iklan iwb

BysonTidak terasa waktu terus bergulir. Selama hampir 2,5 tahun sikebo Byson menemani IWB menembus padatnya lalu lintas Ibukota. Jarak tempuh tembus 50ribuan…..tanpa sekalipun ganti part kecuali kampas rem depan. Dan…..bisa IWB katakan selama memakai motor generasi FZ16, secara pribadi IWB merasa puas!!….<460x170-2

Streght point Byson adalah “nyaman”. Yup….dari sekian motor yang pernah IWB pakai….sikebo mampu membuat IWB takluk enggan melego atau melirik produk lain. Vibrasi minim, handling mantap serta minus rewel menjadi pertimbangan tersendiri. Apalagi desain sesuai selera….wis makin sayang rasanya. Pada jenjang waktu yang mencapai 2,5 tahun….komsumsi bahan bakar juga terasa konsisten. Kendati tidak melakukan tes secara komprehensif….secara feeling motor ini masih mampu tembus 40km untuk seliter Premium. Dengan asumsi jarak Depok-Jakarta sekitar 70km plus mengantarkan anak sekolah atau aktifitas lain……diisi 50ribu oktan 88…..hari ke-7 sikebo baru minta isi. Tentu saja simulasi diatas dengan catatan eco riding alias jalan santai. Terus piye dari sisi engine??….

iklan iwb

IWB baru sekali setel klep. Busi sudah beli dua kali karena keinginan sendiri. Agar pembakaran selalu terjaga dengan baik….disarankan mengganti busi setidaknya per 10ribu-15ribu km……dan itulah yang IWB lakukan. Makanya motor tetap terasa lembut serta gampang distarter. Btw untuk geber-geberan…..seperti yang pernah kita bahas sebelumnya…..motor ini memang diracik lebih ke style. Jadi tidak ada yang spesial dengan performa. Lembut….dan atas kurang nendang. Jangan samakan NVL ataupun CB yang memang diracik untuk speed. Raungan mesin Byson sudah berat tatkala menginjak RPM 7000. Namun jangan salah…..sebab Byson tetap kencang. Kalau sampeyan mempunyai trek panjang….top speed sikebo bisa tembus 120km/jam (standart pabrikan). Dengan kalibrasi speedo digital yang nyaris akurat….kecepatan segitu sudah cukup membuat ciut nyali…..

BysonTVSMotorBaru kemarin ban sikebo minta jajan (awet juga yak). Karena ingin lebih galak….size belakang IWB upgrade satu ukuran. Standart 120/70-17 berganti 130/70-17. Kesan pertama??. Gagah euy. Btw walau sudah dijejali ukuran 130 ternyata space spatbor kolong dan arm masih lebar tidak gesek ke ban. Handling juga terdongkrak khususnya buat rebahan. Sayang….ada kompensasi yang kudu dibayar khususnya tarikan menengah yang sedikit rada berat. Namun overall tidak terjadi perbedaan sigfikan. Power pick up dari berhenti tetap jempolan. Satu ini yang juga IWB sukai sebab melibas kemacetan Jakarta sikebo tidak kedodoran enteng aja. Ergonomi tegak dengan stang baplang jebule memudahkan rider bermanuver. Impresinya “light” (ringan) serta tidak bikin capek. Great product anyway. Sayang…..teknology sikebo terkesan jauh dibelakang dengan pengabut bahan bakar yang masih karbu……

Akan sangat bagus kalau YIMM segera merombak dengan sistem FI. Begitu juga chamber penyekat yang terlalu besar. Modifikasi muffler agar power tidak terbuang banyak, sistem injeksi dan kalau perlu….dicangkokin RDB, IWB yakin banyak biker yang masih kesengsem. Jika perlu….stop lamp direvisi dipindah keburitan atas….wis juoz pastinya. Byson injeksi??. Piye bro…..menarik nggak kira-kira??…..(iwb)

351 COMMENTS

  1. wkwkwk…
    kebo lemot ? dah kandangin aja.
    ganti yg DOHC n liquid cooler.
    satu lg yg truss frame .
    itu baru OK

  2. Selama hampir 2,5 tahun sikebo Byson menemani IWB menembus padatnya lalu lintas Ibukota. Jarak tempuh tembus 50ribuan >>> punya saya 6 bulan sudah 13.500 km. Mantep, nyaman dipake, lumayan irit utk motor segede itu. Betul, Om.. Memang Great product anyway!

  3. biar mas iwan gak di bilang FBY,,coba deh mas beli lg moghtor CS1 trus bikin artikel kepuasan berkendara menggunakan CS1….hihihihi

    adil toh !!!!

  4. @qwerti, oh gak mas.saya memang asli.itu td 1st post saya..saya memang pengagum iwb.saya bc dari iwb test ninja merah>post ini..menarik tulisan nya.kesan saya pertama.orgnya independen dlm menulis. Saya hanya berharap.tidak ada intervensi dr phk manapun.agar tulisan nya tetap netral dan orisinal.itu saja.
    @iwb..sip mas.semoga tetap independen dalam menulis.dari salah satu pengemar tulisan mu..

  5. @Kang Iwan
    Iya, tapi coba baca deh. Engga ada artikel pake tanda bintang ato apa, dan mereka bilang itu hasil pengetesan rata2. Moga2 aja versi nyetir jalanannya beneran bisa dapet segitu, bakal jadi motor pioneer yang amat sangat ramah lingkungan 🙂

    @qwerty
    Kalo buat baca2 aja gpp bro, tapi tolong jangan dipake bakar2 ya. Niat saya mosting bukan buat nambah dosa 🙂

  6. wadyh kang..byson ku kemarin tau2 ngadat..pas lg kenceng tau2 kabel gas ga mau turun alias nyangkut..menepi sebentar lalu di paksa turun pas diliat ternyata springnya udah berantakan..dibawalah ke bengkek..disana dliat sama mekanik bengkelnya katanya butterfly ( bagian dalam karbu versi mekanik bengkel ) udah jelek..jadi ga nutup sempurna..alhasil rpm mesin pas idle ga bisa disetting..manteng terus..jalo buat jaan jg nembak2..haduh..pye iki..mosok kudu ganti karbu..

  7. Untuk yang bocil <=165 cm atau body kurang elastis menurut ane kurang recomended. Karena sampeyan dipaksa ngebuka selangkangan lebih lebar, effek adalah setelah turun dari motor bawaanya pegel di paha bagian dalam, paling tidak untuk 1 bulan pertama sebelum terbiasa ngangkang, just IMHO.

  8. Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!!

    @qwerty

    biarpun dijalanan gampang
    dipatokin itik, byson itu syle,
    harusnya dari awal pake rdb..
    ini budegnya yamaha indonesia..
    ——————————–
    namanya juga YIMM aka YMKI budegnya ga ketulungan…!!!

    siap-siap mobil pemadam..!!
    wkwkwkwkwkkwkwkwkwkwkkwk….

  9. Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!!

    motor yang seiring di kacangin anak alay..

    anak alay kan hobinya gas bettooottt.darah muda tapi pekok…
    wkwkwkkwkwkwkwkkwkwkwkwkkwk….

  10. 64. dwin – Februari 24, 2013

    wadyh kang..byson ku kemarin tau2 ngadat..pas lg kenceng tau2 kabel gas ga mau turun alias nyangkut..menepi sebentar lalu di paksa turun pas diliat ternyata springnya udah berantakan..dibawalah ke bengkek..disana dliat sama mekanik bengkelnya katanya butterfly ( bagian dalam karbu versi mekanik bengkel ) udah jelek..jadi ga nutup sempurna..alhasil rpm mesin pas idle ga bisa disetting..manteng terus..jalo buat jaan jg nembak2..haduh..pye iki..mosok kudu ganti karbu..
    -0———————
    coba bongkar sendiri bro, lihat apa yg terjadi ama mekanismenya, jangan mau dikadalin bengkel buat ganti karbu, kreatif dikit, hehe..
    ane aja biasa pake part karbu abal-abal buat motor jadul

  11. Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!!

    yaahh baru 2’5 tahun..ga tau deh lewat 5 tahun klaim pabrikan..??

  12. Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!! Motor Sport Rasa Bebek Teknologi MotoGP aka Rongsokan 15 kualitas setara Mocin SOHC 5 Speed doang "CANGGIH" katanya si TRIATMAMPUS yang PEKOKNYA tingkat KEBO BYLO'ON..!!!

    @dwin

    wadyh kang..byson ku kemarin
    tau2 ngadat..pas lg kenceng tau2
    kabel gas ga mau turun alias
    nyangkut..menepi sebentar lalu di
    paksa turun pas diliat ternyata
    springnya udah
    berantakan..dibawalah ke
    bengkek..disana dliat sama
    mekanik bengkelnya katanya
    butterfly ( bagian dalam karbu
    versi mekanik bengkel ) udah
    jelek..jadi ga nutup
    sempurna..alhasil rpm mesin pas
    idle ga bisa disetting..manteng
    terus..jalo buat jaan jg
    nembak2..haduh..pye iki..mosok
    kudu ganti karbu..
    ——————————–
    udah kiloin aja ke tukang rongsokan lumayan buat beli suling..bas betot..piano buluk merek Yamahal…

    mengatasi masalah tanpa masalah
    ya tho..??

    bhhuaaahhahahahahaa…

  13. 27. kampuangminang – Februari 24, 2013

    sm mas. saya jg pemakai Byson. awet dan irit mas. di geberpun gak masalah.

    byson saya sekarang pake ban zeneos 110 depan, belakang 150, tarikan ngak jerlalu brt kok mas (anginnya pake nitrogen).

    yang saya rasakan cuma getaran di stang pada speed 0 ? 20 an km, selebihnya gak masalah
    ===================
    Wah mana yang benar nih? Kata bang Iwan kekuatan motor ini pada kenyamanan, la ini kok geter? Dan 2,5 tahun masih terlalu dini untuk dijadikan ukuran ketahanan mesin secara keseluruhan.

  14. Kata iwb:Kalau sampeyan mempunyai trek panjang?.top speed sikebo bisa tembus 120km/jam (standart pabrikan). Dengan kalibrasi speedo digital yang nyaris akurat?.kecepatan segitu sudah cukup membuat ciutnyali?.
    ===
    sbge pengamat jalanan..bener tu,tp kalo di tmpat sya bnyak juga yg knalpotnya di ganti,tak liatin akselerasinya makin maknyuss aja,stelah gnti knalpot,

  15. kemarin lihat teman bongkar si Byson beli baru katanya sih mau di semprotin cairan anti karat terus ada perhatian saya melihat rangkanya kok terlihat pipa besi bulat tipis biasa yang di las-las gitu ya??
    padahal melihat bodynya cukup gede tapi ringkih banget lihat kerangkanya sama kayak bebek dan bukan ciri khas motor batangan yang agak tebal
    ini sih tampak luarnya yang mengelabui mata dalamnya mah kayak besi kiloan udah gitu tangkinya palsu persis mocin minerva kondomisasi…….
    20 jutaan cuma beli tampang aja buat apaaaaa….,!!!???

  16. aku sebagai Juri Votelock menganggap motor ini khas Yamaha, salut deh!
    bukan saudaranya si NVL yang selalu ngibul dalam hal kecepatan
    Nol besar!

  17. si Theo itu gak sekolah apa ya..
    ada orang lagi mencurahkan isi hati kok di bilang membela satu merk.
    perumpamaannya begini:
    misalnya ada seseorang punyanya motor bajaj(misalnya), lalu orang tersebut merasa puas dengan kinerja motornya dan ingin mencurahkan kepuasannya di FB(misalnya), tentu saja dia menceritakan tentang bajaj tersebut dong. masa dia ingin menceritakan tentang bajaj ehh yg di ceritain yzf-r1, atau nvl, atau verza(misalnya).
    itu yang namanya Theo itu sekolah dulu gih sana baru koment biar kalo koment nyambung.
    kalo gak berobat dulu di RSJ, kayaknya punya kelainan lu.

  18. @Satria FUcks Rider!!

    kemarin lihat teman bongkar si
    Byson beli baru katanya sih mau
    di semprotin cairan anti karat
    terus ada perhatian saya melihat
    rangkanya kok terlihat pipa besi
    bulat tipis biasa yang di las-las
    gitu ya??
    padahal melihat bodynya cukup
    gede tapi ringkih banget lihat
    kerangkanya sama kayak bebek
    dan bukan ciri khas motor
    batangan yang agak tebal
    ini sih tampak luarnya yang
    mengelabui mata dalamnya mah
    kayak besi kiloan udah gitu
    tangkinya palsu persis mocin
    minerva kondomisasi??.
    20 jutaan cuma beli tampang aja
    buat apaaaaa?.,!!!???
    ——————————–
    masa sih bro?
    wah alamat aku kasih nilai rapot merah nih, udah mahal harganya kok material seperti harga matic?
    aspal ya?

  19. dr tampilan emang manteb tu kebo, syng aj blm rdb. ane pnh nyoba naek ne motor dan memang nyaman kok buat dkendarai 😉

  20. kebo albino saya udh 20rb km Tetep nyaman. mesin lum pernah d otak-atik, masih standar ga pernah ngadet. d pake sante ato ngebut bisa. puas makenya, ga rewel..

  21. mas IWB mengganti Ban yang lebih gede apa ga kedodoran tuh tenaganya
    secara standarnya aja udah gede pantesan selalu lelet.

  22. mas iwan badannya besar jadi cocok naik byson,, tapi kalo orang yg badannya kecil/sedang naik byson,di lihat dari samping posisi tangan si pengendara seolah2 kayak ke atas. seolah2 stangnya ketinggian.

Comments are closed.