iklan iwb
CB150R kudu bongkar kunci akibat dirusak curanmor
CB150R kudu bongkar kunci akibat dirusak pelaku curanmor

Bro dan sis sekalian….berita dimana-mana memuat curanmor yang makin merajalela. Menjelang lebaran….mereka semakin nekad dan sadis dalam menjalankan aksinya. Tidak pandang bulu…bahkan aparat TNI juga menjadi korban timah panas gara-gara mempertahankan Vixion tunggangannya (berita pos kota 18/7/2013). Selain itu….target lain yang sedang santer dan menjadi kesukaan para penjahat adalah Ninja series. Dibeberapa titik lokasi perbatasan Jakarta….mereka mengincar motor Ninja khususnya yang 250cc. Seperti mengikuti tren….sekarang nampaknya sang street fire juga masuk dalam daftar yang kudu disikat. testimoni bro kita….Andry Saputra seakan mempertegas kondisi tersebut. Berikut surel doi….iwb460x140HGP

Selamat malam mas Iwan. Apa kabar mas? Semoga sehat dan makin sukses. Sedikit bagi cerita mas, Sabtu kemarin waktu saya parkir di satu tempat di Jakarta Selatan, motor saya Honda CB150R SF kuncinya dicongkel orang mas. Beruntung kunci-kunci motor model sekarang kuat jadi susah ditembus maling. Tapi sekuat-kuatnya lama-lama pasti tembus juga. Waktu kejadian untung aja ada yang negur. Bahaya tapi mas…..wong yang negur itu ditodong balik. Untung ga ada yang luka dan motor saya aman. Tapi sayangnya kunci magnet dan kontak ga berfungsi. Alias kunci stang pun nggak bisa dibuka. Mau nggak mau ganti kunci hari itu juga toh…..

Sedikit saran saja, ada baiknya ketika motor diparkir bisa dikasih kunci ganda (gembok/rantai baja) supaya yang mau ngambil pun pikir 2 kali. Karena kunci magnet itu ternyata gampang dibobol mas.? Getok sekali langsung kebuka, jadi nggak jaminan banget. Berbagi pengalaman aja, pelajaran buat kita semua, kunci ganda itu perlu. Syukur-syukur pakai alarm. Sedih juga to motor beli mahal-mahal tapi bablas sama maling.? Lebih baik jaga-jaga daripada jadi korban. Biarpun motornya nggak ilang tapi kalau kuncinya udah dioprek sama si maling kan ganti kunci kontak mahal juga mas. Ada baiknya juga biarpun motor nggak ilang, kejadian begini musti lapor ke polsek setempat. Hitung-hitung bantu polisi dapetin jejak-jejak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tsb hehe. Suwun ya mas! (Foto: Terpaksa dibongkar ditempat karena stang masih terkunci)..

iklan iwb

Nyaris mzbro. Motor bro Andry masih dilindungi yang diatas. Sebagai informasi…..SKS memang hanya memperlambat gerak penjahat sepersekian detik. Namun secara keseluruhan….kini teknologi penutup kunci bukan masalah berarti buat mereka. Kunci T dari baja tinggal digetok memakai palu kecil….plat tipis akan jebol. Edannnya para curanmor semakin nekad. Berbekal senjata rakitan tidak jarang mereka malah mengintimidasi balik jika ketahuan. Karena itu dibutuhkan rasa kompak dan gotong royong dari seluruh komponen masyarakat guna memberantas pelaku kriminal. Terus upaya apa yang paling ampuh untuk melindungi tunggangan saat parkir??….

Yang pertama adalah kunci gembok atau rantai. Pilih yang bentuknya eye catching alias gedenya segaban agar maling sudah ciut nyali dan berpikir dua kali sebelum menjalankan aksinya. Yang kedua….pasang alarm pengaman. Untuk soal ini memang rada ribet memasang di motor FI akibat ECU yang sensitif. Tapi jika benar cara pemasangangannya (jangan mengambil kelistrikan menjamper dari arus listrik kiprok/CDI sebab arus yang keluar dari modulator tsb sangat besar bisa menimbulkan feedback yang bisa merusak ECU. Disarankan nyomot dari kabel Pulser karena arus yang keluar hanya 1 volt. So….masuk kategori sangat aman – monggo konsultasi kemekanik yang ahli kelistrikan jika bingung) semua akan baik-baik saja. Dan yang terakhir….

Tentu saja banyak berdoa meminta perlindungan kepada Allah SWT. Karena kedua tips diatas tidak akan berguna jika sudah memasuki zoba “rampas”. Waspadailah teritori perbatasan penyangga ibu kota. Dari yang IWB baca….curanmor dengan kekerasan banyak terjadi diBekasi (nomer satu), kedua Tangerang dan Jakarta Selatan ketiganya. Selain itu Sawangan, Jonggol dan beberapa lokasi terdekat juga tidak kalah santer. Btw…selain kesempatan, target penjahat juga mengikuti tren. Kenapa?. Sebab jaran wesi curian kudu masuk kategori gampang dijual. Dan kini nampaknya….CB150R masuk sebagai list yang dibidik mereka. Buat pak Polisi, mohon bantuan anggota dan jajarannya untuk melakukan patroli lebih ketat pak. Serem Soale euy. Waspadalah…waspadalah…...(iwb)

176 COMMENTS

  1. hampr semua motor kang, yang penting jangan merasa semua tempat itu aman kang

    streetfire-150.blogspot.com/2013/07/buat-sendiri-frame-sliders-untuk-cb150r.html

  2. 44. baco – Juli 19, 2013
    mudah mudahan suatu saat motor atau mobil yg di curi itu punya teroris yg isinya bom.pas dipakai langsung meledak?

    ————————————–
    Amin.. bro.. 🙂

  3. ..wedew.. ngeri juga .. RR ane dolo juga hampir, padahal parkir di pemerintahan, daerah senayan, yg security nya sak abrek2 …. pulang kantor liat kunci kontak udah lower semua, di masukin kunci asli susah nya ampun2 an, dan alhamdullilah di cakram ane gembok doubel, mungkin sipelaku susah buat bukanya , soal nya parkiranya mepet2 banget alias padet banget….

  4. @49. jaelan..
    CB150R?.bukankah sudah pake tralis mz??.
    *********************************************************
    wkwkkkkkkkkkkkk ….

  5. waspadalah-waspadalah…kunci ganda seharusnya sudah di aplikasikan lagi sama produsen motor,kayak dulu honda astrea grand sudah di kasih kunci roda yg kayak garpu buat ngunci roda depan.

  6. Di Lampung lebih serem lagi bro…Musim BEGAL…mereka merampas motor yg lg dikendarai tanpa sungkan tuk melukai, bahkan membunuh pengendaranya…

  7. motor mx ane tgl 9 mei kmren ilang di rampok di lapangan tembak cibubur..rampoknya 2 org pke mio ijo..sialan
    klo di inget2 suka nyesek..

  8. @ 30. rus bjs
    Lampung emang edian bro. Btw…curanmor yang tertangkap rata-rata memang banyak dari Lampung. Weleh….koq bisa begitu ya
    @ 33. haris fb
    Byuh…ribet bener sarannya
    @ 36. juraganneon
    Ini nih yang mumet dan jadi tugas aparat kepolisian
    @ 43. cilok
    Betul mzbro. Tapi dilokasi parkir yang sama….ada beberapa motor pasti dipilih bro. Nggak sembarang nyomot. Dan itulah target mereka….
    @ 48. nurilez
    Tuh kan
    @ Jaelan
    Bisa aja wkwkwkwk
    @ 53. demit alas
    Untung digembok. Nyerah berarti pencurinya :mrgreen:
    @ 58. A’aif
    Ikut berduka bro. Btw motornya apa?

  9. Kalo mau bener bener aman di rantai sama di gembok pake gembok merek abloy, harganya 3 jutaan. Kunci model silinder yang impossible buat di buka paksa. Gembok tahan air keras, tahan dilebur sampe suhu 1200 derajat, tahan dipotong pake laser.

  10. klo d vixion old maupun new,ada lubang buat msang gembok d standart tngah n ltaknya ckup tersembunyi
    jd klo gembok dh d psang klo da maling wlaupun sdh bsa njebol kunci n nyalain mesinya ttep sulit bawanya,kcuali malingnya mau gendong tu motor

  11. pencurian kendaraan banyak karena emang pasarnya ada, pasar secara utuh dan terurai

  12. semoga segera bertobat tuh malingnya

    mariodevan.wordpress.com/2013/07/17/new-vixion-ligthning-cat-mengelupas-dan-karatanbagaimana-ini-yimm/

  13. lebih aman lg,tiap brenti parkir (nggak ada penitipan motor),lepas cop businya?jadi walau kontak di bobol dan posisi on,di stater sampe lebaran monyet tuh motor nggak bakal idup,hwehehehehee (pengalaman pribadi seblum pake gembok)

  14. lek iwb… kok para penyemlak minerva ngga ada yang mengeluhkan kehilangan yakkk????????????????

  15. Sedikit tips buat yang punya motor sudah mengaplikasi teknologi injeksi..
    Perlu untuk sampeyan sekalin mengetahui dimana letak ECU..
    Kalau dirasa ragu dengan keamanan tempat parkir, silakan lepas dan bawa ECU anda. Karena disitulah ‘nyawa’ motor injeksi. Tentu saja ditambah dengan kunci stang dan gembok untuk ‘extra security’.. selalu saya lakukan begitu pada Vixion saya ketika ragu2 tentang keamanan tempat parkir
    kejadian teman ane di lampung, vixion ditinggal tapi copot ECU..motor dicuri tapi ketemu tidak jauh dari TKP dengan kunci rusak dan jok terbuka..
    Sekedar sharing..semoga bermanfaat.. 🙂

  16. di jakarta banyak maling,, di sumatera bnyak maling n begal.. sampe2 mmbunuh hanya demi motor, beginilah wajah negara ini.. Na’udzubillahimindhalik

  17. Cabut Busi Silahkan Dorong,,,bawa busi cadangan malingnya cabut ECU atau CDI silahkan lanjutkan..bawa ECU dan CDI Bawaan…Cabut Mesin silahkan bawa mesin cadangan

  18. padahal dah di kasih pake teralis..masih aja gak aman.., maling emang banyak akalx :mrgreen: , kasih alarm aja buat owner Cb…atau saklar rahasia… biar aman wktu parkir

  19. Risiko punya motor branded.
    makanya nyari motor yang jarang diminati maling.
    Hehehe 😀
    Kidding bos.
    Cari kunci gembok yang kecil aja tapi mahal gembok kecil sekitar 50-60 ribuan mau diketok susah apalagi di gergaji pasti lama.
    Jangan beli gembok gede-gede tapi bloon soalnya ane juga pernah punya kalau pengait bawahnya udah oblak gampang buat di ketok.

  20. Nambahin cabut aja cangklong businya kalau mau pergi kemana-mana pasti beres.
    tapi nggak tau deh cb150r bisa dicabut nggak cangklong businya.

  21. bbm naik, mau lebaran, anak 2x baru mulai sekolah..hmmm klop sudah buat alasan maling 2x itu beraksi.

  22. Wew memang ngeri pencuri/rampok, kudu waspada dan kunci ganda sebiknya memang ada..!!
    tanurblog.wordpress.com/2013/07/18/stok-numpuk-di-diler-pertanda-ga-laku-ah-masa-seehhh/

  23. malingnya kira itu motor old vixion, makanya mau di embat..
    tp begitu ngelihat ada pipa ledeng kumuh, tu maling gak jadi ngambil..

    *mempertaruhkan nyawa demi syammpah kata malingnya..

  24. Dengan cc keci sampai dengan nanggung motor sport baik matic atau bebek pasti banyak yang minat apalagi kalau udah branded.
    biar aman pake motor 350 cc ke atas kalau mau cc nanggung pilih motor merek yang nggak terlalu branded.
    Menurut saya.

Comments are closed.