iklan iwb
Bensin naik harga pangan melambung. Orang kecillah yang paling merasakan dampaknya....(doc dan foto Tedjo)
Bensin naik harga pangan melambung. Orang kecillah yang paling merasakan dampaknya….(doc dan foto Tedjo)

Bro dan sis sekalian….seperti yang kita tahu secara resmi pertanggal 22 Juni 2013 jam 22.00….pemerintah mengumumkan kenaikan harga bensin menjadi 6500/liter dari sebelumnya 4500/liter. Kenaikan signifikan yang cukup mengejutkan tentunya. Kenapa?. Angka 2000/liter bukanlah duit sedikit jika dikalkulasi dengan jutaan barrel yang dijual Pertamina. Dengan alasan menyelamatkan APBN…..cara pintas tersebut ditempuh. Sayang…manuver tidak diimbangi kontrol harga pangan yang juga ikut melambung. Seperti yang diulas Kompas atas kenaikan harga? ayam hingga 200% pasca bensin berubah harga. Sobek tenan!!….iwb460x140AHM Oil IWB (460x150)

Bensin naik tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Implikasi yang ditimbulkan sudah mencakup urusan perut. Kenapa?. Lawong harga pangan melambung nggilani. Diluar ayam yang terdongkrak 200% dari harga normal…sembako juga mengikuti dan kini sudah nongkrong diangka 30%. Jadi kita tidak bisa hanya melihat dari sisi kendaraan saja. Konyolnya pihak penguasa kurang peka? terhadap situasi dilapangan….cuek bebek ora perduli. Terkesan melakukan pembiaran atau menyerahkan kepada hukum pasar. Sebagai warga negara yang baik…tidak ada pilihan selain mengikuti peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apalagi dengan dalih menekan pengeluaran subsidi hingga 97 T (total subsidi 297T menjadi hanya 200T)…adalah hal mulia jika kita bisa membantu. Hanya saja….subsidi terasa hambar jika kita sudi mengintip dilapangan……

Premium masih halal diembat siapa saja. Mobil pribadi Kijang Innova, Yaris, Jazz bahkan Fortuner yang notabene mobil kelas atas tanpa malu mengantri Premium diSPBU bersama para angkot. Fakta ini sering IWB temui hampir diseluruh pom bensin Jabodetabek. Spek mobil yang meminta asupan oktan 92 tidak digubris dan lebih memilih bensin? bersubisi yang lebih murah. Padahal bagi mereka….IWB percaya 10ribu seperti duit receh tidak berguna. Sedang bagi para biker…contohnya tukang ojek yang mengandalkan mencari nafkah dari transportasi wira wiri sehari-hari, uang segitu luar biasa nilainya. Belum lagi secara hitung-hitungan volume, motor jauh lebih irit untuk menempuh perjalanan. Ibaratnya 500km motor hanya menghabiskan Premium 10liter maka mobil 33liter. Nah….jelas to maksude?. So…mana yang harusnya disubsidi?. Monggo sampeyan nilai sendiri.? Hal seperti inilah yang kudu dipikirkan sang penguasa dalam menggodok sebuah peraturan yang komprehensif serta terukur….

iklan iwb

Seperti yang kita tahu, seiring pengumuman No 07 PM/12/MEM/2013 tentang penyesuaian harga jual eceran BBM bersubsidi yang membuat bensin premium (gasoline ron 88) 6.500 per liter serta minyak solar (gas oil) 5.500 pr liter….pemerintah berencana menggelontorkan BLSM sekitar Rp 9,3 triliun untuk 15,5 juta keluarga miskin yang jika dikalkulasi maka sebesar Rp 150 ribu per keluarga per bulan selama empat bulan. Sebuah tindakan yang sangat jauh dari kata efektif. Dan mencermati atas hitung-hitungan diatas…sudah saatnya pemerintah membuat aturan yang jelas agar subsidi tepat sasaran. Mosok wong sugih tuku bensin regone podo karo wong miskin. Semelekete tenan lek iku…..

Percayalah…jika semua sudah dilakukan, kita semua bakal ikhlas berapapun harga banderol yang dipasang.? Kalau tidak….niscaya isu BBM tidak akan pernah kelar sampai kapanpun. Sementara sebagai biker…marilah kita dukung program pengiritan BBM dengan cara berkendara yang baik dan benar. Semakin irit penggunaan bensin maka uang? anggaran pemerintah juga semakin tidak terkuras. Premium 6500??. Record tenan iki :mrgreen: ….(iwb)

248 COMMENTS

  1. Lubang bensinnya aja di bedain kang….kalo mobil mahal tuh lubang bensinnya kecil aja kalo yg dpt subsidi lubangnya gede….hehehehehehe beda lubang gitu mazz….selagi lubang sama yaaa susah mbedainnya tho…..

  2. 42. dhanyfirdaus – Juni 23, 2013

    dari dulu alasan orang yang nyekokin premium : ini mobil gw, gw bayar pajak, jadi terserah gw mau isi ini mobil apaan !!
    makanya saran gw naikin aja pajak kendaraan bermotor. atau kenakan pajak bensin yang dibayar setahun sekali. darisana diambil untuk subsidi bensin bagi yang nga mampu. jadi yang benar-benar kaya yang mampu membeli mobil baru mewah karena pajak bensinnya besar ?
    ——————-
    apbn ga selamat itu.
    setahun sekali bantu kas negara,
    sedangkan subsidi bbm tetep mengalir trus,
    besar pasak daripada tiang?
    bangkrut kali negara lama2.
    tapi memang ga suka bgt premium naik,
    walau memang sbg warga negara yg baik hrs setuju?
    kata siapa?
    kalo memang terlalu membebani ya hrs ditentang!
    apalagi menyangkut seluruh rakyat, bukan nya tugas negara adalah menyejahterakan rakyatnya..?
    bbm naik sejahtera?

  3. Makan karo opo sbulan cuma 150rb???
    Alangkah baiknya pemeriintah uang yg 97T di tabung buat bikin pengolahan minyak jd,kan minyak mentahnya hasil dari kita sendiri.klw kurang ya pinjem,kedepannya jd kaya brunai,hasil penyulingan langsung di buat minyak jd,niscahya lbh murah. 🙂
    Klw skr kan minyk mentah di kirim ke luar terus import bahan jd ky premium.lebh bagus lg uang para koruptor yg jd balsem,bkn uang eks subsidi kang kaliiii…namanya usul hehehhe

  4. Kenaikan BBM ada sebenarnya bukan hanya buat ngurangi subsidi bro…. Tp buat nutupin APBN yg jebol karna keborosan pemerintah dan banyak yg di korup lewat APBNP biar dpt dana segar lg bro…(Kata pengamat)
    Ane aminin aje…. Hehehe……

  5. Yg pasti ane udah gak mw pilih lg,penguasa yg skr di 2014,..camkan itu,krn ane mersa pny beban jg milih ni partai 2 periode,parah parah
    Sent from my BlackBerry?
    powered by chapsclabiration903

  6. @35. warsito
    Maturnuwun kritik panjenengan. Bukannya ngajarin mzbro. Test ride adalah representatif harian yang diusahakan se-down earth mungkin mewakili pengguna motor seluruh tanah air yang notabene masih mengandalkan Premium. Dan saya pikir kalau sampeyan klasifikasi….pengguna mobil mempunyai taraf ekonomi yang jauh lebih mapan dibanding motor (mayoritas walau tidak selalu). Apalagi konten disini adalah mobil mewah…kayaknya nggak fair dan logis kalau kita mengkritik hal itu mzbro. Motor wajib Pertamax?. Saya pikir tidak untuk low segmen dibawah 25jutaan. Mobil?. Wajiblah kecuali mobil yang kita maksud sudah tua atau berbanderol 30jutaan kebawah..IMHO-lho yah. Maaf kalau ada yang tidak setuju :mrgreen:
    @ 51. chapsClabiration903
    Husss….kompor mleduk
    @ All
    Memang kenaikan tidak terelakkan. Yang patut digaris bawahi adalah regulasi pemerintah dan subsidi yang tepat sasaran. Jangan malah korupsi dibiarin dan rakyat juga yang nutupin jebolnya APBN. Lha mosok….daging sapi aja dikorupsi. Lak yo sobek tenan :mrgreen:
    @52. toploro –
    Nah…itu dia hehehe

  7. seharusnya disetiap spbu di kasih papan kebijakan aja kang…misal kaya jenis kendaran tertentu masuk kesini dan kesana.. kaya aturan di gerbang tol gitu…IMHO..

    • Di SPBU di pintu masuk di sediain SPG cantik,mulus dan senyum yg mengembang,yg ngatur kmana kendaraan yg spantasnya masuk jalur pengisian,,,hehehhe masa naek harrier bantah spg cantik,hehehhe,beda klw yg bawa supirnya kekekke gak ngaruh
      Sent from my BlackBerry?
      powered by chapsclabiration903

    • Kmaren ane telvn ke indosat katanya BBM gak naek,:) turun malah iya,hehehhehe yg biasanya cepek skr cuma 90rb,hehehehhe.
      Sent from my BlackBerry?
      powered by chapsclabiration903

  8. tapi anehnya ada juga yang teriak subsidi hak setiap warga yg byar pajak..modiiiaaar tenaaan

  9. Kenapa Premium harganya gk dimepetin aja sxan sama pertamax biar kek pertamax n pertamax plus pasti deh banyak org mikir2 2x untuk beli BBM dan ujung2nya kendaraan bermtor mulai berkurang banyak yg pake kendaraan alternatif kek sepeda ato mgkn kek mass transit dan subsidi bbm yg di alihkan ke BLSM lbh baik digunakan untk perbaikan saran sama prasarana fasilitas umum kek jalan sama mass transit pasti deh banyak masayarakat lebih seneng kalo mass transit (angkutan umum) nyaman dan jalannya mulus.IMHO

    Inilah dampak indonesia terlalu banyak sumberdayanya dimiliki asing kaya BBM ini pertamina kan cuma pengolah minyak mentah yg jadi BBM nah penyuplai minyak mentah ini kan perusahaan exxon yg ambil minyaknya dari indonesia memang aneh indonesia negara yg cukup memiliki minyak mentah tapi harus impor minyak mentah dan imbasnya BUKAN CUMA BBM YG NAIK TAPI SEMUA KBUTUHAN NAIK.

  10. @14….
    Iran diembargo PBB? Ga mungkinlah oom, PBB itu pro amrik, smntr amrik ma iran bersandiwara doang klo perang….isisnya cm tukat menukar teknologi aja…jgn mw dibodohin amrik ah….

  11. @ 60. argaso
    Emberrrr :mrgreen: . Itulah mzbro….yang teriak pasti pengguna mobil. Manusiawi sih soalnya mereka juga nggak sudi diperlakukan beda. Makanya kudu ada regulasi yang seadil dan setransparan mungkin. Dan biarlah pemerintah yang mikirin…

  12. subsidi bbm hanya utk org miskin yg utk beli motor secara angsuranpun tdk mampu. jadi yg layak dapat subsidi bbm itu angkutan umum saja. biasakanlah menggunakan bbm non subsidi. agar nanti tdk kaget kalau bbm subsidi sdh tdk ada lagi.

  13. iya, pemerintah yg bodho, sbenarnya msyarakat demo bkan krn melulu BBM naek, tp lbh dr dampak kbelakangnya,
    BBM naek silakan, tapi Dampak Inflasi itu lah yg seharusnya dgodok pemerintah untuk dcri pncgahan dan solusinya

  14. waduh makin sakit aja tangan nge gas motor..
    takut banyak bensin terbuang percuma karna kenceng2..
    😀

  15. pemerintah j****** dan gak adil
    adil bukan berarti sama
    contoh misal
    orang miskin=anak TK +di kasih uang jajan 1000
    orang kaya=anak SMA +di kasih uang jajan 1000,,, sama2 1000 tapi gak adil karena beda kebutuhan jadi sama halnya dengan yang kaya dan yang miskin
    yang kaya 6500
    yang miskin harusnya 4500 itu baru adil karna beda pendapatan dan bagi yang miskin pengeluaran gak bikin kanker(kantong kering)

  16. program konyol pemerintah utk menyengsarakan rakyat miskin:
    tahun lalu bbm naik, rakyat dikasi BLT (di BELIT).
    tahun ini bbm naik, rakyat dikasi BLSM (di BALSEM).
    tahun depan bbm naik, rakyat dikasi RCN (di RACUN).

    BBM = Benar Benar Mampus
    sobek tenaaann…. T_T

  17. subsidi opo?wong janji kampanye dulu sekolah gratis,pengobatan gratis,lapangan pekerjaan banyak,harga sembako murah…cuma janji aja.tgu pemilu nanti,,makin banyak orang berbohong…ws ra gumun.azab neraka di tanggung dewe2…qt orang kecil cuma bs berusaha dan berdoa…seperti bulu ketek…meski di cukur dan slalu terjepit tp slalu tumbuh….pissss….mas bro..

  18. Akibat lain dari kenaikan BBM, dan sudah mulai terasa:

    Pembersih wajah
    awal bulan: Loreal, tengah bulan: Biore, akhir bulan: Mama Lemon juga gpp 🙁

    HP
    awal bulan: telpon-telponan, tengah bulan: sms-an, akhir bulan: nipu orang pake sms ?ini Mama, mama skrg lg di kantor polisi, kirimin mama pulsa:)

    Dugem
    awal bulan: diskotik, tengah bulan: Live Music Cafe, akhir bulan: ?5 ribu dapet apa ya?? *ajeb ajeb LAMPUSENTER*

    Cemilan
    awal bulan: coklat import, tengah bulan: wafer, akhir bulan: kerupuk :?(

    Makanan
    awal bulan: pizza, tengah bulan: pecel lele, akhir bulan: indomie 🙂

    Tongkrongan
    awal bulan: mall to mall, tengah bulan: rumah temen, akhir bulan: teras depan=))

    Cucian
    awal bulan: laundry, tengah bulan: cuci sendiri, akhir bulan: Side A-Side B

    Pengen wangiii
    awal bulan: Bulgari, tengah bulan: Axe, akhir bulan : Rapika 3 in 1!!! =)

    Makanan
    awal bulan: sego padang, tengah bulan: sego kucing, akhir bulan: sego wingi

    Pacaran
    awal bulan: nonton bioskop XX, tengah bulan: dvd bajakan, akhir bulan: bioskop trans tv

    Tunggangan
    awal bulan: mobil roda 4, tengah bulan: sepeda motor, akhir bulan: jaga parkir 😀

    Pasta gigi
    awal bulan: sensodent, tengah bulan: ciptadent, akhir bulan: batu bata + abu gosok 😀

    Rokok
    awal bulan: marlboro, tengah bulan: 234, akhir bulan: mulung puntung rokok di jalan :p?

    Pom bensin
    awal bulan: shell, tengah bulan: petronas, akhir bulan: pertamini pinggir jalan/nuntun

    Hiburan
    awal bulan:dufan, tengah bulan: komedi puter, akhir bulan: odong-odong

    Jemput pacar
    awal bulan: taksi, tengah bulan: motor sambil ngedumel, akhir bulan: sms bilang ?pulang sendiri gih, udah gede ini?

    Paket
    awal bulan: paket bulanan 100rb, tengah bulan: paket harian 2rb, akhir bulan: gadai ?

    Baca koran
    awal bulan: langganan koran, tengah bulan: beli KR hari sabtu, akhir bulan: baca koran dimading mesjid 🙂

    Biar gk panas
    awal bulan: pake AC, tengah bulan: pake kipas kayu, akhir bulan: ayam di gantung (lalu) ditepak-tepakin?

    Gel rambut
    awal bulan: standard salon mahal, tengah bulan: gatsby, akhir bulan: minyak jelantah

    Transport
    awal bulan: taksi, tengah bulan: trans jogja, akhir bulan: genjot becak dhewe

    Tiket sepakbola
    awal bulan: VIP, tengah bulan: belakang gawang, akhir bulan: nunggu gratisan dari calon gubernur

    Ngopi-ngopi
    awal bulan: starbuck, tengah bulan: cafe, akhir bulan: ngutang warkop mang Jaja

    Nraktir temen
    awal bulan: resto padang, tengah bulan: warteg, akhir bulan: pake baju batik pura-pura kondangan alias PPG (para pencari gratisan, kalo perlu bawa kantong kresek sekalian)

  19. BLSM opo iku kang..ora cetho..emange wong cilik kie pengemis opo..kok di ajari ngemis..
    Pemerintah2..
    BBM naik tinggi..
    Susu tak terbeli..
    Orang picik tarik subsidi..
    Adik bayi kurang gizi..

    • Awal bulan,pake mio
      Pertengahan bulan pake crypton
      Akhir bulan pake supra :)..”Lewat depan spbu kena uapnya mash bisa jalan 🙂
      Sent from my BlackBerry?
      powered by chapsclabiration903

  20. Sebenernya sih asal orang berduit yang mampu beli non subsidi pada tau diri ya subsidi BBM gak dikurangi pun gak masalah. Sayangnya ya kebanyakan pada gak tau diri…

  21. Lha negara gemah ripah loh jinawi, ko rakyate modar mergo keluwen gara2 bbm naik ki piye? Penyelenggara negara wajib bertanggung jawab…ojo menyengsarakan wong cilik terus, freeport, LNG,dll hasilnya pd dikemanain? Serakah ga kira2…wajib dilaknat…

  22. gak manfaat. tetep aja pada enak yg punya duit kaya mobil pribadi. mustiny premium buat motor ama angkot aj. terus ada stall khusus buat motor n angkot. klo buat mobil pribadi. slang premium ilangin aj. gitu lebih efektif. jgn nyekek rakyat kecil bos. ati2 diakherat dipertanggung jawabin kepemimpinan ente

  23. nasib dadi wong cilik…kalo rakyat merasa terdzalimi trus ndongake elek ning pemerintah, opo ra mawut pemerintahe…
    mules tenan…alhamdulillah wis pertamax kanggo motor jadulku…secara motor jarang keluar, pake pertamax aja paling banter 30rb/minggu…

  24. Ben murah tanpa bensin nganggo iki lek Iwb 😀

    m.facebook.com/photo.php?fbid=367418329951619&id=100000503647099&set=a.156123727747748.33260.100000503647099&refid=17

  25. Yah semoga subsidi bbm dialihkan ke subsidi pupuk, bibit, pendidikan dll. Gw sih lebih rela kalo begitu.
    Kang iwan, ane setuju ama komen soal test ride, bagusnya juga ada edukasi dari blogger untuk konsumen. Dari spek mesin mesti pake premium atau pertamax. Soalnya tipikal “mumpung boleh pake” masih banyak beredar di masyarakat. Kalo spek mesin bisa premium pake premium, kalo dari spek merujuk ke pertamax pake pertamax. Bukn dari rekomendasi pabrikan. Maklum ane ga percaya kalo rekomendasi pabrikan. Soalnya pasti masih mikirin untung. Kalo bilang mesti pertamax mereka bakal susah jualan.

  26. 72. penthoel – Juni 23, 2013

    Lha negara gemah ripah loh jinawi, ko rakyate modar mergo keluwen gara2 bbm naik ki piye? Penyelenggara negara wajib bertanggung jawab?ojo menyengsarakan wong cilik terus, freeport, LNG,dll hasilnya pd dikemanain? Serakah ga kira2?wajib dilaknat?

    ======================================================

    Masbro kek gk tau aja penyelenggara dinegara kita ini bego mau aja dibego2 asing nah itu freeport 90% ke untungannya masuk amrik 9% swasta dan indonesia cuma kebagian 1% apa gk gila tuh indonesia tuan rumah berasa pembantu dirumah sendiri gara2 kebijakan yg gk tegas tentang investor asing jadi kaya gini.banyak yg bilang indonesia negara kaya tapi ko rakyatnya lebih banyak yg miskin miris emang kekayaannya cuma dikeruk asing tapi negara ini gk pernah sadar (pejabatnya).

  27. regional.kompas.com/read/2013/06/23/1159318/Peneliti.Kenaikan.Harga.BBM.Untungkan.Perusahaan.Asing

    Subsidi BBM itu gak ada mas, hanya akalan pemerintah aja atau pembodohan coba dicheck link yg ane kasih intinya ini semua demi kepentingan asing dan perusahaan multinasional termasuk pabrikan jepang dengan tameng indonesia kedatangan investor asing 😆 😆

    hizbut-tahrir.or.id/2013/06/19/subsidi-bbm-dinikmati-orang-kaya-itu-bohong/

  28. @IWB

    inilah negara super kepo….
    😀
    😀
    ga ada BBM naik dulu semua sembako juga merangsek naik..sudah permainan pasar…dan inilah ke dunguan pemerintah…
    😀

    yang jadi permasalahan selama ini adalah bobroknya harga tak terkendali sembako dan kebutuhan pokok lainnya yang menjadi penyakit tahunan menjelang hari besar seperti Lebaran..Natalan..dan Tahun Baru…disini sudah terlihat pemerintah sepertinya menyerahkan fungsi kepemerintahannya kepada penguasa licik..entah apa yang dibicarakan saat rapat paripurna…semuanya cuma panggung sandiwara saja….

  29. numpang komen gan@ lek menurt aq gaji atau tunjangan2 di kurangi,koruptor ga usah di hukum mati di gae miskin ae jane seluruh aset sita.(karo gerem)

  30. numpang komen gan@ lek menurt aq gaji atau tunjangan2 di kurangi,koruptor ga usah di hukum mati di gae miskin ae jane seluruh aset sita.(karo gerem)

    #gajine pejabat maksute lurr…#

  31. BBM naik yang untung perusahaan” otomotif jepang kaya honprett, yakamprett dan prett prett lainnya, bbm naik bukan malah menyadarkan warga indonesia untuk beralih ke angkutan umum tapi malah makin membuat mereka membeli kendaraan bermotor biar lebih irit makanya perusahaan asing seneng klo indonesia bbmnya naik padahal harga minyak dunia cenderung merosot dan yg lebih herannya lagi ada warga dongo yg sok menghina mahasiswa yg unjuk rasa padahal yg menghina mahasiswa itu gak tau apa” giliran gak jadi naik dinikmati juga padahal itu perjuangan mahasiswa.

    Dunia gak mau melihat indonesia mandiri seperti iran makanya dibodohi terus melalui tikus” pemerintah

    Sbelum sales” or kacung pabrikan bantah kommentar mending lebih baek ente banyakin membaca 😆 😆

    • Gpp naek,paling lama setahun,doain ajah pemilu 2014 pemerintahnya baru kali aja turun jd 2000/lter hehehhe apalg klw presidennya kang iwan,yakin turun deh hahahaha
      Sent from my BlackBerry?
      powered by chapsclabiration903

  32. besok yan laen-laen juga ikut naik hehehe..

    mumpung panas ikutan jemur ya mzbroh… cosminova.wordpress.com/2013/06/23/subtitusi-rantai-kamrat-apache-160180cc/

  33. pemimpin kita g ada yang bisa bikin pengolahan buat minyak mentah…. bikin kilang/pengolahan minyak sendiri.. pasti harga premium di indonesia bisa murah.. karna di kelola sendiri.. Dari bumi indonesia untuk rakyat indonesia..

  34. Cukai rokok juga harusnya disesuaikan (naik gitu)…pengen tau ada yang demo ga…

  35. yang demo BBM naik dgn cara konvoi = koplak

    apa ga malah kebalik??? udah tau mau naik tu bbm…bukannya hemat, malahan buang2 bensin

    mahasiswa ribut di dpr = koplak

    ane yg mahasiswa aja malu liatnya……mestinya belajar yg bener…..ntar buka usaha…..bikin penemuan…..kan bisa mensejahterakan……daripada ribut ga jelas…..malu ga tuh rektor UI…..

    pedagang naikin harga 200% padahal bbm naik 30% = koplak

    itung sendiri deh mestinya naik berapa % 😀

    pemerintah ngasih blsm = koplak

    yg disubsidi tu ya mestinya kebutuhan petani……kebutuhan peternah……angkutan umum juga…..dah…koplak bgt negara ini……

  36. mau minang motor baru jd baringung…xixixi
    bbm naek euuy…. kebutuhan meningkat tajamm

  37. wong cilik mangan sego sambel yo ben!! tp koruptor sing mangan duite rakyat malah dibiarin berkeliaran

  38. …Sama masbro setuju aj.. tpi q tdk setuju dgn dna penanggulangan sosial… haya pembodohaan kepada rakyat…q setuju klo kompensasi sosialnya HUKUM MATI PARA KORUPTOR DAN MEMISKINKAN KELUARGANYA…klo cranya seperti ini setuju…so trill..yunan uang rakyat hbis dikorup.. mereka gunakan TAHTAH DAN WANITA…semoga ALLAH MELAKNAT ORANG2 SEPERTI INI~(koruptor)…dan pertamina jgn bodohi rakyat juga bensin di indonesia itu kwalitasnya pling jlek di asia… tdk percaya silakan cek…

Comments are closed.