iklan iwb

Heri Dragono -TVSBro dan sis sekalian…IWB sangat mengerti betul bagaimana kegelisahan para biker penyemplak Pulsar. Dengan makin kuatnya rumor brand Bajaj akan menarik diri Indonesia secara pelan-pelan, maka kehadiran TVS setidaknya menimbulkan pertanyaan serupa….apakah kondisi tersebut berpengaruh terhadap eksistensi TVS diIndonesia?.Ketakutan sebagai pabriakn yang sama-sama berasal dari India.? So….mumpung ketemu dengan para dedengkot TVS di Parjo 2, IWB coba mendekati pak Heri Dragono (Director Sales & Marketing TMCI) untuk mengorek strategi TVS kedepan. Meminta pendapatnya atas manuver mundurnya Bajaj dari Indonesia yang kemudian menggandeng Kawasaki Indonesia…serta adakah kemungkinan TMCI mengikuti langkah serupa??. Gimana jawaban pria murah senyum yang baru bergabung dengan pabrikan kuda berlari 5 bulan lalu?. Berikut detilnya…. 460x170alt2Yamaha#1

TVS beda dengan Bajaj. Kita punya pabrik besar diCikarang sebagai bentuk keseriusan investasi. Sedang Bajaj Tidak. Jadi gampang aja kalau sewaktu-waktu ingin mundur sebab produk yang ada sejauh ini memang hanya berstatus import. Sedang kita….jelas ada pabriknya. Seluruh produk TVS dirakit disini untuk pasar lokal sekaligus eksport. TVS India memang sudah menobatkan dan mempercayakan Indonesia sebagai production base setelah India. Bahkan kita sudah eksport TVS rakitan Indonesia kenegara Vietnam, Philipina dan banyak negara lainnya. Jadi strategi kita jelas sangat berbeda. Keseriusan kita bukan main-main. Malah kedepan kita sudah menyiapkan produk baru serta terus memperluas 3S. Ditunggu saja…” seru pak Heri dengan muka bersungguh-sungguh….

Pria kelahiran Surabaya tersebut tidak menampik…..masalah brand memang menjadi PR utama selain 3S. “Tentang produk kami sangat percaya kualitas bisa dibandingkan produk Jepang. Di India sana, jalanan lebih parah dibanding Indonesia. Kualitas bensin juga lebih rendah serta mahal. Sedang tuntunan konsumen mengenai performa mutlak hukumnya. Makanya TVS selalu meracik produk yang irit, kuat dan kencang. Hanya saja mindset konsumen tentang produk India belum sebaik Jepang. Inilah yang ingin kita rubah pelan-pelan” ujarnya lagi. Isu mundurnya brand Bajaj dari tanah air sedikit tidaknya memang merugikan TVS. Statusnya yang sama-sama berasal negara Bollywood, bisa mempengaruhi rasa kepercayaan konsumen terhadap pabrikan India. Namun pak Heri yakin….lewat konsistensi, bukti, kualitas, perluasan jaringan 3S maka konsumen mampu melihat secara jernih…1-copy

iklan iwb

Kita terus berusaha mendekati dan meyakinkan pengusaha untuk berinventasi bersama kita dengan membuka dealer-dealer TVS. memang tidak mudah meyakinkan mereka sebab kami pendatang baru. Jadi tidak benar kalau TVS tidak berkembang. DiSumatera kami cukup bagus. Hanya saja dipulau Jawa masih kudu terus digeber…” seloroh pak Heri. Disaat itu pula IWB menyampaikan ketakutan para biker guna meminang produk TVS akibat keterbatasan bengkel. “Betul…kami sadar itu. 3S adalah ujung tombak utama untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Dan sisi itu menjadi prioritas kami. Namun jangan kuatir….dengan lahirnya produk matic kita nanti, saya yakin akan banyak pengusaha berani melangkah sebab potensinya sangat besar. yang pasti kami menawarkan sesuatu yang beda dibanding produk Jepang….” bisiknya penuh arti….

Last…dari pengalaman IWB, produk TVS memang tidak bisa disepelekan. Mulai dari Apache hingga Tormax….keduanya masuk klasifikasi motor kencang. Dijamin dengan engine sekelasnya akan susah menekuk racikan kuda berlari. Sayang brand masih menjadi pengganjal terbesar penetrasi kepasar.? Btw…..disela-sela perbincangan, ada beberapa bocoran produk yang sudah disiapkan untuk pasar Indonesia. Apa aja?. Akan IWB share dilain artikel. Ditunggu mzbro. So…takut TVS mengikuti langkah Bajaj?. Dipastikan tidak!!!.Sebuah info yang melegakan kita semua tentunya…..(Iwb)

138 COMMENTS

  1. ane make rtr 180,dh mke 6 bln ne..
    Puas mke ne mtor,cm ga’ sreg ja ma knalpot na,gmn gt..
    Tp tk mesin,cat,body,tenaga,rem,speed,ane suka..
    Mantabbbb…

  2. Model, model, dan model………………..

    motor TVS udah kebukti bagus secara kualitas n pengendalian, (udah pernah coba nih)

    tinggal model yg kurang, harus berani kasi desain beda dgn jepang, tapi jangan terlalu india (kurang diminati disini) bagus kalo desain ala eropa, orang sini pasti suka,

    kalo model udah keren n kualitas oke, pasti yg beli banyak (salah satu mocin aja ada yg cuma jualan model, bisa laris, walaupun sesaat, karena gak jaga kualitas, ya KO juga akhirnya)

    so model+kualitas+3S = sukses

  3. mantap iki..semoga desain produk terbarunya nonjok nonjok semua..

    motoblast.wordpress.com/2013/04/12/di-bali-ada-modif-cb150r-full-fairing-half-fairing-single-seat-semua-bisadongkrak-tampilan-semakin-macho/

  4. aku dah nyoba rtr 180, tarikane mak nyuuus. Sayang merknya tvs, kalo honda pasti laris. Hehe…

  5. Satu yang bikin males ngelirik motor sport TVS, yaitu “DESIGN” masalah design TVS kalah sama Bajaj Pulsar, mangkanya yang sering keliatan di jalan produk Bajaj Pulsar.

  6. biasanya janji manten anyar juga begitu ngegosipin pasangan mau cerai,kalau saya sehidup semati,besok2 lupa janjinya,kami butuh bukti,bukan janji.

  7. 1. tvs punya pabrik di indonesia sebagai basis asean
    2. anggota a.i.s.i seperti honda,yamaha, suzuki ,kawasaki
    3. mengutamakan kualitas harga bersaing
    4. kerjasama dengan bmw
    5. spare part pasti ada lha pabriknya disini
    6. produk baru konsisten diluncurkan
    7. silahkan beli TVS buktikan kualitasnya

  8. 62. genbuz – April 13, 2013

    aku dah nyoba rtr 180, tarikane mak nyuuus. Sayang merknya tvs, kalo honda pasti laris. Hehe?
    ==================================================
    Motor yang tidak ada mesin-nya pun pasti laris kalau dikasih merk itu mas bro..lol

  9. produk india emg sih brkualitas,cuman tampang nya itu loh kurang sadaaaap d pandang 😆

  10. Alhamdulillah, Amin…..mudah2an Mas’ cos nex produk TVS-BMW kayax boleh tuh…….
    Hehehe………

  11. wajah seriusnya pak heri dragonball z dngan wjah seriusnya pengacara rafi ahmad.
    lebih serius mana hayoo…?? hehehe… kidding yo pak..
    pak heri jangan khawatir, sejalan dengan waktu, konsumen mencoba, pasti akhirnya tau mantabnya TVS, dan memang mantab karena saya sendiri memang sudah pernah mencoba TVS APACHE yg keluaran pertama, tarikannya memang jozz banget. itu motor yang beli tetangga saya hampir 3 thun yg lalu, n saya kadang2 njileh alias pinjam jadi ya tau persis gimana mantabnya, bodinya kenceng, kualitas bodinya ajiiib.. aq cek kualitas plastiknya tebel man… sampe sekarang masih ada tuh & gak pernah mengalami kerusakan yg berarti, dari yg saya perhatikan ya paling hal2 biasa seperti motor kebanyakanlah, dia pernah ganti ban sama 1 set gear & rantai, ya umum toh.. tapi kalo untuk urusan mesin sampe sekarang masih sehat banget, di bodi dan sasis pun masih solid banget, gak kerasa ada geter atau geol sama sekali. masih bener2 solid padahal jalan di tempat ku ini, di daerah simpang agung, kabupaten lampung tengah, provinsi lampung banyak jalan berbatu dan berlubang. cuma jalan utamanya aja yg lumayan bagus wlaupun gak bner2 mulus… bahkan itu motor yang namanya setel klep sekalipun belum pernah, jadi tuh mesin sama do’i bener2 di biarin aja alias bebas perawatan, kecuali ganti oli, itupun ane perhati’in oli yg di tap dah encer banget baru di ganti. tapi mesin masih baik2 aja smpe sekarang. gemblung tenan.. kalo menurut saya kualitasnya malah lebih mirip seperti motor jepang zaman dulu, zaman klasik, waktu merk jepang masih sangat menjaga kualitas..
    maaf gak ada foto, bukannya gak bisa foto, bisa aja, gampang kalo mau foto lha wong itu mtornya masih nongkrong di samping rumahnya kok, jadi kalo mau foto ya tinggal saya jepret aja dah dapet foto nya. tapi saya ini lewat hp, hp cina pula, n gak tau cara unggah fotonya gimana.. hehehe.. ”kalo ada yg mau menghina ndeso gak apa apa”.
    jadi kalo seandainya ada dari kalian yang menyatakan no picture = hoax, ya gak pa2 silakan.. yang penting saya ini hanya menceritakan yg apa adanya pengalaman saya punya tetangga yg punya tvs apache dan saya sering pinjem tuh motor..
    kalopun ada yg menyatakan hoax nanti seandainya nyoba juga pasti tau sndiri.. hehe..
    cuma sayang belum injeksi, kalo udah injeksi pasti lebih mantab dan lbih irit, secara performa di atas dari pada motor merek lain di kelasnya.

  12. jangan di moderasi toh kang iwb,, saya kn cuma cerita pengalaman.. hehehe.. msok moderasi toh jhat bgt.. 😀

  13. tvs = untuk pasar asean merakit di indo

    bajaj = untuk pasar indo import dari india.

    sama-sama merek india,
    tapi untuk kualitas keseluruhan dan finishing,, tvs jauh lebih baik, bahkan performa pun lebih jempolan.
    berarti tangan orang indonesia itu lebih bagus dari pada tangan orang india.

    coba kalo pemerintah kita mau membuat BUMN perusahaan pembuatan motor asli dalam negeri, mungkin motor asli buatan indonesia kualitas, performa, dan fiturnya bisa jadi yg paling oke di dunia..
    secara,, sebenernya di negara kita ini, kita punya orang2 yang jauh lebih faham dari pada orang india dan jepang, mengenai bagaimanakah model yg bagus dan kualitas serta fitur yg bagus..

    untuk TVS, 4 jempol buat ente…
    tutup tengki udah gaul broo…
    bahkan di saat motor batangan yimm dan ahm masih pake tutup tengki jendol, tvs apache generasi pertama udah rata di susul oleh byson.
    sippp mantab.

  14. mbok ya perushan lokal itu nyontek india sono kayak tvs-suzuki skrg jadi tvs trus bajaj-kawasaki skrg jd bajaj n hero-honda skrg jd hero, klo disini mah cuma bs jadi distributor doang alias jualan tok

  15. sebenarnya motor honda yamaha suzuki sudah merupakan karya anak bangsa cuman mereknya jepang kandungan lokalnya sudah diatas 95 persen !

  16. tvs matic..?? humm brum brum..perang matic dah..
    samal kenal @mario:semoga ada antusias tuh kembangin produk dalam negeri…Juosh..

  17. Semoga TVS selalu betah dengan senyum ramah Indonesia
    jadi enggak ikutan kabuur
    yudhadepp.blogspot.com/2013/04/p200ns-gebrakan-atau-sekedar-hiburan.html?m=1

  18. Semua kembali ke pribadi masing-masing, Mas Brow. Dan yang paling utama cara rider berkendara, semua orang bilang kalau motor Jepang berkualitas, cuman kalau cara mengendarai hobinya kaki kanan selalu berpijak di pedal rem dan gigi tinggi kecepatan rendah (Indonesia banget 🙂 ) ya sami mawon. Tapi kalau pake TVS yang katanya motor India, tapi selalu servis + ganti oli tip 2.000 km atau 2 bulan sekali, safety riding bener-bener dijalankan, meski cuman TVS, tapi dijamin Mas Brow nyaman-nyaman ‘aja pake tuh motor 🙂

    • Bajaj ma tvs palinh laku di daerah pasar baru gang kelinci,krn bhsanya aja masih acha acha nehi nehi hehehhe amitabaaaa…
      Sent from my BlackBerry?
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  19. ar juga ikut? Gilamerk.com pada April 13, 2013 pada 12:12 PM 62. genbuz ? April 13, 2013 aku dah nyoba rtr 180, tarikane mak
    nyuuus. Sayang merknya tvs, kalo honda
    pasti laris. Hehe?
    ================================
    ==================
    Motor yang tidak ada mesin-nya pun pasti laris kalau dikasih merk itu mas
    bro..lol
    ================================
    ================================
    Yah… Semoga aja orang indonesia kedepan nya, ngga fanantik ama satu merk… Lebih selektif n melek ama teknologi….

  20. hrus lbih bnyak promo d jawa… bs mnggandeng group musik bwt mnyelenggarakan konser n setiap tket nnti d undi bwt mndapat 1 unit tvs… Psti makin trkenal n d sukai masyarakat… Kita liat honda n yamaha yg sdah trkenal saja masih mnsponsori konser2 musik…

  21. mario pada April 13, 2013 pada 12:55 PM tvs = untuk pasar asean merakit di indo bajaj = untuk pasar indo import dari
    india. sama-sama merek india,
    tapi untuk kualitas keseluruhan dan
    finishing,, tvs jauh lebih baik, bahkan
    performa pun lebih jempolan.
    berarti tangan orang indonesia itu lebih
    bagus dari pada tangan orang india. coba kalo pemerintah kita mau
    membuat BUMN perusahaan pembuatan
    motor asli dalam negeri, mungkin motor
    asli buatan indonesia kualitas, performa,
    dan fiturnya bisa jadi yg paling oke di
    dunia.. secara,, sebenernya di negara kita ini,
    kita punya orang2 yang jauh lebih faham
    dari pada orang india dan jepang,
    mengenai bagaimanakah model yg
    bagus dan kualitas serta fitur yg bagus.. untuk TVS, 4 jempol buat ente?
    tutup tengki udah gaul broo?
    bahkan di saat motor batangan yimm
    dan ahm masih pake tutup tengki jendol,
    tvs apache generasi pertama udah rata
    di susul oleh byson. sippp mantab.
    ============================================================================
    Salam Super.

  22. ane pernah lho naik tvs apache yang 160cc.. gak sembarangan tuh motor tarikannya paling mantab di kelasnya.. gak kalah lah dari motor jepang, kualitasnya juga gak main-main, plastiknya tebel.. di daerah ane ada yg punya tuh, dah lama masih awet aja nyampe sekarang, bodi dan sasis tetep kenceng gak ada getar dan masih sangat stabil. dengan masih barunya dulu gak ada perubahan, kualitas cat nya juga gak berubah jadi buram. nyampe geleng2 kepala ane liatnya,, cuma sayangnya bentuk knalpot alias muflernya aja yg masih terlalu kecil jadi terkesan kurang gagah padahal gagah bnget nih mtor, sama belum injeksi, cuma itu aja sih.. selebihnya mah memuaskan.

  23. DiKota Luwuk diMaahas Dealer TVS TUTUP.lalu apa yg terlanjur beli kalau mau beli Part harus keMakasar,Palu.diToko Sperepart kalau tanya art TVS jawabnya cuma senyum dan geleng2.kalau Partnya GL100 atau King mau rakit sendiri RX King juga ada.saya korban bilang keSaudara diLuwuk TVS bagus,trus dia beli.

  24. Aq cuma bingung za meliyat kondisi ketenga kerjaan TVs d sini..
    secara tvs ngejual motor rata2 2rb unit per bulan..
    proses produksinya bgaimana Ea…?sedankn Aq saja bikn camshaft untk unit motor h_____a tuk satu tipe nympe seribu per shift..
    Karyawn sono pd ngapain Ea ….?hee..

    V ,,yg pnting niatan baek TVS Kudu d aPresiasi lah dg Cara mmbli produk2ny,,biar karyawan dsana ga pada bengong_Bengong krn gada kerjaan gada lemburan…..
    hee..$#

  25. Bajaj mau mundur tapi kan ada Kawasaki mau merger klo TVS kan gak ada temenya hehehe
    Sent from my BlackBerry? smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  26. mario pada April 13, 2013 pada 2:05 PM Genbuz dan semuanya
    sahabat ku yang super sekali.. salam super
    ============================================================================
    sama-sama mas bro.

Comments are closed.