iklan iwb

Shell DrivenBro dan sis sekalian…..tidak banyak yang tahu bahwa ketika suhu panas mendera oli, dapat menyebabkan partikel liquid minyak terpecah. Proses ini dikenal sebagai oksidasi. Semakin panas mesin maka semakin cepat laju degradasi, yang dapat menyebabkan terbentuknya partikel kerak hitam. Munculnya partikel ini dapat menyebabkan penurunan tingkat efisiensi mesin, mencengah pelumas mencapai bagian paling penting dalam mesin, dan meningkatkan kadar asam yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi mesin. Nah….inilah yang nampaknya ingin dibuktikan oleh Shell dalam Shell Helix Driven to Extremes episode dua…..460x170iwanbanaran_newfino

Melaju di atas kendaraan berkecepatan 100 mil per jam. Di bawah terik matahari menyengat dengan suhu lebih dari 50 derajat Celcius di gurun Taklimakan, Cina – biasa disebut juga ?Gurun Kematian? – pasti tak diinginkan banyak orang. Tapi bagi pihak Shell, mantan pembalap dunia, ?Superman? dan para mekanik yang tergabung dalam sebuah tim, kondisi ini justru menjadi situasi paling sempurna untuk menguji keandalan pelumas kendaraan Shell Helix Ultra hingga batas ekstrim. Kisah mereka inilah yang terangkum dalam episode kedua serial televisi ?Shell Helix Driven to Extremes? yang akan ditayangkan pada 20 Maret 2013 jam 19.00 di Discovery.

Dalam episode kedua ini, perjalanan melintasi gurun dilakukan tetap menggunakan Nissan Patrol yang telah dimodifikasi. Perjalanan ini dimulai dari Kota Hami, Cina ke Urumqi, kota terjauh dari lautan mana pun yang ada di muka bumi. Untuk bisa mencapai lokasi itu, mereka dipaksa melintasi tempat terpanas dan terendah di muka bumi, serta berdamai dengan bukit debu setinggi 100 kaki, dataran berbatu yang luas dan panas menyengat melebihi 50 derajat Celsius.

iklan iwb

Meski tak ada modifikasi pada mesin, tetapi kaca yang tahan banting, roda untuk segala situasi, suspensi dan peredam goncangan ditambahkan pada bagian luar mesin untuk memastikan bahwa semua hal tersedia untuk menghadapi situasi yang terburuk dan terpanas. Sebuah rangkaian besi dibagian luar yang didesain untuk melindungi pengemudi dan mobil juga dipasang. Saringan udara baru juga dipasang untuk menghadang tumpukan butiran pasir dan debu yang melesat ke arahnya. Pipa karet baru dan sabuk pengaman dipasang ke mesin, disebabkan setiap ke-aus-an pada mesin dalam perjalanan akan sangat berbahaya dan memperparah keadaan di bawah suhu panas yang melebihi 50 derajat Celcius.TVSMotor

Beberapa fakta dan kendala ketika oli kendaraan diajak melaju dilingkungan ekstrim :

  • Cuaca panas lebih dari 50 derajat Celcius di Gurun Taklimakan, Cina meningkatkan beban pada mesin Nissan Patrol?s, menghasilkan suhu panas di dalam mesin utama. Selama perjalanan, suhu di dalam mesin biasanya mencapai lebih dari 80 derajat Celsius, yang menjadi ujian sebenarnya bagi kemampuan Shell Helix Ultra untuk melumasi mesin secara efektif pada suhu tinggi.

  • Di bawah beban berat kondisi panas yang ekstrim, mesin dapat semakin parah disebabkan efek oksidasi dan pengikisan.

  • Pengikisan ? Dalam suhu yang sangat panas, bagian yang bergerak cepat dapat memecah pelumas ke partikel kecil. Dampaknya, pelumas lebih encer dan tak mampu melindungi mesin mobil secara efektif. Kemampuan Shell Helix Ultra yang mampu mempertahankan viskositas pelumas untuk menjaga dan melindungi mesin, teruji saat mesin melewati salah satu tempat terpanas di dunia.

  • Oksidasi – Di Gurun Taklimakan China, suhu mesin tinggi dapat menyebabkan minyak terpecah. Proses ini dikenal sebagai oksidasi. Semakin panas mesin maka semakin cepat laju degradasi, yang dapat menyebabkan terbentuknya partikel kerak hitam. Munculnya partikel ini dapat menyebabkan penurunan tingkat efisiensi mesin, mencengah pelumas mencapai bagian paling penting dalam mesin, dan meningkatkan kadar asam yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi mesin. Stabilitas oksidasi pelumas Shell Helix artinya, meminimalkan efek dari proses ini dan memungkinkan mesin tetap beroperasi di bawah suhu panas lebih dari 80 derajat Celsius di Gurun Taklimakan.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=KHw0YnlOWOM&feature=youtu.be]

Nissan Patrol sengaja diisi dengan pelumas full sintetis Shell Helix Ultra, yang akan menghapus hingga lima kali lebih banyak semua debu dan kotoran, melindungi mesin hingga tiga kali lebih baik dan mengurangi hingga dua kali lipat pelumas mineral biasa yang digunakan mesin kendaraan. Shell Helix Ultra telah pindah dari dinginnya suhu minus 50 derajat Celcius di Siberia, Rusia yang telah ditayangkan pada episode pertama dan beralih ke panasnya suhu 50 derajat Celcius ?Gurun Kematian? di Cina. ?Tak perduli bagaimana pun ekstrimnya cuaca, Shell Helix Ultra tetap menjaga mesin dan ini sangat mengesankan,? ungkap Paul Marsh, mantan pembalap dan mekanik petualangan.

Menurut MacKenney, pimpinan ekspedisi ?Shell Helix Driven to Extremes? dan mantan tentara kerajaan bahwa perubahan kondisi alam dapat sangat berbahaya bagi para wisatawan daripada kekurangan air dan cuaca panas. Bahkan jika kehilangan arah pun, Anda tak bisa lagi mendapati jejak langkah sebelumnya. Tak akan ada jalan untuk menemukan kita jika kita menemukan masalah. Kami sudah berlatih bersama tim untuk mempersiapkan kondisi yang tak terduga di perjalanan. Rahasia dibalik kemampuan Shell Helix Ultra untuk bisa berfungsi efektif dan konsisten dalam kondisi ekstrim adalah lubrikasi yang cepat untuk komponen penting dalam mesin. Sekaligus fungsinya melindungi dari karat, menjaga mesin tetap bersih dan mencegah dari pemanasan berlebihan.

Untuk mengetahui bagaimana penampilan Henry Cavill, Neil Hodgson dan Shell Helix Ultra di panasnya suhu padang pasir, saksikan episode kedua ini di saluran Discovery Channel pada 20 Maret 2013. Anda juga dapat mengunjungi dan menyaksikan ?Shell Helix Driven to Extremes? di saluran Youtube (www.youtube.com/driventoextremes) untuk menyaksikan cerita dibalik episode satu dan dua…….(Shell PR)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

110 COMMENTS

  1. Mas boleh Urun saran ga yah sebagai pembaca artikel setia,,, sebelumnya mohon maaf sih kalo ga berkenan,, untuk Baner iklan bisa ga yah di taruh di samping artikel aja jd kalo pembaca liat kaya ga ngeganggu gitu dan kalo Banner Iklan di pasang di sampng artikel, banner akan tetap mengikuti scroll jika di gerakan ke bawah ,, kan ga seru, lg asik baca serius,, tiba2 gambarnya yang muncul malah gambar ga nyambung (gambar kuda Tvs dll),, ya mas iwan bisa aja bilang,,” Blog-Blog saya ini suka2 gw dong” tp itu sebatas saran aja,,, itu jg kalo berkenan,,, Semoga Blog tambah keren,, salam.

  2. Sahid M Ummah pada
    Maret 24, 2013 pada 9:36
    PM
    Mas boleh Urun saran ga
    yah sebagai pembaca
    artikel setia,,, sebelumnya
    mohon maaf sih kalo ga
    berkenan,, untuk Baner
    iklan bisa ga yah di taruh
    di samping artikel aja jd
    kalo pembaca liat kaya
    ga ngeganggu gitu dan
    kalo Banner Iklan di
    pasang di sampng artikel,
    banner akan tetap
    mengikuti scroll jika di
    gerakan ke bawah ,, kan
    ga seru, lg asik baca
    serius,, tiba2 gambarnya
    yang muncul malah
    gambar ga nyambung
    (gambar kuda Tvs dll),, ya
    mas iwan bisa aja
    bilang,,? Blog-Blog saya
    ini suka2 gw dong? tp itu
    sebatas saran aja,,, itu jg
    kalo berkenan,,, Semoga
    Blog tambah keren,,
    salam.

    —–

    Mending taruh di TV aja bro..
    hehehehehe..
    becanda bro. 😀

  3. @ 23. ochimkediri
    Inggih mz….sesuk tak rilis. Kediri kurang….Tulungagung ojo lali juga dicolek xixixixi…
    @ 25. Sahid M Ummah
    Maturnuwun sarannya mzbro. Maaf kalau mengganggu keasyikan baca….
    @ 29. Scorpio225
    Oraaa mzz, tenang aja. Besuk saya rilis :mrgreen: ….

  4. Klo cuma suhu extream utk mesin gampang aja sih. Tinggal lepas sikring van radiator, dijamin suhu langsung naik drastis

  5. ane komen masalah iklan aja deh…
    Memang sih sedikit mengganggu,tp ga ngaruh bgt.lagian iklan kan harus d pasang d tempat yg gampang terlihat,masa pasang iklan d tmpat agak ngumpet…IMHO
    *piss bro hehehe

  6. kang iwan,,,numpang lewat nich,,,,,,ada tips2 buat bikers
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/24/trik-kuras-akibikin-hemat-kantong-kering/

  7. ane sebagai salah seorang pengagum honda,merasa bangga dgn prestasinya.seperti cerita yg akan ane tulis skrg.ceritanya begini….
    It’s show time…

    Sepak terjang honda d dunia otomotif memang tak usah d ragukan lg,setelah penjualan yg moncer,fitur yg benamkan pd mtr/mbl dan menciptakan robot penomenal yg bernama NEMO.akhirnya hondapun d kabarkan berhasil membuat roket,tak tanggung2 roket ini d klaim bs sampe matahari dgn selamat.
    Maka hondapun memamerkan roketnya dgn mengundang saingannya yaitu yamaha,kawasaki,dll.

    Honda:”liat nih honda bs buat roket,kalian bs buat apa??”

    Kawasaki:”emang apa keistimewaan roket honda??”

    Honda:”ini roket sngt canggih,kalo roket amrik bs mendarat d bulan.maka roket kami bs mendarat d matahari dgn selamat.”

    Yamaha:”lah…matahari kan panas,apa g kebakar?”

    Honda:”naahhh…ini yg sudah kami perhitungkan,untuk mengindari kejadian spt itu.maka kami dah menghitung dgn cermat biar bagaimana roket ini sampe d matahari tepat pd saat malam hari.”

    🙂

  8. mas iwb…saya mau ngasih saran ni….gimana klo setiap komentar dri para komenter di saring dulu alias dimodernisasi…..karna mas iwb…BLOG LEBIH BAIK SEPI KOMENTAR DENGAN ISI PENCERAHAN DARI PADA ARTIKEL RAME KOMENTAR DENGAN KOMENTAR SALING CACI MAKI…MENYERANG PERSONAL SEENAKNYA…SAYA REVIEW DRI ARTIKEL2 MAS IWB YG SUDAH KOK MAS IWB CENDERUNG MEMBIARKAN….?APA MAS IWB CUAM NGEJAR HITSS DOANG????MUDAH2KAN ENGGAK YA…APLAGI KOMENTAR DRI BBRPA OKNUM FBH VS FBY…..banyak kata2 kotor ga berpendidikan yg kluar mas…..tak tunggu mas tanggapannya…!!!okeee

  9. @ivank

    Ohh..itu cerita copas yg yu bangga2kan?hahaha,..
    Kalo secara logika, matahari itu mau malem atau siank, tetep aja panas, sayangnya yu ga punya logika, alias itu otak kebanyakan imajinasi kaya film kartun.hahaha,..

    Well ao apresiasi karangan yg akhir2 ini mengalahkan karangan anak2 tk,..

  10. HAHAHAHAH HAHAHAHAH HAHAHAHAH
    dua hari ini saya ngakak teruuuuussssssss HAHAHAH HAHAHAHAH HAHAHHAHAH

  11. @ngetes aja
    Laahh…kok nyalahin logika ane.kan ente baca itu yg kasih argumen kan ceritanya yg bikin roket alias honda.jd yg d cerita itu logika dr pembuat roket wkwkwkwk
    *makin aneh nih om ngetes aja…

  12. @ivank

    Laahh?kok nyalahin logika ane.kan ente baca itu yg kasih argumen kan ceritanya yg bikin roket alias honda.jd yg d cerita itu logika dr pembuat roket wkwkwkwk
    *makin aneh nih om ngetes aja?
    ————————————————————————————–
    Loh, kalo mbok ya cuma copas dipikir2 dulu, nyambung ga, makanya kalo apa2 tuh dipikir dulu pake otak, kau ini fby baru, jangan kaya senior2 kau yg otaknya udah digadein.hahaha,…

    Monggo silahkan dibantah

  13. Yg ai lucu, kalo thread tentang oli ini, ada yg bilang pake oli lokal yg harganya dibawah 50rb, serasa pake oli luar negri yg harganya ratusan ribu.hahaha, ai cm bisa ngakak liat ke anehan tsb,.. 😀

  14. Kalo oli lokal dibawah 50rb= oli internasional seharga ratusan ribu

    Ai kalo liat thread2 tentang motor, ato klub2 motor, mereka nyaranin oli internasional yg harganya emank ratusan ribu, baru deh yg duitnya cekak pake oli lokal seharga dibawah 50rb 😀

    Ai pake oli mot*l, dan kadang castr*l yg full sintetik seharga 70rb an, masa iya sama kaya oli lokal seharga dibawah 50rb? Sia2 dong oli yg ai beli kalo kalah bagus?hahaha,..

  15. @ngetes aja
    Coba ane tanya,nyambung kemana mksdnya???
    Yg g nyambungkan s pembuat roket
    *komen ane d bilik sblah nyangkut,pdhl kata2nya sopan bgt wkwkwkwk

  16. @ivank

    Coba ane tanya,nyambung kemana mksdnya???
    Yg g nyambungkan s pembuat roket
    *komen ane d bilik sblah nyangkut,pdhl kata2nya sopan bgt wkwkwkwk
    —————————————————————————————
    Itu hanya yu aja yg asal copas, udah tau itu cerita ga nyambung, masih aja dicopas, mbok ya cari cerita yg bagus dan nyambung toh, kali ini yu gagal ngarang ceritanya,..

    Ai bikin simpel, kayanya yu masih ga ngerti
    Matahari itu panas kan, mau siank mau malem,
    Kalo malem ga ada matahari karena matahai menyinari daerah yg lain (di bumi)
    Kalo roket kan ke luar angkasa toh (Luar bumi)
    Matahari tetep panas kan? Ya ancur lah tuh roket, paham?

  17. Sepak terjang hndprt d dunia otomotif memang tak usah d ragukan lg,setelah penjualan yg moncer,fitur yg benamkan pd mtr/mbl dan menciptakan robot penomenal yg bernama NEMO.akhirnya hndprtpun d kabarkan berhasil membuat roket,tak tanggung2 roket ini d klaim bs sampe matahari dgn selamat.
    Maka hndprtapun memamerkan roketnya dgn mengundang saingannya yaitu ymh,kawak,dan suzy.

    Hnd:?liat nih kami bs buat roket,kalian bs buat apa???

    Kawak:?emang apa keistimewaan roket hnd???

    Hnd:?ini roket sngt canggih,kalo roket amrik bs mendarat d bulan.maka roket kami bs mendarat d matahari dgn selamat.?

    Ymh:?lah?matahari kan panas,apa g kebakar sebelum nyampe??

    Hnd:?naahhh?ini yg sudah kami perhitungkan,untuk menghindari kejadian spt itu.maka kami dah menghitung dgn cermat biar bagaimana roket ini sampe d matahari tepat pd saat malam hari.?

    Suzy: “wow…it’s really stupid. Ternyata belum terbukti. Siapa kepala risetnya”

    Hnd:”mr ngences aja dan team FBH. .Udah pasti terbukti, krn kami sdh hitung dari 19KM pertama dan biarkan matematika melanjutkan”.

    Ymh:”pasti kalian sedang bercanda!”

    Hnd *dengan mimik serius:”apa siih yg gak bisa dibikin hnd? kami sdh no.1 selama puluhan tahun”

    Kawak:”ngibul!!”

    Hnd *semakin serius mimiknya dan agak gelisah krn ketauan lagi dan lagi:”well, kami sudah siapkan RAJA roketnya bila yg prajurit roket yg ini gagal”.

    HAHAHAHAH HAHAHAHAHAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here