iklan iwb

Safety ridingSalut buat bro kita berikut ini. Sebagai biker sekaligus ahli dibidang magister desain ITB game technology….bro Godham sukses menciptakan game untuk sistem operasi Android. Dikemas secara apik dan menarik…game buatannya tidak kalah dibanding game luar negeri sekalipun. Dengan tujuan menekan angka kecelakaan di Indonesia……game buatannya mengantarkan bro Godham lulus tesis di ITB jurusan game technology dengan nila A (Cumlaude). Weleh….koq iso encer ngono kuwi panganane opo yo? :mrgreen: ……VegaRRHGP

Dikirimkan keBlog IWB, bro Godham mengaku merasa senang? jika hasil jerih payah serta karyanya berguna untuk para biker diseluruh? tanah air. Tentu saja tidak gampang. Dibutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk menyelesaikan project yang memakan waktu hingga 2 tahun. Survei kelapangan….mengintip langsung kondisi jalan, mengamati secara detil hingga semua kelar sesuai harapan. berikut background pembuatan game sesuai email bro Godham ke IWB….

Game simulasi aman berkendara ini saya ciptakan karena keprihatinan akan semakin meningkatkan kecelakaan lalu lintas kian tahun yang didominasi oleh sepeda motor. Data-data kecelakaan selain didapat dari hasil observasi dan pengamatan pribadi, juga didapat dari Kepolisian lalu lintas, Dishub, berbagai situs, majalah dan koran. Tingkat keamanan sepeda motor tergolong rendah. Sekitar 80% kecelakaan sepeda motor mengakibatkan cedera, sedangkan kecelakaan mobil hanya sekitar 20%. Riset yang diperoleh adalah kecelakaan sepeda motor yang disebabkan karena perilaku ugal-ugalan, melanggar lampu lalu lintas, menerobos marka jalan, melintas trotoar yang seharusnya adalah hak para pejalan kaki, selain itu hasil pengamatan yang lain adalah angkot dan bis yang berhenti mendadak dan faktor jalan yang rusak.

iklan iwb

Faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia. Kecerobohan pengendara (human error) acap kali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Di atas sepeda motor pengendara saling berebut untuk dapat secepatnya sampai ke tempat tujuan masing-masing. Hal tersebut menciptakan kondisi learned helplessness sebagai hasil dari persepsi yang terbangun dari masyarakat yang tidak memiliki kontrol terhadap lingkungan. Hal tersebut menimbulkan sebuah budaya pelanggaran lalu lintas yang berlarut-larut dan menimbulkan suatu kebiasaan di masyarakat.

Ketika berbagai usaha kampanye berkendara secara aman melalui media konvensional seperti buku maupun penyuluhan dirasa kurang efektif, maka jelas bahwa perlu adanya sebuah gebrakan baru dalam usaha memperkenalkan berkendara secara aman. Salah satu upaya yang dipandang cukup efektif diberikan kepada masyarakat ialah menggunakan game simulasi digital karena dianggap efektif memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Game simulasi tidak hanya mudah untuk dimainkan, tetapi juga sangat efektif bila menyampaikan ide atau emosi. Seiring perkembangan teknologi, penetrasi melalui media Game merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan berkendara secara aman yang diharapkan akan menjadikan para pengendara sepeda motor agar menjadi pengendara yang baik dan benar. Selain itu pembuatan game juga sebagai project tesis, syarat menempuh kelulusan di magister game technology Institut teknologi bandung (ITB). Game ini sukses diujikan di ITB dengan nilai A cumlaude.

Safety riding
Awal message bro Godham yang menarik perhatian IWB..

Game ini menggunakan tablet PC dengan sistem operasi android. Sistem operasi android dipilih karena sangat populer, terjangkau, dan didukung oleh fitur multimedia maksimal seperti layar sentuh sehingga para pengguna akan merasakan sensasi simulasi. Tablet PC juga memberi nilai lebih, mampu bergerak dinamis, ringkas, dapat dibawa kemana-mana, dimainkan kapan dan dimana saja.

Untuk memainkan game ini cukup mudah, setelah menu start, pemain dapat memilih karakter pengendara beserta sepeda motor yang diinginkan, seperti street fighter, matic, full fairing, dan supermoto. Ada 3 level dalam game ini, semua disesuaikan dengan lalu lintas di Indonesia. Setiap terjadi pelanggaran, akan muncul sebuah notifikasi atau pemberitahuan.

Pembuatan game ini membutuhkan waktu hingga 2 tahun. Satu setengah tahun untuk riset kondisi lalu lintas (lantas) di Indonesia dan setengah tahun untuk membuat game-nya. Enggak heran di dalam game ini situasinya mirip jalan-jalan di sini. Seperti, ada angkot ngetem, motor naik trotoar, menerobos lampu merah, senggolan fisik, dan pelanggaran lantas lain yang sering terjadi di Indonesia.

Ketika dilaunching di dunia maya secara indie, banyak teman-teman dari kalangan umum dan bikers yang antusias dan mensupport. Beberapa waktu lalu sempat dimuat di Tabloid Otomotif dan Koran Suara Merdeka. Sedang saya usahakan agar tidak berhenti sampai disini, melainkan dikembangkan dalam versi game yg lebih kompleks gameplay, storytelling, interface, karakter, maupun level. Banyak rekan-rekan yang menyarankan agar game ini ditawarkan ke Kepolisian lalu lintas, Dishub, komunitas safety riding, atau pihak pabrikan seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Bajaj, atau Extra Joss Nitros. Saya sendiri sebagai game designer sangat welcome untuk bekerjasama dengan berbagai pihak sponsorship agar game ini dapat dilaunching versi terbarunya.

Game ini sedang saya proses agar bisa di download gratis di Google play, memang memakan waktu lama dengan berbagai prosedur, tetapi bila pembaca berminat dapat menghubungi via [email protected] atau inbox di Facebook Godham Eko Saputro II.

Biodata:

Nama: Godham eko saputro

Pendidikan: magister desain ITB game technology

Pekerjaan: dosen Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Yup…salut empat jempol dah buat cah Semarang. Anak bangsa seperti bro Godham ini kudu kita dukung total. Kreatif, pintar alias encer, berdaya juang tinggi dan sudi mengamalkan ilmunya untuk membantu sesama. Oleh karena itulah IWB berinisiatif merilis artikel khusus supaya sampeyan bisa mendownload secara gratis game yang dimaksud. Wis…ora usah nunggu diGoogle Play, kesuwen rek. Klik aja disini….

1. Download Game Android via Ziddu

2. Download Game Android via 4Share

Pilih salah satu link diatas. Cara installnya mudah. Setelah download…save file.apk langsung brosis install digadget kesayangan. Lha piye lek ora duwe Android mz Iwan?. Yo ngaplo thok ora iso jajal :mrgreen: …..

Last....monggo berikan penilaian jika ada yang ingin bertestimoni….atau email kebro Godham seperti yang sudah IWB ketik diatas. Penasaran dengan game yang dimaksud?. Berikut screen capture game Android safety riding hasil karya anak bangsa. Juozzz gandozzz kotozzz kotoozzzzzz!!!!!…….(iwb) Safety riding Safety riding Safety riding 383401_528661537189899_1330039852_n

127 COMMENTS

  1. @penasaran

    wkwkwkw,, ya jelas lah om,, kang iwan bisa ndagel,, 😆

    kang iwan juga manusia,,,
    bisa ndagel,, kalo di ajak ndagel,,,
    dan bisa capek,, dan emosi menghadapi fitnahan dari panboy tertentu,,,

  2. kayaknya bagus juga… kapan bikin untuk WP?? :D…

    frgoes87.wordpress.com/2013/06/05/rusak-sudah-pendidikan-di-indonesia/

  3. WOW ini baru yang namanya safety riding.
    Bagaimana cara menyalip yang benar,lalu dilarang melintas marka (tanpa putus).
    Harus dbiasakan ke anak2 neh
    tapi sayang gak tersedia untuk smartphone,yaa mau gmana lage,karena ini simulasi,jadi butuh layar extra luas agar nyaman

  4. akirnya,,, kelar juga donlotnya,,,
    tinggal beli henpon andridnya nih,,, 😆

    kalo duit nggak cukup,,, instal di blekberi aja lah,,, 😆

  5. well………para fbh monggo segera download dan berikan komentarnya.

    hahaha

  6. 51. peyek
    @penasaran
    wkwkwkw,, ya jelas lah om,, kang iwan bisa ndagel,, 😆
    kang iwan juga manusia,,,
    bisa ndagel,, kalo di ajak ndagel,,,
    dan bisa capek,, dan emosi menghadapi fitnahan dari panboy tertentu,,,
    =============================================
    wkwkwk
    btw soal fitnah, statement ente yg ini apa juga bukan fitnah tuh?

    “nggak apdol rasanya kalo mbahas mongtor semprot nggak membahas mongtor semprot si penomenal,,,
    siapa lagi kalo bukan si domba garut,,, yes,,, mongtor semprot masal 125sese terkencang se dunia akerat,,,, top sepit setara ninin 250sese
    *ssstt,,, kalo nggak percaya,, tanya aja kutangers”

    Faktanya, gak ada FBH yg bilang gitu.
    Itu kan omongan dr mulut ente sendiri.
    Ente ngomong gak sesuai fakta.
    Termasuk fitnah lowh itu.
    Berarti ente tukang fitnah dong?

  7. konsepnya bagus banget,,,

    ada beberapa masukan/koreksi membangun dari ane :

    1. mode game seharusnya dalam mode potrait, karena kalo mode landscape,, pandangan ke depan sangat minim sekali,,, kita tidak dapat mengantisipasi kendaraan yang ada di depan kita,,,
    2. bila nikung ke gravel,, maka motor akan tetep ada di jalur aspal,,, seharusnya motor juga bisa masuk ke gravel,,
    3.kalo bisa untuk belok, akselerasi dan rem, ada pilihan pake sensor giroskop aja,,,
    4. mudah2an ada scoringnya,, dan ada persi online nya,, jadi bisa bersing antara user kayak game2 android lainnya.

    dah segitu aja dulu,, semoga di terima masukan dari saya,,,

    soalnya sambil main game nya nih,,,

    nabrak mulu,, ngggak nyampe2 ke kantor,,, 😆

  8. @penasaran

    jiakaka,,,
    komen trit sebelah,, di bawa2 kemari,, kayak emak2 aje ente,, bawa2 barang belanjaan kesana kemari,,, 😆

    maap deh,, kalo hati ente terluka dan pedih karena komen2 ane membawa2 si domba garut,,, 😆

  9. 59. EISCELL – Juni 5, 2013
    android ecek2 iso gak ki? soale mayoritas android yg beredar kelas ecek2
    ==================================
    iso kok om,,, aku gor nganggo android single piston,, eh,, single core,,, merek lek nopo,,, 😆

  10. game tsb cocok ditujukan utk FBY bermotor :
    mio
    vega
    jupiter z
    mx
    vixion
    yg umumnya sering seruntulan & pada ngalay di jalanan :mrgreen:
    semoga bisa lebih tertib dlm berlalu-lintas di jalan raya

  11. makan RAM cukup gede 😀

    mungkin lebih asik kalo viewnya dirubah jadi horizontal, soalnya susah klo viewnya dilihat vertikal dari atas. n utk belok pake accelerometer kayanya bakal lebih asik

  12. khusus Tab pow? koq di HP layar 4inchi gag pas ya mas tampilannya…alias kepotong…

  13. 60. peyek
    @penasaran
    jiakaka,,,
    komen trit sebelah,, di bawa2 kemari,, kayak emak2 aje ente,, bawa2 barang belanjaan kesana kemari,,, 😆
    maap deh,, kalo hati ente terluka dan pedih karena komen2 ane membawa2 si domba garut,,, 😆
    ============================================
    Sakit hati? kagak lah 😆
    Statement ente itu fitnah, karena gak ada FBH yg sesumbar hal tsb.
    Yg perlu ane lurusin itu soal fitnahan ente.
    Bisa ngebuktiin hal tsb gak?
    Ente bakalan dicap tukang fitnah karena omongan ente sendiri yg mengatasnamakan mulut orang lain.

  14. saya udah download kang iwan… motor simulatornya kok mirip vixion ama soul gt yaaa….

  15. penasaran

    dah lah.om… kl ente nggak sakit hati… ngapain ente ngejer2 ane sampe di trit ini… 😆

    jujur lebih gentle lho om… 😆

    tapi itu terserah ente lah.. wong yang ngerasain juga ente kok… 😆

    kembali ke leptop… game nya bisa di instal ke sd card kok… jadi no problemo…

  16. Kereeenn gamenya krn punya rasa bangga yg bikin anak bangsa,udah ane maenin hehehe,ane pilih motor sport yamahmud,trek kepadatan kota bandung,pas ane mulai kok gak bisa start kang?pas di check accunya soak hehehe terpaksa dorong,,,gak ada kick staternya ci..heheh 🙂
    Sent from my BlackBerry?
    powered by chapsclabiration903

  17. Joosssss gandosss, anak” ITB emnk pada edan semua klo masalah dunia IT : mrgreen: :mrgreen:
    Oohhh ya tolong donk mas diberitahu ke sang desainer, gamenya dimasukkin juga ke versi itunes biar gampang didownload soalnya Apple system OSnya tertutup :mrgreen: :mrgreen:

  18. ???????????????????????
    ??????????????????????
    ??????????????????????
    ??????????????????????? ANDROID ?

  19. Klo cuma ngandelin google play takutnya ini game gak berkembang, tau sendiri lah mayoritas pemakainya kaya gimana, pada pengen yg gratisan semua, klo di taroh di App Store kan bakal laen ceritanya 😆 😆
    Sorry klo ada yg kesindir :mrgreen: :mrgreen:

  20. Jodi pake pigson fairing minerva biasa emang yamaha itu minerva wannabe

    Yang tiara pake soul gt ada fitlur greg greg gregnya ga tuh?

  21. 71. peyek
    penasaran
    dah lah.om? kl ente nggak sakit hati? ngapain ente ngejer2 ane sampe di trit ini? 😆
    jujur lebih gentle lho om? 😆
    tapi itu terserah ente lah.. wong yang ngerasain juga ente kok? 😆
    kembali ke leptop? game nya bisa di instal ke sd card kok? jadi no problemo?
    ============================================
    Cengeng amat yek gitu aja sakit hati. Gak koq.
    Ini bukan soal motornya.
    Tapi ente udah nyebarin fitnah.
    Itu yg ane gak suka.

  22. buat froyo kayanya g bisa nih 😀
    wih dosen udinus ternyata, tapi bukan dosen ane, beda jurusan,,hehehe

    zrriders.wordpress.com/2013/06/05/vega-zr-hellaflushh-1/

  23. ITB joss lewat bro Godham salah satu anak negeri yg berkarya demi bangsa dan negara salut….. lanjutkan karya2 berikutnya jgn lp bwt dihak patenkan

  24. Busyeeettt, resolusinya gede amiirr..
    sampe menu “Mulai” nya gak kelihatan…
    =_=”

  25. Berhasil donlot dari 4shared, trial,n kasih masukan: dicoba di andromax u kurang responsif, sering hang, mungkin msh bnyk bugs.. disempurnain lg ya masbro.. btw scara keseluruhan idenya mantep..

  26. mantap..ane juga programmer pgn bisa bikin game gituan..tp apa daya bisanya cuma bikin program kantoran 🙁
    calmkid.wordpress.com/2013/06/05/busi-yang-pas-untuk-pulsar-apa-ya/

  27. mas kalo ud muncul di google play ksh tau ya….
    mksh
    salut buat yg bikin nih game

  28. resolusi kegedhean..

    minta yg qvga lha mas brooooo…

    jd biar jalan di x8 ane….

Comments are closed.