iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian….berita mengejutkan diulas oleh MCN atas pengecekan dan pemberlakuan tarif yang dikenakan pihak Honda untuk memeriksa kerenggangan klep CB500 pada saat pertama kali servis. Dipatok dengan jarak tempuh 600miles atau setara 965km….para konsumen dibebani biaya sebesar £300 atau setara 3,8juta. Kondisi ini tentu saja membuat mayoritas konsumen pada kaget !!…AHM Oil IWB (460x150)iwb460x140

Seperti dilansir MCN.…setiap pemilik Honda CB500 kini dihadapkan pada tingginya biaya saat pertama kali servis. Bukannya mendapatkan pencerahan, mereka malah dibebani tagihan tinggi atas pengecekan kerenggangan klep tunggangan. Kendati pengecekan valve clearance masuk dalam daftar yang kudu dicek pihak mekanik…bengkel tetap membebankan ongkos tersebut kepada konsumen. Dan jumlahnya tidak tanggung-tanggung yakni mencapai £300 atau setara 3,8jutaan. Sebuah angka fantastis untuk motor baru keluar dari pabrikan. Menanggapi hal ini juru bicara dealer Honda mengungkapkan….

iklan iwb

Banyak klep motor kubikasi kecil kudu dicek lebih awal dewasa ini. Kita membatasi biaya sebesar £250. Namun karena klep harus dicek dan hal itu adalah pekerjaan yang rumit dan memakan waktu maka tidak ada pilihan ongkos dibebankan kekonsumen. Tapi kedepan….tidak ada pengecekan sebelum jarak tempuh mencapai 8000mil (sekitar 13,000km) atau setahun setelah membeli…..dan masa itu klep tidak akan dicek sehingga biaya akan lebih murah. Kemudian baru dicek kembali setelah kendaraan menempuh jarak 16,000mil (25,000km)..” seru mereka. Terus kenapa kerenggangan katup CB500R kudu dicek pada awal servis mengingat kondisi ini tidak terjadi di CBR600RR yang baru dicek setelah melahap jarak 16,000mil??…

Desain all new pararel twin engine CB(R)500 dilengkapi valve train system yang menggunakan sebuah rocker arm dan shim. Hal itu memerlukan pengecekan kerenggangan katup saat servis pertama sesuai dengan panduan buku petunjuk (1000km). Tapi jangan kuatir, walau ongkos awal dibebankan kekonsumen……seluruh biaya kelangsungan motor ini bisa dibandingkan dengan produk dan model sejenis. Kami percaya diri kepada para pemilik…..biaya berjalan bakal menawarkan nilai yang sangat kompetitif dibanding lainnya” tegas Hobbs juru bicara Honda menjawab diplomatis…..

Last...isu shim sempat menerpa Honda CB150 ditanah air. Bedanya dengan Inggris…..pihak produsen tidak meminta sepeserpun sebagai biaya pengecekan ataupun penggantian. Sebuah nilai positif yang harus kita apresiasi. Hanya saja….mencermati keterangan yang dituturkan Hobbs, apakah kerenggangan katup engine dengan desain rocker arm plus shim wajib dicek saat pertama kali servis mengingat basis desain engine sang street Fire identik dengan mekanisme diatas??. Entahlah…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!