iklan iwb
iklan iwb

101713-2014-honda-cbr300r-1-633x389Bro dan sis sekalian….IWB rada tertegun saat menerima foto CBR300 dari beberapa pengunjung warung. Yup…secara gamblang Honda telah memperkenalkan sang kuda besi diajang China International Motorcycle Trade Exhibition (CIMA) Chongqing kemarin. Seluruh media dunia dibuat geger dan ramai-ramai membahas perkara ini. Anehnya…foto yang tersebar hanya dua angle dengan kondisi identik tanpa ada foto real. Mungkin wujud asli memang masih disembunyikan mengingat produk ini masuk project masa depan. Dari sekian fakta….yang menarik bagi IWB adalah shape desain yang begitu mirip dengan apa yang telah dijabarkan pengunjung warung IWB diartikel lawas atas penampakan sosok kuda besi ditanah air. Generasi fairing bike dengan headlamp nyipit terpisah….bukan model Y seperti CBR150/250 pada umumnya…..

IWB posting ditanggal 30 September 2013…artikel memuat testimoni bro Dwi Hartanto yang mengaku melihat sport fairing misterius diangkut diatas truk AHM disekitar Citeurep Jawa Barat. Jika kita sudi merunut dengan detil…sampeyan pasti mengerutkan dahi sebab penjabaran doi begitu presisi dan akurat (mengacu dari gambar official Honda China). Berikut potongan testi 18 hari lalu….

Mas Iwan kemarin (17/9/2013) malam sekitar pukul 18.30 saya melihat mobil truk pengangkut speda motor Honda. Diatas truk tsb terdapat beberapa motor, diantaranya motor matic dan beberapa moge. Dari apa yang saya lihat, motor moge tsb berbeda dari jenis sport yang beredar di indonesia.  Sekilas mirip CBR Fireblade 1000cc. Hanya saja sein depan berada di samping fairing. Lalu yang membuat saya penasaran adalah spakbord belakang yang berjenis gantung layaknya CBR fireblade. Tidak jelas pula apakah itu benar-benar CBR Fireblade atau motor modifan…..

iklan iwb

Sayang saya tidak bisa memfotonya. Pasalnya HP dan posisi saya sangat tidak memungkinan untuk memfoto. Posisi truk tersebut berada persis didepan pintu tol Citereup menuju arah Cibinong – yang nggak jauh dari Astra Komponen Indonesia. saya coba putar balik untuk mengejar truk tsb, namun sayang udah hilang entah kemana. Dari apa yang saya liat bikin saya penasaran, apakah itu merupakan varian baru dari sport honda seperti yg sudah ramai diberitakan di Dunia maya? atau memang itu CBR Fireblade ? untuk mesin sendiri saya kurang jelas melihatnya, dikarenakan posisi moge tsb berada disisi paling atas truk dan ditutupi kardus.

– Dwi Hartanto/artikel 18 September 2013-

Nah….klop to bro. Monggo coba amati gambar dengan penjabaran yang dituturkan bro Dwi….cocok semua to. Puzzle diatas membangkitkan dugaan liar bahwa AHM sebenarnya sudah memiliki prototype CBR300R. Atau setidaknya mereka dilibatkan dalam R & D sang fairing yang disinyalir baru masuk akan diproduksi tahun depan untuk melengkapi varian yang telah ada. Sayang…..dari proses gali, IWB gagal mendapatkan fakta untuk memperkuat dugaan ini. Rapet tenan kangmzzzz. Btw, seperti apa sih CBR250R??…

02Tidak banyak info yang bisa digali atas CBR300. Hanya secuil dua cuil info seperti desain (pastinya), kubikasi engine (300cc) serta positioning sang kuda besi yang katanya untuk menantang eksisteni Ninja series dipasar global. Dari beberapa informasi pula bisa diperoleh keterangan…CBR300 bakal dirakit diThailand sebagai basis produksi yang kemudian dipasarkan keseluruh dunia. Perbedaan signifikan dan cukup melegakan adalah detil desain yang kini terinspirasi Fireblade….bukan VFR1200F. Panel lain yang ikut berubah adalah knalpot. Yup…versi 300cc lebih manis nyomot desain kakaknya CBR400. So..secara kasat mata makin agresif serta sangar. Untuk sasis/frame dan suspensi tidak ada perubahan dibanding versi 250 alias kembar bak pinang dibelah dua. Terus gimana sisi engine?….

Wah…kalau masalah ini jian buta gelap gulita kangbro. Tidak satupun media luar negeri juga berani berspekulasi atas tipe engine yang digendong. Apakah single atau pararel engine?. Honda sendiri masih bungkam. Hanya estimasi dan harapan disuarakan bahwa kemungkinan power CBR300R bisa tembus 35HP dengan torque sekitar 27NM. Hanya saja…yang rada bikin nggak semangat, dari beberapa referensi….kemungkinan engine masih tetap menganut single silinder sangat besar. Kalau iya…berarti Honda tidak belajar dari masa lalu dimana superioritas dan sensasi pararel engine lebih diharapkan ketimbang single. Namun…IMHO, pabrikan sayap mengepak bisa saja menurunkan mesin CBR400R. Dan itulah yang kita harapkan...(iwb)

iklan iwb
Previous articleSurya Autology di Xtrim Sumatera eXpedition 2013…..wah keren nih!!
Next articleMotogp FP 2 Australia : Lorenzo tercepat…Marquez jatuh!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!