iklan iwb
iklan iwb

Shell DrivenBro dan sis sekalian…..tidak banyak yang tahu bahwa ketika suhu panas mendera oli, dapat menyebabkan partikel liquid minyak terpecah. Proses ini dikenal sebagai oksidasi. Semakin panas mesin maka semakin cepat laju degradasi, yang dapat menyebabkan terbentuknya partikel kerak hitam. Munculnya partikel ini dapat menyebabkan penurunan tingkat efisiensi mesin, mencengah pelumas mencapai bagian paling penting dalam mesin, dan meningkatkan kadar asam yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi mesin. Nah….inilah yang nampaknya ingin dibuktikan oleh Shell dalam Shell Helix Driven to Extremes episode dua…..460x170iwanbanaran_newfino

Melaju di atas kendaraan berkecepatan 100 mil per jam. Di bawah terik matahari menyengat dengan suhu lebih dari 50 derajat Celcius di gurun Taklimakan, Cina – biasa disebut juga “Gurun Kematian” – pasti tak diinginkan banyak orang. Tapi bagi pihak Shell, mantan pembalap dunia, “Superman” dan para mekanik yang tergabung dalam sebuah tim, kondisi ini justru menjadi situasi paling sempurna untuk menguji keandalan pelumas kendaraan Shell Helix Ultra hingga batas ekstrim. Kisah mereka inilah yang terangkum dalam episode kedua serial televisi “Shell Helix Driven to Extremes” yang akan ditayangkan pada 20 Maret 2013 jam 19.00 di Discovery.

Dalam episode kedua ini, perjalanan melintasi gurun dilakukan tetap menggunakan Nissan Patrol yang telah dimodifikasi. Perjalanan ini dimulai dari Kota Hami, Cina ke Urumqi, kota terjauh dari lautan mana pun yang ada di muka bumi. Untuk bisa mencapai lokasi itu, mereka dipaksa melintasi tempat terpanas dan terendah di muka bumi, serta berdamai dengan bukit debu setinggi 100 kaki, dataran berbatu yang luas dan panas menyengat melebihi 50 derajat Celsius.

iklan iwb

Meski tak ada modifikasi pada mesin, tetapi kaca yang tahan banting, roda untuk segala situasi, suspensi dan peredam goncangan ditambahkan pada bagian luar mesin untuk memastikan bahwa semua hal tersedia untuk menghadapi situasi yang terburuk dan terpanas. Sebuah rangkaian besi dibagian luar yang didesain untuk melindungi pengemudi dan mobil juga dipasang. Saringan udara baru juga dipasang untuk menghadang tumpukan butiran pasir dan debu yang melesat ke arahnya. Pipa karet baru dan sabuk pengaman dipasang ke mesin, disebabkan setiap ke-aus-an pada mesin dalam perjalanan akan sangat berbahaya dan memperparah keadaan di bawah suhu panas yang melebihi 50 derajat Celcius.TVSMotor

Beberapa fakta dan kendala ketika oli kendaraan diajak melaju dilingkungan ekstrim :

  • Cuaca panas lebih dari 50 derajat Celcius di Gurun Taklimakan, Cina meningkatkan beban pada mesin Nissan Patrol’s, menghasilkan suhu panas di dalam mesin utama. Selama perjalanan, suhu di dalam mesin biasanya mencapai lebih dari 80 derajat Celsius, yang menjadi ujian sebenarnya bagi kemampuan Shell Helix Ultra untuk melumasi mesin secara efektif pada suhu tinggi.

  • Di bawah beban berat kondisi panas yang ekstrim, mesin dapat semakin parah disebabkan efek oksidasi dan pengikisan.

  • Pengikisan – Dalam suhu yang sangat panas, bagian yang bergerak cepat dapat memecah pelumas ke partikel kecil. Dampaknya, pelumas lebih encer dan tak mampu melindungi mesin mobil secara efektif. Kemampuan Shell Helix Ultra yang mampu mempertahankan viskositas pelumas untuk menjaga dan melindungi mesin, teruji saat mesin melewati salah satu tempat terpanas di dunia.

  • Oksidasi – Di Gurun Taklimakan China, suhu mesin tinggi dapat menyebabkan minyak terpecah. Proses ini dikenal sebagai oksidasi. Semakin panas mesin maka semakin cepat laju degradasi, yang dapat menyebabkan terbentuknya partikel kerak hitam. Munculnya partikel ini dapat menyebabkan penurunan tingkat efisiensi mesin, mencengah pelumas mencapai bagian paling penting dalam mesin, dan meningkatkan kadar asam yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi mesin. Stabilitas oksidasi pelumas Shell Helix artinya, meminimalkan efek dari proses ini dan memungkinkan mesin tetap beroperasi di bawah suhu panas lebih dari 80 derajat Celsius di Gurun Taklimakan.

[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=KHw0YnlOWOM&feature=youtu.be]

Nissan Patrol sengaja diisi dengan pelumas full sintetis Shell Helix Ultra, yang akan menghapus hingga lima kali lebih banyak semua debu dan kotoran, melindungi mesin hingga tiga kali lebih baik dan mengurangi hingga dua kali lipat pelumas mineral biasa yang digunakan mesin kendaraan. Shell Helix Ultra telah pindah dari dinginnya suhu minus 50 derajat Celcius di Siberia, Rusia yang telah ditayangkan pada episode pertama dan beralih ke panasnya suhu 50 derajat Celcius “Gurun Kematian” di Cina. “Tak perduli bagaimana pun ekstrimnya cuaca, Shell Helix Ultra tetap menjaga mesin dan ini sangat mengesankan,” ungkap Paul Marsh, mantan pembalap dan mekanik petualangan.

Menurut MacKenney, pimpinan ekspedisi “Shell Helix Driven to Extremes” dan mantan tentara kerajaan bahwa perubahan kondisi alam dapat sangat berbahaya bagi para wisatawan daripada kekurangan air dan cuaca panas. Bahkan jika kehilangan arah pun, Anda tak bisa lagi mendapati jejak langkah sebelumnya. Tak akan ada jalan untuk menemukan kita jika kita menemukan masalah. Kami sudah berlatih bersama tim untuk mempersiapkan kondisi yang tak terduga di perjalanan. Rahasia dibalik kemampuan Shell Helix Ultra untuk bisa berfungsi efektif dan konsisten dalam kondisi ekstrim adalah lubrikasi yang cepat untuk komponen penting dalam mesin. Sekaligus fungsinya melindungi dari karat, menjaga mesin tetap bersih dan mencegah dari pemanasan berlebihan.

Untuk mengetahui bagaimana penampilan Henry Cavill, Neil Hodgson dan Shell Helix Ultra di panasnya suhu padang pasir, saksikan episode kedua ini di saluran Discovery Channel pada 20 Maret 2013. Anda juga dapat mengunjungi dan menyaksikan “Shell Helix Driven to Extremes” di saluran Youtube (www.youtube.com/driventoextremes) untuk menyaksikan cerita dibalik episode satu dan dua…….(Shell PR)

iklan iwb
Previous articleBajaj dirumorkan akan menarik diri dari Indonesia secara pelan-pelan…..
Next articleTes komsumsi bahan bakar Xeon RC…..non eco riding pastinya!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!