iklan iwb
iklan iwb

Banyak pertanyaan dilemparkan ke IWB atas hasil dyno Ultraspeed yang diupload ke Youtube. Sebagai motor turunan engine CBR150R, hasil tersebut memang membuat mayoritas biker mengerutkan dahi….doweh bin bengong. Lha koq bisa double cam (DOHC) lebih inferior dibanding SOHC??…..

Kalau kita mengintip video komparasi pengetesan Dyno terlampir….

Dyno test Honda CB150R

iklan iwb

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=El7owMgPWh4&feature=youtu.be]

Dyno test Yamaha New Vixion

[youtube=http://www.youtube.com/watch?v=0Ng56B1WgHA&feature=youtu.be]

Maka akan diperoleh data bahwa sang CB150R meraih peak power [email protected] sementara new Vixion mencapai [email protected]. Artinya….dengan putaran mesin yang lebih rendah sideltabox mampu menyemburkan tenaga hingga 14.32HP atau unggul 0.30HP dibanding sang kompetitor. Kondisi ini tidak kita jumpai pada StreetFire yang kudu menginjak putaran lebih tinggi yakni kisaran 10.210RPM hanya untuk meraih 14.02HP. Sebuah fakta yang memang lumayan mengejutkan. Sayang…..video tidak menunjukkan secara lengkap grafik pergerakan tenaga tiap RPM. Sehingga sulit bagi kita menyimpulkan…apakah hasil dyno yang membikin geger dunia maya tersebut mutlak bisa dijadikan pedoman untuk melakukan justifikasi bahwa power NVL memang lebih unggul dibanding CB150R??…..

Dyno adalah alat ukur output power yang terkenal akurat. Pengetesan lazimnya menggunakan perputaran dari roda belakang atau biasa disebut on wheel. Sedangkan klaim pabrikan rata-rata berpatokan pada crankshaft. Maka tidak heran ketika kita mengukur via roda….output power tidak sebesar data diatas kertas. Terjadi penurunan akibat lost power dari rantai, pelk dan ban. So, jika kontennya dari video testing Ultraspeed….sepertinya memang iya. NVL bisa bertepuk dada mengintimidasi lawan. Angka sekilas yang terpampang didepan mata menjadi bukti tak terbantahkan….

Namun bukannya meragukan, secara pribadi IWB belum bisa berkomentar banyak kecuali melihat dengan mata kepala sendiri proses pengetesan dari awal hingga akhir. Atau…akan lebih mantap jika komparasi diatas bisa dilakukan oleh beberapa sumber secara acak….dengan alat Dyno berbeda. Dari situ baru kita bisa menyimpulkan secara akurat apakah betul power CB150R dibawah NVL…..

Last.…sebagai Blogger yang sudah mencicipi langsung keduanya…..jujur butuh bukti lebih untuk meyakinkan serta menggoyahkan feeling sensasi yang masih hangat terpatri dibenak IWB. Raungan engine pada putaran atas yang pastinya bisa membuat kerepotan lawan. Data monggo, tapi akan lebih afdol dibuktikan dilapangan. So pusing melihat data diatas?. Santai wae mzbro. Ben ora mumet jajal wae keduanya secara langsung. Dijamin makin pening sampeyan lawong juozz dua-duanya :mrgreen: ……(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!