iklan iwb

Shell DrivenBro dan sis sekalian…..tidak banyak yang tahu bahwa ketika suhu panas mendera oli, dapat menyebabkan partikel liquid minyak terpecah. Proses ini dikenal sebagai oksidasi. Semakin panas mesin maka semakin cepat laju degradasi, yang dapat menyebabkan terbentuknya partikel kerak hitam. Munculnya partikel ini dapat menyebabkan penurunan tingkat efisiensi mesin, mencengah pelumas mencapai bagian paling penting dalam mesin, dan meningkatkan kadar asam yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi mesin. Nah….inilah yang nampaknya ingin dibuktikan oleh Shell dalam Shell Helix Driven to Extremes episode dua…..460x170iwanbanaran_newfino

Melaju di atas kendaraan berkecepatan 100 mil per jam. Di bawah terik matahari menyengat dengan suhu lebih dari 50 derajat Celcius di gurun Taklimakan, Cina – biasa disebut juga ?Gurun Kematian? – pasti tak diinginkan banyak orang. Tapi bagi pihak Shell, mantan pembalap dunia, ?Superman? dan para mekanik yang tergabung dalam sebuah tim, kondisi ini justru menjadi situasi paling sempurna untuk menguji keandalan pelumas kendaraan Shell Helix Ultra hingga batas ekstrim. Kisah mereka inilah yang terangkum dalam episode kedua serial televisi ?Shell Helix Driven to Extremes? yang akan ditayangkan pada 20 Maret 2013 jam 19.00 di Discovery.

Dalam episode kedua ini, perjalanan melintasi gurun dilakukan tetap menggunakan Nissan Patrol yang telah dimodifikasi. Perjalanan ini dimulai dari Kota Hami, Cina ke Urumqi, kota terjauh dari lautan mana pun yang ada di muka bumi. Untuk bisa mencapai lokasi itu, mereka dipaksa melintasi tempat terpanas dan terendah di muka bumi, serta berdamai dengan bukit debu setinggi 100 kaki, dataran berbatu yang luas dan panas menyengat melebihi 50 derajat Celsius.

iklan iwb

Meski tak ada modifikasi pada mesin, tetapi kaca yang tahan banting, roda untuk segala situasi, suspensi dan peredam goncangan ditambahkan pada bagian luar mesin untuk memastikan bahwa semua hal tersedia untuk menghadapi situasi yang terburuk dan terpanas. Sebuah rangkaian besi dibagian luar yang didesain untuk melindungi pengemudi dan mobil juga dipasang. Saringan udara baru juga dipasang untuk menghadang tumpukan butiran pasir dan debu yang melesat ke arahnya. Pipa karet baru dan sabuk pengaman dipasang ke mesin, disebabkan setiap ke-aus-an pada mesin dalam perjalanan akan sangat berbahaya dan memperparah keadaan di bawah suhu panas yang melebihi 50 derajat Celcius.TVSMotor

Beberapa fakta dan kendala ketika oli kendaraan diajak melaju dilingkungan ekstrim :

  • Cuaca panas lebih dari 50 derajat Celcius di Gurun Taklimakan, Cina meningkatkan beban pada mesin Nissan Patrol?s, menghasilkan suhu panas di dalam mesin utama. Selama perjalanan, suhu di dalam mesin biasanya mencapai lebih dari 80 derajat Celsius, yang menjadi ujian sebenarnya bagi kemampuan Shell Helix Ultra untuk melumasi mesin secara efektif pada suhu tinggi.

  • Di bawah beban berat kondisi panas yang ekstrim, mesin dapat semakin parah disebabkan efek oksidasi dan pengikisan.

  • Pengikisan ? Dalam suhu yang sangat panas, bagian yang bergerak cepat dapat memecah pelumas ke partikel kecil. Dampaknya, pelumas lebih encer dan tak mampu melindungi mesin mobil secara efektif. Kemampuan Shell Helix Ultra yang mampu mempertahankan viskositas pelumas untuk menjaga dan melindungi mesin, teruji saat mesin melewati salah satu tempat terpanas di dunia.

  • Oksidasi – Di Gurun Taklimakan China, suhu mesin tinggi dapat menyebabkan minyak terpecah. Proses ini dikenal sebagai oksidasi. Semakin panas mesin maka semakin cepat laju degradasi, yang dapat menyebabkan terbentuknya partikel kerak hitam. Munculnya partikel ini dapat menyebabkan penurunan tingkat efisiensi mesin, mencengah pelumas mencapai bagian paling penting dalam mesin, dan meningkatkan kadar asam yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi mesin. Stabilitas oksidasi pelumas Shell Helix artinya, meminimalkan efek dari proses ini dan memungkinkan mesin tetap beroperasi di bawah suhu panas lebih dari 80 derajat Celsius di Gurun Taklimakan.

Nissan Patrol sengaja diisi dengan pelumas full sintetis Shell Helix Ultra, yang akan menghapus hingga lima kali lebih banyak semua debu dan kotoran, melindungi mesin hingga tiga kali lebih baik dan mengurangi hingga dua kali lipat pelumas mineral biasa yang digunakan mesin kendaraan. Shell Helix Ultra telah pindah dari dinginnya suhu minus 50 derajat Celcius di Siberia, Rusia yang telah ditayangkan pada episode pertama dan beralih ke panasnya suhu 50 derajat Celcius ?Gurun Kematian? di Cina. ?Tak perduli bagaimana pun ekstrimnya cuaca, Shell Helix Ultra tetap menjaga mesin dan ini sangat mengesankan,? ungkap Paul Marsh, mantan pembalap dan mekanik petualangan.

Menurut MacKenney, pimpinan ekspedisi ?Shell Helix Driven to Extremes? dan mantan tentara kerajaan bahwa perubahan kondisi alam dapat sangat berbahaya bagi para wisatawan daripada kekurangan air dan cuaca panas. Bahkan jika kehilangan arah pun, Anda tak bisa lagi mendapati jejak langkah sebelumnya. Tak akan ada jalan untuk menemukan kita jika kita menemukan masalah. Kami sudah berlatih bersama tim untuk mempersiapkan kondisi yang tak terduga di perjalanan. Rahasia dibalik kemampuan Shell Helix Ultra untuk bisa berfungsi efektif dan konsisten dalam kondisi ekstrim adalah lubrikasi yang cepat untuk komponen penting dalam mesin. Sekaligus fungsinya melindungi dari karat, menjaga mesin tetap bersih dan mencegah dari pemanasan berlebihan.

Untuk mengetahui bagaimana penampilan Henry Cavill, Neil Hodgson dan Shell Helix Ultra di panasnya suhu padang pasir, saksikan episode kedua ini di saluran Discovery Channel pada 20 Maret 2013. Anda juga dapat mengunjungi dan menyaksikan ?Shell Helix Driven to Extremes? di saluran Youtube (www.youtube.com/driventoextremes) untuk menyaksikan cerita dibalik episode satu dan dua…….(Shell PR)

110 COMMENTS

  1. @ngetes aja

    Ai pake oli mot*l, dan kadang
    castr*l yg full sintetik seharga
    70rb an, masa iya sama kaya oli
    lokal seharga dibawah 50rb? Sia2
    dong oli yg ai beli kalo kalah
    bagus?hahaha,..

    ========
    Cerdas bgt s om,coba terapin d motor cbr 150 vs cb 150r
    🙂

  2. @Jaos

    Hnd:?mr ngences aja dan team FBH. .Udah pasti terbukti, krn kami sdh hitung dari 19KM pertama dan biarkan matematika melanjutkan?.

    Ymh:?pasti kalian sedang bercanda!?

    Hnd *dengan mimik serius:?apa siih yg gak bisa dibikin hnd? kami sdh no.1 selama puluhan tahun?

    Kawak:?ngibul!!?

    Hnd *semakin serius mimiknya dan agak gelisah krn ketauan lagi dan lagi:?well, kami sudah siapkan RAJA roketnya bila yg prajurit roket yg ini gagal?.

    HAHAHAHAH HAHAHAHAHAH
    —————————————————————————————
    hahaha..ini lg orang idiot, yg mencoba menyambungkan cerita yg ga masuk akal.hahaha, ngetiknya jangan hahaha dong, diganti sesuai sm suasana hati, huhuhu..MS nya kan makin turun.hahaha,..

  3. @ivank

    Cerdas bgt s om,coba terapin d motor cbr 150 vs cb 150r 🙂
    —————————————————————————————
    Loh kenapa harus di cb dan cbr aja? Ini universal cong, bego amat,.. 😀

  4. @ngetes aja
    Ai bikin simpel, kayanya yu masih
    ga ngerti
    Matahari itu panas kan, mau siank
    mau malem,
    Kalo malem ga ada matahari
    karena matahai menyinari daerah yg lain (di bumi)
    Kalo roket kan ke luar angkasa
    toh (Luar bumi)
    Matahari tetep panas kan? Ya
    ancur lah tuh roket, paham?
    ====
    Laahh…di sini kan ane menceritakan si pembuat roket dgn segala pengetahuan dan perhitungan dia,bukan perhitungan si penulis.ya udah ane to the point aja,dr td ente bilang ane g faham pdhl ente g paham cara menerjemahkan arti satu cerita.ini cerita fiksi bukan cerita biogrpi se2orang yg otomatis g ada hub ama penulis.jd poinnya cerita itu s pembuat roket salah pengetahuannya d mslh matahari.

  5. 53. ngetes aja fby karbitan – Maret 24, 2013

    @ivank

    Cerdas bgt s om,coba terapin d motor cbr 150 vs cb 150r 🙂
    ?????????????????????????????
    Loh kenapa harus di cb dan cbr aja? Ini universal cong, bego amat,.. 😀
    ============================================
    biasa bro mental fby ada kesempatan dikit langsung buat bahan BC wkwkkw

    tipikal fby kan begitu otak nya kotor 😛

  6. Biar sekalian ga nyambung, ai ngarang cerita ah kaya si ivank

    Suatu ketika, yamaha mencoba mengumpulkan kompetitor2nya utk norak2an

    Ymh: Kami saat ini sedang membuat mesin 250cc
    Hond, Kawak, Suzi: Lah kan kita udah punya
    Ymh: Yg ini beda, suaranya lebih bagus dari cbr, persis kaya ninja250 suaranya
    Hond, Kawak, Suzi: Ya udah mana tunjukin,
    Ymh: Ini suling kami dgn mesin 250ccm suaranya merdu macam ninja250
    Hond, Kawak, Suzi: Prett…kita ga jualan alat musik kale

    Ymh: Upss..tenang ada 1 lg, roket, kalian akan mencobanya akhir bulan ini, tenang belum sampai ke luar planet, roket ini akan meledak
    Hond, Suzi: Gile lu, bikin mobil kaga, pesawat kaga, lagu2an bikin roket (kabur)
    Kawak: Lu mau bunuh gw, yamaha? 😀

  7. @ivank

    Laahh?di sini kan ane menceritakan si pembuat roket dgn segala pengetahuan dan perhitungan dia,bukan perhitungan si penulis.ya udah ane to the point aja,dr td ente bilang ane g faham pdhl ente g paham cara menerjemahkan arti satu cerita.ini cerita fiksi bukan cerita biogrpi se2orang yg otomatis g ada hub ama penulis.jd poinnya cerita itu s pembuat roket salah pengetahuannya d mslh matahari.
    —————————————————————————————
    Nah, makanya, yu bloon, udah tau itu cerita ga nyambung, malah dicopas, kesalahan ada di anda, udah cerita ngaco, yg copas ikut ngaco, untungnya yg baca ga ngaco (eh ada sih orang ngaco yg lanjutin cerita yu si Jaos 😀 )

  8. lapor om iwb.jaos.ngetes aja.ivank cs mohon dibanned aja.drpd kebanyakan scroll isinya cm debat g mutu.suwun mas.

  9. @ngetes aja
    Loh kenapa harus di cb dan cbr
    aja? Ini universal cong, bego
    amat,
    =====
    Ya bs d tarik garis lurusnya lah,harga 50 rb ms pengen sama ato lebih dr yg 70 rb
    *jgn marah smbil ngeces ah…(ane copas ya??cb cari pengarang ya ane copas)

  10. @ivank

    Ya bs d tarik garis lurusnya lah,harga 50 rb ms pengen sama ato lebih dr yg 70 rb
    *jgn marah smbil ngeces ah?(ane copas ya??cb cari pengarang ya ane copas)
    ————————————————————————————–
    Hei…bloon, sekali lg jawab, knapa cm cb dan cbr doank, oli kan bisa dipake di motor apa aja 😀

    Nah, itu pinter, anehnya ada orang bego yg menyamakan oli internasional seharga ratusan ribu dgn oli lokal seharga dibawah 50rb, ai pake oli dari pabrikan aja dibandingin sm oli internasional yg ai pake, jauh performanya, mantepan yg internasional

    #Tenang, ga ada alasan ai utk marah ato esmosian disini, ai disini cm buat hiburan, kapan lg getok2in orang2 idiot di dunia maya 😀
    Utk karangan yu, ga usah di copas, di koran yg ai baca aja ada kolom cerita2 lucu, dan udah sering bgt ai baca, sorry ai ga bisa dibegoin sm orang bego 😀

  11. tiga org lagi bincang2

    FBh A: well, ai pake motul dan castrol 70rb-an…u?
    Rider R2 merk suzy: wah, kalo ai cuma make yg pertamina aja lah, cukup 20W50…
    Fbh B………cuma mendengarkan walau gak ngerti.

    FBh A: well, ai pake yg 10W40……..
    Rider R2 merk suzy: why? kau ikut seseorang komentator yg make motul selalu itu? Taukah kau kalo cuma 70rb-an itu motul biasa yg sama spt oli2 lain seharga 50rb-an?
    Fbh A: TIDAK, TIDAK…………
    Fbh B ….kpd FBh A *sambil berbisik2: wah, gagal lagi ngibul soal sok gaya kita, kawan…….knp selalu ketahuan terus ya??

  12. @bodo ngaku pinter

    lapor om iwb.jaos.ngetes aja.ivank cs mohon dibanned aja.drpd kebanyakan scroll isinya cm debat g mutu.suwun mas.
    —————————————————————————————
    hehehe..liat dong komen2 ai diatas masih ada yg bermutu, hanya aja banyak yg matil komen ai, yu ini dipilah2 lah jangan asal bacot aja,..

  13. @bodo ngaku pinter

    SI jaos ga ikut di banned? 😀
    Ya susah lah, fby senior kaya Jaos kok dibanned 😀

  14. Buat yg ga percaya motul lebih enak daripada oli2 seharga 50rb an, silahkan cobain, daripada bacot doank.hahaha

    Yu ini kan kalo lg ga ada duit buat beli oli, pasti pake minyak emaknye goreng ikan asin.wkwkwk

  15. 52. ngences aja fby karbitan – Maret 24, 2013
    HAHAHAHAHAH……….HHAHAHAHAH…………to the point aja: yg bego di cerita itu si hnd + mr ngences aja dan team…….makanya gak nyambung kalo ngejawab…..HAHAHAHAHAH

  16. @ngetes aja
    Om ngetes aja yg cerdas(boleh ga ane tes iq anda dgn beberapa pertanyaan?)
    Bkn mslh olinya bs d pake motor apa aja.tp bandingin liat PRICE nya yg berimplikasi ke kwalts
    *ampe jam berapa om ol nya??ane mo bobo tar d kira kabur lg…

  17. @Jaos

    HAHAHAHAHAH???.HHAHAHAHAH????to the point aja: yg bego di cerita itu si hnd + mr ngences aja dan team??.makanya gak nyambung kalo ngejawab?..HAHAHAHAHAH
    —————————————————————————————
    Eh..situ ngomong sm saya?xixixi,…

  18. HAHAHAHAHH………motul 70 rb-an itu udah yg paling murah………jadi, kau baru level bawah……….HAHAHAHAHAH

    *upps ketahuan lagi sok gayanya

  19. @ivank

    Om ngetes aja yg cerdas(boleh ga ane tes iq anda dgn beberapa pertanyaan?)
    Bkn mslh olinya bs d pake motor apa aja.tp bandingin liat PRICE nya yg berimplikasi ke kwalts
    *ampe jam berapa om ol nya??ane mo bobo tar d kira kabur lg?
    —————————————————————————————
    Ya udah tidur2 aja kali ngpain nanyain ai onlen jam brapa.xixixi,..

    Nah bener, td knapa yu cm bandingin cb sm cbr? Aneh kan itu bacot kau sendiri loh, bukan bacot ai, harusnya yu tanya pada diri yu sendiri, “Oh iya ya knapa cm cb sm cbr, kan oli bisa dimotor apa aja”, gitu loh 😀

  20. Kalo motul seharga 70rb an udah enak, ngpain beli yg diatasnya, ai kan ga mencari performa yg gila2an buat balap, bisa aja ai beli yg harganya 200-300an rb, cm kalo dibuat hanya utk harian, what a waste, paham ga rekan ai?

  21. HUAHAHAHAHAH……….HAHAHAHAH……….
    ibaratnya kalo udah enak pake cbsucks klotok2 yaa ngapain beli cbr150r ya? HAHAHAHAH……….well-‘spoken’ by a poor guy like u.

    BTW, saya tebak kau itu pasti GAK NGERTI maksud komen ivank………HAHAHAHAH

    tidur aahhhh…………HAHAHAHAH

  22. yaaaghh…terpaksa ane jd jujur dah.oli 50 rb jgn harap sama ato lebih d kualitas dgn yg 70 rb.mtr 22 jt jgn harap sm ato lebih dr yg 33 jt.
    Ya udah kalo gitu,kalo msh penasaran tar d lanjut.
    *skrg bobo ah…nyiapin cerita bwat esok

  23. Hahaha…betul cekale, cb dan cbr emank enak dibanding SOHC 5 speed teknologi motogp.haahah,.

    Ga usah ditebak2, orang bisa baca mana yg bener2 ga ngerti, percuma koar2 bikin bau aja,.. 😀

  24. @ivank

    yaaaghh?terpaksa ane jd jujur dah.oli 50 rb jgn harap sama ato lebih d kualitas dgn yg 70 rb.mtr 22 jt jgn harap sm ato lebih dr yg 33 jt.
    Ya udah kalo gitu,kalo msh penasaran tar d lanjut.
    *skrg bobo ah?nyiapin cerita bwat esok
    —————————————————————————————
    Nah ntuh pinter, jangan sampe kaya senior2 fby yg dongo abis ya 😀
    Intinya ada uang ada rupa,..

    #Oke ditunggu cerita copasnya, jgn lupa cerita karangan sendiri, jangan lupa kalo cm copas dipikir2 dlu 😀

  25. mahal belum tentu lebih bagus apalagi merk impor cuma menang ongkos produksi besar aja .olie udah ada badan sertifikasi nya JASO dan API kalo sama sertifikasi ya kualitas sama mawon waluapun harga beda cong ah dasar korban iklan biasa kena kibul iklan yamaho sih para fby , ada lg orang dongo coba kait2 kan cbr150 dengan cb150 harga beda karena yg 1 impor cbu dan yg satu rakitan lokal yg kandungan komponen lokal nya di atas 80% dan ga pake ongkos kirim ,dan satu lagi beda type 1 sport fairing komponen lebih banyak di banding sport naked,

  26. Sebenernya menurut kang tmc, honda tuh kasihan buat yg ga kuat beli cbr dikasih cb, honda paham lah, ga semua bisa beli motor premium, kalo klotok2 ga masalah selama pabrikan mau tanggung jawab secara gratis, toh itu ga berbahaya, hanya tidak enak didengar smkaya kasus vario125,.. 😀

  27. 66. ivank – Maret 25, 2013

    @ngetes aja
    Om ngetes aja yg cerdas(boleh ga ane tes iq anda dgn beberapa pertanyaan?)
    Bkn mslh olinya bs d pake motor apa aja.tp bandingin liat PRICE nya yg berimplikasi ke kwalts
    *ampe jam berapa om ol nya??ane mo bobo tar d kira kabur lg?
    ===========================================
    enak nih getokin anak sotoy .

    price berimplikasi ke kualitas ?? minta pendapat ente tentang harga avanza yg lebih mahal dari xenia dong cong ?apakah berimplikasi ke kualitas ?

    dari jawaban ente bisa di nilai pengetahuan ente 😛

  28. @25. Sahid M Ummah
    halo mas bro sahid…jngan gitu mas..itu udah tuntutan dari pemilik banner, kalo di rubah..bisa bisa sang pemilik banner gamau pasang di blog mas iwan lagi…hehe.. y kan mas iwan… 🙂
    untuk masbro sahid mohon di maklumi..itu wajar dlm ngeblog, dan wajar dalam pasang iklan..y sama2 menguntungkan mas..kita dapat info2 bagus dari mas iwan, mas iwan dpt banner2 tiap harinya..dan bannernya jg dpt dari banyaknya orang yang baca banner itu …segitu aj saranya..smoga di mengerti….hehe…krn banner gt masih sopan dan tahap kewajaran n gak mngganggu mnrut saya.. 🙂

    mas iwan nitip jemuran…sapa tau ccok dg tungganganya 🙂

    motoblast.wordpress.com/2013/03/24/new-byson-limited-edition-striping-motogp-2013/

  29. tanya mas oli byson dan athlete mas iwan pake apa yak? apa masih oli pabrikan atau oli yg lain?
    murni tanya mas pengen ganti oli merk lain masih ragu selama ini pake yamalube

  30. @ 40. amadeo
    Swun mz sarannya. Sebagai informasi….hits IWB tidak terpengaruh dengan komentar sepi atau banyak. Bisa IWB lihat dari raihan hits yg sering tinggi ketika komentar sepi. Dan IWB tidak perlu mengandalkan komentar untuk mengejar hits. Sekali lagi IWB tegaskan…..” untuk mengejar hits bukanlah banyaknya komentator namun konten atau isi artikel yang kudu dijaga”. So IWB berharap…buruk sangka seperti itu dihilangkan.

    Yang kedua salah jika blog ini tidak dimoderasi. Kalau sampeyan intip setingan dashboard comment wordpress, banyak sekali kata-kata yang sudah IWB masukkan dalam kategori “SPAM” ketika ditulis (Yang ngajari wak haji nih :mrgreen: ). Cukup efektif…ratusan komentar sudah terjaring diakismet. Namun….moderasi bisa diakali dengan perombakan satu huruf. Dan beberapa komentator tahu ttg hal ini. Begitu pula….moderasi manual, disela kesibukan IWB sellau coba utk telaten sortir. Dan buang yang tidak perlu. Tapi pasti ada keterbatasan. semua akan percuma jika tidak didukung oleh mzbro sendiri khususnya yang sering menumpahkan kata-kata kotor. Tidak mungkin tiap hari IWB baca komen satu persatu. So….atensi dan dukungannya agar warung ini tetap adem sangat IWB harapkan…

  31. Bro sekalian,

    Sebenarnya oli yang direkomendasikan pabrikan dalam buku petunjuk motor, sudah sangat cukup untuk pemakaian harian secara normal. Yg penting jangan telat ganti oli saja. Silakan ikuti buku petunjuk.

    Oli dengan spesifikasi lebih tinggi, hanya diperlukan bila tuntutan pemakaian melebihi kondisi pemakaian harian, misalnya bro yg senang balapan atau adventure ke tempat2 yg ekstrim.

    Kalo saya pribadi, untuk motor dan mobil bensin maupun mobil diesel saya, lebih suka menggunakan oli produksi dalam negeri. Alhamdulillah sampai saat ini tidak pernah ada masalah.

  32. @3koplak
    Avanza vs xenia??
    CC aja dah beda bozz…
    Aneh tiap fbh suka menjudge org lain pengetahuan nya d bwh dia(pdhl yg bilang dia pintar g ada alias cm ngaku2).
    Mslh harga dgn kwltas ane cm lanjutin dan berusaha aminin pendapat rekan ente. Monggo d check komen beliau
    🙂

  33. 87.@eko354

    betulbanget,,kalo makenya cuma untk harian biasa,tdak untk yg lbih extrim,oli stndr pabrikan udah mencukupi,hemat di dompet lagi,tp bgi yg pingin lbih..y trpaksa dach,cari oli yg lebih.. Yg di rancang dan ada nilai plus trsendiri,meski mahal..sya pribadi dulu juga pernah nyoba berbagai merk oli,hanya skedar cari pengalaman,biar tau..dan sya rasakan masing2 punya kelebihan masing2…dan yg sya rasakan 2 merk yg masuk sbge oli pilihan pribadi saat ini=motul dan shell,.

  34. kalo ane.. pake oli sutandard abrik aja lah untuk motor jadul ane…
    lagian kan suhu di indonesa nggak extrim2 amat….

    tapi kalo soal musim… di indonesa paling banyak musimnya..
    kalo.di.eropah ada empat musim… di.indinesa ada lebih dari empat musim….

    met pagi all..

  35. meski iklan tapi ki asik disimak,
    @ 40. amadeo apa bro ini blogger juga?kalau iya pasti tau betapa ribetnya ngurusi warung yang laris.
    pribadi ane yakin kalo kang Iwan dah berusaha yang terbaek tuk warung ini, maaf bro amadeo sesama blogger lebih baek kita dukung blogger kang Iwan.
    Salam jabat erat sesama blogger.

  36. mari bahas xeon rc jo lali bahas fairing yamaha kang…
    monday is monday..ben gak kpikiran wae..Xixixiixii..

  37. sepanas2nya suhu di indonesia cuma 40 derajat celcius. Tapi blogger sebelah yg warungnya sepi bilang gini: “kondisi gurun sama kayak kondisi di indonesia”. Wkwkwkwk…. Udah jelas beda, indonesia 40 derajat vs gurun 50 derajat, kelembapan tinggi vs kelembapan rendah. Apalagi kalo lagi berawan, suhu indonesia cuma 33-35 derajat. Sama apanya? Sama dari hongkong kampungnya jaos?
    Ngakunya blogger smart, tapi hal sepele gitu doang masih kalah sama anak SMP / SMA…
    Tapi paling hebat motornya yangmaho lah, menurut pengakuan salah satu fanboy smart, gak dikasih oli bisa jalan soalnya pake dipshit silinder.. wkwkwkwk.
    Ane tantangin tuh motor dipshit silinder jalan 10 km gak pake oli.

  38. Ini masih di gurun taklimakan di china kan? Coba rally di gurun sahara yg panasnya 55 derajat. 5 derajat ngaruh

Comments are closed.