iklan iwb
iklan iwb

New-Honda-CBR150R-SwitchgearTidak seperti diIndonesia…membaca berita media online India, IWB baru sadar bahwa CBR150R untuk pasar negara Bollywood ternyata masih dibekali switch pemutus lampu utama. Fakta ini bisa kita gali dari gambar yang dilampirkan Motorbeam diatas……460x170iwanbanaran_newfino

Semua pasti tahu bahwa Honda CBR150R diracik dan dikeluarkan oleh Thailand yang dieksport keseluruh negara importir termasuk Indonesia. Tidak ada modifikasi khusus  dari negara gajah putih sebagai pelopor AHO (auto headlight On)  ketika sikuda besi diboyong keIndonesia sebab persamaan regulasi antara kedua negara. Namun yang membikin IWB heran adalah fakta tentang perbedaan CBR150R India yang tetap dijejali saklar pemutus lampu. Artinya….terjadi modifikasi oleh produsen yang dipegang HMSI. Sebuah keputusan tepat mengingat India belum memberlakukan peraturan tentang lampu motor kudu menyala disiang hari…..

Manuver diatas sebenarnya bukan yang pertama dilakukan HMSI. Bahkan untuk perangkat kaliper rem, mereka tidak sungkan mengganti merk Nissin dengan Bybre. Begitu pula ban. IRC tidak dipilih sebagai karet bundar OEM sang CBR seperti versi Thailand. Melainkan nyomot produk lokal yakni MRF. Nah….yang menggelitik dan sempat diangkat kemedia India adalah kurangnya kualitas finishing sang DOHC engine khususnya segi painting. Padahal….keluhan ini tidak pernah kita temukan dinegara lain. So…kesimpulan sementara, India juga meracik sendiri CBR150R alias bukan mengimpor dari Thailand. Hal ini selaras dengan beberapa info yang IWB kumpulkan sebelumnya…..

iklan iwb

Last.…baru-baru ini Honda India juga merevisi konsol stang CBR150R versi 2013. Jika dulu dibekali pass switch lamp, untuk versi baru dihilangkan. Kompensasinya….pihak pabrikan memberikan opsi tuas lampu senja (gambar terlampir dibawah). Btw….sebagai biker, kadangkala kita merasa bahwa produsen dinegara India begitu memanjakan konsumen disana namun tidak diIndonesia. Semua dituruti hingga perakitan sport fairingpun dilakukan secara lokal untuk menekan banderol. Daya saing meningkat….market share terdongkrak. Disini??…..kuantitas yang seimprit membuat produsen enggan melakukannya. Apes tenan..…(iwb)Old-Honda-CBR150R-SwitchgearTVSMotor

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!