iklan iwb

CBBro dan sis sekalian….sebuah message dikirim via FB bro Eko Kurniawans. Doi owner CB150 yang berdomisili di Bantul Yogyakarta. Sebagai biker yang senang motor kencang, bro Eko mempertanyakan raihan top speed siDOHC kesayangan yang hanya nongkrong dikisaran 123km/jam. Bahkan untuk tembus 125km/jam pun butuh ekstra effort yang ujung-ujungnya juga gagal tidak mampu tembus sesuai target…….

Dalam penuturan yang dilampirkan pada video hasil buatannya….bro Eko sudah nunduk habis guna meminimize hempasan angin. Gear satu menunjuk 39km/jam pada 11.000RPM, upshift gigi dua oper ketiga 68km/jam di 11.500RPM, gear empat meraih 87km/jam….gear lima 108 km/jam dan final gear tertahan diRPM 9000an speed 123km/jam tidak mampu bertambah lagi. Berikut rasa gundah yang dikirim doi ke IWB…..

Mas saya mau tanya mas, sebelumnya saya pengendara vixion, saya memiliki CB150R juga. setelah saya test top speed, yang menjadi pertanyaan benak saya adalah kenapa gigi 5 nya CB nongkrong di 10500rpm? gigi 6 nya hanya nongkrong di putaran 9000rpm lebih dikit ya? kok nggak mau nambah? atau akibat knalpotnya yang masih standart?. (Sebagai informasi motor 3 minggu turun dari dealer, mesin masih standar pabrik, Saya test di jalanan aspal baru, lurus tanpa hambatan, di daerah Bantul, Yogyakarta, gas sampai penuh, badan merunduk total, kamera Samsung, nongkrong di 122km/jam. Tinggi dan berat badan saya 165/60kg).

iklan iwb

Lho…enteng tenan lho padahal bobote.? Ketika IWB analisa…..pola shifting juga sudah pas. Bro Eko mengoper gigi tiap masuk red line agar mampu mengail power pada gear berikutnya.? So….apa yang terjadi gerangan??.

Kalau boleh urun rembug…..motor inreyen secara performa memang belum optimal. Hal ini akibat permukaan metal komponen yang bergerak didalam blok silinder masih kasar belum terbentuk. Karena itulah di 500km pertama pabrikan menyarankan melakukan servis dengan mengganti oli mesin. Tujuannya satu….agar gram-gram hasil gesekan awal mesin terbuang bersama pelumas. Nah….layaknya amplas, mekanisme gerak mesin bakal melicinkan komponen yang bergesekan. Efeknya…..lama-lama engine lebih smooth serta ringan. Teori ini berdasarkan pengalaman pribadi terhadap Megy lawas. 500km pertama mesin nggak lari blas, vibrasi ampun-ampunan. namun setelah masuk jarak tempuh 5000km…..maknyozzz tenan!

Yang kedua….proses eksplorasi melawan arah angin. Dengan kondisi tersebut…hempasan angin bakal menghalangi kecepatan puncak sikuda besi. Soal ini IWB sudah buktikan pada pengetesan pribadi bahwa CB150R mampu meraih 130km/jam (klik artikel lawas). Dan yang ketiga……kemampuan final gear di CB150R belum optimal. Berdasarkan pengalaman IWB…..tendangan gear 6 memang tidak sekuat CBR150R. Bisa jadi hal ini akibat komposisi gear belakang yang dinaikkan guna mengejar accelerasi. Kompensasinya top speed menjadi turun. Fakta lain….IWB menemui limiter tiap motor tidak sama. Ada yang mentok di 10.000….mayoritas di 10.500….bahkan beberapa testimoni mengatakan CB150R mereka baru tercekik saat RPM nyantol di 11.000? Buat bro Eko tidak usah kuatir sebab semua hanya masalah setingan. Artinya….kans siDOHC engine untuk lebih kencang masih terbuka lebar. Btw….tidak percaya performa perproduk tidak sama?.

Monggo intip video terlampir untuk membandingkan…bro Eko vs.? bro Arif. Ketika bro Eko final gear susah mendekati putaran mesin 9.500RPM…..tunggangan bro Arif malah ngacir melewati 10.000RPM. Gimana dengan CB150R sampeyan??. Monggo berikan testimoninya…..(iwb)

Top speed video CB150R oleh bro Eko

Top speed video CB150R oleh bro Arif

1439 COMMENTS

  1. Gak usah kasih embel” dohc kalo trnyata sama lemotnya dgn nuw piksen si ceb1 mgkin adik tiri cbr150 jadi di buat seadanya pake 1/2 dohc plus 1/2 sohc hasilnya LEMOT hehe

  2. mosok sih ada beda settingan ECU? harusnya kan motor standard, settingannya juga standard. Tapi namanya buatan manusia.

  3. koq jauh ya beda topspeed dg nvl,
    On speedo :
    – nvl 129 kmpj
    – cb 122 kmpj

    Versi gps :
    – nvl 125 kmpj
    – cb … ?

    gear 6 cuma 9000 rpm, ada apa nih dg cb?
    Seharusnya 135 kmpj, “katanya” otomotifnet tester.

  4. maaf, share pengalaman pribadi. aq pake new scorpio, velg lebar, ban depan 110/70, belakang 130/70, shock depan byson, swing arm kumis (lebih berat dari std). pernah di jln fight sama cbr 150, mesinku kedodoran, tapi koq pas nyoba sama cb150r koq dengan mudah bisa ngelibas ya? jadi menurutku, mesin cb150r tidak sama persis dengan cbr 150. mungkin ada part yg downgrade.

  5. koreksi saya kalo saya salah….

    kayanya kalo motor keluaran sekarang udah nggak perlu inreyen lagi ya… karena teknologi sekarang
    untuk mesin udah lebih presisi… soalnya saya pernah baca di blog otomotif mana gitu… lupa saya blognya….

    ini sekedar sharing ya….

  6. Saya pernah mencoba nih bro
    Kalau tenaga nya si cb 150 sangat berbeda jauh dari cbr 150.padahal sdh di minumin pertamax plus.
    Gigi 6 nya si cb se akan2 hanya penyelaras dr gigi 5 nya…. Nggk begitu narik di gigi 6 alias kurang Nampol memng

  7. kalo bagi fby video di atas cuma ada satu video dari bro eko (video dari bro arif ga keliatan keknya apalagi di baca penjelasannya)

    jadi ga usah heran ma komentar fby ye…
    di maklumi aja…

    mereka itu smart (dalam hal BC) …. 😉

  8. Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang "CANGGIH"katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang "CANGGIH"katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO'ON..!!!

    @Bro Bimo

    Pake CDI BRT makin
    ngebrettttt !
    http://www.bintangmotor.com
    ——————————–
    baru tahu ada injeksi pakai CDI
    dapat ilmu dari sekolah mana nih?,,

    wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwkwk…

  9. trit berimbang tapi namanya Fanboy alamat ada kebakaran lg ni trit,
    thanks buat mas IWB atas penjelasan soal Inrayen/service pertama.
    dengan inrayen gunanya menyatukan dua buah benda metal yg berbeda jenis yaitu piston dan cylinder jg benda laen yg bergesekan.
    teory ini tdk cuma di terapkan di motor,di mobil jg ada,dan di semua aplikasi gesekan metal selalu di lakukan penyesuain.
    maaf mas cuma nambahin dikit hehehhehehehehe

  10. …..mantep lah… 😀 ….. ya 11 – 12 ama NVL , harga mirip,…… untuk harga segitu kayaknya semua pabrikan udah punya standart power, ya hampir sama… dohc biasa nya lebih sedep dari sohc … tapi kurang tau juga , kayak mobil jazz aja masih sohc , yaris udah dohc, klo sama2 standart pabrik ane jagoin jazz wae……

  11. agan2 mf ni keluar dr tema. ane mw minta pendapat agan2 smua. ane mw bli mtr bt hrian kerja. kr2 antara NMP, verza sm pulsar 220 lbh bk n bgus yg mn bt ane bli. trmksh mhn pendapat ny.

  12. Buat Bro Eko Kurniawan, Saran saya CB nya segera dibawa kedealer karena kemarin kan belum diservice tapi sudah digeber. Dampak buruknya komponen mesin cepat aus. Setelah diservice dan ganti olie nanti tarikan akan makin enteng. Jika ingin digeber lagi saran saya setelah mencapai 1000km saja. Karena sekarang mesin masih butuh banyak penyesuaian.

  13. Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang "CANGGIH"katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang "CANGGIH"katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO'ON..!!!

    @peyek

    koreksi saya kalo saya salah?.
    kayanya kalo motor keluaran
    sekarang udah nggak perlu
    inreyen lagi ya? karena teknologi
    sekarang
    untuk mesin udah lebih presisi?
    soalnya saya pernah baca di blog
    otomotif mana gitu? lupa saya
    blognya?.
    ini sekedar sharing ya?.
    ——————————–
    makanya pagi-pagi jangan amnesia gitu lah..

    wkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwk…..

  14. 75. Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang “CANGGIH”katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO’ON..!!! – Februari 25, 2013

    @peyek

    koreksi saya kalo saya salah?.
    kayanya kalo motor keluaran
    sekarang udah nggak perlu
    inreyen lagi ya? karena teknologi
    sekarang
    untuk mesin udah lebih presisi?
    soalnya saya pernah baca di blog
    otomotif mana gitu? lupa saya
    blognya?.
    ini sekedar sharing ya?.
    ???????????
    makanya pagi-pagi jangan amnesia gitu lah..

    wkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwk?..
    =======================================
    ndak papak lah amnesia pagi-pagi,,
    lha,,, kalo ente,,,, amsesia se umur hidup,,,,,
    buahahahahahaha,,,,,,

    *ini nih,,, tabiat kutangers,,, diajakin sharing,,, malah ngajakin berantem debat kusir,,,, 😆

  15. Bro I-ONE, Kota BANTUL memang cocok buat tes top speed. Pngalaman diTahun2 kmarin gue jg sering bolak-balik PONOROGO-KEBUMEN,via BANTUL. Jalanan lurus panjang,sepi&lebar. Gue pake v-ixion standar busi iridium denso iu 27,ban gambot top speed 120 km/jam,mantap…

  16. Motor kebanggaan FBh. Tp kok kalah sm cs1 ya? 125 cc bs 169 kpj. Wkwkwkwk
    kata FBH… Uppss salah ketik. 160 kpj mksdnya. Ga sbr nih nulis komen sampe belepotan kaya mu**tnya FBH. Xixixixi

  17. Yg punya motornya aja tolol masa motor baru digeber parah bangt ngibulnya,honda tetap lebih unggul lah,mangkanya baca petunjuk pemakaian motor baru

  18. Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang "CANGGIH"katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek TeknologiMotoGP aka Rongsokan 15kualitas setara Mocin SOHC 5Speed doang "CANGGIH"katanya si TRIATMAMPUS yangPEKOKNYA tingkat KEBOBYLO'ON..!!!

    Oh masih inreyen toh..tak kirain udah jalan diatas 3500km..wajar mesin masih butuh penyusuaian..

    wah ini rider penasaran tapi ga tau cara merawat motor atau asal AJS aja (asal jalan syukur)

    wkwkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk…..

  19. NVL gw seminggu nyampe rumah langsung gw tes dijalan kosong pemda bogor… wiihh…ngacir coyy…. dapet dah 150kpj…itu juga belom gazz poll…waktu itu barengan sama ninja 250 fi ngetrek ama NVL gw, ngos ngosan dia nguber gw walaupun bisa juga ngelewatin satu roda dengan susah payah…. jadi kalo cuma ngelibas CBSF doang mah ecesssss….

  20. 73. snp21~ -Februari 25, 2013 agan2 mf ni keluar dr tema. ane mw minta pendapat agan2 smua. ane mw bli mtr bt hrian kerja. kr2 antara NMP, verza sm pulsar 220 lbh bk n bgus yg mn bt ane bli. trmksh mhn pendapat ny
    ===========================
    Jika tujuan pemakaian hanya untuk transportasi kerja saja maka bisa pilih verza. Tapi kalau kerja plus gaya maka Pulsar krn walau cc besar tapi lumayan irit bensin juga jika dibandingkan motor lain dengan cc yang sama.
    Jika pertanyaannya tadi ada NVL itu juga bisa dijadikan pilihan buat aktivitas sehari-hari

  21. 91. super red – Februari 25, 2013

    73. snp21~ -Februari 25, 2013 agan2 mf ni keluar dr tema. ane mw minta pendapat agan2 smua. ane mw bli mtr bt hrian kerja. kr2 antara NMP, verza sm pulsar 220 lbh bk n bgus yg mn bt ane bli. trmksh mhn pendapat ny
    ===========================
    Jika tujuan pemakaian hanya untuk transportasi kerja saja maka bisa pilih verza. Tapi kalau kerja plus gaya maka Pulsar krn walau cc besar tapi lumayan irit bensin juga jika dibandingkan motor lain dengan cc yang sama.
    Jika pertanyaannya tadi ada NVL itu juga bisa dijadikan pilihan buat aktivitas sehari-hari
    =============================
    pulsar sih ngga bisa buat gaya om…itu mah motor rakyat ekonomi pas pasan yang kurang modal pingin motor sport… ama tetangga juga malu bawanya, biar kata beli halal sih…. ya itu dah, karena image motor murahan gitu….

  22. 90. meong – Februari 25, 2013

    NVL gw seminggu nyampe rumah langsung gw tes dijalan kosong pemda bogor? wiihh?ngacir coyy?. dapet dah 150kpj?itu juga belom gazz poll?waktu itu barengan sama ninja 250 fi ngetrek ama NVL gw, ngos ngosan dia nguber gw walaupun bisa juga ngelewatin satu roda dengan susah payah?. jadi kalo cuma ngelibas CBSF doang mah ecesssss?.
    ==========================================
    masih kalah dong ama CS1 nya kutang yang bisa 160 kpj… 😆

  23. motor skarang bukannya udah ga ada reyen”an

    sy pernah ke pabrikan salah 1 motor,sebelum motor keluar dr pabrik itu udah digeber abis”an gasnya,

Comments are closed.