iklan iwb
iklan iwb
CB150R kudu bongkar kunci akibat dirusak curanmor
CB150R kudu bongkar kunci akibat dirusak pelaku curanmor

Bro dan sis sekalian….berita dimana-mana memuat curanmor yang makin merajalela. Menjelang lebaran….mereka semakin nekad dan sadis dalam menjalankan aksinya. Tidak pandang bulu…bahkan aparat TNI juga menjadi korban timah panas gara-gara mempertahankan Vixion tunggangannya (berita pos kota 18/7/2013). Selain itu….target lain yang sedang santer dan menjadi kesukaan para penjahat adalah Ninja series. Dibeberapa titik lokasi perbatasan Jakarta….mereka mengincar motor Ninja khususnya yang 250cc. Seperti mengikuti tren….sekarang nampaknya sang street fire juga masuk dalam daftar yang kudu disikat. testimoni bro kita….Andry Saputra seakan mempertegas kondisi tersebut. Berikut surel doi….iwb460x140HGP

Selamat malam mas Iwan. Apa kabar mas? Semoga sehat dan makin sukses. Sedikit bagi cerita mas, Sabtu kemarin waktu saya parkir di satu tempat di Jakarta Selatan, motor saya Honda CB150R SF kuncinya dicongkel orang mas. Beruntung kunci-kunci motor model sekarang kuat jadi susah ditembus maling. Tapi sekuat-kuatnya lama-lama pasti tembus juga. Waktu kejadian untung aja ada yang negur. Bahaya tapi mas…..wong yang negur itu ditodong balik. Untung ga ada yang luka dan motor saya aman. Tapi sayangnya kunci magnet dan kontak ga berfungsi. Alias kunci stang pun nggak bisa dibuka. Mau nggak mau ganti kunci hari itu juga toh…..

Sedikit saran saja, ada baiknya ketika motor diparkir bisa dikasih kunci ganda (gembok/rantai baja) supaya yang mau ngambil pun pikir 2 kali. Karena kunci magnet itu ternyata gampang dibobol mas.  Getok sekali langsung kebuka, jadi nggak jaminan banget. Berbagi pengalaman aja, pelajaran buat kita semua, kunci ganda itu perlu. Syukur-syukur pakai alarm. Sedih juga to motor beli mahal-mahal tapi bablas sama maling.  Lebih baik jaga-jaga daripada jadi korban. Biarpun motornya nggak ilang tapi kalau kuncinya udah dioprek sama si maling kan ganti kunci kontak mahal juga mas. Ada baiknya juga biarpun motor nggak ilang, kejadian begini musti lapor ke polsek setempat. Hitung-hitung bantu polisi dapetin jejak-jejak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tsb hehe. Suwun ya mas! (Foto: Terpaksa dibongkar ditempat karena stang masih terkunci)..

iklan iwb

Nyaris mzbro. Motor bro Andry masih dilindungi yang diatas. Sebagai informasi…..SKS memang hanya memperlambat gerak penjahat sepersekian detik. Namun secara keseluruhan….kini teknologi penutup kunci bukan masalah berarti buat mereka. Kunci T dari baja tinggal digetok memakai palu kecil….plat tipis akan jebol. Edannnya para curanmor semakin nekad. Berbekal senjata rakitan tidak jarang mereka malah mengintimidasi balik jika ketahuan. Karena itu dibutuhkan rasa kompak dan gotong royong dari seluruh komponen masyarakat guna memberantas pelaku kriminal. Terus upaya apa yang paling ampuh untuk melindungi tunggangan saat parkir??….

Yang pertama adalah kunci gembok atau rantai. Pilih yang bentuknya eye catching alias gedenya segaban agar maling sudah ciut nyali dan berpikir dua kali sebelum menjalankan aksinya. Yang kedua….pasang alarm pengaman. Untuk soal ini memang rada ribet memasang di motor FI akibat ECU yang sensitif. Tapi jika benar cara pemasangangannya (jangan mengambil kelistrikan menjamper dari arus listrik kiprok/CDI sebab arus yang keluar dari modulator tsb sangat besar bisa menimbulkan feedback yang bisa merusak ECU. Disarankan nyomot dari kabel Pulser karena arus yang keluar hanya 1 volt. So….masuk kategori sangat aman – monggo konsultasi kemekanik yang ahli kelistrikan jika bingung) semua akan baik-baik saja. Dan yang terakhir….

Tentu saja banyak berdoa meminta perlindungan kepada Allah SWT. Karena kedua tips diatas tidak akan berguna jika sudah memasuki zoba “rampas”. Waspadailah teritori perbatasan penyangga ibu kota. Dari yang IWB baca….curanmor dengan kekerasan banyak terjadi diBekasi (nomer satu), kedua Tangerang dan Jakarta Selatan ketiganya. Selain itu Sawangan, Jonggol dan beberapa lokasi terdekat juga tidak kalah santer. Btw…selain kesempatan, target penjahat juga mengikuti tren. Kenapa?. Sebab jaran wesi curian kudu masuk kategori gampang dijual. Dan kini nampaknya….CB150R masuk sebagai list yang dibidik mereka. Buat pak Polisi, mohon bantuan anggota dan jajarannya untuk melakukan patroli lebih ketat pak. Serem Soale euy. Waspadalah…waspadalah…...(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!