secara resmi akhirnya Yamaha merilis 4 produk CBU untuk dipasarkan diIndonesia. Berlangsung diDDS Cempaka Putih Jakarta…..YIMM memilih kuda besi legendaris yakni YZF-R1, Yamaha YZF-R6, VMAX, TMAX.? Langkah ini adalah salah satu cara pabrikan garputala untuk semakin memantapkan dominasinya di segmen sport tanah air….

460x150(1)Banner-Gif-uk460x140-Recovered

iklan iwb

Seperti bocoran yang pernah IWB angkat diartikel lalu….akhirnya secara resmi YIMM umumkan kedatangan 4 CBU dalam line up produk mereka. Beda dengan YZF R1 serta R6…..khusus dua produk lain yakni VMAX, TMAX termasuk produk yang belum pernah mengaspal diIndonesia oleh importir umum sekalipun. Itulah kenapa kans keduanya cukup besar menarik perhatian para biker tanah air. Emang seperti apa sih spesifikasi masing-masing produk??…..

Yamaha YZF-R1 identik dengan MotoGP walaupun tidak ikut mengaspal di lintasan balap motor dunia tertinggi itu. R1 terbaru ini adalah motor supersport paling mutakhir yang pernah dibuat pabrikan Garpu Tala. Teknologi crossplane crankshaft yang ada pada R1 itulah yang juga dimiliki Yamaha YZR-M1 dan tidak dimiliki R6, VMAX dan TMAX. Karena itu popularitas R1 tak kalah mendunia dengan saudara dekatnya M1, meski tidak ditunggangi secara resmi oleh Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP dengan gelar juara dunia. Teknologi crossplane crankshaft turut andil memberikan kepada Yamaha 6 gelar juara dunia MotoGP. Pencapaian mentereng ini ikut menguatkan imej R1 yang juga dibekali crossplane crankshaft. Penasaran teknologi ini??….

Mari kita bahas secara singkat. Crossplane crankshaft adalah poros engkol dengan desain saling silang atau dengan kata lain memiliki durasi pengapian 90 derajat. Hal ini berbeda dengan biasanya dimana mesin 4 silinder menerapkan pola pengapian 180 derajat sehingga pembakaran dapat terjadi dengan pola merata dan durasi yang saling bergantian mulai silinder pertama sampai keempat. Beda dengan tipe mesin crossplane dimana pembakaran terjadi bergantian antara empat silinder namun dengan durasi yang tidak merata karena desain poros engkol yang saling bersilangan. Desain ini membuat tingkat redaman getaran mesin yang sempurna memanfatkan gaya tolak poros engkol yang saling bersilangan. Crossplane crankshaft mampu meraih torsi maksimum dengan cepat, sehingga tarikan menjadi responsif dan bertenaga di tiap tingkat putaran mesin….

R1 pertama kali diluncurkan di 1998. Dan keluaran tahun 2014 yang dipasarkan di Indonesia seperti di Eropa, dibangun oleh fitur utamanya sistem tujuh tingkat TCS (Traction Control System) mampu mengatur ?sistem Fuel Injection dan waktu pembakaran sehingga gejala spin di roda belakang dapat dicegah dan pengendalian lebih optimal. Fitur utama lainnya yaitu YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) dari teknologi MotoGP dengan teknologi fly-by-wire untuk memberikan throttle response yang instan. Selain itu tenaga yang dihasilkan selalu hadir di setiap putaran mesin. YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intake) yaitu sistem variabel intake yang mampu membuat tenaga mesin lebih bertenaga di semua tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan kebutuhan mesin. Suspensi depan menggunakan YHSJ (Yamaha Hydraulic Systems Japan) yang mengadopsi teknologi MotoGP. Suspensi dengan fungsi khusus, bagian kiri untuk peredaman tekanan dan kanan untuk mengembalikan tekanan ke posisi normal. R1 tersedia diIndonesia dalam 3 warna yakni Race Blue, Matt Grey, Competition White dengan harga 350 juta rupiah full package dan 335 juta rupiah no package. Full package terdiri dari helmet, jacket, glove, boots.. Terus apa bedanya dengan R6??….

Adik dari R1….R6 cukup terkenal didunia balap. Dengan R6 pula Cal Cruthlow pernah menang diworld Supersport. Dirilis pertama kali tahun 1998….YZF R6 memiliki teknologi YCC-I dan YCC-T seperti R1. YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle) dari teknologi MotoGP dengan teknologi fly-by-wire untuk memberikan throttle response yang instan, dengan teknologi ini mampu mengontrol udara masuk ke dalam lubang bakar sehingga pembakaran optimal. Selain itu tenaga yang dihasilkan selalu hadir di setiap putaran mesin. YCC-I (Yamaha Chip Controlled Intake) yaitu sistem variabel intake yang mampu membuat tenaga mesin lebih bertenaga di semua tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan kebutuhan mesin. Selain itu dapur pacy R6 juga dibekali silinder tanpa liner berlapis ceramic-composite yang memiliki karakter pelepasan panas yang baik untuk power delivery yang konsisten dan berkurangnya hambatan gesek. Sedangkan sasisnya terbangun dari subframe magnesium menyebabkan berat motor yang tersentralisasi di tengah. Dan terdapat four-way adjustable (preload, high-speed compression, low-speed compression dan rebound damping) upside down fork dengan 41 mm inner tubes, memungkinkan setingan untuk penggunaan di jalan raya atau menyesuaikan kondisi sirkuit….

unnamedKeunggulan istimewa lainnya dari R6 adalah knalpot titanium dilengkapi EXUP, yakni katup yang mengatur aliran gas buang sesuai dengan kecepatan motor. Hasilnya, kinerja mesin menjadi responsif dan efisien. Kesan motor balap pada R6 juga dirasakan dari koplingnya yang terasa halus saat menurunkan gigi. Itu dikarenakan adanya teknologi slipper clutch yang dapat meredam torsi di roda belakang saat pindah gigi ke posisi lebih rendah pada saat putaran mesin terlalu tinggi. R6 memiliki rem yang lebih maksimal berkat rem depan ganda dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder & adjustable lever serta cakram belakang. Motor ini dipasarkan 3 warna yakni Race Blue, Matt Grey, dan Competition White dengan harga 235 juta rupiah full package dan 220 juta rupiah no package. Selain kedua fairing bike….YIMM juga memboyong TMAX dan VMAX!

TMAX diperkenalkan pertama kali di tahun 2002 di Eropa dan generasi keduanya dirilis tahun 2008. Generasi keduanya juga dikeluarkan di Amerika Serikat pada tahun 2009 dengan model keluaran tahun itu. TMAX memiliki rangka terbuat dari bahan alumunium. Punya teknologi Belt Drive terbuat dari aramid fiber yang diklaim kuat dan tahan lama, mampu mengirimkan tenaga yang dihasilkan mesin ke roda belakang dengan optimal. Sistem pengereman ABS (Anti Lock Brack System) menjadi pelengkap fitur sang kuda besi. Yang menarik TMAX juga dilengkapi rem tangan sehingga lebih aman ketika motor berhenti di kontur jalan yang menanjak atau menurun. Velg berdiameter 15 inchi dengan ban depan 120/70 dan ban belakang 160/60 membuat motor lebih mantap bermanuver. TMAX tersedia tiga warna Solar Black, Competition White, Sonic Grey djual dengan harga 185juta rupiah. Dan yang terakhir….

VMAX dirilis pertama kalinya di tahun 1985, didesain oleh Atsushi Ichijo, Ed Burke dan John Reed. DI tahun pertama dikeluarkan, VMAX langsung menyabet Bike of The Year versi Cycle Guide. Edisi 2014 VMAX memiliki mesin yang lebih besar dalam sasis yang lebih compact untuk mendapatkan akselerasi mengagumkan dan handling tepat. Motor muscle di abad 21 ini mesinnya super powerfull berkapasitas 1679 cc dengan mesin tipe V. VMAX merupakan motor 4 silinder mass production terbesar, dengan tenaga 200 Ps pada 9.000 rpm dan torsi 166.8 Nm pada 6.500 rpm. Mesin dibekali, 16 valve, pent-roof combustion chamber….sudut valve yang tegak….desain mesin? langkah pendek…. busi iridium….forged alumunium pistion….serta cylinder dilapisi ceramic-composite. Mesinnya pun dilengkapi YCC-I dan YCC-T yang diklaim mampu membuat tenaga terus bergulir di setiap tingkat kecepatan, karena panjang pipa udara bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mesin….

Velg VMAX berukuran 18 inchi dengan ban depan ukuran 120/70 dan ban belakang 200/50. Dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Brake System) dikombinasikan dengan caliper one-piece radial mount, radial-pump master cylinder dan adjustable lever serta cakram belakang. Tangki bahan bakarnya berkapasitas 15 liter terletak di bawah kursi untuk meraih distribusi bobot di tengah dan membuat pengendaraan optimal. Dipasarkan hanya satu warnanya yaitu Power Black…..VMAX menjadi moge termahal yang dipasarkan YIMM yakni seharga 500juta rupiah. Hhhmm…mantap euy, setengah milyar. Terus apa keuntungan membeli moge diYamaha dan dimana bisa memesan motor tersebut??…

unnamecc

Banyak mzbro. YIMM menyebutnya….Your Total Riding Experience, 100% back up by Yamaha Factory, demikian pengalaman bagi konsumen yang siap diberikan Yamaha. Konsumen CBU akan diperlakukan sama dengan konsumen Yamaha lain yakni pelayanan sempurna melalui after sales service diseluruh bengkel jaringan pabrikan garputala. Selain itu khusus pembeli moge bakal mendapatkan banyak promo dan kemudahan 3S meliputi home/pick up service, paket cuci motor, garansi, MC maintenance history, riding course, fasilitas pembiayaan asuransi, emergency support, paket modifikasi, jaminan ketersediaan parts, fasilitas pembiayaan dan paket service gratis. After sales service itu menangani kebutuhan service CBU selama 3 tahun atau 36.000 km, jaminan garansinya 3 tahun (1 tahun garansi pabrik dan 2 tahun garansi ATPM), pertolongan kepada CBU 24/7 (24 jam sehari, 7 hari seminggu), memastikan kilau CBU dengan detailing satu kali setahun dan cuci setiap service. Tidak hanya itu….

Kemudahan lainnya bagi konsumen seperti menjemput dan mengantar berdasarkan kesepakatan waktu dan lokasi, service CBU di rumah, asisten pribadi CBU untuk memudahkan komunikasi dengan Yamaha dan sejarah perawatan CBU mengenai masalah dan perbaikannya. Lebih spesifik lagi untuk after sales service, disebut sebagai Yamaha Care meliputi seluruh perawatan berkala dengan fasilitas tambahan seperti service di rumah, service antar jemput, pengingat dari Yamaha, catatan perawatan pada sistem service, pencucian dan detailing dan pertolongan emergensi 24 jam. Suasana kekeluargaan yang dibangun Yamaha dengan konsumen CBU juga difasilitasi melalui komunitas. Agar konsumen semakin bangga dan nyaman berkumpul bersama sesama pemilik CBU Yamaha. Mereka akan dimanjakan dengan undangan VIP setiap aktivitas Yamaha, riders corner di kafe pilihan, akses langsung bertemu duo pembalap Yamaha MotoGP Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, spare part san service spesial, diprioritaskan untuk parkir di mall pilihan, turing bersama, digital media untuk komunitas weekend breakfast club dan track day. Byuh….jian komplit tenan!!…

Last.…terhitung 22 November bertepatan dengan perkenalan resmi perdana 4 CBU ini di depan media, 4 CBU Yamaha ini bisa dibeli di Flagship Shop Yamaha Jakarta di Jalan Letnan Jenderal Soeprapto No 402 Cempaka Putih Jakarta Pusat dan selama satu bulan mulai 30 November sampai 24 Desember 2013 di dome yang ditempatkan di area luar Plaza Senayan. Lalu mulai 2014, Flagship Shop Yamaha Bali pun sudah menjualnya. Yup….sepertinya Yamaha benar-benar serius menggarap pasar premium khususnya segmen sport moge brosis. Dikala pemilik moge lain menghadapi susahnya jaringan 3S….YIMM berani memberikan garansi dan pelayanan full tak terbatas dijaringan mereka yang mencapai 1500 lebih. Dan untuk memantapkan hadirnya sang moge, Yamaha secara khusus mengundang Lorenzo tanggal 30 November-1 Desember 2013 keSentul mendemonstrasikan R1/R6 diSentul nanti. Juozzz….mantap cuma iso ngiler thok :mrgreen: . Tertarik mzbro??….(YIMM PR edited iwb)

IMG_1368IMG_1372IMG_1371

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!