iklan iwb

Yamaha Workshop FI11Seru tenan. Asli kalau sampeyan ngikuti tanya jawab setelah presentasi pada Yamaha workshop fuel injection untuk para komentator dijamin senyum-senyum sendiri. Yup….gaya bicara yang lugas dan frontal tiada sungkan? mencerca pak Abidin sebagai perwakilan YIMM yang hadir disana. Advisory motorsport serta manager service Yamaha motor tersebut di kick balik ketika mengatakan bahwa produk yang diracik selalu mendengarkan suara konsumen. Berawal dari bro Faisal yang mengangkat isu tentang minusnya respon pabrikan atas keinginan biker menginginkan sport fairing dari Yamaha. Terus apa jawaban pak Abidin??…

Dari 13 peserta yang dijadwalkan…..hanya 9 yang datang dikarenakan berhalangan. Tercatat bro Wira, Faisal, Hasyim, Fajar, Erik (2 nama), Alki, Aripod, dan Hendra nongol disana. Salam diserta candaan tidak terasa membuat suasana menjadi begitu akrab. Tema tentu saja tidak jauh melenceng dari permotoran. Puas nongkrong sebentar….menuju ruangan presentasi dilantai tiga, secara hangat para tim Yamaha sudah menyambut para komentator yang berasal dari berbagai lokasi. Yang edan adalah bro Hasyim mzbro. Doi bela-belain nunggang Vario 125 dari Kawarang hanya ingin mengikuti workshop Yamaha. Tujuannya satu yakni ingin tahu secara detil bagaimana sih yang namanya teknologi injeksi. Hasil nekad tersebut memaksa doi tersesat tidak bisa menemukan DDS Cempaka putih. “Tersesat saya mz…sampai muter dua kali” ujarnya? nyengir….

Yamaha Workshop FI1Yang IWB salut dan nggak nyangka….squad YIMM yang datang ternyata komplit tenan. Nyaris seluruh pentolan pabrikan garputala hadir disana seperti pak Abidin, Mr. Ogomori, bro Zaldi, pak Eko Prabowo dan masih banyak lainnya. Yup….bukti bahwa mereka menghargai para undangan. Para komentator yang IWB pilih memang terdiri dari beberapa elemen biker pemakai brand tertentu. Sebut saja bro Wira serta Aripod yang nunggang CBR150R. Selain itu Vario 125 (Bro Hasyim) serta simoped Kharisma? (bro Fajar) juga? meramaikan suasana kemajemukan biker yang hadir. Semuanya semakin komplit ketika bro Alki datang menggunakan old Vixion. Piye setelah bertemu langsung??. Rukun mzbro…nggak ada yang gontok-gontokan tuh :mrgreen: . Malah rasa brotherhood begitu kental terasa. Top dah….

iklan iwb

Pasca presentasi sistem injeksi new Vixion, Xeon RC serta sejarah FI, pak Abidin (YIMM) menerangkan bahwa seluruh produk Yamaha dibuat serta dirilis berdasarkan hasil riset mendalam mengikuti selera pasar. Jadi semua diracik sedemian rupa tanpa keluar dari pedoman mendengarkan suara konsumen. Nah…disinilah bro Isal melemparkan pertanyaan, kenapa kenyataan dilapangan tidak seperti itu??. Contoh kasus R15. YIMM terkesan menutup kuping tidak sudi mendengarkan?. Mendapatkan pancingan tersebut…pak Abidin mencoba mengalihkan topik dengan jawaban diplomatis. Tidak sudi buruan lepas…bro Hasyim nimpalin mengejar, ” lho pak….R15 juga suara konsumen lho. Kita ini biker juga konsumen dan ingin R15 dimasukan disini!” serunya berapi-api. IWB hanya ketawa…..asli demen banget mzbro mendapatkan tontonan kritis kayak gitu. Biasa menghadapi media dan Blogger yang rada kalem, kini menghadapi pembaca warung yang frontal tanpa tedeng aling-aling….mumet tenan pastinya :mrgreen: . Terus piye jawaban pak Abidin setelah terdesak??…..

Yamaha Workshop FI3“Tunggu tanggal mainnya!” jawabnya singkat dan padat. Wihhhh….piye kuwi artine. Hanya jawaban ngeles supaya adem atau memang ada arti khusus?. Entahlah. Namun yang pasti setelah jawaban tersebut keluar…..semua berhenti mengejar. Nah….apakah jawaban tersebut mengindikasikan suatu proyek rahasia motorsport fairing pabrikan garputala??. Hanya mereka dan Tuhan yang tahu. Btw….setelah presentasi dan sesi tanya jawab usai…seluruh komentator digelandang kebengkel injeksi yang sudah siap menanti. Kali ini yang menjadi obyek oprek adalah Xeon RC serta new Vixion. Satu komentator disediakan satu motor plus seorang mekanik pemandu (FI master)….

Mereka diajari menggunakan diagnostic tool untuk mengetahui rekam medis sikuda besi seperti history kinerja lean angle sensor, temperatur sensor, accident report, sinyal TPS, voltase sistem bahan bakar, kinerja injector, kipas, penyetelan CO2, seting AFR (air fuel to ratio) dan masih banyak sensor lain yang semuanya bisa diseting secara digital via layar laptop, keyboard, kabel serta colokan USB. Rata-rata peserta pada manggut-manggut dan mengatakan…“Gampang banget ternyata yak…” ujar bro Hasyim ketika IWB tanya testimoninya. Yup…selama alat komplit, sistem FI memang akan terlihat gampang. Anyway…membersihkan injector menggunakan 3M serta perangkat lain menjadi menu terakhir mereka….

Last…..dalam workshop Yamaha FI, para komentator juga disuruh mencicipi dua produk anyar YIMM…Xeon RC serta new Vixy.? Jam 3 sore tidak terasa mengakhiri pertemuan yang berjalan begitu singkat. Yup…..rata-rata mengatakan salut dan senang atas manuver pabrikan yang sudi mengundang pengunjung Blog sharing ilmu secara langsung. Harapan dari bro Wira, faisal, Hasyim, Fajar, Erik (2 nama), Alki, Aripod, dan Hendra….semoga event seperti ini akan diikuti oleh pabrikan lain. Berbagi demi untuk menambah pengetahuan. So…IWB ucapkan terima kasih kepada bro-bro yang sudi datang jauh-jauh. Begitu juga buat Yamaha…great effort yang patut diapresiasisi. Btw monggo intip foto-foto aksi bro-bro kita yang getol menggali ilmu. Jiannnn serius tenan kangbro :mrgreen:.(iwb) Yamaha Workshop FI2Yamaha Workshop FI Yamaha Workshop FI4 Yamaha Workshop FI6 Yamaha Workshop FI7 Yamaha Workshop FI9 Yamaha Workshop FI10?? Yamaha Workshop FI12 Yamaha Workshop FI16 Yamaha Workshop FI17Yamaha Workshop FI15 Yamaha Workshop FI18 Yamaha Workshop FI19 Yamaha Workshop FI20 Yamaha Workshop FI21 Yamaha Workshop FI22 Yamaha Workshop FI23 Yamaha Workshop FI24 Yamaha Workshop FI25 Yamaha Workshop FI26 Yamaha Workshop FI14Yamaha Workshop FI30

269 COMMENTS

  1. Dimulai dari YIMM
    Selanjutnya AHM jangan mau kalah dong,
    Inget..! Konsumen sekarang sudah lebih pintar!

  2. Bro hasyim kui wong ngapak Mas, cuman singgahnya di Karawang, ????????? mantep juga dia D?k=D?k:p?k=))?k:D ?k

  3. yamaha keren..salutt ..sayang yagn cocotnya boros ga pada dateng..salah forum kali yah kalo forum BC dan bakar2an baru pada bauin..maklum predatorrr ..btw ditungguan ah R15-na Pak Abidin
    *clungak-clinguk nyari predator bawa bensin

  4. salut buat YIMM…
    salut buat para komentator…
    diskusi yang sehat, walaupun panas tapi tetap sehat… 😀
    keliatan banget tingkat kedewasaannya…

    mudah2an para komentator lain diwarung ini bisa seperti itu…
    beda pendapat boleh, pro dan kontra pasti ada..
    tapi tetep harus menjunjung tinggi sopan santun..

    jangan bisanya cuma jadi provokator aka kompor…
    negara ini udah ancur, tolong jangan dibuat lebih ancur…

    #ditujukan untuk seluruh komentator pada umumnya dan komentator FB ALAY pada khususnya.

  5. mangstab tuh, di India r15 diadu ma cbr150r, mesine plek new vixy, drag selisih 2 roda..
    kl sampe bneran, kan gmpg bgt tuh, YIMM ngasih kerudung ke vixy, paling2 diubah desaine, biar g MAINSTREAM dan tambah GREGEDTH …
    #SAVEkarimunjawa

  6. Numpang ya om IWB,

    Dear Yamaha,
    Terima kasih telah memberikan kesempatan buat kami para komentator (kalau saia sih bogwalker, bukan komentator) utk mengikuti event ?Yamaha FI Workshop?
    High appreciate juga untuk menjawab dengan sabar pertanyaan pertanyaan kami yang sering ?ngawur? dan OOT.

    Saya sebagai salah satu peserta event ini sangat menghargai keseriusan Yamaha dalam me manage acara dari awal sampai akhir, terlihat EO nya saja pakai yg professional, mekanik yang jumlahnya banyak (dua kali lipat lebih dari jumlah peserta), materi training khusus utk kita (pemula), bahkan pak Eko Prabowo menyempatkan datang, salut
    Terbayang cost yang telah dikeluarkan utk event ini, ditambah lagi dilakukan di hari libur (Overtime dan allowance mekanik pastinya dikalikan sekian kali nya)

    Ke depan nya, saya harap Yamaha lebih mengoptimalkan ‘kemampuan dalam memaintain FI’ yang dimilikinya dengan lebih informatif, supaya konsumen luas tahu kesiapan jaringannya
    Seperti:
    * Data log dari ecu yang di print di kertas kecil utk konsumen, agar terlihat kesehatan global dari motor konsumen pada saat service (tentu konsumen akan melihat jika beres Yamaha sudah sangat siap dalam hal ini, dan tahu status kesehatan motornya)
    *Memaksimalkan memory 2Gb di motor utk hal hal yang berhubungan dengan konsumen

    Sekali lagi terimakasih.

    Salam

  7. 26. Gondrong – Februari 12, 2013
    Ternyata di alam nyata fbh & fby bisa rukun ya?
    =====================================
    hehehehe….maklum, kalo di alam nyata mulutnya ga bisa “boros” 😀
    soalnya face to face…kalo di alam maya kan face to monitor 😀
    jadinya akur dah

    #apa kalo face to face, nyali jadi pada ciut ya? 😀

  8. Harapan dari bro Wira, faisal, Hasyim, Fajar, Erik (2 nama), Alki, Aripod, dan Hendra?.semoga event seperti ini akan diikuti oleh pabrikan lain. Berbagi demi untuk menambah pengetahuan.

    ====================================================

    bener mas IWB … ane juga setuju kalau tiap pabrikan mendirikan “produck training” macam http://www.ibox.co.id/training/ buat konsumen .. tujuannya untuk menambah keyakinan konsumen dan kepercayaan konsumen untuk produck tersebut .. dan agar konsumen tau kelebihan dan kekurangan produk yg di jual tiap pabrikan . jadi kalau ada kendala di lapangan konsumen tidak bingung dan tidak menimbulkan prasangka buruk terhadap produk tersebut .

  9. @woh
    ——–
    Hahaaha bentul biru & sy berharap semua komengtator di semua dunia makin dewasa & pinter2. Joooosss…..

  10. bentar lagi honda ngikut2 trus bilang “honda yg pertama mendengarkan aspirasi anda”… Wkwkwk bakar konde’..

Comments are closed.