iklan iwb
iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..banyak pertanyaan dilontarkan ke IWB akan gejala tidak wajar pada CB150R. Bunyi yang menurut mereka sangat mengganggu keluar disekitar engine. Tentu saja sebagai Blogger yang pernah nunggang serta mereview langsung….IWB rada susah menganalisa kecuali mendengarkan dengan telinga sendiri. Lawong unit yang IWB jajal tidak ada keanehan yang dikeluhkan...lakyo mumet jal. Namun….IWB tidak berdiam diri. Segala keluhan tersebut IWB catat dalam memori….mencari kesempatan tepat agar unek-unek mzbro bisa IWB sampaikan ke orang yang berkompeten. Dan masa itu akhirnya tiba…….iwanbanaran_newfino460x170-2

Sharing langsung dengan pak Sarwono Edhi serta pak Endro yang bernaung dibawah senior analyst, technical training department serta service division AHM tentang bunyi klotok-klotok yang dikeluhkan beberapa penunggang CB150R, pak Edhi mempertanyakan…asal bunyi dari mana?. Apakah dari crankcase, atau silinder head?. Bunyi tersebut keluar pada saat dingin atau panas?. Karena IWB tidak mampu menjawab secara lugas……Pak Endro kemudian mencoba memberikan analisanya…

Klotok atau ngelitik tentu berbeda. Kalau ngelitik biasanya akibat detonasi karena nilai oktan bensin terlalu rendah. Nah…untuk CB150R, kendati berkompresi tinggi…..seluruh kesatuan mekanisme dipastikan telah didesain bersahabat nenggak Premium. Lho koq bisa?. Menurut pria ramah tersebut….tingginya kompresi bisa diakalin dengan sistem pendinginan yang baik (radiator), adjust ulang timing klep, remapping idle dan advance serta beberapa ubahan teknis yang membuat CBSF disebut Premium ready. Tapi semua bisa mubazir jika kita dihadapkan pada satu fakta mengejutkan yakni  basinya oktan 88 ketika diendapin….

iklan iwb

Menurut pak Edi….oktan bisa turun tidak utuh diangka tersebut. Proses kimiawi ini terjadi jika kualitas BBM kurang bagus. So….berdasarkan beberapa kasus…..oktan yang sejatinya nongkrong di88 jadi melorot ke 86/87 setelah beberapa hari ngendap didalam tanki. Praktis knocking akan terjadi. Karena itu selalu disarankan mengisi bensin diSPBU terpercaya. Jika hal itu sudah dilakukan….kecurigaan pertama dicoret. Artinya….bukan membahas ngelitik lagi melainkan dalam porsi yang lebih berat yakni klotok-klotok (emboh ki….suaranya kayak apa IWB juga belum ngeh :mrgreen: ). Lanjutt kangbro…..

Jika terjadi bunyi yang disebutkan pada paragraf terakhir…..Pak Endro mengatakan….suara tersebut bisa saja timbul karena kerenggangan klep melebihi ambang batas. Nah, untuk memastikan….mekanik kudu melepas head silinder. Seandainya analisa pertama benar, berarti shim kudu diganti dan karena masih garansi, konsumen tidak akan dipungut biaya alias gratis. Suspect kedua….bisa saja asal bunyi dari chamsaft atau noken as. Yang menarik, bro Tri via member  FP FB IWB memberikan tambahan informasi berguna….TVSMotor

“Mas iwan katanya shim-nya atau bantalan yang ditekan noken as. Banyak yang udah klaim dan diganti. Motor dikleim tapi harus nginep soalnya pergantian ada prosesnya. Unit part yang mau diganti dikirim keAHM pusat setelah itu AHM ngirim unit backup. Selama masa proses motor nginep pihak AHASS-nya ngasih motor pengganti selama proses pergantian tapi bukan CB. Jika AHASS yang sudah siap unit backup ya proses cepat..”

Sebuah info yang sangat berguna bagi para penunggang CB. At least...petunjuk dan analisa sudah mengarah kearah yang benar. Yang menggembirakan….pihak produsen tidak berpangku tangan terhadap keluhan. Terbukti secara sigap….unit bermasalah segera difollow up hingga tuntas. IWB harapkan….aksi ini konsisten diterapkan keseluruh jaringan Honda agar tidak berbelit-belit atau mempersulit konsumen. Ingat….ketidak sempurnaan produk bisa tertutupi dengan pelayanan yang jempolan. Anyway…..secara teknis, pak Endro serta pak Edhi tidak berani memberikan statement detil sebab kudu dicek langsung untuk memastikan. So….monggo bawa aja tunggangan kesayangan ke dealer terdekat. Terus piye kesimpulane??…..

Tidak usah kuatir mzbro. Selama masalah datang dari pabrikan, sampeyan tidak dipungut biaya sepeserpun. Apalagi berdasarkan info yang IWB kumpulkan dari salah satu kenalan dikomunitas CB Bandung, sepertinya pihak AHM sudah tahu beberapa keluhan ini. Karena masalah hanya menyerang segelintir produk……maka mereka menyarankan untuk membawa tunggangan kesayangan ke AHASS terdekat guna pengecekan menyeluruh. Bunyi klotok-klotok??. Kalau nggak klep, shim mungkin chamsaft mzbro. Monggo dicek 3 items tersebut. Ada yang mau nambahin??……..(iwb)

iklan iwb
Previous articleNunggang Kawasaki Athlete dikira pelaku curanmor!!. Walah….
Next articleNih dia penampakan CB150R versi racing….
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!