iklan iwb

Xeon RCSeperti yang sampeyan tahu…IWB bersama wak haji Taufik sukses melakukan turing Warung Jambu-Lido dengan nyemplak Xeon RC. Rute berkelok naik turun khas perbukitan. Jalanan mulus, rusak, beton serta aspal menjadi santapan jalannya turing. Dari sanalah IWB mendapatkan banyak data tentang reaksi kuda besi ketika digeber di tanjakan dengan sudut kemiringan ekstrim, atau braking pada saat meluncur dikecepatan tinggi. Belum lagi tikungan blind spot yang memaksa IWB kudu waspada serta selalu menjaga tunggangan melaju dijalurnya. Dan inilah impressi yang IWB rasakan…..460x170iwanbanaran_newfino

Untuk memberikan ulasan komplit, IWB gabungkan sensasi berkendara? saat dipakai transportasi sehari-hari. Karena IWB yakin….kondisi turing dan harian rada beda. Turing jarang ada polisi tidur, sedang komuter……wisss ora umum banyaknya jendolan jalan. Bahkan ada beberapa kompleks yang memasang polisi tidur tiap perlima meter. Jian kebangetan tenan!. Mengantarkan sikecil kesekolah, belanja, kerja, dsb. Selama satu minggu mengendarai Xeon RC…..berikut perasaan yang bisa IWB jabarkan….

Ergonomi Riding & Style

iklan iwb

Xeon RCXeon RC1Untuk masalah ergonomi….tidak ada perbedaan berarti dibanding matic Yamaha lain, nyantai dan jarak ketanah lumayan rendah. Efeknya kaki bisa menapak sempurna bahkan cenderung ditekuk untuk rider bertinggi diatas 170cm. Jelas kaum hawa bakal dimudahkan ketika nyemplak Xeon. Sensasinya “light” serta easy to ride. Namun jika sampeyan bertubuh jangkung…mungkin? posisi duduk rada membungkuk. Dalam opini pribadi….paling ideal dan paling nyaman, produk matic Yamaha ini dikendarai biker bertinggi 176cm kebawah. Tapi jangan salah…walau jok rendah, pabrikan mendesain sisi depan sedemikian rupa. Yup…..dek depan termasuk luas. Terbukti sobat IWB yang bertubuh 180an cm….dengkul aman tidak menyentuh dinding dek sama sekali. So….rendahnya jok dikompensasi penampang dimensi dek yang gede.? Terus gimana dengan karakter jok??

Busa termasuk kategori empuk. Makanya kendati IWB mengendarai siskutik selama sejam….”bok*ng” tetap adem enak aja. Paling hanya boyok yang terasa mulai cenut-cenut. Yah…soal ini mah bukan rahasia umum bahwa mayoritas matic memang kurang bersahabat dipakai turing keluar kota. Sebagai kendaraan komuter….skutik dirancang hanya untuk jarak dekat. Kemudian bagasi. Nah, untuk Xeon RC….helm half face sudah bisa disimpan dalam bagasi. Namun tidak semua tipe. Sebab ketika IWB coba memasukkan helm model INK Romeo……jok tidak bisa ditutup sempurna. Baru setelah ditaruh helm genuine Yamaha….tempat duduk menutup dengan rapat. Artinya…untuk bagasi memang memang rada pilih-pilih mzbro

Build quality/kualitas finishing

Xeon RCSelalu…soal ini IWB acungin jempol. Finishing dan material tetap dipertahankan secara brilian. Coating cat…hingga ketebalan casing menjadi nilau plus tersendiri. Tidak heran kendati dipakai tahunan….rata-rata produk garputala body tetap kokoh tidak goyang. Dan Xeon RC masih mewarisi kelebihan ini….

Engine & Perfomance

Xeon RC dipersenjatai engine 125cc berteknologi diasil silinder dan forged piston. Kelebihan tipe part tersebut adalah bahan yang kuat, elastis dan ringan sehingga kompresi tetap terjaga walau engine dalam kondisi panas atau sudah berumur. Tidak heran YIMM berani memberikan garansi hingga 5 tahun untuk komponen tersebut. Dibanding gen lawas…perbedaannya adalah pengabut bahan bakar yang sudah berganti dengan sistem injeksi YM-Jet FI yang diklaim mampu meningkatkan keiritan bahan bakar serta performa. Terus gimana ketika dipraktekkan dilapangan??….

Torsi skutik 125cc ini memang nampol. Ketika IWB tes….tendangan power cukup terasa setelah speed nyentuh 60km/jam. Uniknya, diatas kecepatan tersebut…..tarikan malah semakin berisi dan mulai melemah ketika speed masuk 90km/jam. Secara feeling….jujur accelerasi Xeon RC diatas rata-rata matic sekelasnya. Galak mzbro. Efeknya jelas…..climbing ability jempolan. Dengan membonceng beban anak dan istri….IWB bisa? melibas tanjakan daerah Gunung Putri Bogor dengan eces. Kekuatan ini kembali diuji ketika sang matic diajak turing membelah perbukitan Batu Tulis menuju Lido. Kuatnya torsi juga membuat passing ability meningkat. Sekali puntir….mobil bisa disalip dengan gampang. Puas tenan kalau buat betot-betotan :mrgreen: ….

Xeon RCNamun tidak ada gading yang tak retak. Ketika pabrikan menyeting motor kuat diaccelerasi…maka top speed juga menurun. Itulah yang IWB jumpai pada Xeon RC. Dalam pengetesan top speed tanpa video…..Xeon mentok dikisaran 103km/jam alias 100 lebih dikit (estimasi aja mengingat speedo belum digital). Mau sampeyan nunduk hingga janggut nyentuh batok lampu….speed tetap tidak mau terdongkrak. Limiter sepertinya diaktifkan diangka seratusan kilometer. Fakta ini identik dengan Mio GT yang IWB tes sebelumnya. Padahal dulu pernah ngetes Mio Sporty karbu lansiran 2006, top speed masih mampu tembus 115km/jam. Apakah safety menjadi alasan produsen?. Entahlah…

Ride and handling

Tajam dan ringan. Kestabilan tetap terjaga dengan baik walau ban termasuk mungil. Ketakutan single shock/arm membuat handling berubah….tidak terbukti sama sekali. Selama sampeyan punya nyali….Xeon bakal melayani keinginan sampeyan. Rebah, atapun melaju pada speed 100km/jam….body masih anteng. Bisa jadi akibat desain fairing yang cenderung “stream” sehingga membantu aerodinamika. Dan dibanding skutik Yamaha lain…entah mengapa IWB merasa suspensi rada lembut. Efeknya….melibas jalanan bergelombang, Xeon lebih nyaman. Overall, dari sisi ride and handling…..skutik ini tetap tidak meninggalkan gen Yamaha yang lincah, ringan namun stabil….

Braking/pengereman

Mantap!!. Bahkan bisa dibilang paling pakem dibanding saudara-saudaranya. Selain pakem…..sasis juga merespon sempurna. IWB mencoba melakukan panic brake….body berhenti tanpa ditemui gejala goyang atau limbung.

Xeon RCKelemahan

Dari keseluruhan tes….IWB tetap menyoroti kaki-kaki yang terlalu mungil sehingga gagahnya desain terasa dikebiri oleh ban yang kecil. Selain itu ketika gas dibetot…IWB mendengar suara raungan yang rada mirip dengan ngoroknya Jupiter MX generasi pertama. Ketika IWB cek….suara bukan dari mesin melainkan berasal dari sisi filter (estimasi).? Memang tidak mengganggu kinerja engine sih…namun awal-awal geber gas rada kaget juga. Suara hilang kalau kita melaju santai….

Kesimpulan

IWB berani bertaruh, soal accelerasi…saat ini Xeon adalah rajanya (memang kudu dibuktikan dulu). Dengan banderol lebih murah 350ribu dibanding kompetitor….skutik YIMM ini memang begitu menggoda khususnya bagi kawula muda yang suka betot-betot gas. Desain fresh, new grafis, side stand switch, kapasitas bagasi besar, serta parking brake lock, tenaga besar dan mesin tetap irit (tes non eco tembus 42km/liter Premium) akan membuat siapapun mumet untuk menjatuhkan pilihan.

Last.…sayang Yamaha masih kekeh dengan desain mungil seperti generasi Mio. Padahal jika sudi mendengarkan aspirasi konsumen….banyak yang berharap ada perbedaan dimensi pada skutik premium. Body bongsor guna mengamodasi biker bertubuh jangkung yang saat ini berpotensi enggan melirik skutik pabrikan garputala. Jika satu hal tersebut diperhatikan…..IMHO bukan tidak mungkin target makin luas dan otomatis….market share meningkat. Iyo ora kangbro :mrgreen: . So….Xeon RC??…..jangan remehkan accelerasinya!! (iwb)Xeon RCTVSMotor

242 COMMENTS

  1. xeon rc ane joss tarikannya…plintir dikit aja lsg ngacir…ban depan belakang dah ganti tubless isi nitro…

  2. KUALITAS FINISHING NI KEONG EMANG JOSS !!!

    JANGANKAN PAK RIO LAGI MAKAN BUSI… SEMPROT KELAS CEBONG AJA DIBABAT ABIS ..!!!

    # maklum ni keong 7 level diatas cebong…

    😀

    ehmm…

  3. cakep banget nih desain xeon rc. bodi mungil gak ketinggian dan gak terlalu berat, cocok banget buat body mayoritas manusia indonesia. gak seperti vario yang ketinggian dan beratnya minta ampun. kan gak aman kalo kaki gak napak tanah. salut buat desainer yamaha, 2 jempol dah.

  4. kasihan benc0ng kalo naik matic gent0ng kakinya pada jinjit n ngambang kek kuntilanak, dikemacetan maksa berdiri dengan dua jempol jari kaki..
    ahh yg penting ada cap sayap buntung dari goa hansip, laris toh..

  5. Memang bener.. xeon acelerasinya mantab, acelerasi lebih mantab dari vario, tapi maaf, vario top speednya lebih sip dari pada xeon..
    saya dengan seorang teman pernah ngetes, kerena gak puas dengan hasil yg di dapat kami ngetes sampai 7 kali hingga di dapatkan hasil yang memuaskan, dan hati kami lega.
    berat badan saya 62kg, brat bdan teman sya 60kg, di tempat kami ada jalan di depan suatu sekolahan yang sepi kalau sore hari, dan jalannya lurus bnget tnpa polisi tidur, panjangnya +- 400 m, lebih dari cukup untuk drag race matic.
    mtor saya vario 125, mtor teman saya xeon,
    kami adu sampe 7 kali karena kami benar2 ingin bukti yg nyata, dan hasilnya adalah sama.
    xeon menang di acelerasi/kenaikan percepatan dari 0-100km/j nya lebih cepat.. kenaikan percepatan xeon pada awal start memang mantablah. alhasil setiap start, vario saya pasti ketinggalan duluan, ada kalo +- 150 meter, sampai saya sempet kagum sama xeon karena tarikannya yang lumayan nonjok gak kayak vario yang tarikannya terkesan langsam..
    tapi ya jangan senang dulu,, dari awal drag sampai yang ke 7 kalinya kejadian yg sama selalu terulang, mencapai jarak di atas +- 150m kayaknya kecepatan si xeon dah mentok kata teman saya dia liat speedometer di angka 105km/j. (entah akurat atau enggak tapi di speedo meternya menunjukkan ke angka segitu). sedangkan speedometer saya udah modar, tapi intinya 7 kali uji coba, sekitar jarak 150m ke atas xeon selalu kesalip, sampai di garis finish yang kami buat sendiri pake kapur, hehehe.. jarak antara xeon dan vario saya kurang lebih sekitar 3-3.5 meter vario saya di depan.. mungkin kalo track nya lebih panjang, jaraknya akan lebih jauh lagi. mungkin…
    tapi kalo konco2 kabeh mau bukti sendiri ya nyoba sendiri mungkin lebih bagus,, biar puas juga,
    tapi kalo menurut saya sih hasilnya gak akan jauh beda dengan uji coba yg saya lakukan. karena kalo menurut penilaian saya, rata-rata matik yamaha memang karakter tarikan awalnya responsif banget tapi top speednya gak terlalu fantastic, sedangkan matic honda punya karakter sebaliknya, tarikan awalnya langsam seolah2 lemod nih motor, tapi kalo mesin udah mencapai RPM yang di butuhkan mesin untuk mendapatkan torsi yang di butuhkan, top speednya gak mengecewakan dan bisa di bilang lumayan meuaskan di bandingkan matic sekelas yang lain.
    mf gak ada foto atau video, soalnya niat awalnya melakukan dragrace iseng2 itu cuma sekedar untuk memuaskan rasa ingin tau diri saya pribadi dan teman saya saja. bagi yg misalnya sulit untuk percaya ada baiknya uji coba sendiri. 🙂
    wassalam…

  6. vario udah gk ngorookk… Eeeh si xeoong racun malah ngorokk oklok2 kek jupi mx lawas…

    Apa kata gendruwo ubanan..?

  7. So?.Xeon RC???..jangan remehkan accelerasinya!! (iwb)

    Cuma fbh ???? meremehkan pastinya om IWB….

  8. WOW… LAGI2 NI KEONG PUNYA SOFA YANG NYAMAN DAN EMPUK SELEVEL HOTEL BINTANG 10 PUNYA…

    LAGI2 PAK RIO KALAH TELAK YANG HANYA MEMILIKI BANGKU TRIPLEK YANG SUPER KERAS…

    # MAKLUM YANG NAMU KE PAK RIO ORANG DONGO BIN KATROK..

    😀

  9. INFO PARA PECINTA TOGEL & RIWAYAT SAYA SELAMA SAYA KENAL NAMANYA JUDI TOGEL/KUPON PUTIH.SAYA BAPAK FERY DARI BANJARMASIN INGIN BERBAGI PENGALAMAN MENGENAI TOGEL,DARI AWAL SAYA KENAL NAMANYA TOGEL DARI LINGKUNGAN SEKITAR ISTRI SAYA PADA HAL KLAU DI LIHAT DARI SEGI EKONOMI KELUARGA SAYA LUMAYAN PENGHIDUPAN SEHARI2 SAYA KARENA SAYA DIWARISKAN BEBERAPA HARTA DARI ORANG TUA & BISNIS SAYA LUMAYAN OMSET PERBULANNYA BISA MENAFKAHI KEBUTUHAN KELUARGA SAYA JADI SELAMA SAYA MENGGULUTI TOGEL SAMPAI SAAT INI KEBUTUHAN KELUARGA SAYA PASANG SURUT BISNIS SAYA MENGALAMI PENURUNAN ATAU PAILIT HARTA WARISAN SUDAH TERJUAL JADI PENGHIDUPAN SAYA MELAMPAUI KELUARGA MISKIN DAN HUTANG2 SAYA BERTAMBAH BANYAK KARENA SAYA LIHAT DI INTERNET BANYAK DUKUN TOGEL BISA TAU ANGKA TEMBUS PUTARAN TOGEL TERNYATA MINTA UANG TERLEBIH DAHULU KATANYA (MAHAR).SAYA SUDAH BERULANG KALI MENGHUBUNGI BAIK MBAH MAUPUN AKI TERNYATA SEMUANYA PENIPU PADA HAL SAYA SUDAH KETIPU LEBIH DARI 200JT MAKANYA SAYA NGAK LAGI PERCAYA NAMANYA MBAH ATAU AKI DI INTERNET SEMUANYA PENIPU,DI SUATU HARI SAYA DI AJAK TEMAN KE BANTEN MENEMUI PARANORMAL YANG TIDAK ASING DI TELIBGA ANDA YAITU KI GENDENG PAMUNGKAS & DISITULAH SAYA DI BRIKAN ANGKA TEMBUS 4D TAMPA MAHAR ATAU UANG TERLEBIH DAHULU JIKA ANDA SELAMA INI SERING KETIPU & INGIN MERUBAH NASIB ANDA HUBUNGI KI GENDENG PAMUNGKAS 0823-4443-6933.MAHAR DI BAYAR SETELAH TEMBUS

  10. Mas IWB kata2 jenengan sing “jangan remehkan accelerasinya!!” itu kayaknya sebentar lagi ada yang nyaingin bisa jadi juga malah lebih galak ketimbang Xeon RC ngelirik si X-ride matic penggaruk tanah.

  11. Sangat-sangat setuju kalau Yamaha perlu buat matic yg bongsor spt Vario, dan jangan lupa bannya juga diperbesar. Kata Dinosaurus Beti Yamaha pernah keluarkan Nouvo yg bongsor itu dan gak laku, lha wong bodynya jelek gitu ya pasti gak laku.

  12. OK… TERNYATA KEONG BISA NGOROK..
    DENGAN db YANG RENDAH ITUPUN WAKTU TIDUR… BISA DIMAKLUMI..

    SEDANGKAN PAK RIO MO BANGUN KEK MO TIDUR KEK NGOROK TERUSS.. DENGAN db+ YANG TINGGI.. SANGAT2 TIDAK BISA DIMAKLUMI…

    # DI USIR SAJA GANGGU TETANGGA..

    😀

    EHMMM..

  13. SAYANGNYA GENERASI BODY BONGSOR DAN DUAL SHOCK BLK SPT NOUVO Z GA ADA LAGI……..!! Padahal ane berharap ada lg yg spt itu, dual shock blk 125CC body bongsor spt vario 125.

  14. fotonya pake file RAW terus diedit gitu kah (background b/w motornya tetep ungu) ? sekali kali bikin artikel foto dunks mas.

  15. until pada Maret 27, 2013
    pada 11:14 AM
    motor 125 cc terlemod yg
    pernah ada..

    ——

    ooo… TIDAK BISAAA.. PIALA
    125 TERLEMOT DIPEGANG OM SUPRI X 125…
    LIHAT TU DI BABAT ABIS MA SI JUPIZ1….
    😀

    ehmm.

  16. rasanya sy sdh pernah baca komparasinya, terkait dengan aksel dan top speed.. untuk aksel xeon better, utk top speed vario better..
    tetep gak pilih dua2nya, krn sy gak suka matic… hahahaha…
    titip artikel ya mas iwb, sdh lama gak nulis…
    ayahandra.wordpress.com/2013/03/27/quick-reading-spek-motor-sambil-ngelirik-temen/

  17. WOW NAIK TURUN GUNUNG NIH KEONG GA PERLU DISETTING INJEKSINYA!!!
    KALO WANTUPAIT WAJIB DISETTING PAKE OBENG BENGKEL !!!
    KUALITASSS BERBICARA

    BANTU FBH BLOON :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  18. ternyata powernya yg gede ga berimbas ke topspeed ya….

    #padahal dalam pikiran ane klo power gede topspeed juga gede….hehhehehehe(analisa ngawur)…ya cocok bgt dah tu xeon rc diperkotaan….kan stop n go doang…ga langsam dengan jalan yang panjang…….

  19. Mudah2n pabrikan yg lain juga tetep jaga kualitas biar pada bersaing dengan sehat dan konsumen yg diuntungkan.

  20. Mau sampeyan nunduk hingga janggut nyentuh batok lampu?.speed tetap tidak mau terdongkrak.
    ==================================================
    wakakakakkaaa….turu sisan…… 😀

  21. motor yamaha sudah pakai limiter semua, mgk alasan keamanan. harus ganti cdi dg karbu sekalian part racing biar jos gandos

  22. Mau sampeyan nunduk hingga janggut nyentuh batok lampu?.speed tetap tidak mau terdongkrak puooollll 103KM/Jam padahal vario 125 FI bisa 110 Km/Jam keadaan boncengan…. hayooooo …pertamax mana?

  23. metic kaya jet tapi lari mentok 100 km/jam….ngorok pula..ban kurang gizi…..mana kuat nahan body kaya babon ga lama juga varises

  24. lemot julukan xeong racun…jenggot sampe mentok spedo..tetep aj ga mau lari…100 km/jam…titik.gembrot keberatan body…kaki cungkring

  25. 62. Ykr-One – Maret 27, 2013
    Betul itu mas Matic Yamaha kurang Bongsor untuk biker bertubuh tambun kayak ane 🙂

    64. bocah94 – Maret 27, 2013
    sayang belum helm in neh, kalo udah ane minat
    kapan neh yamaha mo helm in

    65. dronebee – Maret 27, 2013
    Setuju sama pendapat terakhir, xeon rc telalu mungil. Jadi terlihat kurang gagah bila dibandingkan dengan vario

    ___________________________________________________
    Ternyata banyak juga yang pingin body seperti celeng sebelah …..
    meski banyak yang jelek -jelekin Honda Vario 125 FI yg ngorok , yg banyak makan busi , yg cat nya jelek , body tipis tapi itu cuma beberapa orang aja buktinya penjualannya naik terus so …. itu membuktikan bahwa Honda Vario 125 FI benar-benar bebek premium yg layak dibeli ga seperti Xeon RC ……. Honda Jelas Lebih Berkelas

  26. Dalam pengetesan top speed tanpa video?..Xeon mentok dikisaran 103km/jam alias 100 lebih dikit (estimasi aja mengingat speedo belum digital). Mau sampeyan nunduk hingga janggut nyentuh batok lampu?.speed tetap tidak mau terdongkrak. Limiter sepertinya diaktifkan diangka seratusan kilometer. Fakta ini identik dengan Mio GT yang IWB tes sebelumnya. Padahal dulu pernah ngetes Mio Sporty karbu lansiran 2006, top speed masih mampu tembus 115km/jam. Apakah safety menjadi alasan produsen?. Entahlah?
    ==============
    Pelajaran bagi yamaha, tidak mudah membuat motor irit tapi tetap kencang. Semua matik yamaha lebih lemot dibanding generasi sebelumnya.

  27. Tuh kan baru liat gbr yg prtm aj sy udh tau itu gunung putri dekat dgn rumah sodara sy, apalagi sy makin yakin itu di gunung putri semenjak melihat tulisan ini “IWB bisa melibas tanjakan daerah Gunung Putri Bogor dengan eces”. itu pst lewat jln belakang kan? Bukan jln arah pasar wanaherang! Ntu jln enak bwt ngebut2 aspalnya msh bgus blm rusak, emg rmh IWB dmn?

  28. Dari keseluruhan tes?.IWB tetap menyoroti kaki-kaki yang terlalu mungil sehingga gagahnya desain terasa dikebiri oleh ban yang kecil.
    ===============
    Walaupun ban diperbesar, skutik yamaha tidak ada yang tampak gagah, deprok-deprok semua. IMHO

  29. Namanya saja XEONk ya jelas lemot laaahhhh…lha wong keong disawah aja ga bisa jalan … bisanya ya cuma NGGREMET…. kalo mau menang lawan VARIO 125FI dia harus ngundang temen-temennya …. hehehehe…kayak crita kancil tu….

  30. Dengan banderol lebih murah 350ribu dibanding kompetitor?.skutik YIMM ini memang begitu menggoda khususnya bagi kawula muda yang suka betot-betot gas.
    ======================
    Gak kliru Bang. Betot-betot gas ampe nunduk-nunduk pulak, tapi tetep 100kpj pol. Apa gak malu kalau dikepreti motor lain.

Comments are closed.