iklan iwb

KawasakiBro dan sis sekalian…masih ingat artikel lawas tentang pabrik baru Kawasaki yang sedang dibangun disekitar Cibitung?. Kala itu kita berharap dan memprediksi, dengan kelarnya pabrikan baru, maka akan ada perubahan kebijakan untuk memboyong seluruh varian Ninja secara lokal. Yup…meracik generasi Ninja dari Thailand ketanah air dengan harapan kita mendapatkan produk yang lebih murah. Namun…email sekaligus pertanyaan dari bro X (sebut aja demikian) membuat kita menjadi ragu serta penasaran, apakah betul geng ijo bakal melokalkan Ninja??…460x170revYamaha#1

Dari penggalan email yang dikirim ke IWB….Kawasaki plant diMM2100 Cibitung sounding-nya bukanlah untuk melokalkan produk genk ijo yang sudah wira-wiri ditanah air khususnya Ninja series. Dengan kata lain….pabrik dibangun untuk melayani pasar eksport Eropa only. Tentu saja selentingan tersebut diluar ekspetasi mengingat wacana assembly Ninja 250 dan kawan-kawan sempat mencuat guna menekan cost produksi serta menguatkan imej sebagai brand motor sport di tanah air. Namun? indikasi dilapangan mengatakan berbeda…..

Rumornya….dibulan Oktober ini mesin bakal masuk dan harus segera produksi karena mengejar target diEropa sana. Singkat kata, plant Cibitung bakal full dikerahkan buat pasar Eropa dan sekitarnya. Sementara varian yang telah ada akan tetap import dari Thailand. Artinya….tidak akan perubahan strategi atau penurunan banderol line up genk ijo atas berdirinya pabrik baru. So….ketika produksi sudah running, maka masing-masing negara mendapatkan jatah berbeda. Ada beberapa varian diproduksi diIndonesia, namun ada juga yang tetap diThailand…..

iklan iwb

Last…tiap pabrikan pasti mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan. Dan untuk Ninja 250…..import aja laris manis, kenapa harus dilokalkan??. Mungkin begitu pemikiran dari para dedengkot Kawasaki. Yah….tentu saja strategi tidak statis. Semua bersifat dinamis yang bisa dirubah kapan saja menyesuaikan kondisi. Pabrik Kawasaki Cibitung??. Yang pasti moge mzbro. Line up yang diproduksi apa aja??. Kita tunggu bulan Oktober nanti.….(iwb)1-copy

.

166 COMMENTS

  1. klo andaikata nanti 250cc punya yamaha laris mungkin gak kawak lokalin ninin? sopo sing ngerti yo mbuh

  2. aneh,yg diindonesia buat export, yg thailand buat import..strategi apa ini..apa biar terkesan motor ekslusive…
    kl hemat saya sih, swasembada lbh baik..
    masshar2000.wordpress.com/2013/03/06/kiat-sukses-soichiro-honda-pendiri-honda/

  3. nasib orang indonesiaku.. jadi ga simpatik ma kawasaki.. #ini cuma statment pribadi..

  4. pas yamaha kluarin 250, trs cbr upgrade (ktnya jadi 2 cylinder) apa masih yakin import ninin?

  5. Strategi pasar memang harus jeli..kawasaki menganut prinsip ekonomi,mengeluarkan modal sekecil kecilnya,untuk meraih untung sebanyak banyaknya..dengan membuat pabrik diindonesia,maka upah lebih murah,dan dijual dengan mahal dipasar global..apik artikele mas iwan..

  6. Ternyata masih ada yang berpikiran pendek dan sempit disini. Foolish and ignorance people. Kalo bisa mikir lebih dalem ada untungnya juga Kawasaki bikin pabrik di sini.

  7. impor aja laris manis,buat apa melokalkan ninja.
    hahaha,jepangnya kawasaki ternyata jg sama aja.tp bentar lg kawasaki bakal lengser di segment sport premium dengan brojolnya sport fairing 250cc dan 150cc yamaha.
    praktis,kawasaki bangkrut.coz andalan mereka cm di sport premium yg bentar lg direbut oleh yamaha.
    motor teknologi jadul 2tak msh aja diproduksi.hehe

  8. kawasaki indonesia sekarang kesanya bukan sebuah pabrikan besar jepang,melainkan sama aja kayak importir umum.

  9. nanti orang eropa sono.,ternyata gak tau kalo yg dia beli itu kawasaki made in indonesia..tp kita mesti bangga bisa ngekspor kawasaki ke pasaran global!Thanks mas Iwan artikelnya..profil kawasaki dah muncul,nunggu si suzy..

  10. Berarti,kgak ada manfaatnya buat masyarakat negeri ini donk? Kelaut aje kalo gitu kau kawak!!!

  11. Bukan hal yg aneh sebuah brand yg juga menjual produknya di Indonesia membuka pabrik yang hasilnya 100% untuk ekspor. Alasannya bisa macam-macam tapi umumnya berkaitan dengan harga jual produk dan cost production. Kalau benar pabrikan kawasaki yg baru untuk pasar impor eropa berarti yg dikejar adalah cost production yg jauh lebih murah meski output kecil ketimbang jika mendirikan pabrik di Eropa. Sedangkan mengapa produk kawasaki yg dijual di Indonesia tetap di impor dari Thailand selain kapasitas produksi Thai yg masih mampu memenuhi kebutuhan Indonesia, cost produksinya masih lebih murah jika dirakit untuk output besar di Thai ketimbang di rakit di Indonesia sendiri.

  12. @ 25. andi cahaya
    Sampeyan nggak intip artkel lawas ya bro (monggo buka arsip). Kayaknya udah banyak koq profile pabrikan lain. Btw ini pas ada bahan…kalau nggak juga puyeng mau bahas apa. So jangan mengeluh kalau porsi lebih banyak Y atau H. Mau sering dibahas?. Monggo greget menggerojok pasar dengan produk baru yang juozzz untuk kita para biker. Pasti nggak usah dimintapun akan sering kita ulas…
    @ 26. Lik Untung
    Tetap-lah mzbro. Pabrik pasti butuh karyawan. Artinya membuka lapangan kerja baru. So….pengaruh tetap positif….
    @ 29. st3v4nt
    Mantep pendapatnya. Tq bro…..

  13. owalah,,,, udah bangun pabrik lokal lha malah diekspor… lha dedengkot kuwi pemikirane arep kepriye sakbenere???? Kabeh nek gelem bangun pabrik lokal khusus gawe moge aku yakin…. booming moge tenan indonesia.

  14. Dasar pabrikan hijau. G pernah bisa mendengar permintaan konsumen. Memang ninja 250 racikan tetangga laris manis dijual mskipun bukan racikan lokal tp ap g akan lbh laris manis lg kalau diracik dlm negri krn harga bs diperkecil n yg menikmati tidak hanya orng berduit tp orng kalangan menengah bisa menikmati. Itu pemikiran saya bro iwan. Semoga aj pabrikan ijo mendengarkan jangan hanya melihat n membaca tanpa bertindak. Semoga saja geng hijau bener2 memikirkan wacana ninja dilokalkan nantinya untuk indonesia n sebagian di ekspor. Sangat berharap sekali agar mereka bs menekan harga n pastinya akan lbh laris manis buat kalangan menengah n atas.

  15. mungkin kedepan juga produksi untuk pasar lokal
    kan pasar lokal gede…

    yang paling mungkin: skutik listrik yang sedang diriset ktm…..

  16. Kurang yakin klo yamaha nelurkan tandingan ninja series pasar ninja bakal hancur, karena konsumen motor midle ke atas kebanyakan sudah smart, peforma adalah yang utama, brand nomor X, contohnya saat honda nelurkan CBR ( kurang apa coba, klaim: lebih efisien, lebih canggih, user friendly, sampai dibela-belain mendukung team CRT segala), nyatanya ninja masih jawara di segman sport premium

  17. Bro iwan ap bener2 g ad bocoran sedikitpun tentang racikan lokal buat ninja di indonesia. Biar sprt saya ini bisa menikmati. Terus kasih perkembangannya biar kita semua yg ad diindonesia bisa senang jika mendengar heng hijau meracik 250 buat lokal sendiri. Mantap dah bisa membunuh kalangan 250 yg lain nantinya.

  18. Aku mau nanya sama iwanbanaran. Kenapa semua komen aku kau hapus? Tidak suka aq kritik wan?? Apa warung ini hanya bagi orang yang suka menjilat dirimu??

    • @ Klewang
      Haduh tepuk jidat. Perasaan sampeyan ini klo ngomong urat dulu yang didahuluin. Monggo cek artikel lawas….komentar dengan capslock atau huruf besar akan dihapus. Dan sekarang akan mulai saya tertibkan. Monggo cek lagi apa sampeyan aja yg dihapus. Mbah darmo jg saya hapus2in. Kritik? Saya pikir banyak yg dibiarin koq. Mau kritik?? Monggo ketik pakai huruf biasa…pasti akan saya biarin selama ngk nyerang individu. Toh bacanya jg lebih enak. Atau klo serius kritik boleh email saya langsung biar ngk terkesan memprovokasi…..
      Note : tulisan sampeyan saya ganti dengan huruf biasa. Tolong ikuti aturan main. Tq

Comments are closed.