iklan iwb

HondaBro dan sis sekalian….ikhtiar grup Astra membombardir pasar dengan produk anyar membuahkan hasil. Baru masuk semester pertama tahun 2013, Honda sukses menguasai separuh market share sepeda motor Indonesia. Edian tenan!!…iwb460x140AHM Oil IWB (460x150)

Dari data yang IWB kantongi…..secara total Honda selama periode Januari-Juni 2013 berhasil menjual 2.336.417 unit. Angka diatas dua juta unit tersebut sudah cukup mengokohkan posisinya sebagai penguasa pangsa pasar sepeda motor tanah air dengan porsi mencapai 60.1 persen. Usaha mereka menggerojok pasar dengan produk-produk baru serta mutakhir ternyata cukup ampuh menusuk para rival. Apalagi dibeberapa daerah…mindset terhadap merk ini memang masih sangat kuat. Keuntungan yang tidak sudi disia-siakan dan secara smart dioptimalkan oleh AHM. Terus produk mana saja yang paling laku??….

Komposisi terbesar masih disumbang segmen skutik dengan angka yang bombastis. Tercatat 1.718.116 unit matic terjual dijalanan tanah air. Ujung tombak skutik mereka tetap dipegang Beat. Praktis dengan jumlah yang diraih…market share skutik Honda saat ini menguasai 68.7 persen secara nasional. Disusul moped atau bebek dengan penguasaan pangsa pasar mencapai 50.7 persen atau setara 468.008 unit gabungan all varian. Sedang sport….segmen ini nampaknya lumayan alot. Yup…Honda kudu berjuang merebut dari Yamaha yang masih kokoh disinggasana. Terjual 180.293 unit atau 35 persen, pelan namun pasti jumlah ini terus bertambah….

iklan iwb

Last….mengintip raport penjualan yang konsisten, tidak mustahil Honda akan mampu menjual 5 juta unit ditahun 2013. Sebuah prestasi tersendiri jika jumlah itu bisa dilewati. Namun persaingan belum usai brosis. Selama ada rival yang terus mengintip pergerakan lawan….maka kemungkinan turun tetap terbuka. Meraih lebih gampang ketimbang mempertahankan. Peribahasa ini berlaku untuk siapapun. Market share 60.1 persen disemester pertama??. Welldone...!!! (iwb)

182 COMMENTS

  1. wajarlah honda sekuat itu lha wong babatnya aja mulai tahun 70an dan dah terbukti ktangguhan mesinnya, meski cuma pakai mesin yg serba sederhana ttp sangat efektif contoh aja silindernya aja biasa tp juga luar biasa, setelah 10th baru oversize jika pengendaraan dan perawatan baik bahkan bisa lebih, pdhl tersedia 5 size. jd djamin sampek waleh dewe pakainya. bukan berarti produk kompetitor jelek setidaknya harus bisa bikin mesin setangguh honda, bahkan CBR/CB150R jg tersedia oversize sampai 5,00 (68,5mm) tp standar max size 1,00 (64,5mm) jd byk yg gk ragu beli honda. smoga aja kompetitor bisa lbh bersaing d tahun2 mndatang

  2. jemuran detik.com/oto/read/2013/07/12/183052/2301339/1208/honda-recall-2-model-motor 😀

  3. Data AISI itu kan dari dulu dihitung jumlah distribusi dari pabrikan ke main dealer all Nasional, disini jelas kapasitas produksi Honda yang pabriknya banyak sangat besar dibanding Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.
    Data AISI data distribusi dari pabrik ke dealer-dealer seluruh nasional, tidak mesti berbanding lurus dengan real jualannya.
    Jadi wajar Honda menang distribusi yang disebut Market Share, wajar stok numpuk digudang Honda, lha wong targetnya besar kok.
    Data AISI = Data Distribusi dari pabrikan ke seluruh main dealer nasional, real jualan ke konsumen tidak terlihat langsung, karena dari dulu data AISI lebih melihat jumlah distribusi.
    Yamaha, Suzuki dan Kawasaki bisa saja memenangi MS, apabila mau bikin pabrik besar dan banyak memproduksi lalu mengirim unit atau mendistribusikan ke main dealernya.
    Ada sindiran, kalau Honda menang MS hanya menang data distribusi (PR. AISI), tapi belum tentu aslinya menang jualan dari dealer ke konsumen, dan kalaupun seandainya merek selain Honda yang menang MS itu juga data distribusi dari AISI namun merek selain Honda itu bisa dibilang sinkron dengan hasil penjualan ke konsumen langsung, kapasitas produksi brand seperti Yamaha, Suzuki dan Kawasaki yang kecil / sedikit, bila menang MS itu baru luar biasa dan bisa dibilang data AISI distribusi unit ke dealer seluruh nasional berbanding lurus dengan jualan aslinya dari dealer ke konsumen.

  4. Ini nie yg bikin macet….

    Harusnya jumlah kendaraan dibatasi
    mana polusi udah parah,panas….

    #kalo bisa

  5. Pemakai honda umumnya menggunakan motornya sbg ‘kuda beban’ utk usaha atau sbg sarana transportasi harian. Ane pakai merk lain hanya sesekali utk fun klo utk harian ane pikir2 dulu.

  6. DP Rp.500 rebu bisa bawa motor pulang….wuih….siapa yg ga pilih produk ini?!!!??
    Ga bisa bayar tariiikkk n jual lg…uhui….
    Group Astra getoloh…..
    Penerapan bisnisnya adalah Smart Marketing…
    APalagi punya fbh yg notabene sales nopay alias gratisan yg mbantu marketingnya….
    Cmiiwwwww…..

  7. Padahal BeAt itu bodinya tipis,gampang pecah,cat tipis dan mudah buram serta stripping yang mudah mengelupas,tapi kenapa ya kok laris,apakah konsumen itu membeli merk bukannya harus membeli kualitas ?

  8. 55. sotoy – Juli 12, 2013
    Data AISI itu kan dari dulu dihitung jumlah distribusi dari pabrikan ke main dealer all Nasional, disini jelas kapasitas produksi Honda yang pabriknya banyak sangat besar dibanding Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.
    Data AISI data distribusi dari pabrik ke dealer-dealer seluruh nasional, tidak mesti berbanding lurus dengan real jualannya.
    ===============

    Berarti real penjualanya ga nyampe segitu ya kalo memang data AISI dihitung dari jumlah distribusi dari pabrikan ke dealer

  9. Tambah macet, huft, makin untung aja orang jepang, makin pusing aja pemerintah mengurangi kemacetan, kenapa dari dulu nasib kita selalu dijajah negara lain,, lebih parahnya malah orang pribumi yang gak ada sangkut pautnya malah bangga lapak orang jepang semakin ramai pembeli, maksudnya apa, ANEH apa GILA

  10. selamat bwt hnda biarlah anjinx menggonggong, biarlah fb2 demit berkhayal sesembahanny bs sbsar hnda.
    ngku smkin d dpan, br bkin genset aj fb2 nya smbng ny 1/2 mampus gmna dah bsa bkin pswt ky pbrkan sblah. ngaku so smart blang yg bli produk sblah bego, buta merek lah klo mikir make logika ngapain orang bli barang pngen yg berkwlitas awet. ibaratnya ada 2 buah apel yang 1 seger 1 busuk mana yg bkl d bli? pst orng bkl plh yg msh sgr. gw pk vario gnerasi pertama gd mslh th cvt msh smooth. lah meong smile moto gp tmn gw cvtnya dah kayak ternakan tikus tiap mo jalan makan tuh kwlitas moto gp

  11. ehm hebatt. . .

    dipulau jawa n sumatra setahu sya, mayoritas masyarakatnya memang pke motor honda. . .

    kualitasnya bgus tidak mengecewakan.
    go0d job bwt honda

  12. Yamaha kq gk ada peningkatan ya scara varian yamaha juga lengkap….. entah strategi marketing apa yg di pakai honda hingga penjualanya trus meningkat apa gara2 slogan ‘IRIT’ yg di usung sudah tertanam di benak konsumen

  13. Misalnya begini.

    AHM Honda mengirim produk sepeda motor sejumlah 1.000 unit ke seluruh main dealer nasional.

    Yamaha mengirim produk sepeda motor sejumlah 600 unit ke seluruh main dealer nasional.

    Suzuki mengirim produk sepeda motor sejumlah 300 unit ke seluruh main dealer nasional.

    Kawasaki mengirim produk sepeda motor sejumlah 150 unit ke seluruh main dealer nasional.

    Data AISI mengatakan yang paling banyak mendistribusikan atau mengirim unit lah yang menang Market Share Nasional.

    Honda mendistribusikan 1.000 unit ke dealer tapi cuma laku 500 unit ke konsumen, sisanya stok gudang.

    Yamaha mendistribusikan 500 unit, Suzuki 250 unit dan Kawasaki 125 unit. Kemudian jumlah jualannya dari dealer ke konsumen sama dengan jumlah distribusi diatas atau semua unit habis atau ada sisa unit sedikit.

    Berdasarkan data AISI, tetap Honda lah yang unggul dalam hal Market Share jumlah distribusi dari pabrik ke dealer, walaupun jualan aslinya jeblok alias cuma separuh dari jumlah distribusi.

    #Sangat senang bila ada bantahan dari Sales dan Fansboy Honda.

  14. 44. KAMEN RIDER FAIZ 555 (mystogun) – Juli 12, 2013

    NO. 1 MUDAH

    mudah ngeboongin orang
    47. erot – Juli 12, 2013

    Buahahahahaaaaaaa?.
    HONDA cukup jadi RAJANYA MATIC??
    =======================

    bro…..
    akhirnya aku menetapkan keputusan,

    kayaknya ini vario 125 harus dijual, dari pada sakit hati hari demi hari,,,
    sudah di grojog pertamax+, trus diservis specialis matic,
    tambah greg greg aja di putaran bwh at least sampai 60kmh,
    memangnya di kota yg macet, bisa main 60kmh?
    paling ya 20-40kmh
    di suruh nge rasiinn greg2 vibirasi stang,
    trus teknisi nya bilang , seluruh matic memang gitu bah,,,,,,
    rugi deh sudah servis ,matic tambah ancur!

    kayaknya mulai ngelirik x ride,
    kelebihan x ride yg aku tau,
    1. matic yg hebat di tanjakan, alias putaran bwh nonjok,
    2, tdk ndut2 an,
    3. tidak ada vibrasi greg2 di angka 40-60kmh?
    4, bisa off road dgn ganti ban,
    5, lomayan irit, walau ga seirit honda ??

    nunggu striping terbarunya aja,
    stripingnya bagus yg thailand.

  15. mungkin ada yg bisa nambahin, tentang x ride,
    kelebihan dan kekurangan,,,

    selain yg aki nya tekor dulu katanya,.,,,

  16. x ride ama new xeon enak mana?
    kelebihan dan kekurangan 2 2 nya?
    ada yg tau?
    trus 2 2 nya di compare geter mana?
    stabil mana di kecepatan tinggi? 80kmh cukuplah

    memang ku akui , vario 125 pertama x keluar dari dealer luarrr biasa…………
    tapi setelah menjalankan servis gratis yg di recomend ma honda,
    motor tambah kasar aja bunyinya…geteran demi getaran nambah,

    ini di servis ato di apain sih?

  17. 28. kururu52 – Juli 12, 2013

    hanya butuh waktu untuk kesadaran masyarakat untuk pindah ke yamaha karena yamaha lebih worth di beli dan lebih canggih

    kecuali verza ane akui tu motor emang value banget dan layak di beli
    vario keren sepert motor motor kelas premium tapi jok nya keras pool dan aneh nya ane pada liat di spbu malah di isi premium yang ngempos dan ga ada tenaga nya udh tau kompresi nya 11:1
    ================================

    bro…………
    apakah bener yamaha lebih worth?
    memang sih yamaha soal cat dan kualitas jok numero uno.
    tapi denger2 masalah motor mogok , itu beneran ato ga?

    masalahnya ga pernah denger honda dikatakan mogok, lebih ke masalah , tangki bocor, geter, rante geter, stang geter, cat jelek, finishing kurang, lebih ke material,

    verza worth bgt benar sekali, cuma memang kurang keren aja utk ukuran mtr laki,

    bro
    xride ama new xeon enak mana? and why

  18. 15. Inyong_Bae – Juli 12, 2013

    Bukan berarti Honda harus tutup mata terhadap qualiti produknya yg akhir2 ini menuai banyak komplain. Ingat: konsumen makin realitis dan kritis !!
    =================

    bro aku sgt kecewa dgn 2 produk barunya

    vario 125
    new cbr 150

    kalo ditulis keluhannya,,
    bisa ga kelar ampe besok,
    teknisi honda bilang bla bla bla , hrs bla bla tekanan ban bla bla, busi bla, bla, bisa di claim bla bla tapi byr,

    trus aku bilang gini aja,
    vario 125 milik tmn saya kok tdk geter gini,,, mulus,,, punya saya getar, artinya, vario 125 ada yg cacat ada yg tidak,

    tapi hebat nya teknisi honda bilang,
    memang benar, tak bisa dipungkiri dgn jumlah inden yg tinggi, pastilah ada human error, pasti barang tdk ada yg sama…

    berarti?
    cacad dunk brg yg kubeli?
    mentang2 penjualan tertinggi, trus dpt duid byk, dan sudah bius byk org termasuk ortu dan keluarga besar, termasuk aku sendiri,

    (geleng2) apa yamaha juga seperti ini ya?
    ntah,,,, kita lihat saja…
    tapi yamaha sgt pd dgn sistem injeksi uap nya,,,
    beda ama sistem semprot, ama diasil silinder ….
    mboh opo iku,

    brb ( mempelajari x ride )

  19. save me pada Juli 12, 2013 pada 7:53 PM DP Rp.500 rebu bisa bawa
    motor pulang?.wuih?.siapa yg
    ga pilih produk ini?!!!??
    Ga bisa bayar tariiikkk n jual
    lg?uhui?.
    Group Astra getoloh?.. Penerapan bisnisnya adalah
    Smart Marketing?
    APalagi punya fbh yg notabene
    sales nopay alias gratisan yg
    mbantu marketingnya?.
    Cmiiwwwww?..
    ????????????????
    Kata sapa om 500rb,dp minimal sekarang 2 jt nih buktinya pbs.twimg.com/media/BO-kGAvCcAABiEV.jpg
    yamaha juga sama,Cuman sayang tulisan brosur nya kekecilan,ga ane foto 🙄

  20. 142. bagus eka k – Juni 17, 2013

    Mau share ni mas,kebeneran saya barusan ambil x-ride 5 hari yg lalu,km baru masuk di 100,sebelumnya saya pengguna mio sporty thn 2007. Domisili saya di daerah bandung. Sebelumnya saya sering bepergian ke lembang dr bandung via pagerwangi yg tanjakannya menurut saya lumayam extreme untuk motor matic. Dan mio sporty saya mampu mengatasinya,namun pagi ini saya coba dengan x-ride baru saya berboncengan dgn teman. Total beban saya 65kg + 50kg tmn saya brarti skitar 115kg dan alhasil x-ride gagal mengatasi medan tersebut,dan baru setengah jalan sudah tercium bau hangus dr cvt dan keluar asap berwarna putih serta munculah bunyi decitan khas motor matic yg sering dipakai u tuk membawa beban berat.

    Demikian sharing saya atas penggunaan x-ride saya. Mohon tanggapan mas nya ya. Terima kasih 🙂
    ==================================

    kampredddddddddd sami mawon……….

    ga jadi dijual vario nya,,,
    daripada kecaiwa pangkat 2

    fokus ke yfz r4 ajah,,

  21. honda gituloh banyak duwitnya, geng ijo udah dikit duitnya malah bikin2 motor 2 slinder memenuhi hasrat alay, tingkat kecelakaan meningkat gara2 aikawaksakit 😀

  22. Buat AHM selamat atas keberhasilannya dlm mempertahankan market sharenya, semoga kedepan produk2nya tetap berkwalitas….

  23. Keluhan Fisik :

    CAT BODY : Cat pada bodi vario 125 mudah tergores padahal sudah menggunakan kain microfiber sekali pun,pada vario ISS saya pun juga mudah sekali baret.Terlebih lagi dibagian behel belakang yang mudah sekali baret.Sudah saya akali dengan meng-compound dan wax,namun itu hanya menyamari , jika dilihat dengan senter akan terlihat lagi baretnya.
    JOK/Tempat duduk : Ya jok vario 125 tergolong keras dan tidak nyaman jika dipakai berpergian terlalu jauh/lama.Ini imbas oleh fitur helm in,sehingga busa menjadi tipis.Tidak ada perubahan/penambahan busa pada versi teranyar vario iss.
    KUNCI JOK : Kunci jok vario ini tergolong susah/butuh tenaga lebih untuk menutupnya sampai bunyi ?klik?.padahal ini merupakan inovasi yang jarang ditemui pada kendaraan roda 2,dimana membuka jok hanya menggunakan tombol.Kadang juga ditemui jok terlepas dari kaitnya saat melewati jalan yang tidak rata/rusak.
    STANDAR SAMPING : Standar samping pada vario 125 tergolong pendek,hingga menyulitkan jika ingin parkir karna terlalu miring saat di standar.
    FITUR PARKING BRAKE LOCK : Saya kira masih mudah untuk menggunakan parking brake lock pada motor matik honda lainnya.Berbeda dengan vario 125 yang tergolong keras(apalagi yang tipe CBS).Sehingga fitur ini menjadi sia-sia(karna tidak bisa dipakai/keras).

    Keluhan pada sektor mesin :

    SUARA NGOROK/ ?suara snoring? : Ya suara ngorok ini sangat fenomenal,suara ngorok ini seperti bergetar dan menggangu bagi sebagian pengguna vario 125.Terlebih lagi jika dibawa dengan beban berat/boncengan,suara makin keras.Namun untuk produksi 2013 versi ISS suara ngorok ini sudah hilang total,terbukti pada vario ISS saya.Menurut saya karna AHM melakukan perbaikan pada sektor kipas radiator yang diganti dengan ukuran yang mirip dengan kipas ukuran PCX.
    NGEMPOS/LAJU TERTAHAN : Gejala ngempos pada vario 125 ini mirip sekali dengan hilangnya tenaga saat akselerasi/terasa kosong,dan secara tiba? tenaga mengisi penuh. (dugaan awal saya ini karna busi yang digunakan vario 125 masih mengadopsi busi panas).Pada vario ISS saya tidak ada gejala ngempos/belum datang 😀 .
    BEREBET : Ya gejala mberebet atau akselerasi seperti maju mundur,ini bisa dikarenakan unsur fe pada bensin oktan 88.Sebenarnya AHM sudah menset vario 125 untuk mengkonsumsi bbm RON 88,namun menurut saya sangat tidak masuk akal mengingat kompersi vario 125 yang tinggi.Jika masih memaksakan untuk menggunakan RON 88,saya sarankan untuk sewaktu? jika bisa isikan dengan ron 92/95 . karna ron 88 itu mengandung unsur kimia fe yang bisa menutup keramik busi,yang menjadikan efek berebet.Kalau tidak anda akan sering mengganti busi saat servis.
    GETARAN : Ya gejala getar pada kecepatan tertentu sampai terasa di dek motor/stang,untuk ini saya belum menemukan tipsnya,tapi mungkin bisa diakali dengan memainkan sektor CVT/menggunakan oli dengan sae yang lebih kental,contoh 10W40.

    diambil dari blog sebelah

  24. bicara tentang penjualan, ntar ada yang stress mikirin aisi mulu

    *lirik fby demit blo’*n

  25. org kan mikirnya harga jual kembali.. emang di akui motor honda revalue bagus…itu yg bikin penjualannya tinggi… tp kualitas…???
    -mohon pencerahannya dr fbh-

  26. 55.sotoy ? Juli 12, 2013
    Data AISI itu kan dari dulu dihitung jumlah distribusi dari pabrikan ke main dealer all Nasional, disini jelas kapasitas produksi Honda yang pabriknya banyak sangat besar dibanding Yamaha, Suzuki dan Kawasaki.
    Data AISI data distribusi dari pabrik ke dealer-dealer seluruh nasional, tidak mesti berbanding lurus dengan real jualannya.
    _________________________________
    Emang gudangnya dealer honda seberapa gede ya sampe bisa dikirimin motor terus? Apa bisa ditumpukin terus? Jangan2 ente pikir ditumpuk sampai 10 tingkat apa 100 tingkat ya? Sekali2 belajar dagang ya, biar tau apa artinya perputaran uang buat pengusaha. Ha ha ha.

  27. berita yg bikin fby jadi jantungan….i ngat..iri dan dengki bagaikan kayu bakar yg akan membakar diri sendiri sampai binasa lho !

  28. PARAMETER BERKUALITAS TTG SBUAH PRODUK ADALAH RELATIF , TETAPI MAGNET DAYA JUAL YG TINGGI SALAH SATU INDIKATOR BAHWA PRODUK TSB DIPERCAYA PUBLIK KARENA PENGALAMAN DIANGGAP LEBIH BERHARGA. OKE..

  29. @Tom

    aih….kemaren udah ane bilang ke ente…belajar lagi sono ama fb “smart” biar ga malu malu in….hihihihi..

  30. ane punya temen kepala marketing si salah satu leasing…
    do’i bilang head divisi honda klo penjualan tinggi belum diakui kemampuannya…toh tanpa head pun penjualan honda tetep tinggi.

    kalo head divisi yamaha mampu menaikan angka penjualan dan grafik yg terus meningkat maka itu orang jadi rebutan perusahaan lain….

    trus do’i bilang…klo mau aman main ke honda…kalo mau tantangan main ke yamaha….

    artinya apa??
    hayooo…dianalaisa…hihihihi

  31. bzizacveczky pada Juli 12, 2013
    pada 8:11 PM
    Tambah macet, huft, makin untung
    aja orang jepang, makin pusing aja
    pemerintah mengurangi kemacetan,
    kenapa dari dulu nasib kita selalu
    dijajah negara lain,, lebih parahnya
    malah orang pribumi yang gak ada
    sangkut pautnya malah bangga
    lapak orang jepang semakin ramai
    pembeli, maksudnya apa, ANEH apa
    GILA
    ==============+========+======
    Ayan beroo…

  32. @triatmono : Klo emang kualitas plastik yamaha lebih bagus dari Honda, kenapa New Vixion Lightning sepakbornya banyak yang miring ya?…..tanya kenapa?…padahal motor ada yg baru sebulan dan dua bulan dipakai….ahiiihiiii 🙂

  33. @old blade
    Ooo gitu ya om, sori kagak update. Cuman opini saya sich, secara awam produk2 pabrikan kualitasnya 11-12 aja karena emang saya udah cicipin lumayan lama kayak RX-Z,NMP,WIN,Shogun,Crystal,Varion dan terakhir sGT (kebanyakan sich motor dinas kantor hehehe).
    Maksud ane keberhasilan dari Hon2 lebih condong akibat para sales yg berjiwa teguh, muka tembok n ngeselin apabila udah kejar konsumen yg notabene mayoritas di handle sama FIF. Kalo yam2 keliatannya dikeroyok ama lebih dari 2 finance dech, agak amburadul jadinya marketing.

  34. Setelah jumpalitan di FP2…….
    akhirnya JL 99 lempar handuk di Motogp Jerman……
    No. 1 MUDAH……….
    Tidak hanya di MS…di Motogp pun No. 1 MUDAH…….

Comments are closed.