iklan iwb

Doni Tata….pembalap ini begitu mengkilap ketika membalap dikelas underbone bebek. DipolesYamaha…rider berasal dari Yogya ini begitu mendominasi diberbagai kejuaraan nasional. Sayang….prestasinya jauh dari harapan ketika Doni dibawa kekancah balap internasional Motogp. Kendala cuaca, homesick atau kurang kompetitifnya tunggangan dituding sebagai biang keladi nyungsepnya prestasi Doni. Akan tetapi….masalah utama ternyata tidak sesimpel itu. Setelah melakukan analisa serta study mendalam, YIMM menemukan titik lemah dari mayoritas pembalap lokal. Opo kuwi??….460x170-2iwanbanaran_newfino

Pembalap kita jago betot gas…..mengambil racing line sesuai pengalaman, merebahkan badan hanya menggunakan feeling tanpa mampu menerangkan dalam teori tertulis. Hal ini beda dengan pembalap internasional seperti Lorenzo serta rider lain yang sudah dicekokin ilmu teori sejak usia belia. Semua berjenjang mengikuti karir yang ikut menanjak. Contoh simpelnya adalah mata. Mayoritas belum tahu fungsi kekuatan mata secara dasar teori. Begitu pula kenapa kita harus rebah dan badan rada menggantung ketika cornering. Jawaban mayoritas rider lokal “ya memang harus begitu pak…kalau tidak ya tidak bisa belok”. Nah….tentu hal ini beda dengan pembalap bule…..

Menurut pak Yusri? (JDDC)….ketika motor digeber dan kemudian braking….diteruskan cornering, ada 3 gaya yang menyerang motor yakni sentrifugal, gravitasi dan kinetik. Karena itu…..rider harus menetralisir dengan menggeser badan kearah berlawanan tanpa menutup gas penuh (digantung). Semakin berat bobot, gaya kinetik yang mendera rider akan makin besar praktis braking area juga makin mundur. Pria jebolan teknik riding dari California USA ini cukup kaget sebab dasar-dasar teori ini tidak diketahui oleh pembalap kelas wahid lokal. ” Pelatih sekarang hanya mengatakan….hayo ikuti racing line saya, kalau sudah identik berarti kalian sudah oke..” seru pak Yusri. Hasilnya?. Skill jadi mandul ketika dihadapkan pada cuaca dan trek berbeda. Hhhmmm…menarik juga nih!Yamaha racingTVSMotor

iklan iwb

Atas dasar itulah…pihak YIMM sadar bahwa untuk menghasilkan pembalap top tidak bisa instan. Butuh proses berkesinambungan lewat edukasi teori sejak dini. Mereka tidak mau matang karbitan. Oleh sebab itu ditahun 2013 ini basis ilmu tentang teknik diberikan kepada 74 rider mereka. Selain teori skill….yang menarik ada kurikulum baru yang kudu mereka sebarkan nantinya kepada teman-teman sekolah atau lingkungannya yakni Yamaha Safe Riding Science (YSRS). “Kalau kita yang sosialisasikan….asumsi audiences akan beda dibanding dengan teman sendiri. Promosi merk nih….mungkin itu contohnya. Oleh karena itu…..dengan menggandeng rider-rider kita untuk menyebarkan? safety riding, mewajibkan pembalap Yamaha menguasai dan menyadarkan teman-temannya untuk menggunakan protector lengkap selama berkendara dijalan bakal lebih efektif. Apalagi pembalap biasanya menjadi roll model bagi teman-teman sebayanya. Kita harapkan mereka bisa menjadi duta safety riding…” ujar Pak Saiful Anwar (Supervisor Motorsport Yamaha)….

Last….ketika ilmu yang disandang masih dangkal, memang bakal berat berkompetisi dengan kompetitor yang matang alami…berjenjang tidak karbitan. IWB jadi teringat…..ketika Lorenzo jajal sirkuit karting Sentul menggunakan JupiterZ1. Sigh seeing lap sekali…..langsung geber kedua kalinya, semua pembalap nasional keponthal-ponthal ngejar sipembalap Spanyol. “basicnya sudah kuat…..tidak perlu adaptasi lama mereka sudah mampu mengukur racing line, titik-titik braking dan open throttle dikombinasikan power simotor. Kalau pembalap kita mungkin butuh seminggu untuk melakukannya” tutup pak Yusri lagi. Weleh….gitu ya ternyata. Baru tahu juga nih :mrgreen: …..(iwb)
Foto-foto YSRS Sentul
Yamaha racing Yamaha racing?????? Yamaha racing? Yamaha racing Yamaha racing Yamaha racingYamaha racing?? ?? Yamaha racingYamaha racing

166 COMMENTS

  1. teori itu emang penting , tp praktek itu gx kalah penting . lha gimana skill , nyali, pengalaman,feeling,dan menang di jenjang international lw dr awal cuma di kasih balapan entok kwek kwek kwek melulu ! makanya keluarin tuch nvl nya ! masak kalah ama DOHC abal2 . katanya teknologi moto gp ! nah lho……

  2. @ kuntul .
    gw dukung klo sales2 yamaho mcm PEYEK ,JAOS,QWERTY di kirim ke GP .
    tp……
    GP : goyang pantat
    wkwkwkwkwk

  3. Perlu d bkinin sekolah balap nih buat anak” om iwan, biar kaya om lorenzo. . Wkwkwkwkwkwk 😀

    riosetia93.wordpress.com/2013/03/06/headlamp-cb150r-berembun-part2/

  4. idih… itu yang di atas new vixion yang lagi jumping tuh norak banget gayanya..
    mana ada orang eropa yang gaya ridingnya begitu.
    orang indonesia ini bukan gak tau gaya/tehnik riding yg bagus tapi justru lebay n terlalu berlebihan.

  5. kita emg jauh trtinggal d bndingkan bule.
    Nah kalo da sadar,mulai dri skrng prbaiki smuanya.
    Jgn matang d karbit,makanya cpt busuk..!!
    Matang di tandan itu lbh alami..

  6. lihat posisi tubuh rider indonesia waktu di atas motor bebek maupun batangan, pisisi tubuhnya alay..
    liat tuh seperti di gambar.. rata2 ya begitu.

  7. lihat gambar pertama di deretan paling bawah, yang motor jupiter z di belakang nvl, lihat posisi tangan si pengendara jupiter z nya.. gaya khas pengendara alay,, tangan kanan dan kiri gak sejajar, yang kanan di tekuk ke dalam..
    huuu… kayak gitu gimana mau bersaing sama orang eropa.. orang eropa itu jago karena mentalnya kuat, gak ada alay-alayan.. beda dengan rider di negara ini yang di kedepankan cuma sekedar gaya, gaya-gaya alay lebay.. cuma sekedar gaya sok pembalap, gaya anak alay.

  8. yg tmbh bikin gw ngakak ,
    katanya nvl punya teknologi moto gp tp kq takut buat balap.
    GP : goyang pinggul ya..?
    wkwkwkwl

  9. ah salah tuh mas iwan, bercanda tuh yamaha, balap OMR lebih baik buat prestasi mas iwan, tuh buktinya honda milih ngadain OMR mesin helikopter daripada ngasih teori kayak diatas,, hahaha :mrgreen:

  10. @ peyek :
    yek lu mau ikut moto gp jg ?
    wkwkwk….
    klo buat lu
    GP : goyang perut .
    alias kroncongan

  11. kang iwan

    hhmmm….. apa ini artikel yang kang iwan maksud jawaban petinggi yimm atas OMR cebong…. ??

  12. Masa depan pembalap yamaho smakin gak jelas !
    cuma disuruh muter2 pake itik bin bebek.
    disinyalir sdh gak ada duit lagi.

  13. pembalap kita kebanyakan pembalap bebek, jadi gaya balapnya tangan di tekuk ke dalem, lutut di tekuk penuh ke dalem smpe ke dua lutut bersinggungan.. jadi begitu di ajak naik kelas ke motor batangan, posisi dan tehnik dasar bebeknya masih kebawa-bawa deh..
    bukan salah motornya berarti, tapi salah negara kita ini yang terlalu banyak korupsi.. sehingga banyak rakyat miskin.
    coba kalo negara kita ini bebas korupsi, rakyat makmur sejahtera dan memiliki mtor batangan cc gede pasti bukan perkara yang sulit.
    negara kita kan negara kaya, jadi kalo gak ada korupsi pasti masyarakatnya juga kaya2.
    tapi berhubung negara korup jadi ya kebanyakan anak mudanya bebekers alay…
    hidup bebek…

  14. klo bosnya peyek cerdas ,
    sales2 mcm peyek ,jaos ,qwerty jangan d kasih pulsa buat ol.
    suruh aja sebar brosur terus . dr 1000 brosur ,klo laku satu kan lumayan .
    tul gak yek ?

  15. yang lebih parah lagi,, kalo orang udah kebiasaan pake motor bebek dari kecil, pasti kalo naik motor mulai dari badan sampai kakinya melenceng-melenceng. mengot-mengot. ya persis kayak bebek..
    mungkin itulah sebabnya kebanyakan pabrikan india gak menciptakan bebek, agar rider di negara mereka tegap. dan tangan dan kaki gak di tekuk ke dalem kaya cewek dan posisi tubuh gak kebiasaan melenceng-melenceng.

  16. Masa depan pembalap yamaho smakin gak jelas !
    cuma disuruh muter2 pake itik bin bebek.
    disinyalir sdh gak ada duit lagi—-
    daripada homo(honda motor) bebek kalah motogp kalah apa yg di banggain……………

  17. 69. Hassu – Maret 9, 2013
    Masa depan pembalap yamaho smakin gak jelas !
    cuma disuruh muter2 pake itik bin bebek.
    disinyalir sdh gak ada duit lagi.————daripada pembalap HOMO(honda motor) bebek kalah motogp kalah apa yg di banggain

  18. ngomong2 itu menyarankan safety riding ya..??
    kok gak pake race suit minimal jaket lah,, & masih ada yang pake helm gak full face.
    secara katanya kan sekalian mengajarkan tehnik balap ??? yang namanya tehnik balap itu high speed donk..
    jadi kalo kayak gambar di atas itu ya jelas safety ridingnya gak dapet, terus belajar tehnik balapnya cuma mainan & gaya2an doank.. berarti gak salah donk yang ane bilang pembalap kita itu cuma sekedar gede gayanya doank.. lebay..
    belajar juga nanggung2 cuma sekedar buat gaya2an.

  19. kasian ente nak… 😆
    weekend kayak gini… masih juga di kasih target ngebacot di warung otong motif sama sesembahan ente… 😆

  20. ngomong2 itu menyarankan safety riding ya..??
    kok gak pake race suit minimal jaket lah,, & masih ada yang pake helm gak full face.
    secara katanya kan sekalian mengajarkan tehnik balap ??? yang namanya tehnik balap itu high speed donk..
    jadi kalo kayak gambar di atas itu ya jelas safety ridingnya gak dapet, terus belajar tehnik balapnya cuma mainan & gaya2an doank.. berarti gak salah donk yang ane bilang pembalap kita itu cuma sekedar gede gayanya doank.. lebay..
    belajar juga nanggung2 cuma sekedar buat gaya2an. ya wajar lah kalo gak ada yang jadi.
    nanggung permainan.

  21. HAH d suruh belajar teori ??

    justru pembalap d sini ga kuat teori jadi terjun ke balap

    beda ama bule zzz

  22. jadi inget lorenzo nikung pake jupiter Z1 rebah banget, trus diikutin pembalap lokal yg nikungnya alamaaakk jauh lebih tegak dari lorenzo, baguslah, teori itu penting sebelum praktik. lanjutkan, gak ada kata tepat untuk belajar

  23. Hehehe baca artikel ini jadi inget mental pembalap jalan raya yg merasa hebat karena bisa ngebut duluan padahal karena yg lain kuatir ketabrak dan milih ngasih jalan duluan. Sementara ketika diajak balapan di pasar senggol aja udah keok…begitulah bedanya balapan cuma ngandelin nyali sama balapan ngandelin skill.

  24. MASIH BAGUS SADAR WALAUPUN TERLAMBAT.
    ADA YANG SAMPAI SEKARANG GAK SADAR – SADAR, BUKANNYA BELAJAR MALAH PAKAI METODA CULAS.

    KARBIT PEMBALAP MUDA ITU MAH CARA LAMA, ADA YANG LEBIH INSTAN…NYOLONG (BACA: REKRUT) PEMBALAP TETANGGA YANG SUDAH JADI!

    TAU KAN SIAPA YANG SAYA MAKSUDKAN????

  25. pertamx,,,
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/09/tips-pasang-saklar-lampu-untuk-motor-baru/

  26. ibarat pemain bola yang dipelajari justru bagaimana melewati lawan, melakukan tendangan bebas yang langsung gol… padahal skill mendasar dan yang terpenting adalah kemampuan mengumpan, mengontrol bola, dan stamina…

    #kok bola?

  27. yamaha boleh juga nih…
    salut..
    kalo nyali pembalap kita TOP..cuma pengambilan racing line memang ga boleh hanya berdasar nyali aja…memang kadang pembalap yg baik bukan seorang guru yg baik…

  28. Mantab buat YIMM!
    hehehe. ikutan dong balap jajaran motor sportnya seperti AHM!
    AHM lagi serius nih buat mencari pembalap motor sport untuk di godok biar matang sebelum Honda Global merekrut ke kelas yang lebih tinggi!!!!
    seperti link yang saya dapatkan dibawah ini,,,

    http://www.motogp.com/en/
    news/2013/LCR+Honda+MotoGP
    +assessing+Asian+riders
    ???????????
    2014 SIAP SIAP INDONESIA
    DIKUNJUNGI TEAM HONDA
    RACING Corp.
    saya pingin ada pembalap dari
    negara kita bisa ikut
    mengharumkan nama di pentas
    balap dunia!

Comments are closed.