iklan iwb
iklan iwb

3 silinderBro dan sis sekalian…..ketika kita membicarakan jagoan baru sport pabrikan garputala, maka mindset dan harapan kita adalah pararel engine. Hal ini sudah kita bahas sebelumnya entah itu ukuran throttle body (indikasi twin) ataupun jadwal assembling. Namun….tiba-tiba, semalam IWB mendapatkan sebuah email dari bro X….pengunjung setia IWB sekaligus sosok yang sempat memberikan info awal tentang project 250cc Yamaha dengan pararel engine-nya bahwa mereka mengendus adanya engine anyar yang terindikasi sebagai 3 silinder engine masuk tahap produksi. Waladalah….opo maneh iki??…..AHM Oil460x140

Penggalan email sangat singkat dan padat tapi sempat mengganggu pikiran IWB. Isinya yakni…

“Bro…….ada cylinder head buat motor 3 silinder yang masuk line produksi, katanya buat yang 250 cc. Tapi aku ragu apa buat yang 320 cc?. Kalo diliat target peluncuran dan dah masuk line produksi bisa jadi itu yg buat 250cc 3 silinder Bro”

Nah….opo ora mumet sampeyan. Disaat kita sudah yakin motor yang kita bicarakan bertipe pararel engine….moro-moro njedul info lain. Disana disebutkan…..bro X (sebut saja demikian) menyebut mesin 3 silinder masuk line produksi. Kendati doi sendiri ragu mengingat isu kuat pararel engine sudah kita angkat kepermukaan,  kesamaan “time frame”…..jadwal dan target yang dicanangkan pabrikan memberikan dugaan liar bahwa 3 silinder tetap terbuka dicangkokkan pada engine seperempat liter….

iklan iwb

Last…IWB sendiri tidak yakin YIMM menjejali sport 250cc dengan desain 3 silinder. Bakal dibanderol berapa jika nekad melakukan hal itu. Toh bisa saja mesin yang dimaksud untuk varian lain. Apalagi sejak tahun 2012 Yamaha memang sedang mengembangkan engine 3 silinder crossplane concept untuk  YZF R1. Hal ini logis mengingat Indonesia akan menjadi basis produksi moge Yamaha kedepan. Sayang bro X tidak mampu menggali ukuran piston ataupun detil lain. Akan tetapi keberadaan 3 cylinder engine dilingkaran YIMM manufacture tetap membikin penasaran. Kita tampung saja mzbro…..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!