iklan iwb
iklan iwb
Gatsu Banjir....puluhan motor mogok (doc/Kompas)
Gatsu Banjir hari ini….puluhan motor mogok (doc/Kompas)

Siapa nggak keder menghadapi banjir Jakarta. Seumur hidup….IWB baru sekali melihat jalanan yang maha luas berubah menjadi danau. Teringat ditahun 2007 (kalau nggak salah) kala banjir lima tahunan menyerang Jakarta. Terowongan Semanggi klelep, basement perkantoran tenggelam, jalan Sudirman terputus bahkan dijalan Mampang seluruh mobil kudu menginap dijalan akibat ketinggian air mencapai dada orang dewasa. Masa itu IWB masih mengendarai Megy lawas lansiran 2002. Hebatnya….motor ini tidak bergeming kendati ketinggian air nyaris kebagian filter udara….

Kunci motor tetap hidup melibas jalanan banjir adalah tutup busi serta filter. Sampeyan nggak usah mikirin knalpot karena selama engine meraung….air mustahil masuk dalam rongga muffler. Tendangan angin hasil pembakaran akan mencegah air menelusup kesana. Anehnya….ada beberapa biker yang kurang menyadari kondisi tersebut. Knalpot dibikin nungging biar nggak terbenam air…tapi kualitas tutup busi malah dicuekin tidak diperhatikan. Padahal jika seal atau karet yang mencengkeram busi kualitas menurun, siap-siap tunggangan sampeyan ngambek ogah bergerak.  So…segera ganti tutup busi yang sealnya sudah “lower” atau getas. Kembalikan fungsinya sebagai isolator terhadap cairan luar yang mengganggu proses pembakaran…..

Kampung Melayu-Pondok Bambu lumpuh (Doc Vivanews)
Kampung Melayu-Pondok Bambu lumpuh (Doc Vivanews)

Yang kedua….analisa ketinggian air sebelum memutuskan menerjang banjir. Jangan pernah melebihi posisi filter. Kecuali sampeyan bekali motor kesayangan dengan snorkel khusus agar tetap bisa bernafas (dah kayak penyelam :mrgreen: ). Terus yang ketiga soket-soket kabel. Nah…ini nggak kalah penting brosis. Jika kualitas soket kurang bagus….takutnya terjadi konsleting yang bisa membuat kinerja terhambat. Yang terakhir…tentu saja pelajari rute yang mzbro lewati. Jangan sampai terperosok kedalam jebakan batman. Susahnya melihat kubangan dalam air menjadi biang celaka buat biker yang melintas. untuk hal ini mohon perhatiannya dari instansi terkait jika ada proyek galian….

iklan iwb

So….hati-hati dan selalu berdoa sebab keselamatan adalah nomer satu. Jika tidak penting-penting banget, mending jangan keluar rumah karena saat ini macet dan banjir menerjang ibu kota. IWB aja juga mumet nih soalnya kantor di jalan Thamrin dikabarkan juga diterjang banjir parah. Oalahhh, nasib ibu kota. Mulih kampung wae wis lek ngene :mrgreen: …..(iwb)IMG_5984

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!