iklan iwb

IMG_6183Datang menggunakan Xeon RC warna merah….Syah Fata, teman IWB senyum sumringah. Yup…..hampir setengah tahun tidak ketemu tentu saja momen pertemuan serasa sangat berharga. Ngobrol ngalor ngidul….mulai dari kabar keluarga, kondisi kampung hingga akhirnya mengerucut tentang motor. Nah….dari sekian obrolan, IWB sedikit menyoroti tunggangan Syah yang rada beda. Mempunyai dua motor sekaligus yakni Beat serta yang terbaru siXeon……IWB mengendus ketidak wajaran. Opo kuwi????…..AHM Oil IWB (460x150)iwb460x140

Ban…..lebih gambot. Ukuran standart bengkak menjadi 110/80-14 (belakang) serta 90/80-14. Menurut Syah…..tidak ada kendala berarti dalam proses pemasangan. Plug and play kecuali sisi depan yang kudu mapras spatbor dalam kiri kanan. Yah….soal ini sih tidak terlalu mengagetkan dan bukan sesuatu yang menarik perhatian IWB. Namun…setelah mata melongok kesisi kiri, hhhmm…..koq shockbraker seperti bukan standart pabrikan yak. Yup…tidak salah lagi, suspensi yang dicangkokkan adalah milik Honda Beat. Merk berganti Showa dari sebelumnya Kayaba. Weleh….anyar maneh ki. Sontak tindakan tersebut menarik perhatian IWB untuk menanyakan alasan penggantian….

Menurut Syah…..doi baru tahu karakter suspensi Yamaha rada keras. Sebelumnya doi adalah penyemplak Honda Beat. Melihat kondisi sekitar kediaman banyak jalanan rusak….keputusan meminang shockbraker Beat ditempuh. Memboyong langsung dari dealer resmi seharga 185ribu….kini penopang suspensi siXeon berganti merk Showa. Hasilnya…..”Menghajar jalanan rusak jadi enak pakde. Tapi……hanya itu sih. Selebihnya nggak sesuai harapan” serunya. Mimik mukanya menunjukkan penyesalan. Lho….kenapa??…

iklan iwb

Buat kecepatan tinggi nggak sestabil biasanya. Boncengan juga menjadi kurang anteng…..limbung kang. Emang mending tetap pakai standart pabrikan sih. Tapi gimana lagi…udah kadung ngeluarin duit” ujarnya nyengir. Akhir perbincangan doi berencana mengembalikan shockbraker pabrikan dan melengserkan suspensi yang dipakai sekarang. Yup….keputusan yang tepat dan memang sudah seharusnya seperti itu. Bagaimanapun semua sudah dihitung oleh pabrikan. Kalkulasi jlimet dengan tujuan meraih handling secara maksimal. Hitungan beban serta geometri yang akan rusak jika dimodif sembarangan……(iwb)IMG_6182

162 COMMENTS

  1. yg satu cari handling, mantap di segala tingkat kecepatan
    yg satunya lagi kenyamanan, bukan speed, asal nyaman buat boncengan

    tiap pabrikan punya karakter masing2

    😀

  2. aku akui emang Xeon…..motor matic terkencang dn paling responsif…vario cbs ku ngos2an bt mmgejarny…

  3. dr dl honda dan yamaha ga prnh akur,kang…makanya kualat temen mas iwb,hehe…
    😀

  4. Itu mah ga menarik lah..

    Menarik itu kalo matic murah < 20 jt pake suspensi yg bisa diadjust manual tingkat kekerasannya, karena harganya pasti mahal..

    Analogi "Kekerasan suspensi – Handling" sama seperti :"Akselerasi – Top speed", dikurangi pada satu hal, akan meningkatkan hal yg lain..

    Lagian udah punya beat dgn karakter nyaman, ngapain XEON RC mau dibuat kayak Beat?? Mesin beringas butuh handling mumpuni, maka benarlah perhitungan insinyur Yamaha/ Honda..

    Karena dari dulu semua juga tau, begitulah perbedaan Honda dan Yamaha pada segmen komuter < 20 jt, Honda itu lemot tapi nyaman, Yamaha itu handling top, lincah, tapi relatif tidak senyaman Honda..

  5. tul kang..kalo sudah rubah suspensi bakal berubah karakternya apalagi kalo bukan peruntukkannya…jatuhnya custom jadinya…
    resiko modifikasi namanya hehehe…

  6. Mazapahit pada Juli 6, 2013 pada 8:54 AM

    Itu mah ga menarik lah..

    Menarik itu kalo matic murah < 20 jt pake suspensi yg bisa diadjust manual tingkat kekerasannya, karena harganya pasti mahal..

    Analogi "Kekerasan suspensi ? Handling" sama seperti :"Akselerasi ? Top speed", dikurangi pada satu hal, akan meningkatkan hal yg lain..

    Lagian udah punya beat dgn karakter nyaman, ngapain XEON RC mau dibuat kayak Beat?? Mesin beringas butuh handling mumpuni, maka benarlah perhitungan insinyur Yamaha/ Honda..

    Karena dari dulu semua juga tau, begitulah perbedaan Honda dan Yamaha pada segmen komuter < 20 jt, Honda itu lemot tapi nyaman, Yamaha itu handling top, lincah, tapi relatif tidak senyaman Honda..
    ——————————-

    betul om….setuju sekali. kalo di R4 bisa seperti toyota vs honda.
    toyota lebih mengakomodir kenyamanan (suspensi/bantingan) sedangkan Honda dari dulu terkenal konsisten mendewakan handling dan performa … makanya semua line up nya pasti punya bantingan relatif keras dibanding kompetitor (dalam hal ini merujuk ke toyota)

  7. Dirmh da NVL dan NMP. kejadiannya pun kurang lebih seperti xeon n beat. Shock NVL luwih atos..

  8. Mang iya kang,ane baru 1minggu ganti sok after market,lupa merknya.Harga separo harga sok asli,kalo dipake sendiri dijalan rusak enak,empuk tenan. Tp nek nggo banter keroso limbung,opo meneh nek nggo boncengan,walah malah keroso mentok nek ketemu dalan elek.
    Untung wae bojoku cilik,dadi ra keroso abot,malah kepenaken nek mlaku pelan mentul2,nek dinggo banter yo keroso ngegol malahan.
    Piye2 sik kepenak nggo sing asli kang

  9. om iwb, sok belakang cbsf punyaku kok keras bener ya? klo diganti punya vixion cocok gk ya?

  10. motor yamaha sama honda emang punya karakter sendiri-sendiri.

    zrriders.wordpress.com/2013/07/05/motogp-2013-sachsenring-jelang-sindir-ducati-rossi-berani-target-menang/

  11. yup.. klo menurut saya.. yamaha belakangan suspensinya keras2 untuk bebek dan matic nya.. entah apa pertimbangan nya, saya kurang paham.. setau saya suspensi empuk itu dulu jaman nya force1, f1z, f1zr.. CMIIW..

  12. dari semua matic yang (Alhamdulillah) keluarga saya punya, vario 110, vartec 110, vario 125, mio sporty, spin, hayate, beat karbu dan injection…. yang paling nyaman adalah hayate.

Comments are closed.