iklan iwb

Apache ABSKalau sampeyan mantengin warung ini, pasti sudah tahu wacana TVS yang ingin memasarkan Apache versi ABS ke market tanah air. Berbagai persiapan dan testing sempat mereka lakukan sejak akhir tahun lalu. Keputusan saat itu memasuki tahap positif dengan hasil akhir ABS akan dirilis keIndonesia. Namun…..seiring perkembangan tren pasar serta persaingan yang makin berat membuat wacana ini dikoreksi ulang. Maksude??…. 460x170alt2Yamaha#1

Mendapatkan info yang bisa dipercaya, TVS Indonesia sepertinya kurang begitu optimis atas kans sport ABS mereka. Berdasarkan survei, kesadaran safety para biker ditanah air masih menempati posisi paling buncit. Prioritas yang masuk dalam pertimbangan untuk meminang sebuah tunggangan adalah brand, desain, performa serta resale value. Fitur safety tidak masuk hitungan. Hanya segelintir biker dan biasanya kelas premium yang menganggap itu perlu. Sementara….TVS melihat, dengan pasar Apache 180 ABS target segmen yang dibidik terlalu beresiko. Kenapa?….

Karena setelah dikalkukasi, banderol menjadi pengganjal utama penetrasi nantinya. Yup…..perbedaan dibanding versi reguler mencapai 3jutaan. Artinya….kalau dihitung harga OTR Jakarta masuk pada kisaran 21jutaan. Sebuah banderol yang ingin dihindari oleh TVS. Atas dasar kurang kompetitif…niat memasarkan versi ABS ditunda dulu. Sampai kapan??. Tidak terbatas oleh waktu. Namun….jika IWB menganalisa, info diatas hanyalah sekedar jawaban diplomatis untuk membatalkan secara keseluruhan. Apalagi….persaingan kedepan menuntut motor yang ramah lingkungan berdasarkan Euro3….

iklan iwb

Last.….jika TVS-BMW mengembangkan sport dan engine baru untuk sport mereka nanti, Kemungkinan Indonesia kecipratan produk tersebut sangat besar. “Terbuka lebar mz. Sport TVS India sangat terbuka dibawa ketanah air walau sudah bersama BMW sekalipun” seru salah satu sumber. Hhhmm…mantep tenan!!. So…apakah kolaborasi TVS-BMW yang membuat strategi TMCI berubah??. Bisa jadi. Ketimbang nanggung brojolin produk dengan rupa identik beda fitur, mending nunggu real sport yang lebih modern hasil racikan BMW-TVS. Mungkin itulah yang ada dibenak mereka. Semoga saja…..(iwb)

1-copy

95 COMMENTS

  1. genbuz
    pada April 22, 2013 pada 5:20 PM

    pengamat
    pada April 22, 2013 pada 5:00PM

    30. leicalens ? April 22, 2013 ??mau sekeren apapun mocin ttp ga
    bakalan laku karena sudah jelek
    imagenya di mata konsumen?
    =========================
    =======
    =
    ente ngomong apa sih bray ampe
    berbusa2, awas mata ente kelilip image
    brand jepang,
    spek setengah2 harga overprice, ente
    kaga liat banyak masyarakat kita mau
    beli jepang motor udah mahal pake kredit kena bunga, bisa2nya jepang
    ngeruk keuntungan sangat besar dlm
    kondisi saat ini, apa itu yang dinamakan
    keperdulian sama masyarakat kita.
    dulu juga dealer suzuki, kawasaki,
    yamaha dan honda gak banyak, sebatas kota2 besar belum bisa menjangkau
    daerah2 terpencil, ya wajar lah
    namanya juga brand baru merintis dari
    bawah. kalo
    bersaing yang sehat lah gak usah
    tendesius terhadap kompetitor, bc sampai menggiring opini publik, berikan
    produk yang berkualitas harga murah
    kalo emang ada?..??? ==================

    Betul bro, dengan semakin banyaknya
    kompetitor maka pabrikan akan
    berlomba2 meningkatkan kwalitas demi
    menarik minat? Dan mereka ngga
    sembarangan ngasih harga seenak jidat?
    Salam damai?

    —————————————–

    @ Genbuz dan @ pengamat.

    anda berdua smart sekali.
    itulah initinya pabrikan yang di butuhkan oleh rakyat,, pabrikan yang memberikan kualitas yang baik,, dan tidak memberikan harga yang se’enak jidat.
    salam super dan salam damai.

    super sekali.

    untuk @ leicalens, ente ke laut aje. tak guna ente hidup di darat.

  2. pengamat?pada?April 22, 2013 pada 5:00 PM

    bersaing yang sehat lah gak usah tendesius terhadap kompetitor, bc sampai menggiring opini publik, berikan produk yang berkualitas harga murah kalo emang ada?..???

    —————

    itu bukan bc kok.. itu pendapat gw sih sbg konsumen yg ngeliat fakta selama ini ttp honda dan yamaha sih yg msh ideal buat komuter

    bersaing??? apa perlunya buat gw?

    bc sampe menggiring opini public? baca yg jelas sekali lagi.. itu menggiring opini public apa fakta yg emg kenyataan selama ini?

    yg gw garis bawahi dr komen gw kalo lu cerdas sebagai pembaca dan bukan melihat dri sudut pandang fanatik cenderung benci thdp suatu merk itu

    ” produk motor yg tidak dirawat sama pabrikan melalui ketersediaan servis dan suku cadang secara berkesinambungan apalagi sampai mencederai hati konsumen dgn hengkang begitu aja pasti tamat riwayatnya. karena kepercayaan masyarakat udah hilang! contoh kasus : produk mocin dari sanex, jialing, kymco tuh pade kemane sekarang? bajaj kali begini terus ya bakalan sama nasibnya kek mocin”

    nah lu pahamkan?

    yang aneh justru komen lu itu terlalu terang2an tendesius ga objektif.. pembela utusan merk indiakah lu?

    merk murah? banyak oi
    – legenda 1, 2 (varian termurah astrea grand)
    – revo
    – verza
    – cb150
    – vega
    – byson
    – smash
    – blitz

    bandingin aja dgn kompetitornya serta bahan baku sekarang

    kalo itu lu anggep mahal juga coba sana bikin sendiri pabrikan.. ambil tuh bahan baku dari indonesia yg harus diolah lagi dithailand terus balik lagi ke indonesia.. kecuali lu punya pabrik pengolah bahan mentah – jadi – siap produksi sendiri

    terus buat apa bikin motor murah kalo servis dan ketersediaan suku cadang ga bisa mengcover ?
    emg mesin itu umurnya abadi?

    sama aja udh jatuh ketimpa tangga dirampok maling

  3. TVS dalam proses merintis, setidaknya ada keseriusan dengan investasi pabrik di Indonesia. Honda start dari tahun 70-an.. TVS masih butuh waktu membuktikan diri.

  4. ane rasa asumsi bro pukis@ ga berlebihan… soalnya ane jg ngerasa agak aneh, tp klo kecendrungan ane yakin mas iwb msh netral 🙂
    mudah2n jd koreksi buat mas iwan
    🙂 nice bloger

  5. Wah wak haji (TMC blog) , juga update artikel nya mepet kok

    Klo menurut saya sih , Race semalem ga begitu seru !

    jadi ya harap maklum aj deh , bloger juga mencari sensasi

  6. pasti para biker pada mikir. belinya sih murah ntar servis dan partnya yang mahal, ada yang pernah nyampe 90 rb perservis, apa g super rugi tuh…. podo wae koyok beli motor preman tiap bulan pasti kena kompas…… he3x, peace yang ngrasa…. belinya mahal harga purna jualnya yang jeblok blok…. hadeh… kuatin dulu 3snya jangan cuman abil untung dari konsumen. klo bisa pabrik untung konsumen juga untung…. ok

  7. mmm….jdi gitu ya mz IWB ……kebtulan dah ambil 180 krena nunguin abs yg ga ada britanya…yg akhirnya skrg ga jadi masuk ke indo….beli motor abs yg di tes di indo bisa ga ya….hehehe…..soal keputusan untuk beli Apache 180 adalah rasa ingin tau kualitasnya merek lain dulu dah pake tiger yang masalahnya itu2 aja sampe generasi yg terbaru juga sama….selain itu desain motor baru dari dua penguasa motor di Indonesia yang ramping (ane beruang mzbro) kayaknya ga pas….bli tiger lgi …ogah karena mesin yg lama dan problem yg itu2 aja, bli inazuma dana yg g ada mo ninja bukan selera….ga suka sportbike..sukanya sport touring…untuk spare part ini sudah saya pahami…tpi masih ada solusi dari spare part subtitusi atau dari komunitas yang punya jalur ke pabrik…last besok motor dateng….smoga awet menemani ane pergi n bikin kenangan dngan keluarga ane……thanks infonya Mas Iwan

  8. 52. leicalens – April 22, 2013

    kalo ente memang konsumen bukan sales bc, fb manapun, coba beri penilaian yang seimbang. apa minusnya produk2 yang ente sebutin: legenda, revo, verza, cb150, vega, byson, smash. kok ente gak sampaikan diblog2 motor?

    wajar lah brand baru belum bisa menjangkau daerah2 terpencil. trus ente emang ngak baca berita spare part pulsar series udah online, malah rencananya bakalan dipegang jaringan kawasaki. ente mau pesen apa bray….?

    komen gw kritikan buat pabrikan jepang supaya memberikan produk berkualitas harga murah. …masalah? denger2 r15 di india lebih murah dari nvl, katanya mesinnya buatan indonesia tp speknya lebih wah r15,

    di india produk lokal atau impor buatan jepang kok bisa murah bray coba ente terangin apa masalahnya. denger2 r15 di india lebih murah dari nvl, katanya mesinnya buatan indonesia tp speknya ok, cbr150 impor dari thailand harga 20,5jt kok disini 33jt.

    kalo mau kritik yang membangun lah, kalo ente beda masa supaya produknya gak laku. jelas bc

    motor ente apaan bray coba sono adu test sama produk bajaj atau tvs menang mana? atau coba liat testimoni blog2 motor sama produk india.

  9. MODARO pada April 22, 2013 pada 8:23 PM

    MOODDIIAARRRR..
    TEENNAANNNNN..

    ==============

    Kok tumben telat modare mas bro… Hehe…

  10. warna d-tracker biru 2013 di jabodetabek adanggak ya, soalnya di jogja dah ada nih, tolong infonya

  11. berat bersaing harganya.. klo di kisaran rtr normal si bisa bersaing.. klo 20++ mesti susah..
    sediain kit buat upgrade rtr yg lama ajaaa :mrgreen: lbh menjual spertinya..
    ini motor kualitas oke, cm kalah pamor aja.. finishing sm rasa, udah setara jepun dibanding finishing pabrikan india ttangga..
    cm modelnya aja kurang all out nih..

  12. @ pengamat

    pengamat tapi kok ga kepake analisanya… malah mbules mondar mandir ga karuan

    intinya omongan gw pabrikan itu wajib memberikan full support yang nyaman buat konsumen

    ga semua orang pake internet..

    kalo punya sumber daya dan peduli konsumen tuh pabrikan pasti rela bangun dealer pelayanan ampe pelosok.

    kalo soal itung2an begituan.. lu search aja di googling or tmcblog prnh diulas kalo pajak bea masuk kendaraan dan bahan baku industri indonesia itu paling mahal dibanding asia tenggara lain.. itu sebab banyak pabrikan otomotif di thailand ketimbang indonesia.

    PAKE TUH ANALISA! BARU BISA JADI PENGAMAT!

    dasar bocah kemaren sore..

    apa hubungannya lagi lu nanya apa motor gw… hahaha .. stupeedd!

  13. nih gw tambahin

    lu salah alamat kali.. yg menentukan harga itu bkn pabrikan doang. ada yg namanya Regulasi, ada yang namanya pajak, ada yg namanya bea cukai, ada yang namanya cost demand.. alias permintaan pasar yg makin laris dan diburu makin tinggi.. pabrikan mau ga mau harus menggenjot produksi yg itu nambah cost.. trs blm lagi ada yg namanya harga ckd beda dengan built up, harga full asembly dalam negeri… wah parah juga lu gitu aja ga bisa masuk perhitungan.

    trs kalo kasih murah emg tuh para pegawai mau dikasih gaji brp? dibawah umr? belum ongkos marketing via media yg bisa puluhan juta bahkan ratusan juta.. dsbg
    trs ongkos maintenance aset, aktiva, neraca, dsb emg ga butuh cost? drmana pabrikan dpt dana buat kasih servis?

    belajar dulu sono soal fundamental economic industry baru bekoar

  14. wajarlah “”pengamat”” kan buta merek. yang ada dalam pikiran adlah produk jepang negatif terus. susah klo sudh ngomong didasar
    i negatif terus. honda dan yamaha udah puluhan tahun diindonesia ga begitu saja menanamkan kepercayaan kepada masyaraka.

  15. @leicalens

    betul bro costnya tinggi, jg buat bayar gaji yg tinggi, lembur yg menggila, dan bonus karyawan yg bs di atas 10x gaji tentunya berpengaruh jg di harga motor. coba karyawan bajaj dan tvs bonusnya berlipat-liat ga ya?

  16. Bagi yg demen motor india, dan diakui jg kualitas mesin terutama motor india ga kalah sm mopang & memang suka cari2 info part online, subtitusi, bengkel alterntif dll silahkan beli bajaj atau tvs, biar agak ribet yang penting murah

    Tapi bagi yg males atau gda waktu cari2 info online, part subtitusi, bengkel alternatif, dll ya beli mopang ja..biar agak lebih mahal yg penting praktis.

  17. BAGUS ITU ADA ABS NYA ,JUAL AJA TERUS DISINI,,salut buat TVS…coz ekslusif gitu,cuma TVS motor 20jutaan ada ABS

    woooiiiii…….kenapa sih pada ributin motor jepang ama motor india?.
    motor itu kayak baju,kalo suka ya beli,kalo gak suka gak usah beli,,,,tapi kalo baju kalian sama kayak baju tetangga kalian gimana ? hayo?

  18. Peluncuran tertunda pasti sudah ada perhitungan yang matang dari pabrikan, sebagai sebuah industri memang yang namanya profit tdk bisa di anggap remeh, profit adalah salah satu hal utama yg bisa menghidupi perusahaan, jd jika hitung2an ga masuk ya apa boleh buat, tunda ato batalkan aja, demi kelangsungan da kesehatan finansial perusahaan.
    trus soal produk india, saya rasa ga ada yg salah sama produk mereka, hanya saja memang sebagai pendatang baru banyak hal yg harus dicapai, dan perintisan model mereka mungkin juga tidak salah (main harga murah), tapi ya itu tadi, banyak kerikil menghadang, tinggal bagaimana menghadapinya…

  19. memang ne TVS RTR 180 ane akuin kencang,,,

    dipantura vixion dan megapro disalip dg halusnya,,
    juooooooossss,,,,,

  20. Tq maz iwan yg udah ngasih review apache kmren….
    Tinggal tunggu test ride….ok motor ane tebus
    Apache mang inceran ane dari dulu

  21. Yg penting ???? ada acara kabur2an dealer + bengkel resmi dperbaxak dtiap kota n spare part tersedia……….Maju truuss TVS indonesia!! cemunguuuuuuuttt >?<

  22. wah komentnya keren keren .. tapi apa yg koment disini semua pake produk tvs ya? … sekedar info bray .. ane pake noex3i .. mondar mandir klaten jogja, selama ini ga ada masalah, cuman sekali waktu bebek umur 1 tahun, itu pun karena mekaniknya bares yg sering gonta ganti. part??? baru ganti kampas rem depan pake bajakan supra 125, dan shock belakang sekarang pake Titanz .. dan sekarang sudah hampir 35ribu KM masih fine fine ..dan top speed pernah tembus 110 … saingan sama megy.. salam damai bray ..

  23. nunggu versi tvs apache 160 monoshock, ban lebar 130, arm gambot , pendingin udara, 3 katup atau 4 katup. pasto mantep tenan. ngalahin byson. megapro ama trigger

  24. Wuallahhh…podo ngomongin mereuk jepun or hindi …..ampe berbusa2,,, Pada digajih berapa sih sama tu mereuk…., yang ada juga kita keluar duit buat bayar tu mereuk…..,,,, harusnya mereka yang membeli kenyamanan kita….., WANIII PIROOO????

Comments are closed.