iklan iwb
iklan iwb

Safety ridingSalut buat bro kita berikut ini. Sebagai biker sekaligus ahli dibidang magister desain ITB game technology….bro Godham sukses menciptakan game untuk sistem operasi Android. Dikemas secara apik dan menarik…game buatannya tidak kalah dibanding game luar negeri sekalipun. Dengan tujuan menekan angka kecelakaan di Indonesia……game buatannya mengantarkan bro Godham lulus tesis di ITB jurusan game technology dengan nila A (Cumlaude). Weleh….koq iso encer ngono kuwi panganane opo yo? :mrgreen: ……VegaRRHGP

Dikirimkan keBlog IWB, bro Godham mengaku merasa senang  jika hasil jerih payah serta karyanya berguna untuk para biker diseluruh  tanah air. Tentu saja tidak gampang. Dibutuhkan kerja keras dan konsistensi untuk menyelesaikan project yang memakan waktu hingga 2 tahun. Survei kelapangan….mengintip langsung kondisi jalan, mengamati secara detil hingga semua kelar sesuai harapan. berikut background pembuatan game sesuai email bro Godham ke IWB….

Game simulasi aman berkendara ini saya ciptakan karena keprihatinan akan semakin meningkatkan kecelakaan lalu lintas kian tahun yang didominasi oleh sepeda motor. Data-data kecelakaan selain didapat dari hasil observasi dan pengamatan pribadi, juga didapat dari Kepolisian lalu lintas, Dishub, berbagai situs, majalah dan koran. Tingkat keamanan sepeda motor tergolong rendah. Sekitar 80% kecelakaan sepeda motor mengakibatkan cedera, sedangkan kecelakaan mobil hanya sekitar 20%. Riset yang diperoleh adalah kecelakaan sepeda motor yang disebabkan karena perilaku ugal-ugalan, melanggar lampu lalu lintas, menerobos marka jalan, melintas trotoar yang seharusnya adalah hak para pejalan kaki, selain itu hasil pengamatan yang lain adalah angkot dan bis yang berhenti mendadak dan faktor jalan yang rusak.

iklan iwb

Faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah manusia. Kecerobohan pengendara (human error) acap kali menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Di atas sepeda motor pengendara saling berebut untuk dapat secepatnya sampai ke tempat tujuan masing-masing. Hal tersebut menciptakan kondisi learned helplessness sebagai hasil dari persepsi yang terbangun dari masyarakat yang tidak memiliki kontrol terhadap lingkungan. Hal tersebut menimbulkan sebuah budaya pelanggaran lalu lintas yang berlarut-larut dan menimbulkan suatu kebiasaan di masyarakat.

Ketika berbagai usaha kampanye berkendara secara aman melalui media konvensional seperti buku maupun penyuluhan dirasa kurang efektif, maka jelas bahwa perlu adanya sebuah gebrakan baru dalam usaha memperkenalkan berkendara secara aman. Salah satu upaya yang dipandang cukup efektif diberikan kepada masyarakat ialah menggunakan game simulasi digital karena dianggap efektif memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Game simulasi tidak hanya mudah untuk dimainkan, tetapi juga sangat efektif bila menyampaikan ide atau emosi. Seiring perkembangan teknologi, penetrasi melalui media Game merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan berkendara secara aman yang diharapkan akan menjadikan para pengendara sepeda motor agar menjadi pengendara yang baik dan benar. Selain itu pembuatan game juga sebagai project tesis, syarat menempuh kelulusan di magister game technology Institut teknologi bandung (ITB). Game ini sukses diujikan di ITB dengan nilai A cumlaude.

Safety riding
Awal message bro Godham yang menarik perhatian IWB..

Game ini menggunakan tablet PC dengan sistem operasi android. Sistem operasi android dipilih karena sangat populer, terjangkau, dan didukung oleh fitur multimedia maksimal seperti layar sentuh sehingga para pengguna akan merasakan sensasi simulasi. Tablet PC juga memberi nilai lebih, mampu bergerak dinamis, ringkas, dapat dibawa kemana-mana, dimainkan kapan dan dimana saja.

Untuk memainkan game ini cukup mudah, setelah menu start, pemain dapat memilih karakter pengendara beserta sepeda motor yang diinginkan, seperti street fighter, matic, full fairing, dan supermoto. Ada 3 level dalam game ini, semua disesuaikan dengan lalu lintas di Indonesia. Setiap terjadi pelanggaran, akan muncul sebuah notifikasi atau pemberitahuan.

Pembuatan game ini membutuhkan waktu hingga 2 tahun. Satu setengah tahun untuk riset kondisi lalu lintas (lantas) di Indonesia dan setengah tahun untuk membuat game-nya. Enggak heran di dalam game ini situasinya mirip jalan-jalan di sini. Seperti, ada angkot ngetem, motor naik trotoar, menerobos lampu merah, senggolan fisik, dan pelanggaran lantas lain yang sering terjadi di Indonesia.

Ketika dilaunching di dunia maya secara indie, banyak teman-teman dari kalangan umum dan bikers yang antusias dan mensupport. Beberapa waktu lalu sempat dimuat di Tabloid Otomotif dan Koran Suara Merdeka. Sedang saya usahakan agar tidak berhenti sampai disini, melainkan dikembangkan dalam versi game yg lebih kompleks gameplay, storytelling, interface, karakter, maupun level. Banyak rekan-rekan yang menyarankan agar game ini ditawarkan ke Kepolisian lalu lintas, Dishub, komunitas safety riding, atau pihak pabrikan seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Bajaj, atau Extra Joss Nitros. Saya sendiri sebagai game designer sangat welcome untuk bekerjasama dengan berbagai pihak sponsorship agar game ini dapat dilaunching versi terbarunya.

Game ini sedang saya proses agar bisa di download gratis di Google play, memang memakan waktu lama dengan berbagai prosedur, tetapi bila pembaca berminat dapat menghubungi via [email protected] atau inbox di Facebook Godham Eko Saputro II.

Biodata:

Nama: Godham eko saputro

Pendidikan: magister desain ITB game technology

Pekerjaan: dosen Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Yup…salut empat jempol dah buat cah Semarang. Anak bangsa seperti bro Godham ini kudu kita dukung total. Kreatif, pintar alias encer, berdaya juang tinggi dan sudi mengamalkan ilmunya untuk membantu sesama. Oleh karena itulah IWB berinisiatif merilis artikel khusus supaya sampeyan bisa mendownload secara gratis game yang dimaksud. Wis…ora usah nunggu diGoogle Play, kesuwen rek. Klik aja disini….

1. Download Game Android via Ziddu

2. Download Game Android via 4Share

Pilih salah satu link diatas. Cara installnya mudah. Setelah download…save file.apk langsung brosis install digadget kesayangan. Lha piye lek ora duwe Android mz Iwan?. Yo ngaplo thok ora iso jajal :mrgreen: …..

Last....monggo berikan penilaian jika ada yang ingin bertestimoni….atau email kebro Godham seperti yang sudah IWB ketik diatas. Penasaran dengan game yang dimaksud?. Berikut screen capture game Android safety riding hasil karya anak bangsa. Juozzz gandozzz kotozzz kotoozzzzzz!!!!!…….(iwb) Safety riding Safety riding Safety riding 383401_528661537189899_1330039852_n

iklan iwb
Previous articlePenyebaran accessories Honda CB150R sudah mencapai 30% dari jumlah populasi…
Next articleMotogp : Lorenzo minta maaf hampir nyenggol Pedrosa saat nyalip ditikungan pertama Mugello….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!