iklan iwb
iklan iwb

Ninja recallBro dan sis sekalian….kabar terbaru datang dari Kawasaki yang me-recall Ninja 300 akibat masalah engine. Setelah sebelumnya didera problem pada mekanisme rem ABS…kali ini Kawasaki dipusingkan keluhan engine stall atau mati mendadak ketika tutup gas di-low RPM. Karena potensial membahayakan keselamatan…..geng ijo memutuskan melakukan recall guna penyelidikan lebih lanjut….lwb-460x110460x150

Tidak butuh lama bagi mereka menemukan pangkal permasalahan yang mendera Ninja 300. Setelah dilakukan investigasi…..Kawasaki menyimpulkan adanya kegagalan part ECU yang bisa memicu engine stall atau mati mendadak saat gas ditutup. Mereka mengakui ECU tidak di-set secara benar saat proses produksi. Kawasaki diinformasikan mengirim surat resmi kekonsumen agar membawa tunggangan kedealer terdekat. Penggantian komponen dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Pihak otoritas Kanada melaporkan…tercatat 745 unit Ninja 300 sudah ditarik dari peredaran.  Kemungkinan Amerika akan segera menyusul mengikuti langkah Kanada…..

Sebagai informasi, sebelum diterpa masalah mesin…Ninja 300Fi ini juga sempat ditarik dari pasaran akibat problem mekanisme rem ABS Juli lalu. Khusus model EX300BDFAL….unit hidrolis terkontaminasi partikel debu dalam proses perakitan.  Efeknya….fungsi ABS tidak bekerja sebagaimana mestinya sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan. Apesnya…disaat masalah ABS belum kelar, kini timbul problem ECU. Oleh karena itu…seperti dilansir Motorcycles, Kawasaki bakal mengirim dua surat berbeda pada motor yang sama. Satunya tentang rem ABS dan lainnya adalah ECU. Mereka menghimbau pemilik Ninja 300 datang kedealer untuk pengecekan kedua komponen tersebut….

iklan iwb

Last….Ninja 300 ABS yang masuk dalam daftar re-call adalah unit produksi Agustus 2012 – April 2013 dengan jumlah sekitar 1083 unit. Sedang untuk ECU….sejauh ini masih 745 unit kemungkinan akan terus bertambah seiring waktu berjalan. Diluar ketidak sempurnaan produk….tindakan Kawasaki yang berani melakukan re-call patut diapresiasi. Btw…..apakah problem tersebut berimbas pada Ninja 250 FI tanah air?. Sejauh ini sih belum ada laporan yang masuk kenewsroon IWB alias aman-aman saja, So…don’t worry be happy mzbro….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!