iklan iwb
iklan iwb

Setelah bungkam tidak sudi share info tentang seamless shift gearbox Yamaha, Rossi akhirnya angkat bicara didepan media. Sempat jajal┬áseamless shift gearbox diBrno…Rossi berharap komponen tersebut bisa segera digunakan untuk terjun balap. Kenapa??…sebab impressi yang dirasakan The Doctor adalah “terasa kurang nyaman balik menggunakan versi konvensional pasca nyicipin seamless shift”. Wah…segitu mantapkah??…..lwb-460x110AHM Oil

Keuntungan utama yang didapatkan seamless shift gearbox adalah “stability” karena engine lebih smooth saat oper gigi. Rossi menggaris bawahi….efek seamless shift gearbox tidak terlalu banyak membantu perolehan lap time diawal-awal balap. Namun….keampuhan komponen ini baru dirasakan setelah kuda besi melibas jarak puluhan lap….

Gear box yang baru tidak banyak merubah raihan waktu. Kita sudah coba membandingkan dengan versi konvensional. Namun….perbedaan baru terasa setelah melahap 15-30 lap sebab motor menjadi lebih mudah dikendarai, lebih stabil saat akselerasi serta jauh lebih anteng ketika direm. Selain itu, buatku….seamless shift gearbox bagus untuk ban karena mengurangi stres berlebihan yang akhirnya menguntungkan rider. Motor lebih mudah digeber hingga limit dengan kecerendungan minim kesalahan. Jadi aku rasa SSG sangat penting untuk membalap jarak jauh lebih dari satu lap. Rasanya luar biasa…..akselerasi jauh lebih bagus. “ seru The Doctor…..

iklan iwb

Tidak puas sampai disitu, Vale kembali menerangkan kelebihan Seamless shift...”Jika kamu ingin oper gigi pada saat rebah ekstrim-pun, semua bisa dilakukan dengan mudah. Kamu tidak perlu merubah gaya berkendaramu, hanya memakai beberapa trik untuk memaksimalkan kinerja gearbox agar lebih cepat” terang Rossi. Saat ditanya kapan tim Yamaha resmi menggunakan seamless shift gearbox??. Doi berujar…“Aku belum tahu. Kita berdua bersama Jorge sedikit memaksa agar mendapatkan komponen tersebut secepatnya sebab memang sangat bagus. Sekarang saja…..terasa kurang nyaman balik menggunakan versi konvensional setelah jajal seamless shift. Tapi Jepang pusat mengatakan untuk tenang. Gearbox adalah komponen vital dan kita harus siap 100 persen. Harapan kita sih secepatnya” tutup Rossi….

Last….Ducati dan Honda sudah menggunakan perangkat seamless shift versi mereka masing-masing. Akan menarik bagaimana performa Yamaha setelah mengaplikasi SSG mengingat dengan gearbox konvensional saja M1 masih bisa bejaban melawan RC213V yang SSG. So…apakah penampilan tim biru bakal lebih baik atau malah semakin ketinggalan pasca dijejali SSG?. Kita pantengin saja kabar selanjutnya. Toh belum ada konfirmasi Yamaha akan memakainya diIndianapolis pekan ini……...(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!