iklan iwb
Vale-Jerez-2013-valentino-rossi-34415524-900-600Kalau sampeyan mengikuti latihan Jerez, bisa kita lihat Marquez menjadi pembalap tercepat diikuti Cruthlow serta Lorenzo. Sedang Rossi belum mampu menusuk ke-3 besar. Kenapa?. Jebule The Doctor tidak konsen dengan raihan waktu melainkan doi mencoba membandingkan antara sasis lawas dengan yang baru. Hasil kesimpulan Rossi, sasis bukanlah masalah namun lebih kefaktor lain….460x140460x170rev
Rossi memutuskan untuk tetap menggunakan frame lama ketimbang pindah kesasis baru. Alasannya simpel….tidak ada keuntungan apapun ketika doi melakukan testing Jerez. Seperti yang kita ketahui raihan best lap Rossi terpaut 0.573detik lebih lambat dibanding Marquez. Setelah menorehkan record 1.39.397detik….tidak ada perbedaan berarti ketika The Doctor melakukan running lap menggunakan sasis anyar….

“Aku sudah coba sasis anyar pada Maret kemarin. Sayang waktu itu cuaca sedang buruk. Namun lebih kurang aku sudah mengerti bahwa hasilnya sama saja. Jadi aku putuskan tetap menggunakan sasis seperti yang aku pakai di 3 race sebelumnya. DiJerez, cuaca sangat mendukung. Aku mencoba secara mendalam dan membuat perbandingan langsung dengan ban yang sama. Dan hasilnya ketika menggunakan sasis baru…..bagus dibagian depan (traksi) akan tetapi rada susah untuk berakselerasi “ ujar Rossi seperti dilansir MCN.

Dengan kemenangan Honda 1-2 diAustin serta Jerez, tentu saja tekanan dipundak duo Yamaha sangat berat. Dan mereka berharap pihak pabrikan segera melakukan langkah nyata untuk meningkatkan kemampuan tunggangan. Rossi yang saat ini beda 18 poin dibanding Marquez mengatakan….

“Kita sedikit kuatir sebab saat pembukaan Qatar….kita finish 1-2 dan seluruh tim gembira atas hasil yang kita raih. Akan tetap setelah itu Honda 2 kali finish didepan kita. Khususnya Jerez….sirkuit yang diharapkan bisa lebih baik. Mereka kudu bekerja dan sekarang sedang dilakukan…” tambah Rossi lagi. Terus sisi mana yang kudu diperbaiki oleh Yamaha??…..

iklan iwb

” Umur ban. Aku rasa kuncinya adalah membuat ban bekerja lebih baik jadi kita harus memodifikasi motor agar tekanan dan stres ban berkurang. Tentunya….gearbox menjadi isu penting dibanding Honda. Dan itulah yang membuatnya beda. Aku rasa Yamaha akan bekerja untuk itu tapi nggak tahu kapan. Aku berharap secepatnya..” tutupnya.

Menurut Lin Jarvis, Rossi memang belum merasa nyaman betul diatas M1. Dua tahun meninggalkan Yamaha dan kembali kesana dengan basis motor hasil pengembangan bersama Lorenzo membuat potensi Rossi belum keluar 100%. Selain “seamless shift system”, VR 46 menggaris bawahi balancing M1 versi 2013 masih kalah dibanding RC213V. Mantep sisi depan…biasanya belakang tidak tenang. Sebaliknya ketika pembalap menyeting belakang bagus…maka depan berubah. Semua semakin sulit karena Honda sukses mengembangkan seamless shift system sejak 2011 dan terus menyempurnakan pada musim 2013. Terus apa kelebihan sistem ini??….ross-lorenzo

Tidak akan ditemui gejala engine brake ketika rider melakukan down shifting. Pasti sampeyan tahu….reaksi mesin ketika gear dikurangi, lak yo nggereng koyok tertahan kan laju motor. Inilah yang dinamakan engine brake. Hentakan lembut ini ditengarai menjadi biang tidak awetnya ban. Sedang seamless shift akan menghilangkan gejala ini. Downshift….motor akan tetap ngeloyor dengan lembut. So…bisa dibayangkan, tiap masuk tikungan downshift RC213V dilakukan secara smooth tanpa membebani ban…sedang M1 tidak. Perlap…beda sepersekian detik, pressure yang mendera ban juga tidak sama. Ujung-ujungnya….karet bundar Yamaha lebih cepat terkikis, RC213V tetap awet. Inilah yang dikonsen oleh Rossi……

Bos Yamaha Lin Jarvis tahu betul kesulitan yang dihadapi para ridernya. Doi memberikan konfirmasi bahwa “seamless shift system” masih dalam tahap pengembangan oleh para insinyur Iwata. Sayang doi belum bisa memastikan kapan project kelar. Isu utama yang dihadapi adalah lamanya waktu yang dibutuhkan oleh pihak engineering. Kompetitor diuntungkan karena Yamaha kudu mengejar Honda yang sudah mengembangkan gearbox tersebut sejak dua tahun silam. Kesulitan lainnya….mereka tidak berani berjudi memberikan seamless shift gearbox terlalu awal karena resikonya sangat besar untuk perebutan juara dunia. Iya kalau saat trial mulus…lha piye lek ditengah race moro-moro mrothol, iso tepuk jidat tenan kuwi :mrgreen: . So…durability menjadi hal krusial yang sangat diperhatikan tim biru…

Last....Pada balap Le Mans nanti, Rossi tetap memilih menggunakan sasis lawas. Doi beranggapan frame M1 bukan biang masalah. Sedang Lorenzo akan mencoba sasis baru sebagai bentuk ikhtiar untuk mengejar ketertinggalan lawan. Jika di Le Mans-pun Honda menang lagi, Yamaha kudu peras otak mencari alternatif lain menghadapi kelebihan “seamless shift system”. Mumet tenan koyone :mrgreen: …..(iwb)

238 COMMENTS

  1. wah yamaho mau pake transmisi ilegal juga tuh.
    ilegal tuh
    ilegal tuh
    ilegal tuh
    …..
    fby mode blo’on

    • lu semua komen yg bener yg cerdas yg dewasa jgn kaya anak kampung lu pada komenin pembalap dgn menghina hina emang kalian siapa kalian bisa apa nunggangin motor dgn kecepatan 300kpj sambil menganalisa kalian ini biasa bawa motor 2 tak aja pd sok jenius klo kalian jenius coba kritik langsung ke yg bersangkutan dasar KAMPUNG LO SEMUA

  2. nek mrothol yo ora to kang, terlalu extrem kui..mgkn ngebul sik, trus mandeg digas mung nggereng..hehe..sing ptg menang di dyno, mandeg nggereng..

  3. wekekekeke

    mau nyontek aja 2 tahun belum bisa…

    sebenernya honda tu dah kalah tekhnologi lho sama yamaha
    liad tuuu fogging pinset + diapeett siliit yang digadang gadang lebih ceeeesss…

    tapi yaa tau ndiri akhirnya…

    terlalu banyak mimpi yamaha tuuu…

    wekekekeke

  4. gak ada engine brake, efeknya kampas rem bakal cepet abis………persis sama kayak mobil matic…..

  5. absent….. wow aja lah…. mungkin cocok kl pake sasis genset kali ych… hohoho..

  6. oh diasil teknologi dewa itu ya…?????
    apa perlu dikepret sama alusil & nikasil…????

  7. tahun lalu yamaha yang diuntung kan ban, dan dengan brilian honda mengatasinya! tahun ini gantian! 😀

  8. Sebelum motogp bergulir dan waktu VR memutuskan gabung ke Yamaha ada yang bilang Honda kasihan ke Honda, namun sampai saat ini kok malah saya kasihan sama Yamaha ya…

    Apapun Motornya tetap dukung Marquez untuk jadi JUARA DUNIA

  9. Sasis dewa kok masih dioprek-oprek, harusnya dibikin pareto donk problem terbesar M1 tuh apa?

  10. Harusna si Bos yamaha Lin Jarvis itu minta tolong sama qwerty n fby di indonesia….. lho kok bisa….??? tanya knapa????

  11. SSS Honda bikin mumet yamaha ga di Motogp ga di jualan matic dalam negeri, udahlah mending jiplak aja langsung tuh SSS kayak di matic he he..

  12. jadi gerungane enjin break motor 1000cc manteb y,,ban biso ngesot..mm menambah ilmu kie…lanjutkan lek rossi

  13. wadughhhh…kok rossi bisa bilang M1 kalah balance !!
    kapan naik RCV nya ya…?

  14. waduh rossiiiii…syndrome megalomania? merasa dirinya udah paling banyak paham? mudah2an gw salah…

  15. Seamless shift system dikejar dan dilewati dengan shiftless system.
    ga perlu pindah gigi dari awal sampai akhir race…..motogp matic dong…..wkwkwkwkwk

  16. sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn1/936842_151349931711245_1625444610_n.jpg

    buat FBY tenang…
    yamaha dah mulai koq… mulai ilmu menjiplak…
    kwkwkwkw

  17. instan gear system /i g s/ dulu di tuduh fby dg tuduhan yg menghinakan kata nya ilegal tapi nakamoto meluruskan tuduhan miring itu. lah skg yamaha sampai ngintip ngintip di padock repsol honda bareng sama ducati di sini di iwb mungkin bl di jadikan artikel tapi di fp fp facebook dah sangat tenar. honda sllu saja di sudutkan fby tapi honda bukan saja diam dy terus berinovasi dlm hal teknologi.

  18. 74. Kobay Z250 – Mei 16, 2013

    waduh rossiiiii?syndrome megalomania? merasa dirinya udah paling banyak paham? mudah2an gw salah?
    —————–
    lebih tepatnya post power syndrome.

  19. Seamless shift system..
    Kurang ngerti sya..
    Bisa d’jelasin gak bro iwan..
    Maklum oot dkit 😀

  20. moga aja lebih seru n banyak terjadi operteking…
    kalo monoton kan males juga mau nonton… Hehe…

  21. Bkn mumet lg”…..lier keleyengan kang ros ngg bisa ngimbangin duo repsol hahahaha……

  22. Montor buantere kaya kuwe koh ya esih kurang banter….
    Protol kabeh….
    Hehehe….

  23. ???????tantang…nyalimu???kepret..lagi…sama..marquezz????Whu?k?..ki..k? *?.?::? ???*?.?::? ?~?

  24. dan pak honpret pun melamar neng dorna….

    pak honpret ? neng dorna…

    maka terjadilah….

    buah ? yg melahirkan aturan kumuh…

    wkwkwkwkwkwkwk

    😀

  25. wkwkwkwkwkwk…

    aneh aja fbh dongo bangga dengan motor hasil selingkuhan itu…

    ^ padahal sepi juara…

    wkekwkekwkekekek….

    😀

  26. analisane joss tenan.
    btw ini adu teknik insinyur atau adu skill rider sih?
    moto gp mirip f1 siapa yg menang teknik dia juara.
    managemen ban sangat berperan di f1 dan sekarang di moto gp juga.
    wow rossi wow

Comments are closed.