iklan iwb
iklan iwb

tiger-revoBro…sopo nggak cenut-cenut ketika teman sampeyan memberikan clue yang rada nyeleneh dari prediksi. Siapa nggak mumet jika ternyata informasi jauh melenceng dari analisa serta rumor yang sudah berkembang. Namun sang sumber mengatakan bisikan tersebut secara gamblang serta presisi. Termasuk project R & D engine yang sudah jalan hingga 3 tahun. Siapa lagi kalau bukan Honda Tiger yang kita maksud…..

Tiger…pada masanya merupakan motor “wah”. Ketika seluruh pabrikan masih berkutat dengan dimensi serta desain kotak….Tiger 2000 melangkah dengan shape serba bulat bak moge. Sayang jaman melindas seluruh kedigdayaan tiada ampun. Inovasi yang terkesan stagnan dari AHM mencambik-cambik masa keemasan sang macan. Bahkan ditahun 2007….harapan setinggi gunung terhempas tidak berkutik akibat suguhan grup Astra yang terkesan semaunya sendiri. Seluruh biker kecewa. Caci makin serta hujatan dilontarkan menuduh pabrikan tidak peka serta budeg. Suatu reaksi yang tidak bisa dihindari dari kekesalan yang sudah akumulatif. Btw…..ternyata tidak semua biker setuju akan hal itu. Sebab jika tahu pergerakan internal bawah tanah AHM, semua tuduhan bisa saja berubah. Seperti bocoran sumber internal yang IWB dapatkan tentang simacan….

Menurut sang sumber…..khusus turing bike gen Tiger, R & D langsung dipegang oleh Honda Jepang. Mereka sangat hati-hati mengembangkan mesin yang tangguh, efisien, powerful serta mudah perawatan. Bukan hal yang gampang mengingat tujuan peracikan tidak hanya melulu tentang power. Namun bagaimana mesin dari spesies baru tetap terjangkau, merakyat, awet serta irit seperti engine Kaizen dulu. Engine yang tidak akan ketinggalan serta tenggelam oleh perjalanan jaman hingga 10-20 tahun kedepan. Begitu pula mengenai desain serta sasis…..tetap mempertahankan ciri khas sebagai motor turing dengan kemungkinan nyomot pola diamond atau Twin spar. Makanya proses terkesan lambat bak keong. Padahal karena faktor kehati-hatian ogah grusa-grusu. Beberapa wacana serta opsi dilontarkan oleh sang sumber yang tetap kekeh dan yakin menggunakan diplacement 200cc. Berikut 3 opsi engine  yang terakhir menjadi pertimbangan insinyur pabrikan sayap mengepak untuk sang  macan…..

iklan iwb

A. Kubikasi 199cc DOHC  4 valve 1 cylinder dengan pendingin cairan, kompresi  engine antara 1:10 -11 an

B. Kubikasi 197,4 cc SOHC 4 valve 2 cylinder inline, dengan pendingin cairan, kompresi engine antara 1:9,7-10,8 an

C. Kubikasi 198,6 cc DOHC 8 valve 2 cylinder dengan pendingin udara, di bantu dengan pendingin oli (oil cooled), kompresi antara 1:9-1:10,4an

Last, tiga jenis tipe mesin diatas belum final…..mana yang dipilih masih misterius. Honda memasukkan beberapa point penting khususnya kompresi diusahakan tidak terlalu tinggi agar simacan tetap adem serta masih bersabahat dicekokin bensin RON 88 alias Premium. Sebagai motor turing yang diharapkan merakyat…..tuntutan banderol juga menjadi pertimbangan tersendiri dengan patokan angka dibawah 30jutaan. Dan yang terakhir adalah power. Yup…muntahan tenaga diharapkan bisa tembus 22-23 HP. Cita-cita serta bisikan yang patut kita tunggu. So…apakah prediksi tersebut terbukti?. Kita tunggu saja brosis. Toh tidak ada salahnya kendati sebagai penulis…IWB sendiri masih diselimuti keraguan. Namun yang pasti….kayaknya new Tiger tidak akan lahir tahun ini. Yup menyambung bisikan yang IWB terima diatas…..sang macan baru akan murni muncul ditahun depan. Sik suwe rek..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!