iklan iwb
iklan iwb

Yamaha-India-R15-One-Make-Race-Championship-2012-resultsBro dan sis sekalian…siapa menyangka pabrikan India bernama Hero Motocorps mampu menjadi penantang serius diblantika roda dua dunia. Setelah lepas dari Honda ditahun 2011 awal…penjualan mereka terus mengalami peningkatan. Bahkan ditahun 2011…..pabrikan ini menorehkan record penjualan terbaik yang tembus 6.12 juta unit. Praktis hasil ini nempel ketat prestasi Yamaha Motor Corporation of Japan yang nongkrong di angka 7 jutaan……….

Seperti dilansir Bikeadvice, ditahun 2011 sales pabrikan terbesar roda dua dunia tetap dipegang oleh Honda dengan torehan penjualan 12.4juta unit. Nomer dua ditempati Yamaha diangka 6.98juta unit. Sementara Hero Motocorps nempel diposisi tiga dengan penjualan 6.12 juta unit. Apa yang dicantumkan adalah raport penjualan tahun 2011. Namun ditahun 2012…penjualan Yamaha Corps tidak mencapai target. Sengitnya kompetisi melawan Honda membuat pabrikan garputala kehilangan market share dibeberapa wilayah negara Asean…..

iklan iwb

2 (Copy)

Hampir 75% penjualan sales global Yamaha disumbang dari pasar Asia. Indonesia sebagai tulang punggung pasar terbesar mengalami tekanan luar biasa hingga market share terus turun. Kondisi ini ternyata juga diikuti oleh beberapa negara lain seperti China, Vietnam dan India. Khusus dinegara tempat berasal YZF-R15….Yamaha mengalami penurunan pangsa pasar hingga satu digit (3% market share). Memburuknya raport pabrikan garputala ditahun 2012 menjadikan pabrikan terbesar nomer dua dunia tersebut kini diujung tanduk. Dari target 8.3 juta unit…kemungkinan besar penjualan hanya tembus 6.5juta unit (estimasi)….

Terganggunya market share diIndonesia jelas membuat Yamaha Japan kelimpungan. China….issue hak cipta masih menjadi kendala yang membuat pabrikan Jepang tidak banyak bergerak. Maklum bro…aksi contek dan copy seolah dibiarkan para penguasa. Disisi lain…India sebagai pasar terbesar nomer dua dunia juga merupakan tempat yang kurang bersahabat bagi Yamaha. Dominasi parikan lokal yang dikuasai Hero, Bajaj dan TVS menjadikan perjuangan lebih berat. Ketika Hero mampu menjual 5jutaan…..maka Yamaha kudu mengumpulkan dari beberapa negara untuk bisa menyamai penjualan Hero. Hhhmm…sangar juga euy!

3 (Copy)

Last…..harapan satu-satunya saat ini adalah Indonesia. Perkaya line up produk dengan kualitas desain secara maksimal. Apalagi tahun 2014 Hero Motocorps berencana meningkatkan produksi hingga 9 juta unit. Jumlah yang akan membuat pabrikan Jepang mules dan ciut nyali. Posisi Hero Moto juga masih kuat sebab hingga tahun 2014….engine tetap disokong oleh Honda secara penuh. namun bukannya tanpa harapan…..dengan kembalinya Rossi kepangkuan mereka plus rencana pembuatan motor 250cc bisa menjadi setitik “hope” sekaligus mengangkat image pabrikan garputala. So…kita akan lihat final pengumuman hasil raport 2012 Yamaha secara resmi. Apakah estimasi yang dirilis bikeadvice terbukti?. Jika iya…siap-siap Hero dinobatkan sebagai pabrikan nomer dua terbesar didunia menggeser Yamaha. Semoga tidak…..(iwb)hero_motocorp_

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!