iklan iwb

Ninja recallBro dan sis sekalian….kabar terbaru datang dari Kawasaki yang me-recall Ninja 300 akibat masalah engine. Setelah sebelumnya didera problem pada mekanisme rem ABS…kali ini Kawasaki dipusingkan keluhan engine stall atau mati mendadak ketika tutup gas di-low RPM. Karena potensial membahayakan keselamatan…..geng ijo memutuskan melakukan recall guna penyelidikan lebih lanjut….lwb-460x110460x150

Tidak butuh lama bagi mereka menemukan pangkal permasalahan yang mendera Ninja 300. Setelah dilakukan investigasi…..Kawasaki menyimpulkan adanya kegagalan part ECU yang bisa memicu engine stall atau mati mendadak saat gas ditutup. Mereka mengakui ECU tidak di-set secara benar saat proses produksi. Kawasaki diinformasikan mengirim surat resmi kekonsumen agar membawa tunggangan kedealer terdekat. Penggantian komponen dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Pihak otoritas Kanada melaporkan…tercatat 745 unit Ninja 300 sudah ditarik dari peredaran.? Kemungkinan Amerika akan segera menyusul mengikuti langkah Kanada…..

Sebagai informasi, sebelum diterpa masalah mesin…Ninja 300Fi ini juga sempat ditarik dari pasaran akibat problem mekanisme rem ABS Juli lalu. Khusus model EX300BDFAL….unit hidrolis terkontaminasi partikel debu dalam proses perakitan.? Efeknya….fungsi ABS tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Apesnya…disaat masalah ABS belum kelar, kini timbul problem ECU. Oleh karena itu…seperti dilansir Motorcycles, Kawasaki bakal mengirim dua surat berbeda pada motor yang sama. Satunya tentang rem ABS dan lainnya adalah ECU. Mereka menghimbau pemilik Ninja 300 datang kedealer untuk pengecekan kedua komponen tersebut….

iklan iwb

Last….Ninja 300 ABS yang masuk dalam daftar re-call adalah unit produksi Agustus 2012 – April 2013 dengan jumlah sekitar 1083 unit. Sedang untuk ECU….sejauh ini masih 745 unit kemungkinan akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Diluar ketidak sempurnaan produk….tindakan Kawasaki yang berani melakukan re-call patut diapresiasi. Btw…..apakah problem tersebut berimbas pada Ninja 250 FI tanah air?. Sejauh ini sih belum ada laporan yang masuk kenewsroon IWB alias aman-aman saja, So…don’t worry be happy mzbro….(iwb)

87 COMMENTS

  1. Klo di indo pernah kgk kg iwan ada pengecekan motor secara detail,, apa emg smw produk di sini bgs2 ,, kok adem ayem gk pernah dgr di sini ada yg di tarik

  2. Baca dblok mana gtu kualitas komponen daleman/jeroan/mesin kurang bagus bukan hanya part luar’a ajh yn downgrade kaya’a ..

  3. Baca dblok mana gtu ninja 250fi kualitas komponen daleman/jeroan/mesin kurang bagus bukan hanya part luar’a ajh yn downgrade kaya’a ..

  4. Di indonesia sangat jarang pabrikan kendaraan mau recall produknya

    malah hal itu selalu di tutup2in..

    bayar media bukan hal aneh..

  5. ?????????? ??????? ??
    Maaf lahir bathin Mas IWB.
    Selamat merayakan lebaran.
    Buat semua pengunjung blog juga, terutama FBH, minal aidin walfaizin ya. 🙂

  6. kawasaki di amrik n kanada itu yg responnya cepet dan berani recall.
    kalau kawasaki indo ya lagi2 mengecewakan, dulu ada yg komplain tentang suatu cacat produk, dteng ke dealer gk di gubris, merengek2 dulu kirim email ke blog, baru deh kwasaki respon. itupun cuma perbaikan satu unit punya org yg merengek2 itu, no recall. padahal kejadian serupa juga terjadi pada beberapa unit lainnya, yg mna hal tsb sdh mmnuhi syarat untuk di lkukan recall.
    ntah apa yg slah dgn negara ini, semuanya seolah2 berlomba2 hanya ingin mmbodohi rakyat dan hny mncari keuntungan saja, apakah benar negara kita ini memang negara bodoh karena berisi rakyat yg dibodohi.

  7. entah kenapa kalo fby yang bilang pasti pabrikan yang bertanggung jawab dan bukan produk gagal..
    tapi coba kalo ini merk sayag pasti di cerca abis2an.. wkwkwkk

  8. .. …?
    .. ( ?)______?
    ..? ??____.-:”'”””;-.
    ..? ??___(*(*(*|*)*)*)
    ..? ??_. ???????????
    Dengan segala niat & hati yang tulus…

    Susila Irwantop
    mengucapkan :
    M?????? ????????? ??? f?????z???? O:)
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    Selamat ???? F???? 1434 H

  9. Pabrikan motor cacat kok di kasih apresiasi.pengen beli motor canggih?ya hanya YAMAHA sama HONDA.udeh,kawasaki bikin motor karbu aja ama motor 2tak.gak pecus bikin motor 4tak yg bagus dengan harga miring kyk YAMAHA n HONDA.wakakakakakaka

  10. Produk murni yg 300cc aja bermasalah,apalagi produk downgrade aka ninja 250fi buat pasar indo.???tp KMI bisa sedikit ayem,cos para owner ninja di indo pada bego.gak berani komplain.yg penting udah 2cylinder dah pd songong dijalan wlpn cacat.wakakakakakakak…pengin beli motor canggih injeksi????ya YAMAHA sama HONDA.wakakakakakak

  11. Udeh,saran ane mah,kawasaki bikin motor karbu aja ama 2tak.gak pengalaman bikin motor injeksi.wakakakakakakakakakak…

  12. Pabrikan mana di indo yg berani recall recallan ….. Org kita nrimo aje….. Kl dah bnyak yg komplain baru bereaksi itu jg krn komplain lewat blogsper2 Otomotif….. Yg diteruskan ke petinggi kl gg ya lewattt.. Smoga kasus ini ns dicontoh oleh pabrikan2 di indo cmiiw

  13. baguslah kalo pabrikan bertanggung jawab, demi kepuasan konsumen
    ========================================
    xueliwei.wordpress.com/2013/08/08/trik-isi-ulang-dettol-no-touch-murah-meriah/

  14. 32. brod – Agustus 8, 2013
    klotok2 punya cb150r nggak di recall ama AHM

    ——————————————————————–

    tapi kalo di bawa ke ahass bisa komplain, toh sekarang udah gak denger adax masalah klotok2

    lah sekarang Ninja 250-300 produk global kok bermasalah, padahal seharusx lulus uji lah, masa bisa bermasalah

  15. Berbeda dgn pabrikan motor yg ada di indo, mana mau recall produk, seakan semua produknya SEMPURNA
    Oleh krena itu beli produk kendaraan mending import dri luar (klo punya uang), dimana kualitasnya ting ting

  16. yang 300 aja banyak masalah.. apalagi yang downgrade 250.
    yah tapi gaka aka di gubris oleh kerumunan alay kaya yang punya
    😆

  17. buatan manusia emang ga ada yg sempurna 😀

    sama nih mas iwan kaya Z1 ane mesin suka mati pas tutup throtle di rpm rendah klo mesin udah panas, udah diakalin rpm langsam dinaikin problemnya masih sama tapi lumayan jadi ga terlalu sering sih. apa mungkin masalah di sistem injeksinya? kata mekanik sih karena ISC ga jalan klo mesin udah panas (emang diset kaya gitu)

  18. hwmmm,,,, 😉
    cicaakcerdas.wordpress.com/2013/08/06/gara-gara-sapi-pesawat-lion-air-keseleo-lion-air-mengalami-over-run/

  19. Verza ane, juga beberapa verza lainnya suka mati mesin waktu rpm rendah, tutup throtle. Kok ngga ada respon dari produsen ya?

  20. Kesombongan dan cara nyetir ugal ugalan tidak bisa dipungkiri masih melekat pada rider indonesia, contohnya uda banyak bahkan mayoritas anak muda kalau dijalan mengabaikan kesopanan dan keamanan diri dan orang lain. Ngemplak motor 150 cc atau agak bagusin dikit 250 cc aja songongnya gag ketulungan, berasa jadi rider moto gp semua. Jalan raya seperti dijadikan sirkuit, berlomba tanpa ada kesepakatan dan kalah menangpun tidak ada persetujuan, anehnya tradisi edan gitu kok dipelihara. Kalau memang hebat jadilah juara sirkuit sebenarnya jgn cuma jadi pembalap abal abal aka alayers. Salam smart rider.

  21. 47. tyo_thekill@gmailcom – Agustus 8, 2013

    Indonesia oh indonesia?
    Smua produk yg msk indonesia adl produk sempurna! Plng alasan?a ? kt beda produksi?
    ===========
    alasan beda produsi memang gak salah, tp bukan berarti jd pembenaran buat ngeles dr tanggung jawab.
    karena vendor tiap negara bisa berbeda, misal di amerika vendor pemasok ABS dan ECU adalah vendor A dan B, di eropa bisa jadi C dan D, di asia E dan F.
    malah bisa jadi vendor utk Asia dan Negara ASEAN berbeda…
    jadi sangat masuk akal kalau di eropa kena di amerika dan asia tidak. atau sebaliknya.

Comments are closed.