Pasti banyak yang penasaran dengan muntahan tenaga on wheel siSuperKipas engine…Ninja 150R. Jambakan setannya yang legendaris ditambah bobot kosong sikuda besi membuat banyak biker bertanya…berapa sih power asli Ninja 2 tak?. Nah…mumpung masih hangat topik membahas tentang power on dyno test, bro Irfan secara khusus mengirim email ke IWB mencoba sharing info hasil uji tes Dyno yang doi lakukan. Berikut kutipan detilnya….lwb-460x240HGP

Selamat sore mas Iwan,

Semoga sehat selalu. Nama saya Irfan Desyadi Azis, saya pembaca setia Blog IWB, kadang jadi komentator sekali-sekali.

Saya mempunyai keinginan untuk menjajal mesin dyno ini sudah lama untuk pengalaman pribadi. Terlebih lagi setelah membaca artikel “Dyno test…..power New Vixion unggul dibanding CB150R??…..” tanggal 14 Januari 2013. keinginan tersebut semakin menjadi-jadi. Tapi mau test pake apa? Satria FU sudah saya di jual April 2012 karena saya di pindah tugas ke Singapore sejak November 2011.

Untuk memenuhi keinginan menjajal mesin dyno ini, akhirnya saya putuskan untuk meminang Ninja 150R Maret 2013 terispirasi oleh artikel lawas mas Iwan menceritakan tunggangan Si Igun. Unit sudah ada tapi saya gak tau harus pergi kemana? Terima kasih sudah share info tentang keberadaan salah satu bengkel yang mempunyai fasilitas dyno ini melalui artikel “Dynotest….power asli Pulsar 200NS hanya 17ps??” tanggal 26 Juni 2013.

Keinginan semakin tak terbendung setelah membaca artikel dari kang Taufik “Komparasi Sport 200-225 Otomotif . . . silah dikunyah kunyah” tanggal Juli 14, 2013. tanpa pikir panjang saya langsung terbang dari Singapore ke Jakarta. Eh ternyata besoknya mas Iwan juga merilis artikel “Motorsport 200-225cc…siapa yang tercepat dan teririt??” tanggal 15 Juli 2013.

Sehabis sahur saya gak bisa tidur lagi karena udah gak tahan. Terik matahari dan puasa Ramadhan tidak menyurutkan niat Dynotest. Sebelum saya melakukan Dynotest saya mampir ke Bengkel Resmi Kawasaki PT. Sinar Berlian Wahana di Jl. Raya Bekasi Timur No. 150 B karena sudah masuk waktu untuk service rutin yang ke 2 walaupun mileage baru 200km.Ninja

Sesampai di Aerospeed Jl. H. Nawi motor dilarikan statis empat kali agar mendapat hasil maksimal. Hasil akhirnya, power maksimal yang disemburkan sebesar 23,73 HP dan torsi 18,76 Nm. terjadi perbedaan sebesar 5,91 HP atau sebesar 19,94% dari claim pabrikan yang menyatakan power max 29,64 HP. Power kalah tipis 0,17HP dengan Duke 200 yang beda harga mencapai 31,5jt.

Salut tenan buat bro Irfan. Keinginannya begitu kuat ingin jajal mesin Dyno dikomparasikan klaim pabrikan. Alhasil….penjabaran jadi gamblang didukung data pendukung (suwun bro Irfan). Berkat doi pula, kita jadi tahu power murni yang disemburkan sang ninin. Btw…..alat dyno sama dengan yang dipakai pengetesan beberapa motor diartikel kemarin (klik disini). So…sampeyan jadi lebih gampang membandingkan sang Ninin 150 dengan kuda besi lain (Aerospeed). Maklum mzbro….beda alat biasanya beda kalibrasi. Btw…setelah mencermati lampiran data, ada satu yang menarik dari kurva loncatan grafik terlampir….

Jelas….jika diperhatikan, ledakan power Ninja 150R memang baru melengking dikisaran 7000 RPM. Lonjakan lumayan signifikan dan tiba-tiba. Disinyalir, momen itulah SuperKips membuka….memberikan daya dorong tambahan sehingga menawarkan sensasi jambakan two stroke engine. Praktis….dengan power murni yang mencapai 23,73HP…..Ninja 2 tak masih menjadi kuda besi termurah yang menawarkan tenaga mumpuni untuk motor yang beredar dipasaran. Power 23,73HP bobot 124,5kg??. Yo panggah juozzz gandozzz mzbro!! :mrgreen: …..(iwb)

Noted : Klik gambar untuk memperbesar

Advertisements