iklan iwb

IWBEmboh…apa yang salah dengan negeri ini. Apakah karena ketidak becusan pemerintah menahan pertambahan laju kendaraan pribadi atau akibat mandegnya pembangunan jalan…yang pasti jalur pantura sekarang sudah tidak seperti dulu. Dibulan puasa, untuk menuju keSurabaya…..dibutuhkan waktu hingga 24 jam. Raihan waktu tersebut jauh dari normal dimana biasanya hanya 12jam. Keluhan dilontarkan para sopir bus antar propinsi yang menuding pengelola jalan tidak belajar dari pengalaman masa lalu…AHM Oil IWB OK (460x150)lwb-460x240

Ngobrol dengan IWB, sopir bus yang terlihat letih berbaring dipojok belakang bis. Raut muka lelah bercampur ngantuk masih bisa tersenyum ketika IWB sapa dengan sopan. ‘Istirahat pak?’ seru IWB. “Iya mz….” jawabnya sambil mengangguk. Hhhmm…hebat juga nih sibapak. Diusia yang hampir menginjak setengah abad (nebak nih bro)….badan tetap kuat mengendalikan bis malam. Jarak 850km…dengan rute amit-amit padatnya dilibas tanpa masalah. “Sekarang jalan semakin parah ya pak. Pasti lebih capek..” celoteh IWB sambil menunggu pintu toilet yang tidak kunjung terbuka….

Menghela nafas panjang sibapak hanya geleng-geleng. “Capeknya dua kali mz. Sekarang jalur pantura bak neraka…..nggak kayak dulu. Yang saya heran….perbaikan jalan selalu pas sebelum lebaran. Jadi banyak penyempitan jalan yang bikin macet. Kan seharusnya bisa dicicil sedikit demi sedikit jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Mereka tidak belajar dari pengalaman dan terus diulang setiap tahun. Kita buang solar, tenaga dan waktu…!! serunya kesal. Akhirnya uneg-uneg dihati sibapak ditumpahkan…

iklan iwb

Yup…itulah negeri ini. Carut marut seperti tiada akhir. Jalanan dengan kualitas rendah sehingga aspal gampang berlubang ketika diguyur hujan deras. Komposisi pasir yang lebih banyak dibanding aspal itu sendiri dicurigai menjadi ajang permainan oknum tertentu. Tidak heran KPK saat ini sedang menyelidiki adanya dugaan ketidak beresan perbaikan Pantura yang dijadwalkan setahun sekali dengan dana permintaan anggaran mencapai trilyunan rupiah. Sebuah pertanyaan mampir dikomisi pemberantasan korupsi….

Kenapa selalu setahun sekali?. Sebegitu burukkah kualitas pengaspalan ditanah air?. Adakah penggelembungan dana disana?. Bagaimana dengan komposisi material?. Berbagai pertanyaan logis nan tajam dari KPK. Namun dengan dalih kelebihan beban…pihak kontraktor berkeras semua bukan salah mereka. Jadi ketika jalanan rusak…ya memang waktunya rusak. Sebuah alasan yang IWB sendiri rada mengerutkan dahi. Kenapa?. Lawong contoh rendahnya kualitas aspal memang banyak koq. Sebut saja dibawah fly over UI Depok…..

Entah gimana…tambalan aspal yang didominasi pasir ketimbang aspal itu sendiri berguguran tidak tahan lama saat hujan dan roda kendaraan menggilas permukaan jalanan pasca perbaikan. Tidak heran…sebulan setelah itu, lubang kembali menganga memperlihatkan jeroannya. Dugaan liar mengatakan…..maklum-lah lawong harga aspal lebih mahal dibanding pasir. Jadi adonan aspal ditekan dan pasir dibanyakin. Bisa aja to. Halah…jadi suudzon hehehe…

Last.…jalanan Pantura kini bak neraka. Selain volume kendaraan yang melimpah….proyek perbaikan jalan dibeberapa titik semakin memperparah keadaan. Sebagai catatan….saat IWB pulkam kemarin (sebelum puasa), butuh waktu 24 jam dari Jakarta ke Jawa Timur. Artinya….pasti kondisi lalin makin parah menjelang Lebaran nanti. Dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi serta stamina yang fit 100%. Jika merasa capek….jangan memaksakan diri. Mending istirahat diposko-posko ataupun warung yang bertebaran disepanjang jalur. Ingatlah keluarga menanti dirumah. Alon-alon sing penting kelakon. Ingin pulang kampung??. Wis mending kereta atau pesawat dah kalau bisa. Remek tenan euy soale….(iwb)

198 COMMENTS

  1. waduh jgn jgn si bapa supir pernah ke neraka ya, ko tau klo pantura ky neraka, wk….wk….pissss

  2. oknum mas.. beda jauh ma, sorry, malaysia kualitas aspalnya.. prinsip mereka, pake prinsip orang china.. kalo mau bangun negara, yang pertama kali dibangun adalah jalannya.. kualitas harus ok.. biar sekali mahal, tapi tahan lama, ketimbang rusak lagi rusak lagi.. duit lagi ujung-ujung.. penuh deh tuh kantong.. Btw, iwb beruntung, mudik jakarta surabaya 24 jam.. saya pernah mudik bogor-jombang 2 hari.. heuuu..

    • Bener,, saya Tki yg di Taiwan, melihat di sini sama di indo jauh banget perbedaanya, di sini aspal bgs banget dan pengerjaannya gk acara bulanan malam di kerjain besok udah beres..

  3. wakaka bener tuh kang, jalannya jelek bgt di bawah flyover UI
    baru juga dibetulin udah rusak lagi, payah

  4. yang lebih hebat lagi.. terjadi “pemalakan” disana.. yang sering lewatin pantura pasti tau.. kasian supir bus.. kadang suka ditalangin sama penumpang yang baik hati.. “preman” itu emang mentalnya udah parah.. padahal dia di gaji..

  5. kalo bikin jalan tol.. baru dibagusin jalannya.. tapi kalo jalan umum.. ya begitu kualitasnya.. tanya kenapaaa?? hahaha.. cerita lama..

  6. Jalur mudik selatan jg sama z maz,d bnrin lw mu lbran. Entah gmana pemikran para pmimpin itu.
    Miliaran buat ngaspal cm bsa mulus pas arus mudik+balik yg g lbh dari 30 hari.

  7. wangon:
    kalo jalur selatan, bak terbuka.. hahaha.. kaya mobil dong yah?? hihihi.. kidding bro

  8. kalo biasanya sih itu bukan salah kontraktor, kontraktor cuma menjalankan tugas!!!

    lah terus kenapa kok pengerjaannya buruk?
    -dana yang dibutuhkan kontraktor tidak keluar sesuai kebutuhannya! jadi pengerjaannya, ya mencocokkan dengan buget yang diterimanya dari PU

    Lah terus siapa yang disalahkan?
    – jelas PU, yang memotong anggaran/buget yang dibutuhkan kontraktor. kontraktor gak mungkin mengurangi standar kualitasnya karena akan berpengaruh pada nama baik perusahaan kontraktor tsb.

    lah turus kenapa kontraktor masih mau bekerja sama dengan PU?
    -ya jelas, emang istri dan anaknya mau makan apa? dan biasanya juga sebagian besar pemenang tender adalah perusahaan kontraktor yang pemiliknya pegawai PU itu sendiri

    lah kok gitu sih?
    -memang ini seperti lingkaran setan yang tidak ada habisnya dibahas dan terlalu rumit untuk diselesaikan

  9. kok yo ono y wong doyan mangan aspal.jan jane weteng opo?kabeh klebu….na’udzubillah….

  10. …ternyata para tikus sekarang doyan makan batu ama aspal dimakan juga… mdah mudahan tikus tikus jdi bahan bakar neraka diakhir matinya nanti..( AYO KAMPAYE GANTUNG PARA KORUPTOR)..

  11. ooo pantes tarif bisa bisa sampai naik 30% torokin solar ama krat*ndeng buat bus sama sopir

  12. 31. hey sadar hey – Juli 29, 2013
    850km/jam ? lebih cepet dri F1 kang bro.. mantap nih bis,, mudik 1 jam sampe..

    jgn salahkan pemerintah ga bisa nahan laju pertambahan kendaraan, lha wong masyarakat sendiri yg ga mau pke kendaraan umum utk beraktifitas. tengsin? alasan klasik.. macet? semua jga macet.. irit? bensin iya irit, perawatan kendaraan ga lo itung, cicilan ga lo itung.. lebih cepet? klo pada kompak pke kendaraan umum ga bakal macet, alhasil much faster than use your own vehicle..

    kurang2in lah salahin pemerintah,, akan jauh lebih baik kritik tp disertai dgn solusi,, kritik doaannnggg..

    – – – – – – – – – – – – – – – – –

    kalo angkutan umumnya aman dan nyaman semua jg bakal naik bos!!!! gw jg ogah naik motor macet2an, panas hujan tiap hari kl ada yg lebih baik. ga baca berita KRL td pagi diamuk penumpang gara2 apa.

  13. biarlah dosa para pemudik yg ribuan itu masuk ke perut tikus2 rakis itu…. yuk kita sumpahin rame2

  14. Jadi pemimpin itu sngat2 berat tggjwbnya. Sy ingat satu hadits, tapi lupa riwayatnya, tapi intinya sy ingt: jk ada satu saja gerobak keledai jatuh karena jalan rusak/hancur, trus si empunya gerobak terluka atau meninggal, yg prtama dituntut adalah pemimpin/khalifahnya. Bahkan jika si empunya tak apa2, tapi keledainya cedera atau mati, si khalifah tetap dituntut pertggjwban.
    Zaman skrg? Boro2. Yg penting pemimpin/khalifah kayaraya, harta 7 turunan. Miris rasanya.

  15. Sdh tabiat dari penjabat indon para pemangku kuase di negeri ni, serakah tingkat dewa

  16. bkan rahasia umum…proyek jalan raya cuma 40% -60% yg jadi jalan…sisanya….???

    proyek abadi pantura….

    dan ngga perlu heran…daerah yg punya pabrik aspal aja jalannya ancur semua… (cilacap)…apalagi daerah lain seperti pantura….

  17. biasa lah, pengerjaan jalan dilakukan cuma menjelang mudik doang, biar banyak yg lihat kali ya…jadi kelihatan kerjanya.
    jangankan campuran pasir+aspal yg dimanipulasi, ketebalan aspal di beberapa titikpun juga sering dikurangi,

  18. Saran saja sebaiknya muatan muatan brat diangkut lewat kapal laut. Bukankah negeri kita negeri kepulauan.? Sehingga perawatan jalan tidak sesering.sekarang. lewat laut free maintenance anggaran bisa dialihkan buat yg lain.t

  19. jika kita bicara dari sisi negatifnya nih kang (soalnya nyari dr sisi positif kok gak nemu yah hehe)….
    perbaikan jalan tiap taun itu ibarat “proyek thr-nya” para oknum pemda dan atau daerah…
    memang sengaja dibuat hanya kuat setahun atau kurang biar ada yg bisa di”kerjain” (baca: dikorupsi) tiap tahunnya.

    getir? begitulah adanya….

  20. Yang bikin jalan sih gak salah, Pemerintah daerah yang salah dalam manajemen anggaran. Setiap tahun anggaran dr pusat ke daerah turun bulan Juni, nah pada bulan2 itulah biasanya mulai berbagai perbaikan/pembangunan proyek daerah termasuk pengerjaan jalan.

  21. soal pantura mah udah jadi proyek abadi om,pernah d bahas ko sama antv

    Kenapa jalan panturan jalan nya ga pake beton aja,yg ukuran nya 5x5m (perkiraan),toh jln pantura beban nya sangat berat tiap hari nya,atau ngga pemudik d arahkan ke jalur selatan 🙂 atau menyusuri pantai selatan aja 😀

  22. kalo lewat cirebon perhatiin jalannya bro. ada jalan yg lebih tinggi dari pembatas (tengah) nya. bahkan ada pembatas yg ditingkat sehingga kelihatan normal. itu tahun 2012 pas saya lihat.

  23. apa yg slah dgn negeri ini ??? semuanya.. terutama rakyat yang memilih orang terkorup di dunia sbagai pemimpin dan rakyatnya cuma cengengas cengenges di goblokin sama susilo : kesopanan, bambang : besar, yudhoyono : pembawa bencana.. jadi kesopanan palsu alias sok sopan kalo pidato tangan goyang kanan kiri tapi aslinya pembawa bncana besar.. wajah sok sopan tapi aslinya iblis. itu dia kesalahan trbesar dlm ngara ini. hehehe 😀

  24. makan aspal, batu, kerikil, pasir emang enak, kalo gak percaya, tanya pejabat yg bersangkutan.
    Mugo mugo wetenge podo njeblug, penyakiten, sengsara tujuh turunan.

  25. makan aspal, batu, kerikil, pasir emang enak, kalo gak percaya, tanya pejabat yg bersangkutan.
    Mugo mugo wetenge podo njeblug, penyakiten, sengsara tujuh turunan.

Comments are closed.