iklan iwb
iklan iwb

CB150RSebelumnya IWB ucapkan terima kasih atas perhatian serta sumbangsih bro pembaca Blog IWB yang begitu luar biasa untuk urun rembug membahas keluhan beberapa penyemplak CB150. Artikel ini sekaligus mencoba memberikan pencerahan dari artikel sebelumnya yang masih belum terjawab tuntas….460x170-2iwanbanaran_newfino

Berbekal video yang dilampirkan para pembaca warung…secara pribadi IWB kini mendapatkan gambaran gamblang. Suara jebule memang lumayan mengganggu khususnya ketika idle. Tidak heran bro-bro yang mengalami merasa risih dan mencoba mendapatkan kepastian penyebab masalah yang terjadi. Syukurlah, pasca merilis artikel tersebut…..beberapa informasi berguna masuk kenews room IWB mencoba mengungkapkan fakta sebenarnya. Setelah mencocokkan dengan kondisi lapangan…..analisa sementara timbulnya bunyi “klotok-klotok” adalah…..

Dikarenakan kerenggangan atau clearance (axial) antara camshaft dengan camshaft holder L melebihi batas toleransi (diatas 0.15 mm) sehingga mengakibatkan suara “klok-klok” yang muncul diarea silinder head (Camshaft). Secara engine memang tidak akan mempengaruhi kinerja atau performa namun lebih kepada noisy sound diarea yang disebutkan. Terus gimana untuk menghilangkannya?. Tidak ada jalan lain kecuali part camshaft assy ( In dan Ex) diganti total. Kendati tidak official diumumkan oleh AHM…..pihak dealer siap membantu keluhan konsumen tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Penggantian part masuk klasifikasi urgent namun melalui prosedur normal warranty (membawa buku garansi pastinya). Nomer kode part yang bisa IWB kantongi untuk diganti adalah 1411A-K15-900 (Camshaft In) dan 1421A-K15-900 (Camshaft Ex)…..TVSMotor

iklan iwb

Yup….itulah hasil analisa sementara atas biang masalah berisiknya beberapa engine siCB150R. Semoga sedikit bisa memberikan pencerahan kepada bro-bro penyemplak Street Fire. Yang patut dicatat disini adalah…..produsen disinyalir tidak tutup mata serta mencoba terus menyempurnakan produknya. Dan yakinlah….ketika isu sudah mencuat, atensi terhadap problem noisy sound engine DOHC sang CB pasti masuk prioritas mereka. Kalau tidak….konskwensinya berat kangbro. Sebab kompetisi sudah menginjak taraf high-level. Ibarat Mantili diSaur Sepuh…sang jagoan sudah mencabut pedang  Setan…..atau Brama Kumbara dengan ajian Lampah-lumpuhnya :mrgreen: . So…..bunyik klotok-klotok mesin CB150R??. Langsung diklaim aja mzbro….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!