iklan iwb
Bensin naik harga pangan melambung. Orang kecillah yang paling merasakan dampaknya....(doc dan foto Tedjo)
Bensin naik harga pangan melambung. Orang kecillah yang paling merasakan dampaknya….(doc dan foto Tedjo)

Bro dan sis sekalian….seperti yang kita tahu secara resmi pertanggal 22 Juni 2013 jam 22.00….pemerintah mengumumkan kenaikan harga bensin menjadi 6500/liter dari sebelumnya 4500/liter. Kenaikan signifikan yang cukup mengejutkan tentunya. Kenapa?. Angka 2000/liter bukanlah duit sedikit jika dikalkulasi dengan jutaan barrel yang dijual Pertamina. Dengan alasan menyelamatkan APBN…..cara pintas tersebut ditempuh. Sayang…manuver tidak diimbangi kontrol harga pangan yang juga ikut melambung. Seperti yang diulas Kompas atas kenaikan harga? ayam hingga 200% pasca bensin berubah harga. Sobek tenan!!….iwb460x140AHM Oil IWB (460x150)

Bensin naik tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Implikasi yang ditimbulkan sudah mencakup urusan perut. Kenapa?. Lawong harga pangan melambung nggilani. Diluar ayam yang terdongkrak 200% dari harga normal…sembako juga mengikuti dan kini sudah nongkrong diangka 30%. Jadi kita tidak bisa hanya melihat dari sisi kendaraan saja. Konyolnya pihak penguasa kurang peka? terhadap situasi dilapangan….cuek bebek ora perduli. Terkesan melakukan pembiaran atau menyerahkan kepada hukum pasar. Sebagai warga negara yang baik…tidak ada pilihan selain mengikuti peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Apalagi dengan dalih menekan pengeluaran subsidi hingga 97 T (total subsidi 297T menjadi hanya 200T)…adalah hal mulia jika kita bisa membantu. Hanya saja….subsidi terasa hambar jika kita sudi mengintip dilapangan……

Premium masih halal diembat siapa saja. Mobil pribadi Kijang Innova, Yaris, Jazz bahkan Fortuner yang notabene mobil kelas atas tanpa malu mengantri Premium diSPBU bersama para angkot. Fakta ini sering IWB temui hampir diseluruh pom bensin Jabodetabek. Spek mobil yang meminta asupan oktan 92 tidak digubris dan lebih memilih bensin? bersubisi yang lebih murah. Padahal bagi mereka….IWB percaya 10ribu seperti duit receh tidak berguna. Sedang bagi para biker…contohnya tukang ojek yang mengandalkan mencari nafkah dari transportasi wira wiri sehari-hari, uang segitu luar biasa nilainya. Belum lagi secara hitung-hitungan volume, motor jauh lebih irit untuk menempuh perjalanan. Ibaratnya 500km motor hanya menghabiskan Premium 10liter maka mobil 33liter. Nah….jelas to maksude?. So…mana yang harusnya disubsidi?. Monggo sampeyan nilai sendiri.? Hal seperti inilah yang kudu dipikirkan sang penguasa dalam menggodok sebuah peraturan yang komprehensif serta terukur….

iklan iwb

Seperti yang kita tahu, seiring pengumuman No 07 PM/12/MEM/2013 tentang penyesuaian harga jual eceran BBM bersubsidi yang membuat bensin premium (gasoline ron 88) 6.500 per liter serta minyak solar (gas oil) 5.500 pr liter….pemerintah berencana menggelontorkan BLSM sekitar Rp 9,3 triliun untuk 15,5 juta keluarga miskin yang jika dikalkulasi maka sebesar Rp 150 ribu per keluarga per bulan selama empat bulan. Sebuah tindakan yang sangat jauh dari kata efektif. Dan mencermati atas hitung-hitungan diatas…sudah saatnya pemerintah membuat aturan yang jelas agar subsidi tepat sasaran. Mosok wong sugih tuku bensin regone podo karo wong miskin. Semelekete tenan lek iku…..

Percayalah…jika semua sudah dilakukan, kita semua bakal ikhlas berapapun harga banderol yang dipasang.? Kalau tidak….niscaya isu BBM tidak akan pernah kelar sampai kapanpun. Sementara sebagai biker…marilah kita dukung program pengiritan BBM dengan cara berkendara yang baik dan benar. Semakin irit penggunaan bensin maka uang? anggaran pemerintah juga semakin tidak terkuras. Premium 6500??. Record tenan iki :mrgreen: ….(iwb)

248 COMMENTS

  1. Imho harga wajar premium itu mending di bedakan walupun ada kenaikan

    Motor, angkot harga premium 5000-5500

    Mobil 6500-7000 baru sipp -__-“

  2. @ 9. chiekug_
    Bener juga ya bro…ini baru adil kayaknya. Jadi tidak disama ratakan….
    @ 10. erdi
    Nah…ngono kuwi lho kangbro

  3. itu mah akal2an aja..harga minyak dunia blm naik kog.
    lagian kalaupun naik..kan berulang kali iran menawarkan minyak murah,udah dianterin lagi sampai selat malaka,ngapain takut kalau iran diembargo PBB,,lha wong negara maju aja pada beli kog..singapura,jepang,korea yg notabenenya mereka jg anggota PBB..trus kalo ada BLSM emang cukup 150rb buat sebulan,gdn kenaikan harga yg drastis…hemat saya sih biar negara yg hutang yg penting rakyat sejahtera…karena negara ini milik rakyat.
    masshar2000.wordpress.com/2013/06/22/pemerintah-pusing-soal-parkir/

  4. bbm naik ngak akan berpengaruh pada penjualan motor dan mobil karena orang indo udah pada kaya semua.IMHO

  5. 15. faiz
    Dilapangan tidak berjalan mzbro. Monggo sampeyan nyanggongin aja diSPBU mayortitas petugas nggak ngeh dengan kubikasi kendaraan. Dan mereka juga tidak ngecek STNK…so langsung tuangin premium kemobil merea. Lawong teman saya aja nunggangan Vios selalu pakai premium. Sobek tenan!. yang enak mungkin memang jenis kendaraan aja dibedakan, contoh roda empat non plat kuning 6500-7000. Imho-lho
    @ 17. Fans L?k IWB
    Siap mzbro…diupload ulang

  6. Gua cuma saran aja…gua heran ama presiden kita kita yg bego….apa kita yg dibego begoin….napa yg gak punya mobil aja yg disuruh kasih PERTaMaX…..sedangkan untuk motor dan angkutan umum tetap pake bensin….keterangan masih berlaku harga lama ya….yg pake mobil kan jadi mikir2 keluar pake mobil…..itung2 mengurangi kemacetan juga…..kira kira Bro dan Sis ada yg setuju gak ama usul ane….cuma sayang Ane gak punya Kuasa……biar Mampus tuh pejabat udah Bensin Naek….duitnya Masih dikorupsi juga……

  7. Naik sih nggak apa-apa cuma efeknya itu loh kemana-kemana.
    Mending kalau uang transport naik kalau nggak gimana.
    Membunuh masyarakat dengan perlahan.

  8. kalau wakil2 Rakyat enak,BBM naik,tunjangannya juga naik,(hingga jutaan)belum lagi uang hasil rapat kemarin

    lha kalau masyarakatnya??yang PNS naik,tapi gak smpe jutaan.terus yang buruh2 juga naik dikit.yaa ttp aja semakin terbebani

  9. “semelekete tenan lek iku”

    #kata2 yg sangat pantas buat org yg pny mobil jazz,yaris,inova,avanza,xenia,dll yg msh ngembat jatah premium….

    seharusnya ada larangan pemilik mobil kluaran 2000 keatas tdk boleh nenggak premium,,,itu br tepat sasaran!!! PEMERINTAHan koplok!!!

  10. Bnr bgt mas iwan. Ga masalah misal hrg bbm naik smpe 10rb skalipun. Cuma ya itu efek dominonya yg ga nahan smua harga harga jd melambung tinggi itu yg ga nahan nah smentara pndapatan ga bertambah (yo tekor to lek) itu sbnr’a yg hrus d pikirkan pmrnth

  11. @ 22. Edge
    Sabar mzbro…kayaknya kesel bener. Mari kita doain yang baik-baik aja buat para penguasa. Biar seger waras makmur sentosa. Otomatis mereka nanti bisa mikir jernih to :mrgreen: (nyindir.com)
    @ 25. Rollerman
    Naikpun kayak kita percuma mzbro karna tidak sebanding dengan inflasi harga barang….
    @ 27. Dhot
    Dilalah ora dipikir iku kangbro. Sobek tenan lak an

  12. 6500, ikhlas sih….. Tapi terasa berat juga, ane setiap hr pp 90km, perlu 2liter/hari, biasa beli 10000, sekarang jd 13000,…. Moga ada rizki tambahan bagi kita rakyat biasa,
    rakyat biasa = motor dibawah 150cc, rumah dibawah tipe 36, kalo punya mobil ga lebih dari 1000cc. Imho

  13. miris tenan sm gbr diatas,,,,,,
    oalah to le…le…kalian para pejabat tdk memikirkan nasib rakyat!!!
    kalo naekin BBM silakan saja,,tp brani gk buat peraturan “mobil dgn kubikasi 1300cc keatas WAJIB PERTAMAX/+ ??

    #dasar koplok!!! braninya sm org2 bawah doank!!
    ingat besok akan dimintai pertanggung jawaban di akherat cong!!!

  14. miris tenan sm gbr diatas,,,,,,
    oalah to le?le?kalian para
    pejabat tdk memikirkan nasib
    rakyat!!!
    kalo naekin BBM silakan saja,,tp
    brani gk buat peraturan ?mobil
    dgn kubikasi 1300cc keatas
    WAJIB PERTAMAX/+ ??
    #dasar koplok!!! braninya sm
    org2 bawah doank!!
    ingat besok akan dimintai
    pertanggung jawaban di akherat
    cok!!!

  15. Maaf ya mas IWB, yg mengherankan bagi saya bahwa blogger2 kelas atas dalam pengetesan motor2 baru pun menggunakan premium.Nah ini yg kemudian ditiru oleh reader dari blog2 tersebut dlm mengisi premium utk motor mreka.

    Bila pengguna mobil mewah disindir ketika mengisi premium, blogger papan atas tidak pernah kena sindiran ketika mengetest motor pinjaman dari pabrikan dan diisi dgn premium.

    Jadi, apakah bensin subsidi itu sudah tepat sasaran???

  16. Month gimana lagi Lik, ya udah terima ajja…
    Lagian selama ini juga dah latihan pake Pertamax…

    Cuma yaitu tadi, justru impac terbesarnya adalah side impacnya, seperti kenaikan harga sembako yg bersentuhan langsung dengan kelangsungan dapur kita. Tapi percayalah kita akan cepat terbiasa.

  17. Bbm naek. Harga susu naek harga pampers naek harga beras naek. Kuabeh munggah regane.. Ampe kontrakan ane juga naek.. Tp gaji ga naek Wha ha ha sobek tenan

  18. BBM premium naek 2rb/liter….tp harga ayam naek,telur naek,cabe naek,susu buat anak naek,beras naek,gas LPG naek,sabun cuci naek,,smua naek dah……tp gaji gk naek???

    piye son??
    pejabat oh penjahat…..

  19. Bukan naik harga tp subsidi yg dikurangi krn rakyat masih manja mwnya teus2an disubsidi….hadeeehhh..

  20. Kalo menurut saya timing nya yg ga tepat…secara beberapa hari lagi kan puasa,trus lebaran… Gila aja,bbm ga naik aja pasti harga2 dah pada dinaikin apalagi bbm naik??? Makin menggila….
    Belum lagi yg mau mudik pake transportasi umum…. Bisa2 ongkosnya naik 300%.
    Kenapa ga abis lebaran aja naikin bbm nya?? Trus bikin aturan,seperti yg kang iwb bilang…kendaraan roda4 non plat kuning WAJIB pertamax…..!!!! Herannya masa sih wakil rakyat yg diatas sana ga yg punya pikiran untuk menunda kenaikan bbm sampai abis lebaran/mudik..?????
    Heran….!!!

  21. iwb:
    Padahal bagi mereka?.IWB percaya 10ribu seperti duit receh tidak berguna.

    ========
    jwb
    ga segitunya kali..

    Sedang bagi para biker?contohnya tukang ojek yang mengandalkan mencari nafkah dari transportasi wira wiri sehari-hari, uang segitu luar biasa nilainya
    ——————–
    jwb
    nah itu benar!

    yg pasti dampak kenaikan bbm kena smua.

    yg kaya ga isa ngirit
    yg misikin makin kejepit
    yg koruptor lha ini beda lagi………..

  22. dari dulu alasan orang yang nyekokin premium : ini mobil gw, gw bayar pajak, jadi terserah gw mau isi ini mobil apaan !!
    makanya saran gw naikin aja pajak kendaraan bermotor. atau kenakan pajak bensin yang dibayar setahun sekali. darisana diambil untuk subsidi bensin bagi yang nga mampu. jadi yang benar-benar kaya yang mampu membeli mobil baru mewah karena pajak bensinnya besar …

  23. 10. erdi – Juni 23, 2013

    Motor seharga kurang lebih 60juta pun antri premium mas iwan !
    ———————–
    kalo yg ini salah dan haram!

    tapi kalo new vixion ngantri premium its ok walau kompresi tinggi.

  24. imbas paling parah adlh BBM naek=smua harga kebutuhan naek tp gaji gk naek…..

    mooddiiaarr…….teennaann….. 👿
    sobek njobo njero……

  25. ini gr2 perusahaan PETRAL, ank perusahaan pertamina, udh monopoli sekaligus mafia minyak…, moco2 twett pakar ekonomi…, awae dewe tuku karo calo minyak piye ora larang…., gregeten sm pemrrintah…. hasem tenan….

Comments are closed.