iklan iwb

Screenshot_2Bro dan sis sekalian…..emang apes bener kalau matic ditunggangin IWB. Badan selangsing tari balet (nyindir.com :mrgreen: )….membuat motor kubikasi dibawah 150cc seperti teriak susah naik. Dan inilah yang terjadi pada Dazz saat IWB geber eksplorasi akselerasi….

Dazz….skutik berbanderol 9,9juta OTR Jakarta hasil racikan TVS mempunyai karakter enteng tapi sedikit lelet saat speed memasuki zona 75km/jam. Kadangkala power terasa seperti ngedrop dipertengahan RPM. Entah karena setingan atau memang waktunya minta servis secara motor dari baru dikirim keIWB. Tapi soal kestabilan jangan ditanya…stang anteng tenan. Coba IWB geber pada kecepatan tinggi…Dazz tetap tenang tidak ada gejala goyang (karekter suspensi medium…ditengah-tengah skutik Honda dan Yamaha). Vibrasi engine juga termasuk minim. Soal handling….skutik ini mampu jabanin motor yang lebih mahal sekalipun. Terus gimana dari sisi engine??…..

Saat gas dibuka….motor dengan enteng melaju. Bobot kuda besi yang ringan membuatnya menyenangkan dipakai melibas jalanan jarak pendek. Hanya saja kalau sampeyan betot pol dijalan raya besar, power kadangkala terasa ngempos. Karakter mesin overbore membuatnya butuh mengerang rada lama (jangan-jangan karena bobot IWB nih :mrgreen: ). Hasil tes top speed pribadi menunjukkan…terbaik yang bisa IWB raih adalah 95km/jam. Not bad at all….secara yang nunggang masuk kategori body Samson Betawi :mrgreen: . Monggo perhatikan pergerakan speedometer. Sayang…posisi Gopro kurang pas. Susahnya menempatkan kamera pada skutik membuat IWB rada frustasi. Jadi mohon dimaafkan kalau pergerakan speedo kurang jelas tertangkap. Terus apa kelemahan skutik ini??…

iklan iwb

Dazz mempunyai kelemahan pada absennya engine ON indikator. Jadi kalau sampeyan menggeser tuas kunci keposisi ON….dijamin kayak buta huruf brosis. Kecuali engine running…..baru ketahuan dari lampu speedo yang menyala dengan catatan…saklar digeser keposisi ON. Selain itu yang patut digaris bawahi adalah sisi cooling system. Yup…kendati pabrikan sudah memberi kipas atau cooling fan samping, perangkat ini seperti tidak mampu berbuat apa-apa ketika motor dipakai menerjang jalanan macet….

Heat transfer membuat area bagian belakang motor terasa hangat. Makanya kalau parkir dan sampeyan mendekat disisi belakang dekat knalpot…panasnya lumayan kuat. Walau pada jarak 30cm sekalipun…..semliwir rasane. IMHO…pihak desainer seharusnya memberikan air fin atau lubang kisi-kising angin pada dek bawah jok tempat mesin sembunyi supaya membantu pendinginan. Lha ini buntu je….

Last.…dengan banderol yang dipasang, memang sulit melakukan kritik terhadap Dazz. Harga 9,9juta…cukup sadis dan dijamin susah dicari kelemahan. Apalagi…motor ini juga bertampang ciamik….pede habis kendati jejer dengan skutik lain yang sudah dulu eksis. Buktinya…tetangga IWB ada yang nyamperin kerumah bertanya kemana bisa beli sang skutik. Sayang…3S masih menjadi pengganjal yang kudu terus digenjot oleh TVS. Dazz top speed 95km/jam??. Kalau kurang kenceng mau balap kemana :mrgreen: . Ya nggak bro……(iwb)

Video akselerasi TVS Dazz

91 COMMENTS

  1. kang iwan menurut saya beli hosting sediri aja, akang bebas berkreasi, lah internet dunia tanpa batas, kok kang iwan dibatasi, udah kang beli hosting aja… akang berpikir keras ya akang lah yg harus menikmati hasilnya.. toh rezeki ada yg atur..

  2. kecepatan segitu sdh lumayan,apalagi buat di perkotaan,kalau mau motor matic kencang beli aja Gilera DNA 180.

  3. itu dah lumayan kenceng mas…saya kadang heran am orang2 yang ngeluh karna motornya kurang banter,kok speednya cuma 100kpj,cuma 120kpj,kurang gini lah kurang gitulah…memangnya kalo riding di jalan mo jalan 100kpj terus ya…

  4. wahhh mas iwb! dari penuturan sampean si Dazz itu sedang overheating. kemudian indikasinya lelet. bisa jadiiiiiii olinya tuh mas bermasalah. yakin….

  5. suuiippp iki wes…mancaaapp…..ndang tuku tvs dazz…benn laris..hehe

    motoblast.wordpress.com/2013/10/17/blog-wordpress-sampean-kena-suspend-ini-solusinya/

  6. Riding matic 100km itu dah rasanya mau ngeleyang, cukuplah kalo Dazz 95’an… Itu sesuai harga dan spesifikasi. Matic itu yg penting diatas 90km/jan dan stabil.

  7. Sebenernya bagi kami komentator paling nyaman ya pake domainnya WP dibanding dg Blogspot atau dot info misalnya. Tapi jgn kwatir dg masalah HITS, konon aja kata Juragan Rondo yg warungnya jg kena Suspended terus pindah ke domain dot info aja dalam waktu 4 bulan Hitsnya tembus 20juta pengunjung?(walaupun yg komen rata2 5 orang itupun kayaknya member tetep he..he..) opo ora ndloweh dan ngowoh kuwi..?

    Jadi jangan takut kehilangan Hits Lik Iwan, ayo terus berkarya..!!

  8. Menurut saya itu sudah lebih dari cukup,dengan banderol yang ala kadarnya (murah) tetapi mendapatkan kualitas yang mumpuni dan tidak murahan.

  9. Jozz..Info yg brguna skali..Jujurg gue ingin bli..Bwat keluarga,tuk belanja..Itung2 biar bisa ngerasain produk india,bkan buta merk,tpi kendalanyadisini gak ada dilernya..Sobek2… .

  10. Walaupun motor sudah di pdi di pabrikan tapi tetep ada yang harus di setel ulang di bengkel resmi mas iwan, karena settingan pabrik bersifat general, coba bawa ke bengkel resmi tvs (saya anjurkan ke tvs kali malang), di jamin makin ngacir n masalah overheat hilang (pengalaman rtr 180)
    Rtr 180 sempet seperti itu trnyata setelah di cek setting karbu trlalu irit

  11. Maaf,krna di artikel ini nyinggung soal knalpot yg panas,syajadi inget kaki yayank ku yg gosong nyenggol knalpot satria punya adikku,krn di garasi rumah bnyak mtor parkir,tlg untuk susuki..Knalpot hrusnya ada pelindung anti panasnya..Kayak produk2 jamaha dll gitu loh….Gosonk tenan sikile yayank ku…

  12. Matic minta kentjang??? Masak pembalap pake metik??? Btw….beli domain sendiri aja Pakne Ibam… Kalo menu warung enak,mau pindah alamat asal pasang plang juga akan pada nyariin kok mas…

  13. 95, sama ma skupifi ay yang di GPS-nya tercabtun 87.5km/jam….oke lah ya? hehehe

    kobayogas.wordpress.com/2013/10/14/tes-singkat-honda-pcx-150-2010/

Comments are closed.