iklan iwb
iklan iwb

ExhaustSmoke300Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…goncang-ganjing aturan Euro 3 sempat terdengar kuat diawal tahun 2013. Pengaturan emisi gas buang yang akan memaksa seluruh pabrikan untuk memperbaiki pembakaran agar kendaraan masuk kategori ramah lingkungan. Info awal pada waktu itu menyebut bulan Agustus 2013 sebagai batas ketuk palu diberlakukan. Tapi dilalah wacana tersebut menguap tanpa bekas….

Euro 3 sendiri sudah diberlakukan diEropa sejak tahun 2001. Ambang batas atas CO 2.30 g/km…THC g/km serta Nox 0.15 g/km membuat pabrikan berlomba-lomba melakukan konversi dari sistem karbu ke injeksi. Sebab jika dipaksakan cost yang dikeluarkan malah lebih besar. “Lebih rumit mz kalau tetap kekeh pakai karbu sebab malah butuh part banyak agar emisi gas buang sesuai dengan aturan yang dipatok (Euro3)” ujar salah satu teknisi pabrikan kala itu. Tidak heran mzbro. Kenapa??…

Sebab secara sistem…pembakaran karbu memang tidak sepresisi injeksi. memang sih kelemahan tersebut bisa diakali dengan pencangkokkan catalic converter (Catcon) pada knalpot. Namun bukannya tanpa kelemahan…karena harga komponen termasuk mahal. Nggak usah jauh-jauh…banderol knalpot CC spek Euro 2 saat ini aja dipatok 1jutaan lebih. Lha gimana dengan Euro 3 yang sangat ketat?. Pasti dibutuhkan penyaring ekstra berlapis. Banyaknya penyekat juga membuat performa motor terkebiri. Nah karena itulah pabrikan berlomba-lomba migrasi kesistem injeksi. Catcon nggak butuh banyak, bahan bakar lebih efisien serta pencangkokan O2 sensor juga memungkinkan…..

iklan iwb

Namun….penantian tak kunjung datang. Hingga memasuki bulan Agustus 2013…..tidak ada tanda-tanda regulasi diberlakukan. Ketika IWB tanya keberbagai pihak tentang kelanjutan wacana tersebut…..rata-rata hanya gelengan kepala yang IWB dapatkan. Bahkan ketika bertanya kesalah satu kolega kenalan dipabrikan…..IWB mendapatkan jawaban enteng yakni…Euro3 mundur hingga tahun depan. Kapan tepatnya??. Juga belum pasti. Artinya…regulasi Euro3 hingga saat ini masih ngambang tidak jelas. Tidak heran pabrikan seperti “wait and see” tidak serta merta merombak seluruh varian mereka kesistem injeksi. lawong sik burem kangbro. Wah…kabar gembira dah buat yang punya Ninja 150 nih. So Euro 3?. Yang pasti mundur hingga tahun depan. Kapan??. Hanya para penguasa yang tahu. Kita tunggu saja ….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!