iklan iwb

Verza150Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…seperti yang pernah IWB posting diartikel sebelumnya, IWB menjadi satu Blogger yang beruntung mengawal turing tim 3S Honda. Mendapatkan jatah rute Yogyakarta Semarang….Verza warna merah IWB pilih sebagai tunggangan menaklukkan jalur berliku. Panas, hujan dengan variasi jalanan macet turun naik menjadi santapan sang kuda besi. Nah…selama hampir 3jam duduk diatas jok sport berbanderol 17jutaan…berikut impressi yang bisa IWB rasakan….

Ergonomi

Pasti sampeyan sudah tahu posisi duduk Verza santai dan nyaman. Tangan memegang stang secara rileks. Konsol speedo cukup jelas kendati display tergolong mungil. Kelemahan absennya indikator RPM juga bukan masalah berarti. Lawong mata melototin jalanan kangbro….bukan speedo :mrgreen: . Overall….sisi ini merupakan kelebihan rata-rata sport Honda yang cukup frindly saat dipakai berkendara jarak jauh….

iklan iwb

Mungkin satu yang sedikit menjadi masukan Honda adalah posisi kaki yang terlalu kedepan. Kerugian yang IWB rasakan adalah sedikit pegel dipinggang setelah berkendara lebih dari 2 jam. Solusinya…kadang-kadang kaki digeser kebelakang menginjak foot step boncenger. Trik ini cukup ampuh mengurangi rasa pegal. Selain itu…jok rada keras dibanding? varian sport sayap mengepak lain. Tapi nggak terlalu signifikan bro….

Handling

Nah….ini yang perlu kita bahas. Verza 150 dibekali sasis tipe diamond yakni mesin digendong satu pipa dibagian depan (selain tulang tengah atas tentunya). Kalau boleh jujur….frame tipe ini termasuk paling rendah kastanya khususnya dilihat dari aspek rigiditas. Dan memang hampir seluruh sport Honda masih dijejalin sasis tersebut kecuali CB150R yang sudah jauh lebih maju (thruss frame atau trellis). Terus bagaimana respon dilapangan??….

Ternyata banyak yang berubah brosis. Insinyur AHM sudah belajar dari pengalaman masa lalu dimana handling tidak melulu mengandalkan rigiditas. Ada hitung-hitungan geometri supaya reaksi atau respon motor tetap anteng melibas tikungan ataupun high speed. Dan inilah yang IWB rasakan pada Verza150. Kendati bobot kendaraan termasuk ringan yakni 129kg….motor ini cukup baik menaklukkan jalur turun naik…

Rolling speed….straight hingga belokan tajam dilibas dengan prima. Untuk ukuran motor murah….bisa IWB katakan jempolan. Bahkan Megy lawas kudu tunduk pada kepiwaian Verza. Yang patut kita catat lagi adalah shockbraker. Dicangkokkin peredam Showa….karakternya rada stiff dibanding NMP ataupun Tiger. Efeknya….malah anteng lho dibuat kencang minus ngayun. Hanya saja…handling turun drastis saat aspal mulai diguyur hujan. Licin euy ban standartnya….

Braking

No complaint!. Jangan melihat tromol belakang. Yang pasti kinerja cukup baik menahan laju sang kuda besi saat panic brake sekalipun. IMHO kepakeman tidak kalah dibanding tipe diskbrake…

EngineScreenshot_7

Verza150 dibekali engine SOHC 150cc 2 klep air cooled yang mampu memuntahkan tenaga hingga 13,2PS@8500RPM dan torsi 12,7NM@6000RPM. Dari spek tersebut kita bisa melihat…torsi didapat sejak RPM rendah yakni kisaran 6000RPM. So…tidak perlu mengail diRPM yang lebih tinggi guna mendapatkan torque 12,7NM. Dampaknya??….

Tarikannya nampol tenan. Untuk stop dan go….bahkan Verza mampu mengimbangi kakaknya yang 200CC (Tiger). Bisa dipastikan….sampeyan akan dimanjakan saat memakai Verza dikemacetan atau perkotaan. Selain itu membawa beban beratpun bukan masalah berarti bagi Verza. Namun tentu saja tidak semua bisa kita dapatkan. Seperti hukum keseimbangan, ketika X diprioritaskan…maka Z dikorbankan. Dan itulah yang terjadi….

Mengejar torsi….Verza menganut karakter close ratio. Makanya nafas pendek. Hasilnya….mesin rada kelimpungan dan cenderung mengerang saat speed dipanteng pada kecepatan 90km/jam. Vibrasipun mulai timbul tanda RPM cukup tinggi. Padahal ketika turing…kita sering bermain dizona 80km/jam-90km/jam dan sesekali menjelajah dikecepatan 100km/jam. IMHO semua memang sudah didesain sesuai pakemnnya…

Ketika kita turing lintas kota yang menuntut speed tinggi….akan jauh lebih baik mzbro memboyong CB150R. Diluar setingan ratio, transmisi 6 speed merupakan jaminan RPM tetap adem dikecepatan tinggi sekalipun. So….plus minus pastinya kangro. Yang patut dicatat disini adalah komsumsi BBM yang cukup irit. Kendati tidak menghitung secara akurat…mengamati pergerakan bar fuel consumption, keiritan Verza bisa diandalkan….

Last….dengan banderol yang cukup terjangkau…sport 150cc dari Honda ini memang worthed to buy. Handling lincah, akselerasi nampol, irit serta jaminan 3S tak tertandingi menjadi nilai plus yang patut dipertimbangkan. Hanya saja….turing yang menuntut speed tinggi secara terus menerus memang rada kurang cocok untuk sijaran wesi. Verza150 untuk turing??. Monggo jika sampeyan hanya demen bermain direntang speed 70km/jam (titik nyaman bebas vibrasi). Tapi kalau menyukai menjelajah jalanan dikecepatan 80-100km/jam engine tetap halus…..IWB rekomendasikan langsung keCB150R. Jaminan rileks dah :mrgreen:.(iwb)

Video Cuplikan turing bersama Honda Verza 150

HP klik disini

189 COMMENTS

  1. @ Ariel

    Jreng Jreng Jreng

    Pernahkah kau merasaa, hatimuu hampaaa

    Nambah tuak lagi Lae ampe gedhex kyak Antimo Robot Gedhex. diLapo lagi ramai Lae.

    Sent from my BlackBerry? powered by chapsclabiration903

  2. touring sama yayang tentunya nikmat, kangbro. motor butut juga serasa motor mewah. getar2 dihindari soalnya bikin yayangnya gimana gitu. masalahnya gak bisa mampir dulu buat ehem ehem.

  3. @ . pada
    sabar mas,,
    jangan bawa2 suku apalagi dicampur sama babi.
    walau bukan bulan puas kita mesti sabar.

  4. @ 35. fBH muka
    Sama-sama bro
    @ 37. r6
    betul kang
    @ 45. samjoas
    Betul mzbro…itu poin yang ingin saya sampaikan
    @ 48. Ryon’ V-SheGhant
    Top speed terbaik 110km/jam. tapi umumnya sekitar 105km/jam
    @ 51. durna
    Weleh…itu Bu Isti HC3 AHM kang. Bukan istri…sobek tenan! :mrgreen:
    @ 54. soeh
    Ntar saya sobekin dan patahin dulu bro wkwkwk
    @ 60. peyek
    Nggak bro…kan turing
    @ All
    Buat siapapun tolong jangan bawa suku ras dan agama. Tolong atensinya…

  5. Ini awal kebangkitan pabrikan sayap untuk maju di segmen sport.. kayanya kehadiran verza ama CB150 mulai ajang pembuktian deh..

  6. Dulu pernah baca kalo kang iwb bilang verza gak ada enak2nya dinaikin..kok skrg jd bagus testinya?heheheheh..

  7. owww
    ini tow yg dikatakan honda lovers
    motor sport rasa bebek …kwekkwekkwe
    ternyata neng versa yg dimaksud

  8. 1 liter 100 km. Verza irit untuk konsumsi bbm nya … pake bensin campur.

    Campur dorong…. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk sambil guling”

  9. weleh…weleh…

    m.okezone.com/read/2013/10/31/500/889884/buruh-saya-butuh-upah-naik-untuk-cicilan-kawasaki-ninja-250

  10. wkwkwkwkwk…

    ati2 mengatakan verza sebagai motor sport om …

    kata k4mbing sih motor sport itu harus dohc …
    kalo sohc itu bebek …

    harli dapitson ato HD dari yu- es- e aja kata k4mbing itu juga bebek .. karena masih sohc …

    hahahahaha…

    😀

  11. 77. RC se7en – November 1, 2013
    ===========================
    ane barusa ke tkp om,,,
    ngisi komentar,,, tapi kena sambel terasi,,, 😆

  12. peyek pada November 1, 2013 pada
    10:07 AM
    77. RC se7en ? November 1, 2013
    ===========================
    ane barusa ke tkp om,,,
    ngisi komentar,,, tapi kena sambel
    terasi,,,
    ————
    ane mau komen tp kyaknya dah terwakili yg laen…

  13. wah,,, lkang iwan,,,,
    potone mesrah banged,,, 😆

    opo bunda ne ibam ora cerumbu,,,, ??? 😆

    *mindik mindik ,,, mlipir metu mburi,,, 😆

  14. artikel verza jadi berasa laen karena didampingi petinggi ahm yang cantik.
    tapi kagak tau dah….
    ntar pulang kerumah digampar ama bini apa kagak!

  15. ada harga ada kualitas.. kalau lihat penampilan versa sih ,ok banget dehh udah sesuai dgn harga di kisaran 17 jt’an. HOnda memberikan byk pilihan sesuai isi kantong bikers indonesia 🙂

  16. Kalau IWB sungkan mengatakan scr terang-terangan sekiranya ane boleh mewakilkan kang:

    Kelemahan neng VERA:
    -Ergonomi menurut kata IWB :
    “Mungkin satu yang sedikit menjadi masukan Honda adalah posisi kaki yang terlalu kedepan. Kerugian yang IWB rasakan adalah sedikit pegel dipinggang setelah berkendara lebih dari 2 jam.”

    versi ane: rasanya kayak naek odong2 goyang dombret, dibuat luar kota rasanya naek motor ke amerika, capeknya minta ampun…

    ckckckckckckckck….Behahahahahaha

    😆

  17. @RC se7en
    @peyek

    Copas dari wall Facebook Agus Marwoto yang tinggal diBekasi.

    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=1376586795917165&set=pb.100006975722603.-2207520000.1383278549.&type=3&theater

    Agustino Marwoto Tigielovers
    26 Oktober melalui seluler
    Tak terasa tiga tahun merantau kerja di Ibukota.
    Bagikan

    2 orang menyukai ini.

    —————

    Kok cocok ya namanya si Agus sama yang diWawancara Okezone, pantesan lama ngga nongol, taunya lagi sibuk demo sama si Chapunk Sumarni. Demonya pakai Tiger, Hihihihihii.

    JAKARTA- Sejumlah buruh hari ini menggelar aksi unjuk rasa serentak menuntut kenaikan upah. Di Jakarta Timur, sejumlah buruh memusatkan aksinya di Bundaran kantor Pajak, Pulogadung, Jakarta Timur.

    Dalam aksinya, Kamis (31/10/2013), ratusan buruh itu terus menyuarakan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta dari Rp2,2 juta menjadi Rp3,7 juta.

    Agus seorang buruh pabrik di kawasan industri Pulogadung mengatakan, gaji yang diterimanya saat ini, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lantaran, gaji yang diterimanya sekira Rp2.500.000 per bulan habis untuk membayar biaya kost, mengirim uang ke orang tua, dan juga cicilan motor.

    “Saya kan dari daerah, jadi tiap bulan harus kirim ke orang tua, belum lagi bayar kost. Upah harus naik, saya butuh uang untuk kebutuhan lainnya, kayak cicilan motor,” katanya sambil memegang motor gede miliknya, Kawasaki Ninja 250 kepada Okezone.

    Kendati demikian, Agus enggan untuk menjelaskan biaya cicilan motor gede miliknya yang mencapai harga puluhan juta rupiah itu.

    Dalam aksi buruh kali ini, banyak buruh membawa kendaraan motor gede lainnya, seperti Honda Tiger, Yamaha Vixion, dan Kawasaki.

    Menurut Agus, keikutsertaannya dalam demo kali ini didasari rasa solidaritas. “Saya ikut Demo, selain merasa kekurangan buat sehari-harinya, ini juga rasa solidaritas sama teman-teman,” kata Agus.

    Agus terus lantang menyuarakan aspirasinya. Dia juga membawa kardus sebagai bentuk protes yang bertuliskan, Demi Tuhan.. Seluruh Buruh Menolak Upah Murah.

  18. 77. RC se7en – November 1, 2013

    weleh?weleh?

    ——————

    Berita Okezone ada si Agus Marwoto lagi diWawancara. Hihihihihihi

Comments are closed.