iklan iwb
iklan iwb

HiDS-foto-2Akhirnya datang juga….yup keinginan para bengkel umum untuk memiliki alat diagnostic tool  injeksi nampaknya bukan hanya mimpi brosis. Hal ini berdasarkan press release Starnic….perusahaan yang mempoduksi alat-alat elektronik untuk perbengkelan sepeda motor seperti battery charger, digital volt meter, rpm meter, spak plug cleaner, alat peraga otomotif dan yang terakhir HiDS serta fuel pressure regulator. Khusus HiDS…..tool ini diracik special untuk motor injeksi Honda dan akan dijual secara umum seharga 3,3juta rupiah. Berikut press release yang IWB terima….VegaRRHGP

Kemajuan teknologi mendorong peralihan teknologi pengabutan bahan bakar dari karburator ke sistem injeksi yang dikontrol secara elektronik. Bahkan kini, hampir semua sepeda motor keluaran terbaru di Indonesia sudah menggunakan teknologi fuel injection. Efek baiknya, pengguna sepeda motor bisa mendapatkan banyak keuntungan. Diantaranya, hemat bahan bakar, emisi gas buangnya rendah dan lebih minim perawatan. Tapi bagi bengkel, dibutuhkan alat khusus agar dapat melakukan perawatan teknologi injeksi. Salah satu alat yang wajib dimiliki bengkel modern adalah diagnostic tools for fuel injection system.
 
Fungsinya untuk mendiagnosa kerusakan pada sensor-sensor pada sistem injeksi. Dengan alat semacam ini pekerjaan mekanik jauh lebih mudah. Tidak perlu melakukan pengecekan tiap komponen atau mengandalkan diagnostic lamp. Salah satu diagnostic tools yang kini sudah mulai dipasarkan adalah HiDS HD-30 khusus untuk sepeda motor Honda. HiDS merupakan perangkat diagnostic motor Honda yang dibuat oleh STARNICS dan telah digunakan di dealer resmi motor Honda. Tapi kini, bukan hanya dealer resmi Honda, bengkel umum pun berkesempatan untuk melengkapi alat kerjanya dengan HiDS.

HiDS dapat membantu bengkel-bengkel melakukan analisis dan diagnosis atas alat-alat kontrol elektronik pada sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi injeksi. HiDS mampu berkomunikasi dengan Engine Control Module (ECM) dan menampilkan data-data berupa sinyal dari ECM pada layar peraga. Data-data yang dapat ditampilkan diantaranya adalah data kesalahan sensor yang terdeteksi ECM, baik data kesalahan yang sudah terjadi dan tersimpan dalam memori ECM ataupun data yang sedang terjadi yang terdeteksi ECM. Data-data tersebut akan ditampilkan pada layar peraga HiDS dengan menggunakan Bahasa Indonesia sehingga mudah dimengerti dan informatif.

iklan iwb

HiDS juga memiliki fasilitas untuk melakukan re-set atau menghapus data-data kesalahan yang tersimpan di ECM dengan amat mudah. Selain itu, HiDS juga memiliki kemampuan untuk menampilkan data-data saat sepeda motor dalam kondisi stasioner, fungsinya untuk melihat kinerja semua komponen injeksi dalam kondisi mesin hidup. HiDS dapat digunakan pada seluruh sepeda motor Honda yang dipasarkan di Indonesia yang sudah mengadopsi fuel injection. Mulai dari Supra-X 125 PGM-FI, PCX 150, CBR250R sampai yang terbaru BeAT FI dan CB150R dan Verza150. HiDS juga hadir dengan kemudahan update software bila ada sepeda motor baru Honda lainnya. Keunggulan produk ini :
– Mudah pengoperasiannya.
– Simpel karena tidak membutuhkan laptop dalam pengoperasiannya.
– Bergaransi 1 tahun (kabel tidak termasuk).
– Dapat melakukan update software motor baru Honda di jaringan dealer Injeksi Motor Globalindo.
– Pelatihan penggunaan software oleh instruktur di jaringan dealer Injeksi Motor Globalindo.

HiDS-foto-1Nah….mantep to kangbro. Jadi buat sampeyan yang punya bisnis perbengkelan umum sekarang tidak perlu kuatir. Walau terbatas hanya untuk motor sayap mengepak…setidaknya ada solusi yang ditawarkan oleh salah satu produsen seperti Starnic untuk menyediakan perangkat canggih yang bisa diperbaharui jika ada produk fuel injection baru Honda rilis. Ibarat Android…software HiDS upgradeable (boso preman ki :mrgreen: ). Terus kemana bisa membeli produk ini??….

Untuk area Jakarta dan Banten…monggo kontak ke dealer “ULTRASPEED RACING” Jln. Dr. Ciptomangunkusumo No.42 Ciledug – Tangerang – Banten (021-7313886). Sementara Yoyakarta di “AUTO CHAMPION TRAINING CENTER” Jln. Magelang KM 13, Krapyak Triharjo Sleman (100 meter Utara Polres Sleman) telephone 0813-2877-5987. Langsung kontak aja kemereka untuk pertanyaan lebih lanjut….

Last...kabar yang dibawa Starnic adalah sebuah langkah maju dan akan membantu para bengkel umum guna menambah ilmu dan kemampuan mereka menerima motor injeksi. Pertanyaan ini sebelumnya banyak dilontarkan para pengunjung warung ke IWB dan inilah jawabannya.  Sayang….seharusnya pihak produsen mampu membuat alat yang open alias fleksibel bisa digunakan untuk merk apapun (klaim hanya untuk motor Honda). Jadi….cukup dengan banderol 3,3juta….seluruh brand bisa dihandle si bengkel. Yah…siapa tahu kedepan akan disediakan. Toh teknologi terus berkembang. Tapi ceritanya akan lain jika Starnic memang mempunyai perjanjian khusus dengan AHM agar hanya menyuplai diagnootic tool produk Honda. Entahlah….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!